Makanan Penumbuh Rambut – Contoh Sayur, Buah dan Makanan

Makanan Penumbuh Rambut

Siapa yang ingin rambutnya cepat tumbuh dan indah, berikut makanan penumbuh rambut contoh sayur, buah dan makanan…

Menariknya, rambut Anda tumbuh sekitar 0,5 inci (1,25 cm) per bulan, dan 6 inci (15 cm) per tahun. Seberapa cepat pertumbuhannya tergantung pada faktor-faktor seperti usia, kesehatan, genetika dan makanan.

Meskipun Anda tidak dapat mengubah faktor seperti usia dan genetika, makanan adalah satu hal yang dapat Anda kendalikan. Padahal, mengonsumsi makanan yang kurang nutrisi yang tepat bisa menyebabkan rambut rontok.

Di sisi lain, mengonsumsi makanan yang seimbang dengan nutrisi yang tepat dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut, terutama jika Anda mengalami kerontokan rambut akibat nutrisi yang buruk.

Apa yang Anda makan dapat berdampak besar pada kesehatan rambut Anda. Kekurangan nutrisi yang tepat termasuk vitamin A, C, D dan E, seng, vitamin B, zat besi, biotin, protein, dan asam lemak esensial dapat memperlambat pertumbuhan rambut atau bahkan menyebabkan kerontokan rambut.

Untungnya, memperbaiki kekurangan nutrisi ini dapat membantu mengatasi kerontokan rambut dan meningkatkan laju pertumbuhan rambut.

Jika Anda merasa kekurangan nutrisi ini, coba tambahkan beberapa makanan di atas ke dalam diet Anda.

Berikut adalah makanan terbaik yang bisa Anda makan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut:

1. Telur

Telur adalah sumber protein dan biotin yang bagus, dua nutrisi yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Makan protein yang cukup penting untuk pertumbuhan rambut karena folikel rambut sebagian besar terbuat dari protein. Kekurangan protein dalam makanan terbukti meningkatkan kerontokan rambut.

Biotin sangat penting untuk produksi protein rambut yang disebut keratin, itulah sebabnya suplemen biotin sering dipasarkan untuk pertumbuhan rambut. Penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak biotin dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut pada orang yang kekurangan biotin.

Namun, kekurangan biotin jarang terjadi jika Anda mengonsumsi makanan seimbang. Ada sedikit bukti yang menunjukkan orang sehat mendapat manfaat dari mengonsumsi lebih banyak biotin.

Telur juga merupakan sumber seng, selenium, dan nutrisi sehat rambut lainnya. Ini menjadikannya salah satu makanan terbaik untuk dikonsumsi untuk kesehatan rambut yang optimal.

Telur itu bagus, sumber protein dan biotin yang penting untuk kesehatan dan pertumbuhan rambut. Kekurangan salah satu nutrisi ini telah dikaitkan dengan kerontokan rambut.

Baca juga ūüĎȬ†Vitamin Penumbuh Rambut & Terbaik untuk Pertumbuhan dan Ketebalan Rambut

2. Berries

Buah beri sarat dengan senyawa bermanfaat dan vitamin yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Ini termasuk vitamin C, yang memiliki sifat antioksidan kuat.

Antioksidan dapat membantu melindungi folikel rambut dari kerusakan molekul berbahaya yang disebut radikal bebas. Molekul-molekul ini ada secara alami di dalam tubuh dan lingkungan.

Misalnya, 1 cangkir (144 gram) stroberi menyediakan 141% kebutuhan vitamin C harian Anda yang mengesankan.

Selain itu, tubuh menggunakan vitamin C untuk menghasilkan kolagen, protein yang membantu memperkuat rambut agar tidak rapuh dan patah

Terlebih lagi, vitamin C membantu tubuh menyerap zat besi dari makanan. Kadar zat besi yang rendah dapat menyebabkan anemia, yang dikaitkan dengan kerontokan rambut

Berries lengandung senyawa seperti antioksidan dan vitamin yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Untuk Misalnya, stroberi kaya vitamin C, yang membantu produksi kolagen dan penyerapan zat besi, dua faktor yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

3. Bayam

Bayam adalah sayuran hijau sehat yang sarat dengan nutrisi bermanfaat seperti folat, zat besi, dan vitamin A dan C, yang semuanya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Vitamin A membantu kelenjar kulit menghasilkan sebum. Zat berminyak ini membantu melembabkan kulit kepala agar rambut tetap sehat.

Secangkir (30 gram) bayam menyediakan hingga 54% kebutuhan vitamin A harian Anda .

Bayam juga merupakan sumber zat besi nabati yang bagus, yang penting untuk pertumbuhan rambut. Zat besi membantu sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh untuk memicu metabolisme dan membantu pertumbuhan dan perbaikan.

Terlebih lagi, kekurangan zat besi telah dikaitkan dengan rambut rontok.

Bayam mengandung folat, zat besi, dan vitamin A dan C, yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Kekurangan nutrisi ini dapat menyebabkan rambut rontok.

Baca juga ūüĎȬ†Manfaat Sayur Bayam Bagi Penderita Anemia

4. Ubi jalar

Ubi jalar adalah sumber beta-karoten yang bagus. Tubuh mengubah senyawa ini menjadi vitamin A, yang terkait dengan kesehatan rambut yang baik.

Ubi jalar ukuran sedang (sekitar 114 gram) mengandung cukup beta-karoten untuk menyediakan lebih dari empat kali kebutuhan vitamin A harian Anda.

Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin A meningkatkan produksi sebum, yang membantu menjaga kesehatan rambut.

Terlebih lagi, vitamin A juga dapat mempercepat laju pertumbuhan rambut dan mendorong pertumbuhan rambut yang lebih tebal, sekaligus mencegah kemunduran folikel rambut lainnya.

Ubi jalar mengandung vitamin A, yang membantu membantu produksi sebum. Selain itu, ia memiliki faktor lain yang dapat membantu mempercepat laju pertumbuhan rambut.

5. Alpukat

Alpukat lezat, bergizi dan merupakan sumber lemak sehat yang baik.

Mereka juga merupakan sumber vitamin E yang sangat baik, yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Satu buah alpukat berukuran sedang (sekitar 200 gram) menyediakan 21% kebutuhan vitamin E harian Anda.

Seperti vitamin C, vitamin E adalah antioksidan yang membantu memerangi stres oksidatif dengan menetralkan radikal bebas.

Dalam sebuah penelitian, orang dengan rambut rontok mengalami pertumbuhan rambut 34,5% lebih banyak setelah mengonsumsi suplemen vitamin E selama delapan bulan.

Vitamin E juga melindungi area kulit, seperti kulit kepala, dari stres oksidatif dan kerusakan. Kulit kepala yang rusak dapat menyebabkan kualitas rambut yang buruk dan folikel rambut yang lebih sedikit.

Terlebih lagi, alpukat adalah sumber asam lemak esensial. Lemak ini tidak dapat diproduksi oleh tubuh, tetapi merupakan bahan pembangun penting dari sel Anda. Kekurangan asam lemak esensial telah dikaitkan dengan kerontokan rambut.

Alpukat kaya akan vitamin E, antioksidan yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain itu, mereka adalah sumber yang bagus asam lemak esensial, yang tampaknya penting untuk pertumbuhan rambut.

6. Kacang-kacangan (almond)

Kacang-kacangan enak dan mengandung berbagai nutrisi yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Misalnya, satu ons (28 gram) almond menyediakan 37% kebutuhan vitamin E harian Anda yang mengesankan.

Terlebih lagi, mereka juga menyediakan berbagai macam vitamin B, seng, dan asam lemak esensial. Kekurangan salah satu nutrisi ini telah dikaitkan dengan rambut rontok.

Kacang juga dikaitkan dengan berbagai macam manfaat kesehatan lain selain pertumbuhan rambut, termasuk mengurangi peradangan dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Ini membuat kacang menjadi tambahan yang bagus dan mudah untuk diet Anda.

Kacang memiliki nutrisi seperti vitamin E, vitamin B, seng dan asam lemak esensial, yang semuanya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan saling berhubungan

7. Ikan Berlemak (salmon, herring, mackerel)

Ikan berlemak seperti salmon, herring dan mackerel memiliki nutrisi yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Mereka adalah sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik, yang telah dikaitkan dengan pertumbuhan rambut.

Sebuah studi pada 120 wanita menemukan bahwa mengonsumsi suplemen yang mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 serta antioksidan dapat mengurangi kerontokan rambut dan meningkatkan kepadatan rambut [sumber].

Studi lain menemukan bahwa mengonsumsi suplemen minyak ikan secara signifikan mengurangi kerontokan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut pada wanita dengan rambut menipis.

Namun, hanya ada sedikit penelitian tentang asam lemak omega-3 dan pertumbuhan rambut. Diperlukan lebih banyak penelitian sebelum pakar kesehatan dapat membuat rekomendasi apa pun.

Ikan berlemak juga merupakan sumber protein, selenium, vitamin D3 dan vitamin B, nutrisi yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kekuatan rambut.

Ikan berlemak seperti salmon, herring, dan mackerel merupakan sumber asam lemak omega-3 yang bagus telah dikaitkan dengan peningkatan pertumbuhan dan kepadatan rambut. Namun, hanya ada sedikit studi di bidang ini, sehingga dibutuhkan lebih banyak lagi.

8. Udang

Udang kaya akan banyak nutrisi yang berpotensi meningkatkan pertumbuhan rambut.

Misalnya, udang adalah sumber protein, vitamin B, seng, zat besi, dan vitamin D. Udang 3,5 ons (100 gram) menyediakan 38% kebutuhan vitamin D harian Anda.

Menariknya, penelitian telah mengaitkan kekurangan vitamin D3 dengan rambut rontok.
Meski sangat rendah lemak, udang juga menyediakan sedikit asam lemak omega-3. Makanan yang kaya asam lemak omega-3 telah dikaitkan dengan peningkatan pertumbuhan rambut.

Udang adalah sumber protein, vitamin B, seng, zat besi dan vitamin D yang hebat, yang dapat membantu pertumbuhan rambut. Mereka juga menyediakan sedikit asam lemak omega-3 yang sehat.

9. Kacang buncis

Kacang adalah sumber protein nabati yang bagus, yang penting untuk pertumbuhan rambut.

Seperti tiram, kacang-kacangan adalah sumber seng yang baik, yang membantu siklus pertumbuhan dan perbaikan rambut. Satu porsi kacang hitam 3,5 ons (100 gram) menyediakan 7% dari kebutuhan seng harian Anda.

Mereka juga memberikan banyak nutrisi sehat rambut lainnya, termasuk zat besi, biotin, dan folat.

Di atas semua manfaat ini, kacang-kacangan sangat serbaguna dan murah, yang menjadikannya tambahan yang mudah untuk diet.

Buncis adalah sumber protein, zat besi, seng, dan biotin yang bagus, yang semuanya penting untuk kesehatan rambut yang optimal. Bersama-sama, mereka dapat membantu pertumbuhan rambut.

10. Kedelai

Penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa dalam kedelai dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Salah satu senyawa ini adalah spermidine, yang melimpah pada kedelai.

Sebagai contoh, sebuah penelitian terhadap 100 orang sehat menemukan bahwa suplemen nutrisi berbasis spermidine dapat memperpanjang fase pertumbuhan rambut aktif yang disebut fase anagen. Semakin lama folikel rambut berada dalam fase anagen, semakin lama pertumbuhannya.

Studi tabung reaksi juga menunjukkan bahwa spermidine meningkatkan pertumbuhan rambut manusia.

Namun, penelitian tentang spermidine dan pertumbuhan rambut terbilang baru, sehingga diperlukan lebih banyak penelitian sebelum pakar kesehatan dapat membuat rekomendasi tentang asupan spermidine.

Kedelai adalah salah satu sumber spermidine terbaik, senyawa yang dapat memperpanjang fase aktif pertumbuhan rambut.

11. Daging

Daging adalah makanan pokok banyak orang dan kaya nutrisi yang dapat membantu pertumbuhan rambut.

Protein dalam daging membantu pertumbuhan dan membantu memperbaiki serta memperkuat folikel rambut. Satu porsi 3,5 ons (100 gram) sirloin steak yang dimasak menyediakan sebanyak 29 gram protein.

Daging merah, khususnya, kaya akan jenis zat besi yang mudah diserap. Mineral ini membantu sel darah merah mengantarkan oksigen ke seluruh sel di tubuh, termasuk folikel rambut.

Kekurangan protein dan zat besi telah dikaitkan dengan kerontokan rambut.

Daging adalah sumber protein yang bagus, yang penting untuk rambut yang sehat dan kuat. Daging merah, khususnya, kaya zat besi.


Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons¬†‚ÄúOoo begitu ya‚Ķ‚Ä̬†akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki penyakit atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber bacaan: Web MD, Health Line, Nutritionist Resource

Pinter Pandai ‚ÄúBersama-Sama Berbagi Ilmu‚ÄĚ
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2020-10-14T22:20:45+07:00 Oktober 3rd, 2020|Makanan & Minuman, Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment