PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Durian | Baik dan Buruknya Buah ini Bagi Kesehatan

3 min read

Durian

Durian

Durian adalah buah yang sangat mengejutkan dari segi rasa dan tingkat fisiknya. Memang, buah asli Asia ini tidak seperti yang lain. Bobotnya bisa mencapai 8kg dan dagingnya ditutupi cangkang yang ditutupi duri tebal. Jika terlalu matang, buah ini mengeluarkan bau yang memuakkan yang membuatnya mendapatkan reputasi yang sangat buruk. Namun, dari segi nutrisi, durian memiliki beberapa manfaat untuk kita.

Manfaat Durian

Semua bagian dari tanaman durian – daun, cangkang, akar dan buah – telah digunakan dalam pengobatan tradisional Malaysia untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk demam tinggi, penyakit kuning dan kondisi kulit.

Penelitian telah menunjukkan bahwa Durian mungkin memiliki manfaat sebagai berikut:

• Mengurangi risiko kanker. Antioksidannya dapat menetralkan radikal bebas penyebab kanker. Dalam sebuah penelitian, ekstrak durian mencegah penyebaran jenis sel kanker payudara.
• Mencegah penyakit jantung. Beberapa senyawa dalam durian dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko aterosklerosis, atau pengerasan pembuluh darah.
• Melawan infeksi. Kulit kayu mengandung sifat antibakteri dan anti-ragi.
• Menurunkan kadar gula darah. Durian memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan buah tropis lainnya, yang berarti dapat menurunkan gula darah. Ini juga dapat mencegah pengambilan glukosa dan merangsang pelepasan insulin.

Meskipun penelitian ini menjanjikan, banyak dari mereka telah dilakukan pada hewan atau dalam tabung reaksi. Manfaat durian bagi kesehatan perlu dipelajari pada manusia.

Manfaat lainnya dari buah durian

Sangat sedikit penelitian yang dilakukan secara khusus pada buah ini. Indeks glikemik durian adalah 49 yang sedikit lebih rendah dari buah-buahan tropis lainnya seperti pisang (62). Seperti semua buah lainnya, durian memiliki senyawa bioaktif seperti karotenoid, antosianin, polifenol, dan flavonoid.

Sumber serat makanan yang baik

Meskipun kurangnya studi konklusif tentang durian, kita dapat mengatakan bahwa durian mengandung serat makanan dalam jumlah yang menarik. Di dalam tubuh, serat memiliki banyak peran: mereka merangsang transit usus, meningkatkan kesehatan pencernaan, membantu melawan sembelit dan memiliki efek pengatur kadar gula darah dan kolesterol. Akhirnya, mereka memiliki efek satietogenik dan memungkinkan kontrol asupan makanan yang lebih baik.

Sumber energi

Durian adalah sumber karbohidrat, bahan bakar yang disukai untuk sel-sel dalam tubuh manusia. Mengkonsumsi durian karena itu memberikan energi yang cepat tersedia untuk tubuh. Durian juga mengandung vitamin yang terlibat dalam berbagai reaksi metabolisme dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

Kaya akan mikronutrien

Kalium yang terkandung dalam durian merupakan elemen kunci yang terlibat dalam mekanisme kontraksi otot dan transmisi saraf. Magnesium, di sisi lain, berkontribusi pada fungsi normal otot dan saraf. Hal ini erat kaitannya dengan metabolisme kalsium dan kalium dalam tubuh. Akhirnya, seng adalah elemen penting yang berkontribusi pada dukungan pertahanan kekebalan dan membantu melawan oksidasi yang bertanggung jawab atas penuaan dini sel kita.

Durian: bahaya dan larangan buah ini dengan bau yang tak tertahankan

Jika Durio zibethinus adalah salah satu spesies buah yang dapat dimakan, tetap saja tidak berbahaya. Memang, di negara-negara Asia seperti Thailand, Indonesia dan Malaysia tempat ditemukan buah eksotik ini, terdapat beberapa kasus overdosis akibat konsumsi durian yang berlebihan.

Selain itu, alkohol dan durian tidak bercampur karena buah yang berbau tajam ini menghambat produksi enzim ALDH (aldehida dehidrogenase) yang melindungi hati dari efek racun alkohol. Juga tidak dianjurkan bagi orang dengan tekanan darah tinggi untuk memakannya. Pokoknya, jangan menyalahgunakan makanan ini karena tinggi gula, sangat lemak dan sangat kalori (147 kalori per 100 gram).


Apa 5 Klasifikasi Antibodi dan Fungsinya?

Lima klasifikasi antibodi atau kelas yang berbeda diketahui berada pada tubuh mamalia dan memainkan peran yang berbeda dan menolong mengarahkan respon imun yang tepat untuk tiap tipe benda asing berlainan yang masuk ke dalam tubuh, yaitu: IgM, IgD, IgG, IgA, dan IgE. Mereka yang memberikan setiap isotipe dengan karakteristik dan peran yang berbeda. Untuk lebih detilnya baca: Klasifikasi Antibodi Beserta Contoh dan Fungsinya: IgM, IgD, IgG, IgA, IgE)

Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini ? untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini ? untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Info: informasi ini disediakan oleh Pinter Pandai dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan saran medis dari dokter atau penyedia perawatan kesehatan Anda lainnya. Silakan berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk mendapatkan nasihat tentang kondisi medis tertentu.

Sumber bacaan: CleverlySmart, HealthLineRaffles HealthSmithsonian Magazine

Sumber foto: Truthseeker08 / Pixabay

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.