fbpx

Makanan Untuk Perut Kembung – Makanan Terbaik dan Terburuk Untuk Perut Kembung

Makakan Untuk Perut Kembung Yang Terbaik

Perasaan perut buncit atau bengkak, terlalu penuh yang Anda dapatkan setelah makan terlalu banyak, makan terlalu cepat, atau makan makanan kaya dan berlemak tidak menyenangkan untuk sedikitnya. Isi keranjang belanjaan Anda dengan makanan ini untuk membantu mengurangi kembung. Berikut adalah beberapa makanan untuk perut kembung

Jahe

Obat yang terkenal untuk sakit perut, jahe juga merupakan salah satu makanan yang mengurangi kembung. “Ini membantu pencernaan dan memberikan bantuan dari berbagai gangguan kembung, termasuk mual dan kembung,” kata Deborah Orlick Levy, ahli gizi terdaftar dan konsultan untuk Carrington Farms Health and Nutrition.

Makanannya termasuk permen jahe, teh jahe, dan menambahkan jahe segar ke yogurt dan tumis krisan. Lihat penyebab perut kembung yang perlu Anda ketahui.

Pisang

Makanan yang kaya kalium — seperti pisang, ditambah alpukat, kiwi, jeruk, dan pistachio — mencegah retensi air dengan mengatur kadar natrium dalam tubuh Anda dan dengan demikian dapat mengurangi kembung yang disebabkan garam. Pisang juga memiliki serat larut, yang dapat meringankan atau mencegah sembelit.

Asparagus

Buang air seni sambil membilas perasaan yang kembung itu. “Asparagus mengandung prebiotik, yang seperti probiotik, membantu mendukung bakteri pencernaan yang baik,” kata Levy.

“Kombinasi itu, bersama dengan menyiram air dalam tubuh, membantu meredakan kembung.” Temukan kebiasaan harian ini yang mengurangi perut kembung.

Air putih

Anda sudah kembung dan seharusnya minum lebih banyak air? Ya. Namun, jauhi minuman berkarbonasi; mereka benar-benar menyebabkan masalah kembung dan GI. “Air biasa membantu semuanya keluar dari sistem Anda,” kata Levy.

Jika air terlalu lunak untuk lidah Anda, Levy menyarankan untuk menambahkan irisan mentimun, jeruk, atau lemon untuk membuatnya lebih enak. Baca juga: TOP 10 Cara Menghemat Air Yang Dapat Anda Lakukan Sekarang – Hari Air Sedunia 22 Maret

Seledri

Mengunyah seledri mungkin terasa seperti latihan untuk rahang tetapi juga merupakan salah satu makanan yang mengurangi kembung. “Seledri dapat digunakan sebagai bantuan pencernaan untuk mengontrol gas usus karena bahan kimia diketahui mengurangi retensi cairan,” kata Jennifer Kartashevsky, ahli diet terdaftar di Rumah Sakit Mount Sinai, New York. Mulai! Seledri adalah salah satu makanan untuk perut kembung yang baik.

Susu almon

Beberapa dari kita tidak bisa mentolerir produk susu dan mungkin tidak toleran laktosa. Versi nabati produk susu tradisional dapat memberikan alternatif yang tidak kembung menurut Martica Heaner, PhD, asisten profesor nutrisi di Hunter College di New York.

“Gula atau laktosa dalam susu dapat menyebabkan perut kembung dan sakit,” kata Heaner. “Protein susu dapat menyebabkan peradangan yang dapat menyebabkan penumpukan lendir dan retensi cairan,” katanya.

Bok choy

Sayuran hijau seperti bok choy membantu mengurangi kembung karena mengandung nitrat makanan yang meningkatkan ekspansi pembuluh darah Anda, meningkatkan sirkulasi di daerah-daerah yang membutuhkan pengeluaran cairan, seperti perut kembung. Selain itu, sayuran hijau kaya akan elektrolit magnesium dan kalium.

“Menambahkan lebih banyak magnesium dan kalium dari makanan nabati dapat membantu menyeimbangkan mineral, mencegah tubuh dari memegang natrium dalam jumlah yang tidak proporsional,” kata Heaner. Cari tahu makanan mengejutkan yang menyebabkan gas dan kembung.

Kefir dan yogurt

Jika produk susu bukan masalah bagi Anda, cobalah daun kefir, minuman susu fermentasi, dan yogurt. Keduanya mengandung probiotik, yang baik untuk perut, tubuh, dan kembung menurut Rene Ficek, ahli diet terdaftar dan ahli nutrisi utama di Seattle Sutton’s Healthy Eating.

“Kefir dan yogurt mempromosikan bakteri baik dalam usus, yang membantu saluran pencernaan bekerja lebih efisien,” kata Ficek. “Akibatnya, Anda akan cenderung lebih sedikit gas dan kembung.” Pelajari tentang makanan lain dengan probiotik sehat.

Mentimun

Renyah di bagian luar, dan dikemas dengan 96 persen air di bagian dalam, toper salad ini adalah salah satu makanan yang mengurangi kembung. “Mereka juga penuh serat untuk membantu saluran pencernaan berjalan lebih lancar,” kata Ficek.

Jangan hanya menyimpannya untuk salad; tambahkan irisan ke sandwich Anda atau bungkus untuk crunch yang enak. Mentimun adalah salah makanan untuk perut kembung yang baik.

Tomat

Tomat sangat bagus untuk mengurangi kembung. “Tomat kaya akan kalium, yang membantu menyeimbangkan kadar natrium dalam tubuh, sehingga mengurangi berat air dan kembung,” kata Ficek. Pelajari lebih banyak makanan musim panas yang menyebabkan kembung — dan beberapa tidak.

Pepaya

Cukup menarik untuk dilihat dan enak untuk dimakan namun beberapa orang dimatikan oleh aroma pepaya yang matang. Jangan biarkan aroma menjauhkan Anda dari manfaatnya untuk kembung. “Dalam sebuah penelitian kecil, suplemen yang mengandung pepaya membantu mengurangi
 

Makanan Untuk Perut Kembung - Makanan Terbaik dan Terburuk Untuk Perut Kembung

Makanan Untuk Perut Kembung – Makanan Terbaik dan Terburuk Untuk Perut Kembung. Ilustrasi dan sumber foto: Public Domain Pictures

 

Makakan Untuk Perut Kembung Yang Terburuk

Kacang

Kacang memiliki kandungan serat yang tinggi dan mengandung gula yang sulit ditemukan oleh tubuh.
Kacang penuh dengan protein, karbohidrat, serat, dan vitamin dan mineral. Kacang dapat menyebabkan kembung karena memiliki kandungan serat yang tinggi dan mengandung oligosakarida, yang merupakan gula yang sulit ditemukan oleh tubuh.

Orang dapat memilih kacang yang lebih mudah dicerna, termasuk adzuki dan kacang hijau, atau mereka dapat mencoba menggunakan alternatif, seperti:

  • Biji gandum
  • Biji-bijian
  • Kacang-kacangan

Merendam kacang sebelum memasak bisa mengurangi kemungkinan terjadinya gas berlebih pada pencernaan.

Minuman berkarbonasi (soda)

Minuman berkarbonasi, termasuk soda, mengandung gas karbon dioksida di dalamnya untuk membuat gelembung.

Gas ini langsung menuju saluran pencernaan, di mana ia dapat menyebabkan kembung. Terlalu banyak mengonsumsi minuman ini juga dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Sebuah studi di American Journal of Public Health menemukan bahwa soda meningkatkan risiko diabetes dan berkontribusi terhadap obesitas.

Alternatif yang lebih sehat dan tidak akan menyebabkan kembung meliputi:

  • Air
  • Jus buah dan sayuran segar
  • Susu
  • Teh panas dan dingin, terutama teh hijau

Memilih opsi yang sehat ini dapat membantu kembung dan penurunan berat badan. Namun, disarankan untuk memastikan bahwa minuman pengganti tidak mengandung banyak gula.

Gandum

Gandum mengandung protein yang disebut gluten, yang dapat menyebabkan kembung, gas, sakit perut, dan diare bagi sebagian orang. Roti, pasta, dan banyak makanan panggang mengandung gluten.

Sensitivitas terhadap gluten dapat disebabkan oleh suatu kondisi yang disebut penyakit celiac, yang mempengaruhi sekitar 1 persen populasi Amerika.

Sensitivitas gluten non-celiac dapat mempengaruhi hingga 6 persen dari populasi, menurut sebuah laporan dalam World Journal of Gastroenterology.

Alternatif gandum yang tidak menyebabkan kembung meliputi:

  • Gandum murni
  • Soba
  • Tepung almond dan kelap
  • Biji gandum

Bawang bombay dan bawang putih

Bawang mengandung fruktan, yang merupakan serat larut yang dapat menyebabkan kembung.

Fructans juga terjadi pada bawang putih, daun bawang, agave, gandum, dan berbagai makanan penghasil gas lainnya. Bahkan dalam jumlah kecil, bawang merah dan bawang putih dapat menyebabkan masalah kembung dan pencernaan lainnya.

Beberapa orang mungkin memiliki alergi terhadap bawang putih atau bawang, yang selanjutnya meningkatkan kemungkinan kembung, bersendawa, dan gas setelah dikonsumsi.

Orang bisa mengganti seledri, collard green, daun bawang, dan adas untuk bawang. Alternatif untuk bawang putih dapat termasuk rempah-rempah dan bumbu lain, seperti daun bawang dan kemangi.

