Digital Marketing, Channel Teknik Pemasaran, Keuntungan dan Cara Membuat Digital Marketing Yang Baik dan Efektif

Penjelasan Digital Marketing

Digital marketing adalah komponen pemasaran yang memanfaatkan teknologi digital berbasis internet dan online seperti komputer desktop, telepon seluler, serta media dan platform digital lainnya untuk mempromosikan produk dan layanan.


5 Contoh Saluran Pemasaran (Channels) Digital Terbaik Di Indonesia

  1. YouTube. Tampilan Channel Youtube. …
  2. WhatsApp. Tampilan Aplikasi WhatsApp Business.
  3. Instagram. Salah satu promosi produk di Instagram ads.
  4. Facebook. Salah satu promosi produk di Facebook. …
  5. LINE. Keunggulan Aplikasi Line.

Baca juga ūüĎČ Teknik Posting Media Sosial yang Efektif (SMM: Social Media Marketing)


Keuntungan Digital Marketing

Digital marketing mempunyai keuntungan tersendiri bila dibandingkan dengan pemasaran tradisional. Digital marketing dapat bertramformasi, terutama jika Anda memilih saluran media yang tepat.

Terlepas dari apa jenis bisnis yang Anda jalankan, Anda masih tetap bisa merasakan keuntungan yang sangat besar dari digital marketing. Digital marketing memungkinkan Anda untuk memelihara hubungan lebih pribadi dengan pelanggan Anda.

Dengan menggunakan digital marketing, Anda dapat mengirimkan konten kepada target pasar Anda dengan isi yang dipersonalisasi dan hemat biaya. Berikut ini keuntungan digital marketing.

Baca juga ūüĎȬ†Marketing Mix 4P dan 7P- Product, Price, Promotion, dan Place (Distribution) + People, Process dan Physical evidence (Bauran pemasaran mix)


Teknik Strategi dan Cara Membuat Digital Marketing Yang Baik dan Efektif

Dari persona hingga alat yang tepat, ada banyak hal besar dan kecil yang dapat membantu atau menghalangi kesuksesan strategi pemasaran digital Anda. Inilah pekerjaan dasar yang Anda butuhkan untuk memastikan strategi Anda bekerja dengan baik

1. Buat Persona Pelanggan

Sebelumnya, digital marketer mengumpulkan informasi kualitatif dan kuantitatif tentang target audiens yang mencakup usia, jenis kelamin, pekerjaan, minat, dan lokasi. Definisi pelanggan potensial telah dibawa ke tingkat lain baru-baru ini, dengan persona pembeli mengambil alih. Sekarang, strategi pemasaran yang paling efektif tidak lengkap tanpanya.

Persona pembeli adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan pelanggan ideal yang dapat ditentukan dengan melakukan survei dan menghubungi kelompok sasaran yang telah ditentukan sebelumnya.

2. Identifikasi Tujuan dan Alat Anda

Setiap pemasar profesional tahu betapa pentingnya tahap ini. Tanpa tujuan, strategi tidak akan berhasil, jadi mendefinisikannya adalah tugas utama Anda. Pastikan bahwa tujuan yang Anda kembangkan sesuai, dan buatlah itu terukur.

Contoh tujuan pemasaran yang lemah:

Tingkatkan konversi di situs web tahun depan dan buat dua penawaran promosi.

Apa yang salah dengan tujuan ini? Benar, itu tidak bisa diukur! Bagaimana seseorang dapat mengukur kemajuan menggunakan tujuan ini?

Berikut adalah cara merumuskannya:

Tingkatkan konversi di situs web sebesar 20% pada kuartal pertama tahun 2020, dan buat dua penawaran promosi: laporan pemasaran gratis dan buku pemasaran. Ukur mereka secara online masing-masing pada bulan Februari dan Maret.

3. Fokus pada Blogging dan buat konten berkualitas tinggi

Membuat konten berkualitas tinggi penting untuk strategi pemasaran digital apa pun. Blogging adalah salah satu cara untuk membuat konten berkualitas untuk situs dan memperluas strategi pemasaran konten Anda.

Aspek kunci dari strategi ini melakukan beberapa fungsi penting, termasuk membawa lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda, memperkuat kehadiran media sosial, memposisikan diri terhadap perusahaan lain, dan memberi peringkat semua kueri penelusuran dan kata kunci jangka panjang.

Jika Anda memiliki blog yang diperbarui secara berkala dan bermanfaat bagi pengunjung, itu berarti situs web Anda akan mudah ditemukan melalui mesin pencari dan dapat digunakan sebagai platform untuk kampanye pemasaran Anda.

4. Pengoptimalan Seluler (Mobile Optimization)

Ini adalah era yang mengutamakan seluler, dan tidak ada alasan untuk tidak menyempurnakan situs Anda demi pengalaman seluler yang luar biasa. Pengoptimalan seluler mencakup kecepatan halaman, desain situs, dan berbagai praktik pengoptimalan mesin telusur lainnya untuk memastikan bahwa orang yang mengunjungi situs Anda menggunakan perangkat seluler mendapatkan pengalaman yang baik.

Tinjau desain responsif seluler dan template email Anda untuk memastikan bahwa Anda menggunakan metode terbaru dan hanya memberikan data yang relevan dan terbaru.

