fbpx

Urutan Peredaran Darah Yang Benar – Sistem Peredaran Darah

Urutan Peredaran Darah Yang Benar

Berikut adalah urutan peredaran darah:

  • Dari vena cava, darah terdeoksigenasi dikembalikan ke atrium kanan. Di sini, ia mengalir ke ventrikel kanan. Kemudian dipompa ke arteri paru-paru yang mengarah ke kedua paru-paru. Ia memasuki kapiler di paru-paru dan karbon dioksida ditukar dengan oksigen. Vena paru mengangkut darah dari paru-paru ke atrium kiri. Darah mengalir ke ventrikel kiri.

  • Di sini, dipompa ke aorta, arteri terbesar tubuh, yang memiliki cabang ke seluruh bagian tubuh. Ini menjadi arteri yang lebih kecil, arteriol dan akhirnya kapiler.

  • Darah ini teroksigenasi dan harus diangkut ke sel-sel tubuh. Akhirnya, sel-sel menyerap oksigen dan karbon dioksida dikirim ke darah yang bersirkulasi. Vena cava inferior dan superior sekali lagi mengembalikan darah terdeoksigenasi ke atrium kanan dan siklus berulang.

  • Semua darah dikembalikan ke jantung melalui vena cava superior dan inferior, dua pembuluh darah terbesar di tubuh. Vena cava superior mengalirkan darah dari kepala dan leher ke atrium kanan jantung. Vena cava inferior menguras sisa tubuh, darah ini juga mengalir ke atrium kanan jantung. Darah meninggalkan atrium kanan, melewati katup trikuspid dan memasuki ventrikel kanan.

  • Dari ventrikel kanan dilewatkan ke paru-paru melalui arteri pulmonalis dan kembali ke atrium jantung kiri dari paru-paru melalui pembuluh darah pulmonal. Darah meninggalkan atrium kiri dengan melewati bicuspir / katup mitral ke ventrikel kiri jantung. Darah sekarang memasuki aorta dan diedarkan ke seluruh tubuh.

 

Urutan peredaran darah yang benar - sistem peredaran darah

Sistem urutan peredaran darah manusia (disederhanakan). Merah menunjukkan darah teroksigenasi dibawa dalam arteri, biru menunjukkan darah terdeoksigenasi dibawa dalam pembuluh darah. Kapiler, yang bergabung dengan arteri dan vena, dan pembuluh limfatik tidak ditampilkan. Sumber foto: Wikimedia Commons

 

2 Jenis Sistem Peredaran Darah

Ada dua jenis sistem peredaran darah: sistem peredaran darah terbuka, dan sistem peredaran darah tertutup. Sistem urutan peredaran darah, yang merupakan juga bagian dari kinerja jantung dan jaringan pembuluh darah (sistem kardiovaskuler) dibentuk. Sistem ini menjamin kelangsungan hidup organisme, didukung oleh metabolisme setiap sel dalam tubuh dan mempertahankan sifat kimia dan fisiologis cairan tubuh.

  1. Pertama, darah mengangkut oksigen dari paru-paru ke sel dan karbon dioksida dalam arah yang berlawanan.
  2. Kedua, yang diangkut dari nutrisi yang berasal pencernaan seperti lemak, gula dan protein dari saluran pencernaan dalam jaringan masing-masing untuk mengonsumsi, sesuai dengan kebutuhan mereka, diproses atau disimpan.

Metabolit yang dihasilkan atau produk limbah (seperti urea atau asam urat) yang kemudian diangkut ke jaringan lain atau organ-organ ekskresi (ginjal dan usus besar). Juga mendistribusikan darah seperti hormon, sel-sel kekebalan tubuh dan bagian-bagian dari sistem pembekuan dalam tubuh.

 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala penyakit atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.
Sumber bacaan: EnotesMy DrCardio Smart

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-01-05T19:30:01+07:00 Desember 30th, 2018|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment