Chikungunya – Virus, Gejala – Diagnosis, Pengobatan dan Perawatan

4 min read

Chikungunya dari nyamuk aedes aegypti

Chikungunya

Chikungunya adalah penyakit virus yang ditularkan ke manusia oleh nyamuk yang terinfeksi. Gejala lain termasuk nyeri otot, sakit kepala, mual, kelelahan dan ruam. Rasa nyeri pada bagian sendi dan disertai demam, terkadang diartikan sebagai flu tulang.

Penyakit ini atau disebut juga sebagai flu tulang memiliki beberapa tanda klinis dengan demam berdarah dan zika, dan dapat didiagnosis secara salah di daerah-daerah di mana mereka biasa.

Tidak ada obat untuk penyakit ini. Perawatan difokuskan pada menghilangkan gejala-gejalanya.
Kedekatan lokasi perkembangbiakan nyamuk dengan tempat tinggal manusia merupakan faktor risiko yang signifikan untuk chikungunya.
Penyakit ini sebagian besar terjadi di Afrika, Asia dan anak benua India. Namun wabah besar pada tahun 2015 mempengaruhi beberapa negara di Wilayah Amerika.

Chikungunya disebabkan oleh nyamuk apa?

Chikungunya disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti.

Manusia dan primata lain adalah inang alami untuk virus chikungunya. Virus ini menyebar ke manusia melalui gigitan nyamuk Aedes betina yang terinfeksi – Aedes aegypti atau Aedes albopictus. Ini adalah nyamuk tropis dan subtropis yang sama yang membawa virus dengue juga. Baca juga  ? Demam Berdarah atau Demam Dengue (disingkat DBD) Penularan, Penyebab, Gejala, Perawatan, Pencegahan, Diteksi Dini

Apa ciri ciri flu tulang?

Pada gejala flu tulang, selain demam dan ruam kemerahan, tanda khas lainnya berupa nyeri atau pegal pada persendian. Rasa nyerinya sangat hebat pada bagian otot dan sendi-sendi akibat pembesaran kelenjar getah bening.

Gejala Chikungunya

Kebanyakan orang yang terinfeksi virus chikungunya akan mengalami beberapa gejala:

  • Gejala biasanya mulai 3-7 hari setelah digigit nyamuk yang terinfeksi.
  • Gejala yang paling umum adalah demam dan nyeri sendi.
  • Gejala lain mungkin termasuk sakit kepala, nyeri otot, pembengkakan sendi, atau ruam.
  • Penyakit chikungunya tidak sering berakibat kematian, tetapi gejalanya bisa parah dan melumpuhkan.
  • Sebagian besar pasien merasa lebih baik dalam waktu seminggu. Pada beberapa orang, nyeri sendi dapat berlangsung selama berbulan-bulan.
  • Orang-orang yang berisiko untuk penyakit yang lebih parah termasuk bayi baru lahir yang terinfeksi sekitar waktu kelahiran, orang dewasa yang lebih tua (≥65 tahun), dan orang-orang dengan kondisi medis seperti tekanan darah tinggi, diabetes, atau penyakit jantung.
    Setelah seseorang terinfeksi, ia kemungkinan akan dilindungi dari infeksi di masa depan.
Chikungunya dari nyamuk aedes aegypti
Chikungunya – Virus, Gejala – Diagnosis, Pengobatan dan Perawatan. Sumber foto: Joint Base Langley-Eustis

Diagnosa

Gejala chikungunya mirip dengan demam berdarah dan Zika, penyakit yang disebarkan oleh nyamuk yang sama yang menularkan chikungunya.
Temui penyedia layanan kesehatan Anda jika Anda mengembangkan gejala yang dijelaskan di atas dan telah mengunjungi daerah di mana chikungunya ditemukan.
Jika Anda baru saja bepergian, beri tahu penyedia layanan kesehatan Anda kapan dan di mana Anda bepergian.
Penyedia layanan kesehatan Anda dapat memesan tes darah untuk mencari chikungunya atau virus serupa lainnya seperti demam berdarah dan Zika.

Pengobatan dan Perawatan

Tidak ada vaksin untuk mencegah atau obat untuk mengobati virus chikungunya.

  • Obati gejalanya:
  • Beristirahatlah yang banyak.
  • Minumlah cairan untuk mencegah dehidrasi.
  • Minum obat seperti acetaminophen (Tylenol®) atau parasetamol untuk mengurangi demam dan rasa sakit.
  • Jangan minum aspirin dan obat antiinflamasi nonsteroid lainnya (OAINS sampai demam berdarah dapat dikesampingkan untuk mengurangi risiko perdarahan).
  • Jika Anda minum obat untuk kondisi medis lain, bicarakan dengan dokter sebelum mengambil obat tambahan.
  • Jika Anda menderita chikungunya, cegah gigitan nyamuk pada minggu pertama penyakit Anda.
  • Selama minggu pertama infeksi, virus chikungunya dapat ditemukan dalam darah dan ditularkan dari orang yang terinfeksi ke nyamuk melalui gigitan nyamuk.
  • Nyamuk yang terinfeksi kemudian dapat menyebarkan virus ke orang lain.

Baca juga ? Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Transmisi penjangkitan / penularan

Chikungunya telah diidentifikasi di lebih dari 60 negara di Asia, Afrika, Eropa dan Amerika.

Virus ini ditularkan dari manusia ke manusia oleh gigitan nyamuk betina yang terinfeksi. Paling umum, nyamuk yang terlibat adalah Aedes aegypti dan Aedes albopictus, dua spesies yang juga dapat menularkan virus yang ditularkan oleh nyamuk lainnya, termasuk demam berdarah. Nyamuk ini dapat ditemukan menggigit sepanjang siang hari, meskipun mungkin ada puncak aktivitas di pagi dan sore hari. Kedua spesies ditemukan menggigit di luar ruangan, tetapi Ae. aegypti juga akan dengan mudah memberi makan di dalam ruangan.

Setelah gigitan nyamuk yang terinfeksi, timbulnya penyakit biasanya terjadi antara 4 dan 8 hari tetapi dapat berkisar 2 hingga 12 hari.

Pencegahan Chikungunya

Pencegahan agar seseorang tidak terjangkit chikungunya secara spesifik belum bisa dilakukan. Hal tersebut dikarenakan, vaksin yang dapat mencegah infeksi chikungunya belum ditemukan sampai saat ini. Sedangkan memberantas habitat nyamuk agar tidak berkembang biak (membersihkan genangan air, sering mencuci tangan dengan sabun, dll), dan menghindari gigitan nyamuk bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran virus chikungunya.


Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini ? untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini ? untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi penting tentang artikel kesehatan
Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Informasi perawatan / pengobatan yang diberikan di sini bukan kebijakan resmi dan tidak dimaksudkan sebagai saran medis untuk menggantikan keahlian dan penilaian tim Dokter perawatan kanker Anda. Ini dimaksudkan untuk membantu Anda dan keluarga Anda membuat keputusan berdasarkan informasi, bersama dengan dokter Anda. Dokter Anda mungkin memiliki alasan untuk menyarankan rencana perawatan yang berbeda dari opsi perawatan umum ini. Jangan ragu untuk bertanya kepadanya tentang pilihan perawatan Anda.

Kapan harus berkonsultasi dengan profesional kesehatan?

Informasi medis di www.PINTERpandai.com tidak berlaku untuk semua orang dan itu bukan saran medis. Jika Anda memiliki masalah medis, pastikan untuk menghubungi penyedia layanan kesehatan. Jika Anda merasa memiliki keadaan darurat medis, segera hubungi dokter Anda atau nomor darurat setempat atau nomor 112 dari HP Anda.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz |Matematika|IPA | Geografi & Sejarah|Info Unik|Lainnya | Business & Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.