5. Evaluasi (Digital Marketing Channels) Saluran Pemasaran Digital yang Ada

Analisis aset digital dan channel yang sudah Anda gunakan, termasuk website, konten blog, akun media sosial, word-of-mouth, native advertising, Google Adwords, paid advertising, dan lain sebagainya. Tanyakan pada diri Anda: seberapa efektif mereka dan bagaimana mereka dapat digunakan tahun depan?

Tidak apa-apa jika proses strategi pemasaran digital masa depan Anda tidak memasukkan semua elemen ini, tetapi pastinya harus menggunakan elemen yang paling efektif di tahun sebelumnya.

Misalnya, jika halaman arahan yang baru saja Anda buat telah efektif dalam menghasilkan prospek, gunakan lagi tetapi tingkatkan sebanyak mungkin. Hal yang sama berlaku untuk aset dan saluran lain.

6. Otomatiskan Pemasaran (Automate Marketing)

Otomatisasi pemasaran sangat besar dan hanya menjadi lebih baik dengan teknologi dan perangkat lunak baru. Platform otomasi pemasaran terkemuka saat ini dapat melakukan keajaiban untuk strategi pemasaran digital Anda, sehingga memudahkan Anda untuk mengotomatiskan aktivitas seperti pemasaran konten, pemasaran email, perolehan prospek, dan banyak lagi.

Selain itu, mudah untuk menemukan platform otomatisasi pemasaran yang terintegrasi dengan CRM penjualan perusahaan Anda, yang meningkatkan keseluruhan proses penjualan.

Jika perusahaan Anda masih belum bergabung dengan otomatisasi pemasaran, pastikan Anda menambahkannya ke dalam strategi Anda tahun ini.

Baca juga ūüĎȬ†Internet Marketing (Pemasaran Lewat Internet) – Penjelasan, Belajar, Strategi dan Contoh

7. Permudah Pelanggan untuk Menghubungi Anda

Bisnis online adalah tentang terhubung dengan calon pelanggan, jadi lalu lintas di situs web Anda harus tinggi untuk memastikan hasil yang positif. Oleh karena itu, strategi pemasaran digital Anda harus memastikan bahwa prospek dan pengunjung Anda tidak mengerahkan upaya yang tidak perlu untuk terhubung dengan Anda. Terlibat dengan pelanggan Anda sangat berharga untuk bisnis Anda.

‚ÄúAda banyak hal yang bisa dipelajari dari audiens Anda secara online. Anda akan mendapatkan masukan yang jujur tentang kampanye dan perpesanan, salah satunya. Memasukkan interpretasi dan opini penggemar tentang merek Anda dapat membuat Anda mendapat konten segar dan juga penggemar setia. “‚ÄďAdam Fridman

Untuk menghilangkan upaya yang tidak perlu, Anda harus memastikan bahwa halaman arahan tidak meminta data yang tidak relevan. Buat ajakan bertindak terlihat jelas di halaman landing dan halaman lain di situs.

8. Gunakan Teknologi yang Tepat

Upaya pemasaran akan sia-sia jika teknologi yang digunakan tidak efektif atau tidak tepat.

Untuk strategi pemasaran digital yang tepat, Anda memerlukan alat seperti perangkat lunak otomatisasi pemasaran. Terdapat alat yang dapat membantu Anda selama setiap tahap proses pemasaran digital, termasuk alat yang membantu Anda mengidentifikasi sasaran hingga alat yang membantu Anda melacak dari mana pengunjung Anda berasal.

9. Konfirmasikan Perbedaan Yang Menonjol dan Mengapa Perushaan Anda lebih Baik!

Jika perusahaan Anda tidak berbeda dengan pesaing Anda, Anda tidak boleh mengharapkan keuntungan yang tinggi. Pastikan Anda mengubah (atau memperkuat) perbedaan Anda dari yang lain dengan berbicara kepada pelanggan Anda dan menanyakan mengapa mereka memilih perusahaan Anda.

Setiap perusahaan memiliki proposisi penjualan yang unik, atribut yang membedakan Anda dari pesaing. Lakukan penelitian dan bekerja untuk mencari tahu apa itu. Kemudian, perbaiki pembeda yang ada jika diperlukan. Gabungkan pesan ini ke dalam kampanye pemasaran konten Anda.

10. Lacak Proses Anda

Pemantauan secara konstan harus disediakan untuk memastikan bahwa strategi bekerja secara efektif. Ini dilakukan dengan menugaskan tim yang akan melaksanakan tugas ini. Ingatlah untuk belajar dari kesalahan dan selalu temukan peluang peningkatan!

Ada banyak pekerjaan yang terlibat dalam merancang proses strategi pemasaran digital, tetapi rencana yang efektif dan dipikirkan dengan matang akan membuatnya lebih mudah.

Siap menetapkan strategi digital marketing Anda?


Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons¬†‚ÄúOoo begitu ya‚Ķ‚Ä̬†akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Vendasta, Web FX, Digital Marketing Institute, Ahrefs

Pinter Pandai ‚ÄúBersama-Sama Berbagi Ilmu‚ÄĚ
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing


By | 2020-09-08T16:05:06+07:00 September 7th, 2020|Business Marketing|0 Comments

Leave A Comment