Sayur kembang kol, brokoli, kubis, kubis Brussel, selada

Ini adalah makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi penting, termasuk vitamin C dan K, serat, dan kalium. Namun, mereka dapat menyebabkan beberapa gejala pencernaan yang tidak diinginkan, termasuk kembung.

Memasak sayuran silangan membuatnya lebih mudah dicerna. Atau, orang dapat menggantinya dengan sayuran sehat lainnya yang sama-sama kaya vitamin dan mineral tetapi tidak akan menyebabkan kembung. Ini termasuk:

  • Bayam
  • Timun Jepang
  • Ubi jalar
  • Asparagus
  • Wortel
  • Jahe
  • Seledri

Susu

Produk-produk susu, yang meliputi susu dan beragam keju dan yogurt, adalah sumber kalsium dan protein yang sangat baik. Beberapa orang memiliki kondisi yang disebut intoleransi laktosa, yang berarti bahwa tubuh mereka tidak dapat memecah laktosa, gula dalam produk susu.

Menurut satu laporan di European Review for Medical and Farmacological Sciences, hingga 75 persen populasi dunia akan kehilangan kemampuan untuk mencerna laktosa selama masa hidup mereka. Jika orang memiliki intoleransi laktosa, mengonsumsi susu cenderung menyebabkan kembung, gas, kram perut, dan diare.

Beberapa orang yang memiliki intoleransi laktosa dapat memakan beberapa produk yang mengandung laktosa, termasuk keju dan yogurt, atau dapat mengelolanya dalam jumlah kecil.

Alternatif susu bebas laktosa tersedia, termasuk:

  • Susu bebas laktosa
  • Susu kacang almon
  • Susu kedelai

Orang-orang juga dapat membeli keju bebas laktosa, yogurt, dan es krim.

Minuman beralkohol

Alkohol adalah zat peradangan, dan mengkonsumsinya dapat menyebabkan peradangan pada saluran pencernaan.

Bir sangat mungkin mengiritasi usus karena merupakan minuman berkarbonasi. Ini juga mengandung ragi, yang memakan bakteri berbahaya di usus, dan karbohidrat yang bisa difermentasi, seperti barley dan gandum. Banyak orang sensitif terhadap karbohidrat yang dapat difermentasi, yang dapat menyebabkan gas dan kembung.

Karena alkohol membawa risiko kesehatan lain, yang terbaik adalah minum air atau teh sebagai alternatif. Namun, jika orang ingin minum minuman beralkohol, anggur dan minuman beralkohol seharusnya menyebabkan kembung dan gas secara signifikan lebih sedikit daripada bir.

Apel dan pir

Apel dan pir adalah buah-buahan populer yang mengandung banyak serat, vitamin, dan antioksidan. Mereka juga dikenal menyebabkan masalah kembung dan pencernaan.

Ini karena mengandung fruktosa, yaitu gula buah yang sulit dicerna oleh banyak orang.

Pir juga mengandung sorbitol, yang dapat menyebabkan kembung signifikan bagi sebagian orang.

Apel dan pir yang dimasak bisa lebih mudah dicerna daripada yang segar. Orang-orang juga dapat mengganti apel dan pir dalam makanan mereka dengan buah-buahan lain yang cenderung menyebabkan kembung, seperti:

  • Beri, termasuk stroberi, blueberry, dan blackberry
  • Buah jeruk, seperti grapefruit, mandarin, dan jeruk
  • Pisang
  • Anggur
  • Blewah

 

Kunci Makanan Untuk Perut Kembung

Dalam kebanyakan kasus, kembung akan terjadi sebagai akibat dari makanan atau minuman tertentu dalam makanan daripada kondisi medis yang parah.

Makanan yang menyebabkan kembung pada satu orang mungkin tidak memengaruhi orang lain. Karena itu, penting bahwa orang hanya menghindari makanan yang mempengaruhi mereka daripada memotong secara drastis setiap makanan yang dapat menyebabkan kembung atau makanan untuk perut kembung.

Jika menghindari makanan tertentu tidak membantu kembung, yang terbaik adalah berbicara dengan dokter atau ahli gizi yang dapat mengatasi masalah tertentu. Mereka juga dapat merekomendasikan suplemen spesifik, seperti probiotik atau enzim pencernaan, untuk mendorong pencernaan dan mengurangi kemungkinan kembung.

Dalam kasus yang jarang terjadi ketika diet bukanlah penyebab kembung, ada kemungkinan bahwa kondisi medis bertanggung jawab.
 

Tips Selain Makanan Untuk Perut Kembung

Selain memakan makanan untuk perut kembung, Anda dapat juga dapat melakukan:

 

Bacaan Lainnya

 

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

                       
 
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz |Matematika|IPA | Geografi & Sejarah|Info Unik|Lainnya


By | 2019-05-06T21:35:16+07:00 Mei 6th, 2019|Makanan & Minuman, Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment