Cara Hewan Bermigrasi – Bagaimana Caranya? Berikut Contoh Hewan yang Bermigrasi

Bagaimana cara hewan bermigrasi?

Berikut cara hewan bermigrasi:

1. Menggunakan matahari dan bintang-bintang

Hewan menavigasi dengan menggunakan matahari dan bintang-bintang dan permukaan tanah. Mereka sering belajar cara dari hewan yang lebih tua juga. Para ilmuwan sedang mempelajari hal-hal baru tentang migrasi di dunia – tampaknya, burung memiliki sedikit materi magnetik di otak mereka yang bekerja seperti kompas. Baca juga 👉 Migrasi Hewan: Mengapa hewan bermigrasi? – Contoh Hewan yang Bermigrasi

Beberapa migrasi hewan menempuh jarak yang menakjubkan. Kupu-kupu laksamana merah yang datang dari Afrika Utara mencakup lebih dari 3 200 km (sekitar 2.000 mil), dan burung layang-layang terbang sekitar 9 650 km (sekitar 6.000 mil) dari rumah musim dingin mereka di Afrika!

Beberapa hewan juga mengikuti matahari saat melintasi langit dari timur ke barat. Burung Jalak mengorientasikan diri menggunakan jalur matahari. Awan, waktu dalam setahun, dan bergerak di malam hari bisa membuatnya tidak praktis untuk menggunakan matahari sebagai satu-satunya petunjuk arah.

Bagaimana jika hewan itu tidak bisa melihat matahari, seperti yang berhibernasi di ruang bawah tanah? berikut cara hewan bermigrasi:

Beberapa hewan mungkin bereaksi terhadap suhu. Mereka juga dapat diharapkan untuk menginternalisasi biaya-biaya ini, disimpan dalam tubuh mereka. Beberapa pola migrasi memainkan tindakan penyeimbangan yang hati-hati – ketika cadangan lemak turun karena persediaan makanan yang semakin menipis, sekarang saatnya menuju tempat musim dingin yang lebih berlimpah. Tetapi hewan membutuhkan sejumlah lemak untuk mendapat energi yang digunakan untuk melakukan perjalanan, sehingga mereka tidak bisa menunggu terlalu lama. Evolusi telah mengubah proses ini sehingga, kecuali gangguan luar, naluri mereka bekerja dengan sempurna.

Beberapa burung, ikan, kura-kura dan paus. Burung Jalak menggunakan kompas Matahari, yang berarti mengetahui waktu untuk mengimbangi perubahan posisi Matahari.

2. Menggunakan medan magnet Bumi

Bumi memiliki medan magnet dan meskipun manusia biasanya tidak dapat mendeteksinya tanpa kompas, beberapa hewan memiliki kemampuan untuk mendeteksi dan menggunakannya untuk migrasi mereka. Cara hewan bermigrasi dengan menggunakan medan magnet Bumi dapat membantu mereka mengetahui arah mana yang utara. Para ilmuwan tidak yakin bagaimana hewan menggunakan medan magnet, tetapi mirip dengan manusia yang menggunakan kompas untuk menemukan magnet utara.

Banyak burung lain serta salamander, salmon, dan hamster menggunakan medan magnet Bumi. Penyu tempayan juga dapat merasakan arah dan kekuatan medan magnet bumi segera setelah menetas.

3. Menggunakan fitur tanah, gunung, sungai, arus laut

Hewan lain menggunakan fitur tanah seperti pegunungan dan sungai, dan lumba-lumba menggunakan bentuk dasar laut. Wildebeest (hewan yang masih berkerabat dekat dengan kambing dan domba) mengikuti aroma hujan dan salmon tempat mereka dilahirkan.

Arus laut — beberapa hewan dapat menggunakan arus laut untuk menavigasi ke dan dari tempat berkembang biak atau mencari makan. Beberapa telur, larva, dan ikan muda melayang secara pasif dengan arus laut. Beberapa ikan dewasa bermigrasi ke tempat berkembang biak dengan sengaja bergerak melawan arus laut.

4. Komunikasi dan pensinyalan antar hewan

Beberapa hewan yang bermigrasi dalam kelompok berkomunikasi saat mereka bepergian untuk membantu navigasi. Misalnya, paus menggunakan suara untuk saling memberi tahu di mana mereka berada dan ke mana mereka pergi.

5. Bau

Dalam jarak kecil atau pendek, atau di lokasi tertentu di jalur migrasi, aroma atau bau dapat membantu hewan menemukan jalannya. Sebagai contoh, salmon menggunakan aroma di sungai untuk menemukan area pemijahan untuk bertelur sendiri – di area yang sama di mana mereka menetas. Para ilmuwan berpikir rusa kutub mengikuti aroma hujan di tanah Serengeti (Tanzania – Afrika) yang kering untuk mencapai padang rumput yang lebih hijau.
 

 

Contoh hewan bermigrasi setiap tahunnya

Burung, mamalia, reptil, amfibi, ikan, dan bahkan migrasi serangga. Rusa, rusa, rusa, bighorn, dan pronghorn adalah contoh mamalia Idaho yang bermigrasi. Gopher ular, ular derik, dan ular lainnya. Katak tutul bermigrasi ke mata air untuk bertelur.
 

 

Bacaan Lainnya

 

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ohh begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 
Sumber bacaan: Nature, National Geographic,
 
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

By | 2019-12-15T16:26:08+07:00 Desember 10th, 2019|Geografi & Sejarah, IPA|0 Comments

Leave A Comment