Internet Marketing (Pemasaran Lewat Internet) – Penjelasan, Belajar, Strategi dan Contoh

Penjelasan Internet Marketing

Internet marketing, e-marketing, atau online-marketing adalah segala upaya yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media elektronik atau Internet.

Contoh internet marketing

Internet marketing mengacu pada strategi yang digunakan untuk memasarkan produk atau layanan online, termasuk:

  • Strategi desain situs web
  • Optimisasi mesin pencari dan pengiriman mesin pencari (SEO: Search engine optimization)
  • Promosi daring
  • Menghubungkan timbal balik
  • Email Pemasaran
  • Media sosial
  • Blogging
  • Video / Podcasting
  • Periklanan digital
  • Pemasaran artikel
  • Program afiliasi

Baca juga 👉 Analisis Pesaing – Competitor Analysis dalam Bisnis dan Contohnya – Cara Melakukan Analisis Pesaing atau Analisis Kompetitif


Internet marketing – Brand awareness

Metode online digunakan untuk membangun kesadaran merek
Strategi pemasaran digital dapat mencakup penggunaan satu atau lebih saluran dan teknik online (omnichannel) untuk meningkatkan kesadaran merek di antara konsumen.

Membangun kesadaran merek dapat melibatkan metode / alat seperti:

1. Pengoptimalan mesin telusur (SEO: Search Engine Optimization)

Teknik pengoptimalan mesin telusur dapat digunakan untuk meningkatkan visibilitas situs web bisnis dan konten terkait merek untuk kueri penelusuran terkait industri yang umum.

Pentingnya SEO untuk meningkatkan kesadaran merek dikatakan berkorelasi dengan pengaruh hasil pencarian dan fitur pencarian seperti cuplikan pilihan, panel pengetahuan dan SEO lokal pada perilaku pelanggan.

2. Pemasaran mesin pencari (SEM: Search Engine Marketing)

SEM, juga dikenal sebagai iklan PPC, melibatkan pembelian ruang iklan di posisi yang terlihat dan menonjol di atas halaman hasil pencarian dan situs web. Iklan penelusuran telah terbukti memiliki dampak positif pada pengenalan merek, kesadaran, dan konversi.

33% pencari yang mengklik iklan berbayar melakukannya karena mereka secara langsung menanggapi permintaan pencarian tertentu mereka.

3. Pemasaran media sosial (Social media marketing)

70% pemasar mencantumkan peningkatan kesadaran merek sebagai tujuan nomor satu mereka untuk pemasaran di platform media sosial. Facebook, Instagram, Twitter dan YouTube terdaftar sebagai platform teratas yang saat ini digunakan oleh tim pemasaran media sosial.

4. Pemasaran konten (Content marketing)

56% pemasar percaya konten yang dipersonalisasi – blog, artikel, pembaruan sosial, video, halaman arahan yang berpusat pada merek – meningkatkan ingatan dan keterlibatan merek.

Menurut Mentionlytics, strategi konten yang aktif dan konsisten yang menggabungkan elemen pembuatan konten interaktif, posting sosial, dan blog tamu dapat meningkatkan kesadaran merek dan loyalitas sebesar 88%.

Baca juga 👉 Langkah Pengamanan Sistem Komputer Jika Anda Menggunakan Internet



Strategi internet marketing

1. Perencanaan

Perencanaan pemasaran digital adalah istilah yang digunakan dalam manajemen pemasaran. Ini menjelaskan tahap pertama pembentukan strategi pemasaran digital untuk sistem pemasaran digital yang lebih luas.

Perbedaan antara perencanaan pemasaran digital dan tradisional adalah bahwa ia menggunakan alat komunikasi dan teknologi berbasis digital seperti Sosial, Web, Seluler, Permukaan yang Dapat Dipindai.

Meski demikian, keduanya sejalan dengan visi, misi perusahaan dan strategi bisnis yang menyeluruh.

2. Tahapan perencanaan

Dengan menggunakan pendekatan Dr Dave Chaffey, perencanaan pemasaran digital (DMP) memiliki tiga tahapan utama: Peluang, Strategi, dan Tindakan.

Dia menyarankan bahwa setiap bisnis yang ingin menerapkan strategi pemasaran digital yang sukses harus menyusun rencana mereka dengan melihat peluang, strategi, dan tindakan. Pendekatan strategis generik ini sering memiliki fase tinjauan situasi, penetapan tujuan, perumusan strategi, alokasi sumber daya dan pemantauan.

1) Peluang

Untuk menciptakan DMP yang efektif, bisnis pertama-tama perlu meninjau pasar dan menetapkan tujuan SMART: Specific, Measurable, Actionable, Relevant and Time-Bound; (Spesifik, Terukur, Dapat Ditindaklanjuti, Relevan, dan Terikat Waktu).

Mereka dapat menetapkan tujuan SMART dengan meninjau tolok ukur saat ini dan indikator kinerja utama (KPI: Key performance Indicators) perusahaan dan pesaing. Penting bahwa analitik yang digunakan untuk KPI disesuaikan dengan jenis, tujuan, misi, dan visi perusahaan.

Perusahaan dapat memindai peluang pemasaran dan penjualan dengan meninjau jangkauan mereka sendiri serta jangkauan influencer. Ini berarti mereka memiliki keunggulan kompetitif karena mereka mampu menganalisis pengaruh rekan pemasar dan asosiasi merek mereka.

Untuk menghentikan peluang, perusahaan harus merangkum persona pelanggan mereka saat ini dan perjalanan pembelian dari sini, mereka dapat menyimpulkan kemampuan pemasaran digital mereka. Ini berarti mereka perlu membentuk gambaran yang jelas tentang di mana mereka saat ini dan berapa banyak sumber daya yang dapat mereka alokasikan untuk strategi pemasaran digital mereka, misalnya tenaga kerja, waktu, dll. Dengan merangkum perjalanan pembelian, mereka juga dapat mengenali kesenjangan dan pertumbuhan untuk peluang pemasaran di masa depan yang akan memenuhi tujuan atau mengusulkan tujuan baru dan meningkatkan keuntungan.

2) Strategi

Untuk membuat strategi digital yang terencana, perusahaan harus meninjau proposisi digital mereka (apa yang Anda tawarkan kepada konsumen) dan mengkomunikasikannya menggunakan teknik penargetan pelanggan digital. Jadi, mereka harus mendefinisikan proposisi nilai online (OVP: Online Value Proposition), ini berarti perusahaan harus menyatakan dengan jelas apa yang mereka tawarkan kepada pelanggan secara online, mis. positioning merek.

Perusahaan juga harus memilih (kembali) segmen pasar sasaran dan persona serta menentukan pendekatan penargetan digital.

Setelah melakukan ini secara efektif, penting untuk meninjau bauran pemasaran untuk opsi online. Bauran pemasaran terdiri dari 4P: Product, Price, Promotion and Place (Produk, Harga, Promosi, dan Tempat).

Beberapa akademisi telah menambahkan tiga elemen tambahan ke 4P tradisional yaitu Proses pemasaran, Tempat dan Penampilan fisik sehingga menjadikannya 7P dari pemasaran (Process, Place and Physical appearance).

3) Tindakan

Tahap ketiga dan terakhir mengharuskan perusahaan untuk menetapkan anggaran dan sistem manajemen; ini harus menjadi titik kontak yang dapat diukur, seperti audiens yang dijangkau di semua platform digital. Selain itu, pemasar harus memastikan anggaran dan sistem manajemen mengintegrasikan media yang dibayar, dimiliki, dan diperoleh perusahaan.

Tindakan dan tahap akhir perencanaan juga mengharuskan perusahaan untuk menyiapkan pembuatan konten yang dapat diukur, mis. media online lisan, visual atau tertulis.

Setelah mengonfirmasi rencana pemasaran digital, format komunikasi digital terjadwal (misalnya Gantt Chart) harus dikodekan di seluruh operasi internal perusahaan. Ini memastikan bahwa semua platform yang digunakan sejalan dan saling melengkapi untuk tahap selanjutnya dari strategi pemasaran digital.

3. Memahami pasar

Salah satu cara pemasar dapat menjangkau konsumen, dan memahami proses berpikir mereka adalah melalui apa yang disebut peta empati. Peta empati adalah proses empat langkah.

Cara memahami pasar internet:
  • Langkah pertama adalah dengan mengajukan pertanyaan yang akan dipikirkan konsumen dalam demografis mereka.
  • Langkah kedua adalah menjelaskan perasaan yang mungkin dimiliki konsumen.
  • Langkah ketiga adalah memikirkan tentang apa yang akan dikatakan konsumen dalam situasi mereka.
  • Langkah terakhir adalah membayangkan apa yang akan coba dilakukan konsumen berdasarkan tiga langkah lainnya.

Peta atau jalur ini dibuat agar tim pemasaran dapat menempatkan diri pada posisi target demografis mereka. [95] Analisis Web juga merupakan cara yang sangat penting untuk memahami konsumen. Mereka menunjukkan kebiasaan orang-orang saat online untuk setiap situs web.

Salah satu bentuk khusus dari analitik ini adalah analitik prediktif yang membantu pemasar mengetahui rute mana yang sedang ditempuh konsumen.

Ini menggunakan informasi yang dikumpulkan dari analitik lain, dan kemudian membuat prediksi berbeda tentang apa yang akan dilakukan orang sehingga perusahaan dapat menyusun strategi tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya, sesuai dengan tren masyarakat.

Perilaku konsumen

kebiasaan atau sikap konsumen yang mempengaruhi proses pembelian suatu produk atau jasa. [98] Perilaku konsumen berdampak pada hampir setiap tahap proses pembelian khususnya dalam kaitannya dengan lingkungan dan perangkat digital.

Analisis prediktif

suatu bentuk data mining yang melibatkan pemanfaatan data yang ada untuk memprediksi potensi tren atau perilaku masa depan.

Dapat membantu perusahaan dalam memprediksi perilaku pelanggan di masa depan.

Kepribadian pembeli

melakukan penelitian tentang perilaku konsumen mengenai kebiasaan seperti kesadaran merek dan perilaku membeli untuk membuat profil calon pelanggan.

Membangun persona pembeli membantu perusahaan lebih memahami audiens mereka dan keinginan / kebutuhan spesifik mereka.

Strategi Pemasaran

perencanaan strategis yang digunakan oleh suatu merek untuk menentukan posisi potensial dalam pasar serta calon audiens sasaran; melibatkan dua elemen kunci: segmentasi dan pemosisian.

Dengan mengembangkan strategi pemasaran, perusahaan dapat mengantisipasi dan merencanakan dengan lebih baik untuk setiap langkah dalam proses pemasaran dan pembelian.

Baca juga 👉 Growth Hacking – Pertumbuhan Cepat Perusahaan Menggunakan Teknik Marketing


Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “oooh begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: ImpactEntrepreneur

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

By | 2020-09-02T14:46:58+07:00 Agustus 16th, 2020|Business Marketing|0 Comments

Leave A Comment