Migrasi Hewan: Mengapa hewan bermigrasi? – Contoh Hewan yang Bermigrasi

Migrasi hewan: Mengapa hewan bermigrasi?

Migrasi hewan adalah pergerakan jarak yang relatif jauh dari masing-masing hewan, biasanya berdasarkan musim. Ini adalah bentuk migrasi paling umum dalam ekologi.

Anjing laut (walrus) selalu bermigrasi dalam kelompok pria dan wanita yang terpisah.

Untuk dihitung sebagai migrasi yang sebenarnya, dan bukan hanya penyebaran atau gangguan lokal, pergerakan hewan harus merupakan kejadian tahunan atau musiman, seperti burung Belahan Utara yang bermigrasi ke selatan untuk musim dingin; rusa kutub bermigrasi setiap tahun untuk penggembalaan musiman; atau perubahan habitat utama sebagai bagian dari kehidupan mereka, seperti salmon Atlantik muda atau Sea lamprey meninggalkan sungai kelahiran mereka ketika mereka telah mencapai ukuran beberapa cm. Baca juga 👉 Cara Hewan Bermigrasi – Bagaimana Caranya? Berikut Contoh Hewan yang Bermigrasi

1. Untuk mendapatkan makanan

Pergerakan hewan yang bermigrasi biasanya sesuai dengan perubahan musim. Banyak hewan bermigrasi ke daerah utara pada bulan-bulan musim panas. Hari-hari musim panas yang panjang di bagian utara dunia memastikan pasokan makanan yang baik. Ketika cuaca turun dan suhu udara dingin semakin dekat, banyak hewan bermigrasi ke selatan untuk menemukan cuaca musim dingin yang hangat dan makanan yang tersedia.

2. Untuk reproduksi

Pada saat migrasi hewan, hewan-hewan tersebut bermigrasi untuk kembali ke daerah yang akan memberi mereka kondisi terbaik untuk berkembang biak dan membesarkan anak-anak mereka. Pemicu migrasi mungkin adalah iklim lokal, ketersediaan makanan lokal dan juga berkaitan dengan musim kawin.

3. Untuk menghindari cuaca buruk

Beberapa hewan bermigrasi setiap tahun dengan perjalanan keluar dan pulang ke rumah yang dilakukan dalam satu tahun. Pola migrasi beberapa hewan terkait dengan pola cuaca — pergerakan mereka tergantung pada curah hujan dan ketersediaan vegetasi hijau. Beberapa hewan memerlukan beberapa tahun untuk menyelesaikan siklus migrasi mereka.

Hewan yang bermigrasi biasanya menggunakan rute yang sama dari tahun ke tahun, dari generasi ke generasi. Hewan darat melintasi gunung, sungai, dan jejak tanah yang luas. Burung, kelelawar dan serangga terbang jauh, terkadang melintasi seluruh benua atau samudera. Hewan berenang sering bermigrasi setengah jalan di seluruh dunia.

4. Untuk menghindari kelebihan populasi

Banyak ilmuwan memandang migrasi hewan sebagai adaptasi. Hewan yang telah belajar untuk pindah ke lingkungan optimal adalah mereka yang selamat untuk melanjutkan spesiesnya. Ketika populasi menjadi terlalu besar di suatu daerah, beberapa hewan dapat melakukan perpindahan besar-besaran. Migrasi belalang adalah salah satu contohnya.
 

 

Hewan apa saja yang bermigrasi?

Ini ditemukan di semua kelompok hewan utama, termasuk burung, mamalia, ikan, reptil, amfibi, serangga, dan krustasea.
 

Contoh hewan bermigrasi setiap tahunnya

Burung, mamalia, reptil, amfibi, ikan, dan bahkan migrasi serangga. Rusa, rusa, rusa, bighorn, dan pronghorn adalah contoh mamalia Idaho yang bermigrasi. Gopher ular, ular derik, dan ular lainnya. Katak tutul bermigrasi ke mata air untuk bertelur.
 

 

Bacaan Lainnya

 

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ohh begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 
Sumber bacaan: National Geographic, New Hampshire Public Broadcasting, How Stuff Works
 
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

By | 2019-12-15T16:27:25+07:00 Desember 9th, 2019|Geografi & Sejarah, IPA|0 Comments

Leave A Comment