Tekanan Darah Rendah – Hipotensi (hypotention) – Gejala, Tanda, Penyebab, Obat

Tekanan Darah Rendah (hypotention)

Tekanan darah rendah juga disebut hipotensi (hipo-rendah, tekanan-tensi). Ini adalah kondisi ketika tekanan darah turun hingga 90/60 mm Hg atau lebih rendah. Pada sebagian besar orang, itu umum dan tidak berbahaya dan bahkan tidak terdeteksi. Beberapa orang mungkin mengalami sedikit pusing atau pingsan, tetapi jika parah, itu dapat menciptakan situasi yang mengancam jiwa.

Tekanan darah adalah tekanan yang diberikan darah pada dinding pembuluh darah (arteri). Tekanan ini disebabkan oleh kekuatan darah selama detak jantung. Tekanan tinggi selama pemompaan darah (tekanan sistolik) dan relatif rendah selama fase relaksasi jantung (tekanan diastolik). Tekanan darah diukur menggunakan alat, sphygmomanometer. Tekanan darah normal orang dewasa adalah 120 (sistolik) / 80 (diastolik) mm Hg. Baca juga 👉 Tekanan Darah Normal – Berapa Ukuran Tekanan Darah Normal? 120 / 80

Tekanan darah rendah dapat disebabkan oleh beberapa kondisi yang berkisar dari dehidrasi hingga kondisi bedah atau medis yang serius. Perawatan difokuskan pada mengobati penyebab yang mendasarinya jika ada. Oleh karena itu, mencari tahu penyebab hipotensi adalah langkah pertama dalam berhasil mengobatinya. Jadi, apa yang menyebabkan tekanan darah rendah? Bagaimana kita bisa mengatasinya? Baca lebih lanjut untuk mengetahui tentang tekanan darah rendah.

Baca juga 👉 Penyebab Tekanan Darah Tinggi – Gejala, Pengobatan – Perawatan Hipertensi

Cara mengobati tekanan darah rendah

Tekanan darah rendah yang tidak menyebabkan tanda atau gejala atau hanya menyebabkan gejala ringan jarang memerlukan perawatan.

Jika Anda memiliki gejala, perawatan tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Misalnya, ketika tekanan darah rendah disebabkan oleh obat-obatan, perawatan biasanya melibatkan mengubah atau menghentikan obat atau menurunkan dosis.

Jika tidak jelas apa yang menyebabkan tekanan darah rendah atau tidak ada pengobatan, tujuannya adalah untuk meningkatkan tekanan darah Anda dan mengurangi tanda dan gejala. Bergantung pada usia, kesehatan, dan jenis tekanan darah rendah yang Anda miliki, Anda dapat melakukannya dengan beberapa cara:

Gunakan lebih banyak garam

Para ahli biasanya merekomendasikan membatasi garam dalam makanan Anda karena natrium dapat meningkatkan tekanan darah, kadang-kadang secara dramatis. Bagi orang dengan tekanan darah rendah, itu bisa menjadi hal yang baik.

Tetapi karena kelebihan sodium dapat menyebabkan gagal jantung, terutama pada orang dewasa yang lebih tua, penting untuk memeriksakan diri ke dokter sebelum menambah garam dalam makanan Anda.

Minum lebih banyak air

Cairan meningkatkan volume darah dan membantu mencegah dehidrasi, yang keduanya penting dalam mengobati hipotensi.
Kenakan stoking kompresi. Stoking elastis yang biasa digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dan pembengkakan varises dapat membantu mengurangi pengumpulan darah di kaki Anda.

Perhatikan posisi tubuh Anda

Dengan lembut, pindahlah dari posisi tengkurap atau berjongkok ke posisi berdiri. Jangan duduk dengan kaki bersilang.

Di pagi hari, bernapas dalam-dalam selama beberapa menit dan kemudian perlahan-lahan duduk sebelum berdiri. Tidur dengan kepala sedikit lebih tinggi juga dapat membantu melawan efek gravitasi.

Jika Anda mulai mendapatkan gejala sambil berdiri, silangkan paha Anda dengan gaya gunting dan tekan, atau letakkan satu kaki di ujung kursi dan condongkan tubuh ke depan sejauh mungkin. Manuver ini mendorong aliran darah dari kaki ke jantung.

