Keyakinan dan Kepercayaan – Perbedaan, Hubungan dan Contoh

Keyakinan dan Kepercayaan

Keyakinan dan Kepercayaan adalah suatu sikap yang ditunjukkan oleh manusia saat ia merasa cukup tahu dan menyimpulkan bahwa dirinya telah mencapai kebenaran.
 

Di sini, Anda akan mencatat bahwa keyakinan dan kepercayaan tidak sama karena “Saya percaya Anda” berarti bahwa saya belum tentu memiliki keyakinan pada Anda.

 

Perbedaan keyakinan dan kepercayaan

Karena keyakinan merupakan suatu sikap, maka keyakinan seseorang tidak selalu benar atau keyakinan semata bukanlah jaminan kebenaran. Contoh: Pada suatu masa, manusia pernah meyakini bahwa Bumi merupakan pusat tata surya, belakangan disadari bahwa keyakinan itu keliru.

Kepercayaan adalah suatu keadaan psikologis pada saat seseorang menganggap suatu premis benar.
 

Contoh keyakinan

Aku yakin kamu… – Saya menerima apa yang Anda katakan itu benar.

Tidak ada yang yakin padanya. – Tidak ada yang menerima kata-katanya / apa yang dia katakan.

Aku yakin padamu. – Saya memiliki kepercayaan pada Anda.

Penduduk desa mulai yakin padanya, bahwa dia bisa menyelaiskan tugasnya. – Penduduk desa mulai percaya padanya.

Makna ini dalam sangat mirip dengan makna yang disampaikan oleh kepercayaan. Inilah sebabnya mengapa banyak orang mengacaukan dua kata kepercayaan dan keyakinan.
 

Contoh kepercayaan

Saya tidak percaya tetangga saya…

Dia mampu memenangkan kepercayaan semua orang…

Dia bodoh mempercayainya…

Dia akan mempercayaiku dengan hidupnya yang…

Hubungan mereka dibangun di atas kasih sayang dan kepercayaan timbal balik…
 

Hubungan keyakinan dan kepercayaan

Hubungan antara kepercayaan dengan ilmu pengetahuan terjalin dengan sangat erat. Orang-orang yang berkepercayaan biasanya dalam berargumen berkata bahwa mereka tahu segala mengenai argumentasi. orang-orang yang berkepercayaan bahwa matahari adalah yang maha kuasa akan mengatakan bahwa mereka tahu bahwa matahari adalah yang maha kuasa.
 

 

Hubungan keyakinan dan kepercayaan dengan ilmu filosofi

Namun, dalam istilah berkepercayaan dan ilmu pengetahuan yang digunakan oleh penggunaan philosopi akan berbeda. Epistemologi adalah imu filosofi yang mempeelajari imlu pengetahuan dan berkepercayaan. Sebuah masalah yang besar untuk epistemologi adalah dalam kerangka apa yang diperlukan untuk memiliki pengetahuan. Dalam sebuah gagasan yang berasal dari dialog Theaetetus oleh Plato, filosofi tradisional telah menetapkan bahwa kebebenaran dari berkepercayaan adalah “dibenarkan”.

Baca juga👉 Filosofi dan Filsuf Terkenal dalam Sejarah (Filsafat)
 

Hubungan keyakinan dan kepercayaan dengan ilmu pengetahuan

Hubungan antara berkepercayaan dan ilmu pengetahuan adalah bahwa ilmu pengetahuan adalah bagian dari berkepercayaan jika berkepercayaan itu benar, dan jika berkepercayaan memiliki alasan pembenar (wajar dan harus masuk akal pernyataan / bukti / petunjuk) maka untuk berkepercayaan itu memang benar.
 

Hubungan keyakinan dan kepercayaan dengan psikologi

Psikologi dan disiplin ilmu terkait secara tradisional memperlakukan kepercayaan seolah-olah itu adalah bentuk paling sederhana dari representasi mental dan oleh karena itu salah satu blok bangunan pemikiran sadar. Para filsuf cenderung lebih abstrak dalam analisisnya, dan sebagian besar pekerjaan yang meneliti kelayakan konsep keyakinan berasal dari analisis filosofis.

Baca juga👉 Ekstrover dan Introver : Ekstrover = Suka Bergaul, Introver = Tidak Suka Bergaul, Ambiver = Ditengahnya – Ciri-Ciri Kepribadian dan Contoh Pekerjaan Yang Cocok
 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 
Sumber bacaan: Difference Between, Pediaa,
 
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

By | 2019-12-12T01:50:43+07:00 Desember 12th, 2019|Geografi & Sejarah, Lainnya|0 Comments

Leave A Comment