Cara Menyelamatkan Diri dari Tornado – Tips Persiapan Keamanan, Selama dan Setelah Tornado

Cara Menyelamatkan Diri dari Tornado

Cara menyelamatkan diri dari tornado agar Anda dan sekeluarga tetap aman selama tornado memerlukan sebuah persiapan. Persiapkan rencana dan perlengkapan darurat, waspadai kondisi cuaca saat badai petir, ketahui tempat terbaik untuk berlindung baik di dalam maupun di luar ruangan, dan selalu lindungi kepala Anda.

1. Persiapan

Berikut ini adalah cara yang bisa ditempuh untuk mengatasi angin tornado:

Memahami tempat tinggal

Sebelum menempati sebuah rumah atau membangun rumah tentu akan lebih baik ketika mencari informasi terkait wilayah tersebut. Akan lebih baik ketika mengetahui berbagai dampak yang bisa terjadi di wilayah tempat tinggal, termasuk dampak positif dan dampak negatif.

Ketahui daerah tempat Anda tinggal. Stasiun TV dan radio mengeluarkan Peringatan Tornado yang berbasis poligon, dan mungkin mencakup seluruh daerah, atau lebih mungkin bagian dari kabupaten tetangga.

Tetap mengikuti atay mendengarkan ramalan terbaru melalui radio, radio komersial atau TV. Waspadai langit, dan pertimbangkan untuk menunda aktivitas luar ruangan.
Ketahui sistem peringatan komunitas Anda. Masyarakat memiliki cara berbeda untuk memperingatkan penduduk tentang tornado, dengan banyak sirene yang ditujukan hanya untuk peringatan di luar ruangan.

Membuat rumah kuat, permanen dan memiliki ruang bawah tanah untuk perlindungan

Untuk mengatasi dampak dari angin tornado akan lebih baik jika membangun rumah dengan pondasi yang kuat dan permanen, sehingga rumah bisa menjadi tempat berlindung ketika terjadi angin tornado.

Mencari perlindungan yang kuat ketika terjadi angin tornado

Ketika terjadi angin tornado sebaiknya mencari perlindungan pada tempat yang kokoh dan kuat. Sebaiknya hindari tempat sekitar pohon tinggi dan baliho, karena berpotensi roboh ketika dilewati oleh angin tornado.

Pilih ruang aman di rumah Anda tempat anggota rumah tangga dan hewan peliharaan dapat berkumpul selama tornado. Ini harus berupa ruang bawah tanah, gudang bawah tanah, atau ruang interior di lantai paling bawah tanpa jendela.

Latih latihan tornado secara berkala sehingga semua orang tahu apa yang harus dilakukan jika tornado mendekat.

Bersiaplah untuk angin kencang dengan menyingkirkan anggota tubuh dari ranting, pohon dan debris.

Baca juga 👉 Cara Mencegah Kebakaran di Rumah atau Kantor Anda

Amankan perabot, tutup jendela dengan kayu

Pindahkan atau amankan furnitur rumput, tempat sampah, tanaman gantung, atau apa pun yang dapat terangkut oleh angin dan menjadi proyektil.

Siapkan perlengkapan darurat

Perlengkapan darurat (termasuk air, makanan yang tidak mudah rusak, dan obat-obatan) dan daftar informasi penting, termasuk nomor telepon.

Tandai lokasi kotak P3K dan alat pemadam kebakaran Anda.

Tandai di mana sakelar atau katup peralatan berada sehingga dapat dimatikan – jika waktu memungkinkan– dalam keadaan darurat.

Ajari keluarga Anda cara melakukan pertolongan pertama dasar, cara menggunakan alat pemadam api, dan bagaimana serta kapan harus mematikan air, gas, dan listrik di rumah Anda.

Pastikan anak-anak Anda tahu apa itu tornado dan peringatan tornado seperti apa dan apa yang menjadikan lokasi tempat berlindung yang aman, baik di rumah atau di sekolah.

Tunjukkan cara kedua untuk keluar dari setiap kamar atau area. Jika Anda membutuhkan peralatan khusus, seperti tangga tali, tandai lokasinya.

Perhatikan tanda-tanda sebelum terjadinya tornado:

Langit seketika akan berubah mendung dan menjadi hitam
Biasanya terjadi hujan es di sekitar daerah selama sekitar 20-25 menit
Pasca badai hujan suasana akan menjadi lebih tenang, namun langit akan semakin gelap dan menghitam.
Awan di langit akan bergerak cepat dan mengelilingii suatu wilayah
Terdengar suara keras seperti air terjun lalu akan berubah seperti suara pesawat jet yang sangat keras.
Angin tornado biasanya akan bergerak dari arah barat ke timur laut, namun adapula angin tornado yang bergerak ke arah timur, tenggara, utara dan barat laut.

Persiapkan dan tulis informasi penting

Buat daftar informasi penting. Sertakan ini di daftar Anda:

  • Nomor telepon penting, seperti darurat (polisi dan pemadam kebakaran), paramedis, dan pusat kesehatan.
  • Nama, alamat, dan nomor telepon agen asuransi Anda, termasuk jenis dan nomor polis asuransi.
  • Nomor telepon perusahaan listrik, gas, dan air.
  • Nama dan nomor telepon tetangga.
  • Nama dan nomor telepon pemilik atau manajer properti Anda.
  • Informasi medis penting (misalnya, alergi, pengobatan rutin, dan riwayat kesehatan singkat).
  • Tahun, model, lisensi, dan nomor identifikasi kendaraan Anda (mobil, kapal, sepeda motor).
  • Nomor telepon bank atau credit, dan nomor rekening Anda.
  • Stasiun penyiaran radio dan televisi untuk mendengarkan informasi siaran darurat.

2. Selama Tornado

Keluarga Anda bisa berada di mana saja saat tornado melanda – di rumah, di kantor, di sekolah, atau di dalam mobil. Diskusikan dengan keluarga Anda di mana tempat penampungan tornado terbaik dan bagaimana anggota keluarga dapat melindungi diri dari puing-puing yang beterbangan dan berjatuhan.

Di rumah

Kunci untuk bertahan dari tornado dan mengurangi risiko cedera terletak pada perencanaan, persiapan, dan praktikkan apa yang akan Anda dan keluarga lakukan jika tornado menghantam. Puing-puing yang beterbangan menyebabkan sebagian besar kematian dan cedera selama tornado. Meskipun tidak ada tempat yang sepenuhnya aman selama tornado, beberapa lokasi jauh lebih aman daripada yang lain.

Tempat teraman dan cara menyelamatkan diri dari tornado adalah tempat berlindung bawah tanah, ruang bawah tanah atau ruang aman tanpa jendela. Tutupi kepala Anda dengan lengan, kasur, atau selimut tebal.

Untuk perlindungan tambahan, gunakan sesuatu yang kokoh seperti meja atau meja kerja yang berat. Jika memungkinkan, tutupi tubuh Anda dengan selimut atau kasur dan lindungi kepala Anda dengan apa pun yang tersedia – bahkan tangan Anda.

Hindari berteduh dimana terdapat benda berat, seperti piano atau lemari es, di area lantai yang berada tepat di atas Anda. Mereka bisa jatuh ke lantai jika tornado menghantam rumah Anda.

Jika tidak tersedia tempat berlindung bawah tanah, ruang interior kecil tanpa jendela atau lorong di lantai paling bawah dari bangunan kokoh adalah alternatif teraman.

Jauhi jendela!

Keluar dari tempat perbelanjaan, ruangan besar atau gudang besar.

Rumah mobil tidak aman selama tornado atau angin kencang (hampir 40% dari semua kematian terkait tornado berasal dari penghuni rumah mobil / karavan / mobile home). Jangan mencari perlindungan di lorong atau kamar mandi rumah mobil. Jika Anda memiliki akses ke tempat berlindung yang kokoh atau kendaraan, segera tinggalkan rumah mobil Anda.

Baca juga 👉 Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional Diperingati Setiap Tanggal 26 April – Cara-Cara Untuk Melindungi Diri dari Bencana

Jika Anda terjebak di luar ruangan

Jika Anda terjebak di luar ruangan, cari perlindungan di ruang bawah tanah, tempat berlindung, atau bangunan kokoh. Jika Anda tidak dapat dengan cepat berjalan ke tempat penampungan:

1. Segera naik ke kendaraan, ikat sabuk pengaman Anda dan cobalah berkendara ke tempat penampungan kokoh terdekat.

2. Jika serpihan yang beterbangan terjadi saat Anda sedang mengemudi, menepilah dan parkirlah.

Sekarang Anda memiliki opsi berikut sebagai upaya terakhir:

  • Tetap di dalam mobil dengan sabuk pengaman terpasang. Letakkan kepala Anda di bawah jendela, tutupi dengan tangan atau selimut jika memungkinkan.
  • Jika Anda bisa dengan aman turun secara nyata lebih rendah dari ketinggian jalan raya, keluar dari mobil Anda dan berbaringlah di area itu, menutupi kepala Anda dengan tangan. Jangan pernah mengemudi langsung menuju tornado atau di sekitar tornado.