Obat-obatan

Beberapa obat dapat digunakan untuk mengobati tekanan darah rendah yang terjadi ketika Anda berdiri (hipotensi ortostatik). Misalnya, obat fludrocortisone, yang meningkatkan volume darah Anda, sering digunakan untuk mengobati bentuk tekanan darah rendah ini.

Dokter sering menggunakan obat midodrine (Orvaten) untuk meningkatkan kadar tekanan darah pada orang dengan hipotensi ortostatik kronis. Ini bekerja dengan membatasi kemampuan pembuluh darah Anda untuk mengembang, yang meningkatkan tekanan darah.

Tekanan darah rendah berapa?

Dibawah 90/60.

Tekanan darah rendah yang sesungguhnya adalah jika seseorang selalu mengalami tekanan darah di bawah 120/80, sedangkan semua yang disebutkan pada alinea di atas bersifat sementara. Seseorang yang mengalami tekanan darah rendah dapat dikatakan mengidap tekanan darah tinggi, jika tekanan sistoliknya (atas) meningkat setidaknya 20 mmHg dan tekanan diastoliknya (bawah) meningkat setidaknya 10mmHg, walaupun tekanan darahnya setelah peningkatan masih di bawah 140/90. Misalnya seseorang yang biasanya tekanan darah rendahnya 110/70, jika meningkat menjadi 130/80 sudah dikatakan mengidap penyakit tekanan darah tinggi.

Baca juga 👉 Tekanan Darah Normal – Berapa Ukuran Tekanan Darah Normal? 120 / 80

Makanan apa yang baik untuk tekanan darah rendah?

Tidak ada pengukuran tekanan darah tunggal yang mendefinisikan tekanan darah rendah. Tekanan darah di bawah 120/80 terkait dengan gejala sakit kepala ringan, pusing, merasa seperti Anda akan pingsan, jantung berdebar, atau kelemahan dianggap tekanan darah rendah. Berikut adalah beberapa makanan darah rendah yang baik untuk Anda konsumsi: 👉 Makanan apa yang baik untuk tekanan darah rendah?

Apa Penyebab Tekanan Darah Rendah?

Tekanan darah Anda dapat bervariasi tergantung pada waktu hari. Secara bertahap meningkat sepanjang hari. Apa yang Anda lakukan dan bagaimana perasaan Anda juga dapat mempengaruhinya.

Ada banyak kemungkinan penyebab tekanan darah rendah. Mungkin rendah karena Anda bugar dan sehat, atau Anda mungkin mewarisinya dari orang tua Anda.

Beberapa orang mengalami tekanan darah rendah seiring bertambahnya usia. Penyebab tekanan darah rendah tidak selalu jelas. Ini mungkin terkait dengan yang berikut:

  • Kehamilan.
  • Masalah hormonal seperti tiroid yang kurang aktif (hipotiroidisme), diabetes, atau gula darah rendah (hipoglikemia).
  • Beberapa obat bebas.
  • Beberapa obat resep seperti untuk tekanan darah tinggi, depresi atau penyakit Parkinson.
  • Gagal jantung.
  • Aritmia jantung (irama jantung abnormal).
  • Pelebaran, atau pelebaran, pembuluh darah.
  • Kelelahan panas atau stroke panas.
  • Penyakit hati.

Apa Penyebab Penurunan Tekanan Darah Mendadak? Ciri-ciri darah rendah

Penurunan tekanan darah yang tiba-tiba bisa mengancam jiwa. Penyebab hipotensi jenis ini meliputi:

  • Kehilangan darah karena pendarahan.
  • Suhu tubuh rendah.
  • Suhu tubuh tinggi.
  • Penyakit otot jantung yang menyebabkan gagal jantung.
  • Sepsis, infeksi darah yang parah.
  • Dehidrasi parah akibat muntah, diare, atau demam.
  • Reaksi terhadap obat-obatan atau alkohol.
  • Reaksi alergi parah yang disebut anafilaksis yang menyebabkan detak jantung tidak teratur.

Perawatan untuk tekanan darah rendah tergantung pada penyebabnya

Jika penyebabnya dapat ditemukan, dokter umum Anda akan dapat merekomendasikan perawatan untuk meringankan gejala Anda.

Misalnya, mereka mungkin menyarankan:

  • Mengganti obat atau mengubah dosis Anda, jika ini penyebabnya
    memakai stoking pendukung – ini dapat meningkatkan sirkulasi dan meningkatkan tekanan darah.
  • Obat-obatan untuk meningkatkan tekanan darah jarang diperlukan karena tindakan gaya hidup sederhana atau mengobati penyebab yang mendasarinya biasanya efektif.

Cara meredakan gejala tekanan darah rendah sendiri

Lakukan
  • Bangkit perlahan dari duduk ke berdiri.
  • Hati-hati saat bangun dari tempat tidur – bergerak perlahan dari berbaring ke duduk ke berdiri.
  • Naikkan kepala tempat tidur Anda sekitar 15cm (6 inci) dengan batu bata atau buku tebal.
  • Makan kecil, sering makan – berbaring atau duduk diam untuk sementara waktu setelah makan juga dapat membantu.
  • Tingkatkan jumlah air yang Anda minum.
Jangan
  • Jangan duduk atau berdiri dalam waktu lama.
  • Jangan membungkuk atau mengubah posisi tubuh secara tiba-tiba.
  • Jangan minum minuman berkafein di malam hari.
  • Jangan minum terlalu banyak alkohol.

Jenis Tekanan Darah Rendah (Hipotensi)

Hipotensi postural atau ortostatik

Ketika seseorang mengubah postur dengan tiba-tiba, seperti berdiri setelah berbaring sebentar, tekanan darah cenderung turun. Ini adalah fenomena normal.

Tekanan darah yang diukur pada posisi berdiri akan sedikit lebih rendah daripada posisi berbaring. Ini dikenal sebagai hipotensi postural atau ortostatik. Ini dapat menyebabkan pusing atau pusing. Ini adalah variasi normal dan biasanya tidak memerlukan perawatan apa pun.

Hipotensi post-prandial

Hipotensi post prandial adalah penurunan tekanan darah yang terjadi segera setelah makan. Ini biasanya terjadi pada orang tua dengan kondisi, seperti hipertensi, penyakit Parkinson, dan atrofi sistem multipel.

Setelah makan, lambung dan usus membutuhkan aliran darah yang lebih banyak untuk pencernaan dan penyerapan nutrisi yang lebih baik; tubuh tidak dapat membenarkan permintaan dan mekanisme yang membantu mempertahankan tekanan gagal, mengakibatkan penurunan tekanan darah.

Ini bisa menjadi masalah yang bermasalah dan perlu ditangani, karena tidak hanya menyebabkan sakit kepala ringan atau kadang-kadang dapat menyebabkan pingsan yang mengakibatkan jatuh, yang dapat menyebabkan cedera serius. Perawatan tekanan darah rendah relatif sederhana dan membutuhkan perubahan dalam diet dan aktivitas setelah makan.

Hipotensi Mediasi Neurologis

Hipotensi yang dimediasi neurologis juga disebut sebagai sinkop vasovagal yang dimediasi neurologis. Ini terjadi sebagai respons terhadap pemicu stres yang dapat berupa fisik (lingkungan panas, latihan berat) atau mental (menyaksikan adegan berdarah seperti pendarahan yang hebat, takut atau cemas).

Pemicunya menyebabkan ketidakseimbangan refleks antara jantung dan otak dan mengakibatkan penurunan tekanan darah secara tiba-tiba. Sekali lagi ini adalah masalah serius, karena menyebabkan sakit kepala ringan, pusing, dan jatuh atau jatuh, yang dapat mengakibatkan cedera parah. Perawatannya relatif sederhana, dan modifikasi gaya hidup sudah cukup.

Hipotensi berat

Hipotensi berat berarti tekanan darah turun di bawah 90/60 mm Hg. Hal ini menyebabkan aliran darah yang buruk ke otak dan dapat mengancam jiwa.

Ini biasanya terjadi jika syok, yang bisa disebabkan oleh kehilangan darah yang berlebihan (setelah cedera), atau dehidrasi parah. Karena dapat menjadi lebih buruk dan dapat membahayakan kehidupan, itu membutuhkan perawatan yang cepat.

Tekanan darah rendah pada saat kehamilan

Penurunan tekanan darah sering terjadi selama 24 minggu pertama kehamilan. Sistem peredaran darah mulai berkembang, dan perubahan hormon menyebabkan pembuluh darah Anda membesar.

Jika Anda mengalami gejala tekanan darah rendah, beri tahu Dokter Anda. Anda mungkin perlu lebih memperhatikan hidrasi selama waktu ini.

Tekanan darah rendah terkait kehamilan biasanya hilang kemudian dalam kehamilan atau segera setelah melahirkan. Penting untuk memeriksakan dan memantau tekanan darah Anda selama kehamilan untuk menghilangkan penyebab mendasarnya, seperti anemia atau kehamilan ektopik.

Jangan menghilangkan makanan sehat dari diet Anda, bahkan jika mereka diketahui dapat menurunkan tekanan darah.

Bicaralah dengan dokter Anda tentang tingkat aktivitas keseluruhan dan kebiasaan diet Anda untuk menentukan perubahan apa, jika ada, yang harus Anda lakukan. Jangan mencoba meningkatkan tekanan darah Anda sendiri saat hamil.

Cara mengidentifikasi darah rendah

Dan terkait kondisi darah rendah, dapat diidentifikasi dengan beragam cara berikut ini

1. Tes darah

Tes ini dilakukan selain untuk mengidentifikasi tekanan darah, juga bisa untuk mengidentifkasi gula darah rendah maupun gula darah tinggi (diabetes).

2. Elektrokardiogram

Tes ini merupakan tes pengukuran tekanan darah dengan mengalirkan elektroda disekitar tangan, setelah itu akan terlihat tekanan darah dimonitor. Tes ini merupakan yang paling cepat dan sederhana karena langsung dapat terlihat dimonitor.

3. Tes stress

Tingkat kesetressan seseorang berbanding dengan tekanan darahnya. Sehingga cara ini dapat digunakan untuk pengukuran tekanan darah seseorang.

4. Ekokardiogram

Cara ini adalah dengan mengukur denyut jantung seseorang. Semakin lambat biasanya terkena tekanan darah rendah.

Air putih memang sangat berkhasiat bagi tubuh. Dengan banyak minum air putih, tubuh akan terhidrasi dan tubuh akan menjadi sehat. Komposisi air sebagai pelarut yang aman memang merupakan salah satu nilai istimewa. Dengan asupan cairan yang cukup dalam tubuh, maka sistem organ dalam tubuh akan bekerja dengan baik. Senyawa – senyawa dalam tubuh akan banyak dibantu oleh air cara kerjanya.

Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini 👉 untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini 👉 untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.

Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi penting tentang artikel kesehatan di PINTERpandai.com
Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Informasi perawatan / pengobatan yang diberikan di sini bukan kebijakan resmi dan tidak dimaksudkan sebagai saran medis untuk menggantikan keahlian dan penilaian tim Dokter perawatan kesehatan Anda. Ini dimaksudkan untuk membantu Anda dan keluarga Anda membuat keputusan berdasarkan informasi, bersama dengan dokter Anda. Dokter Anda mungkin memiliki alasan untuk menyarankan rencana perawatan yang berbeda dari opsi perawatan umum ini. Jangan ragu untuk bertanya kepadanya tentang pilihan perawatan Anda.

Kapan harus berkonsultasi dengan profesional kesehatan?

Informasi medis di www.PINTERpandai.com tidak berlaku untuk semua orang dan itu bukan saran medis. Jika Anda memiliki masalah medis, pastikan untuk menghubungi penyedia layanan kesehatan. Jika Anda merasa memiliki keadaan darurat medis, segera hubungi dokter Anda atau nomor darurat setempat atau nomor 112 dari HP Anda.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2021-01-17T16:37:17+07:00 Maret 6th, 2020|IPA, Sehat dan Cantik | Kesehatan & Pengobatan|0 Comments

Leave A Comment