Tornado apa pun dapat mengubah arah atau kecepatan dengan cepat dan membuat Anda berisiko. Berkendara di sudut kanan jauh dari tornado atau keluar dari kendaraan Anda dan segera mencari perlindungan.

Jalan lintas layang belum tentu menjadi tempat luar ruangan yang paling aman. Orang-orang terbunuh saat bersembunyi di bawah over-pass saat tornado bergerak di atas kepala. Sebaliknya, carilah tempat berlindung yang kokoh atau berbaring di tanah dan tutupi kepala Anda dengan tangan.

Di jalan

Tempat yang paling tidak diinginkan selama tornado adalah di dalam kendaraan bermotor. Mobil, bus, dan truk dengan mudah diombang-ambingkan oleh angin tornado.

Jika Anda melihat tornado, hentikan kendaraan Anda. Jangan masuk ke bawah kendaraan Anda.

Di luar rumah

Lakukan hal berikut jika Anda terjebak di luar selama tornado dan tidak ada tempat berlindung yang memadai segera tersedia:

  • Hindari area dengan banyak pohon.
  • Lindungi kepala Anda dengan benda atau dengan lengan Anda.
Bangunan besar

Bangunan besar, seperti pusat perbelanjaan, teater, atau gimnasium, sangat berbahaya karena struktur atap biasanya hanya ditopang oleh dinding luar. Sebagian besar bangunan yang dilanda tornado tidak dapat menahan tekanan yang sangat besar. Mereka runtuh begitu saja.

Jika Anda berada dalam bangunan tahan lama selama tornado, menjauhlah dari jendela. Pergilah ke lantai paling bawah dari gedung — ruang bawah tanah jika memungkinkan — dan jauh dari jendela.

Jika tidak ada waktu untuk mencapai tempat penampungan tornado atau ke tingkat yang lebih rendah, cobalah untuk berada di bawah kusen pintu atau melawan sesuatu yang akan menopang atau menangkis puing-puing yang berjatuhan. Misalnya, di toko serba ada, berdiri melawan rak atau konter yang berat. Di teater, duduklah di bawah kursi. Ingatlah untuk melindungi kepala Anda.

Gedung Perkantoran, Sekolah, Rumah Sakit, Tempat Ibadah dan Gedung Umum Lainnya

Perawatan ekstra diperlukan di kantor, sekolah, rumah sakit, atau gedung apa pun di mana sekelompok besar orang terkonsentrasi di area kecil. Dinding luar bangunan seperti itu sering kali memiliki jendela besar.

Cara menyelamatkan diri dari tornado jika Anda berada di gedung-gedung besar, lakukan hal berikut jika Anda berada di salah satu bangunan berikut:

  • Menjauh dari jendela dan pintu kaca.
  • Pergi ke bagian bangunan yang paling dalam di lantai serendah mungkin.
  • Jangan gunakan elevator karena listrik bisa mati, membuat Anda terjebak.
  • Lindungi kepala Anda dan jadikan diri Anda target sekecil mungkin dengan berjongkok.
Hunian bagi orang berkebutuhan khusus / cacat

Perencanaan sebelumnya sangat penting jika Anda memerlukan bantuan untuk mencapai tempat berlindung dari badai yang mendekat (lihat instruksi khusus di bagian selanjutnya).

  • Jika Anda menggunakan kursi roda, menjauhlah dari jendela dan pergi ke ruang interior rumah. Jika memungkinkan, carilah perlindungan di bawah meja atau meja yang kokoh. Tutupi kepala Anda dengan apa pun yang tersedia, bahkan tangan Anda.
  • Jika Anda tidak dapat beranjak dari tempat tidur atau kursi dan bantuan tidak tersedia, lindungi diri Anda dari benda yang jatuh dengan menutupinya dengan selimut dan bantal.
  • Jika Anda berada di luar dan tornado mendekat, masuklah ke selokan atau selokan. Jika memungkinkan, berbaring telentang dan tutupi kepala Anda dengan lengan.

Tindakan yang harus diambil selama tornado

Disarankan untuk melakukan tindakan berikut ketika tornado melanda.

Lokasi Tindakan yang harus di ambil
Dalam suatu gedung atau struktur (misalnya tempat tinggal, gedung kecil, sekolah, panti jompo, rumah sakit, pabrik, pusat perbelanjaan, gedung bertingkat, restoran) Mereka harus memasuki area penampungan yang telah ditentukan sebelumnya seperti ruang aman, ruang bawah tanah, gudang bawah tanah, atau tingkat bangunan paling rendah. Jika tidak ada basement, maka ke tengah ruangan interior di tingkat paling bawah (lemari, lorong interior) jauh dari sudut, jendela, pintu, dan dinding luar. Tujuannya adalah untuk menempatkan dinding sebanyak mungkin di antara ruang aman dan bagian luar. Mereka disarankan untuk duduk di bawah meja kokoh atau benda lain dan menggunakan lengan untuk melindungi kepala dan leher mereka, dan tidak membuka jendela.
Di dalam kendaraan, trailer, truk atau rumah mobil / karavan Ddisarankan untuk segera pergi dan memasuki lantai paling bawah dari sebuah bangunan kokoh terdekat atau tempat perlindungan badai. Rumah mobil / karavan, bahkan jika diikat, menawarkan sedikit perlindungan dari tornado. Jika mobil terlempar oleh angin kencang, ada juga bahaya kaca pecah.
Di luar tanpa tempat berlindung Mereka disarankan untuk berbaring telentang di parit atau selokan terdekat dan menutupi kepala dengan tangan. Selain itu, untuk mewaspadai potensi banjir di sana, disarankan untuk tidak tinggal di bawah jembatan atau jembatan penyeberangan (di mana angin atau puing-puing dapat disalurkan).

Lebih aman berada di lokasi yang rendah dan datar. Sarannya adalah jangan pernah mencoba berlari lebih cepat dari tornado di perkotaan atau daerah padat dengan menggunakan mobil atau truk, tetapi segera tinggalkan kendaraan untuk tempat berlindung yang aman. sebagian besar korban jiwa dan cedera.

Karena beberapa alasan untuk persiapan yang berbeda-beda, bergantung pada lokasi, orang-orang disarankan untuk berkonsultasi dengan rencana kesiapan area lokal mereka, daripada berasumsi bahwa rencana tersebut serupa untuk semua area, seperti bangunan lokal yang telah ditetapkan sebagai tempat penampungan badai. Jika Anda memiliki helm seperti yang digunakan untuk American football atau bersepeda atau bersepeda motor; merupakan cara yang efektif untuk mengurangi cedera dan kematian akibat trauma kepala.

Pelindung kepala umum, tetapi disarankan jika helm akan digunakan, mereka tetap dekat untuk menghindari membuang-buang waktu untuk mencarinya. Namun, dalam peristiwa ini beberapa orang tewas saat tornado melewati kemacetan lalu lintas akibat evakuasi dadakan. Selain lalu lintas perkotaan, evakuasi juga dapat terhambat oleh banjir bandang yang diakibatkan oleh badai petir terkait, dan kebutuhan untuk memastikan posisi dan arah tornado.

Orang lain yang tidak melarikan diri dari tornado juga tewas karena bangunan tempat mereka bersembunyi hancur total, menyoroti perlunya tempat penampungan badai dan kamar aman yang dibangun khusus untuk menahan angin yang sangat kencang.

4. Setelah Tornado

Terus dengarkan berita lokal atau radio cuaca untuk informasi terbaru.
Jauhi bangunan yang rusak.

Cedera dapat terjadi akibat benturan langsung dengan tornado, atau mungkin terjadi setelahnya ketika orang berjalan di antara puing-puing dan memasuki bangunan yang rusak.

Waspadai kabel listrik yang jatuh atau saluran gas yang rusak dan segera laporkan ke perusahaan utilitas.

Jika Anda memiliki asuransi, ambil gambar kerusakan, baik bangunan maupun isinya untuk klaim asuransi.

Bersihkan obat-obatan yang tumpah, pemutih, bensin dan cairan mudah terbakar lainnya yang dapat menimbulkan bahaya kebakaran.

Berhati-hati untuk memeriksa kerusakan setelah terjadinya tornado

  • Setelah tornado, waspadalah terhadap kemungkinan bahaya struktural, listrik, atau kebocoran gas di rumah Anda. Hubungi inspektur bangunan kota atau kabupaten setempat Anda untuk informasi tentang kode dan standar keselamatan struktural. Mereka mungkin juga menawarkan saran untuk mencari kontraktor yang memenuhi syarat untuk melakukan pekerjaan untuk Anda.
  • Secara umum, jika Anda mencurigai adanya kerusakan pada rumah Anda, matikan daya listrik, gas alam, dan tangki propana untuk menghindari kebakaran, sengatan listrik, atau ledakan.
    Jika hari gelap saat Anda memeriksa rumah, gunakan senter daripada lilin atau obor untuk menghindari risiko kebakaran atau ledakan di rumah yang rusak.
  • Jika Anda melihat kabel atau percikan api berjumbai, atau jika ada bau sesuatu yang terbakar, Anda harus segera mematikan sistem kelistrikan di pemutus arus utama jika Anda belum melakukannya.
    Jika Anda mencium bau gas atau mencurigai adanya kebocoran, matikan katup gas utama dan segera tinggalkan rumah.
  • Beri tahu perusahaan gas, polisi atau pemadam kebakaran, atau kantor Marsekal Pemadam Kebakaran Negara Bagian, dan jangan menyalakan lampu, korek api, merokok, atau melakukan apa pun yang dapat menyebabkan percikan api. Jangan kembali ke rumah Anda sampai Anda diberi tahu bahwa hal itu aman untuk dilakukan.

Keamanan selama pembersihan

  • Kenakan sepatu atau bot yang kokoh, lengan panjang dan sarung tangan yang tebal dan kuat.
  • Pelajari prosedur keselamatan dan instruksi pengoperasian yang benar sebelum mengoperasikan gergaji atau alat bertenaga gas atau bertenaga listrik.
  • Bersihkan obat-obatan yang tumpah, obat-obatan, cairan yang mudah terbakar, dan bahan berpotensi berbahaya lainnya.

Kebutuhan anak

Setelah angin tornado, anak-anak mungkin takut badai akan datang kembali dan mereka akan terluka atau ditinggalkan sendirian. Anak-anak bahkan mungkin menafsirkan bencana sebagai hukuman atas kesalahan nyata atau khayalan. Jelaskan bahwa tornado adalah peristiwa alam.

Anak-anak akan cenderung tidak mengalami ketakutan atau kecemasan yang berkepanjangan jika mereka tahu apa yang diharapkan setelah tornado. Berikut adalah beberapa saran:

  • Ceritakan pengalaman Anda saat menghadapi badai yang hebat, atau bacalah dengan lantang buku tentang tornado. Dan fakta-fafta tornado, agar anak mengerti apa itu tornado.
  • Dorong anak Anda untuk mengungkapkan perasaan takutnya.
  • Dengarkan baik-baik dan tunjukkan pengertian.
  • Tawarkan jaminan. Beri tahu anak Anda bahwa situasinya tidak permanen, dan berikan jaminan fisik melalui waktu yang dihabiskan bersama dan menunjukkan kasih sayang.
  • Libatkan anak Anda dalam kegiatan bersih-bersih. Anak-anak merasa nyaman melihat rumah tangga mulai kembali normal dan memiliki pekerjaan yang harus dilakukan.

CATATAN: Gejala kecemasan mungkin tidak muncul selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan setelah tornado; mereka dapat mempengaruhi orang-orang dari segala usia. Jika kecemasan mengganggu aktivitas sehari-hari anggota keluarga Anda, carilah bantuan profesional melalui konselor sekolah, organisasi keagamaan komunitas, dokter Anda, atau profesional berlisensi. Konselor terdaftar di bawah Layanan Kesehatan Mental di halaman kuning buku petunjuk telepon Anda.


Bacaan Lainnya

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ohh begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Weather, CDC, Wikipedia

By | 2020-10-25T22:46:50+07:00 Oktober 24th, 2020|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment