fbpx

Tips Kesehatan Yang Baik – Penting dan Harus Anda Ketahui

Tips Kesehatan Yang Baik

Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Menurut WHO (World Health Organization) Kesehatan adalah suatu keadaan fisik, mental, dan sosial kesejahteraan dan bukan hanya tidak adanya penyakit atau kelemahan. Berikut adalah tips kesehatan yang baik:

 

1. Jangan Minum Gula Berkalori

Minuman manis adalah hal yang paling menggemukkan yang bisa Anda masukkan ke dalam tubuh Anda.

Ini karena kalori gula cair tidak didaftarkan oleh otak dengan cara yang sama seperti kalori dari makanan padat.

Karena alasan ini, ketika Anda minum soda, Anda akhirnya makan lebih banyak kalori total.

Minuman manis sangat terkait dengan obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung dan segala macam masalah kesehatan.

Perlu diingat bahwa jus buah hampir sama buruknya dengan soda dalam hal ini. Mereka mengandung banyak gula, dan sejumlah kecil antioksidan TIDAK meniadakan efek berbahaya dari gula.

 

2. Makan Kacang

Meskipun tinggi lemak, kacang-kacangan sangat bergizi dan sehat. Mereka sarat dengan magnesium, vitamin E, serat dan berbagai nutrisi lainnya dan ini merupakan salah satu tips kesehatan yang baik.

Studi menunjukkan bahwa kacang dapat membantu Anda menurunkan berat badan, dan dapat membantu melawan diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Selain itu, sekitar 10-15% kalori dalam kacang bahkan tidak diserap ke dalam tubuh, dan beberapa bukti menunjukkan bahwa mereka dapat meningkatkan metabolisme.

Dalam sebuah penelitian, almond terbukti meningkatkan penurunan berat badan hingga 62% dibandingkan dengan karbohidrat kompleks.

 

3. Hindari Makanan Olahan Junk Food (Makan Makanan Yang Dibuat Sendiri)

Semua makanan olahan sampah dalam makanan adalah alasan terbesar dunia menjadi lebih gemuk dan lebih sakit daripada sebelumnya.

Makanan ini telah direkayasa untuk menjadi “hiper-penghargaan,” sehingga mereka menipu otak kita untuk makan lebih banyak dari yang kita butuhkan, bahkan menyebabkan kecanduan pada beberapa orang.

Mereka juga rendah serat, protein, dan zat gizi mikro (kalori kosong), tetapi kaya akan bahan-bahan yang tidak sehat seperti gula tambahan dan biji-bijian olahan.

 

4. Jangan Takut Kopi

Kopi telah didemonstrasikan secara tidak adil. Yang benar adalah bahwa sebenarnya sangat sehat, tetapi harus dikonsumsi secara tidak berlebihan.

Kopi tinggi antioksidan, dan penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi hidup lebih lama, dan memiliki risiko diabetes tipe 2 yang berkurang, penyakit Parkinson, Alzheimer, dan banyak penyakit lainnya.

 

Tips kesehatan yang baik

Tips kesehatan yang baik. Sumber foto dan ilustrasi: Pixabay dan PinterPandai

 

5. Makan Ikan Berlemak

Hampir semua orang setuju bahwa ikan itu sehat dan ini adalah salah satu tips kesehatan yang baik.

Ini terutama berlaku untuk ikan berlemak, seperti salmon, yang sarat dengan asam lemak omega-3 dan berbagai nutrisi lainnya.

Studi menunjukkan bahwa orang yang makan ikan paling banyak memiliki risiko lebih rendah dari semua jenis penyakit, termasuk penyakit jantung, demensia dan depresi.

 

6. Cukup Tidur

Pentingnya mendapatkan kualitas tidur yang cukup tidak bisa ditoleransi.

Mungkin sama pentingnya dengan diet dan olahraga, jika tidak lebih.

Tidur yang buruk dapat mendorong resistensi insulin, membuang hormon nafsu makan Anda dan mengurangi kinerja fisik dan mental Anda.

Terlebih lagi, itu adalah salah satu faktor risiko individu terkuat untuk kenaikan berat badan dan obesitas di masa depan. Satu studi menunjukkan bahwa tidur pendek dikaitkan dengan 89% peningkatan risiko obesitas pada anak-anak, dan 55% pada orang dewasa. Baca juga: Bagaimana Cara Untuk Mendapatkan Tidur Yang Anda butuhkan? & Jumlah Jam Tidur Yang Baik dan Pentingnya Tidur

 

7. Jaga Kesehatan Usus Anda dengan Probiotik dan Serat

Bakteri dalam usus Anda, secara kolektif disebut mikrobiota usus, kadang-kadang disebut sebagai “organ yang terlupakan.”

Bug usus ini sangat penting untuk semua aspek kesehatan. Gangguan pada bakteri usus terkait dengan beberapa penyakit kronis paling serius di dunia, termasuk obesitas.

Cara yang baik untuk meningkatkan kesehatan usus, adalah makan makanan probiotik (seperti yogurt dan asinan kubis), minum suplemen probiotik, dan makan banyak serat. Serat berfungsi sebagai bahan bakar untuk bakteri usus.

 

8. Minumlah Air, Terutama Sebelum Makan

Minum air yang cukup dapat memiliki banyak manfaat dan ini adalah salah satu tips kesehatan yang baik

Salah satu faktor penting, adalah dapat membantu meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar.

Menurut 2 penelitian, itu dapat meningkatkan metabolisme sebesar 24-30% selama 1-1,5 jam. Ini dapat mencapai 96 kalori tambahan yang dibakar jika Anda minum 2 liter (67 ons) air per hari.

Waktu terbaik untuk minum air adalah setengah jam sebelum makan. Satu studi menunjukkan bahwa setengah liter air, 30 menit sebelum makan, meningkatkan penurunan berat badan hingga 44%.

 

9. Jangan Makan Daging Terlalu Bakar / Gosong

Daging dapat menjadi bagian makanan yang bergizi dan sehat. Ini sangat tinggi protein, dan mengandung berbagai nutrisi penting.

Masalah terjadi ketika daging matang dan dibakar. Hal ini dapat menyebabkan pembentukan senyawa berbahaya yang meningkatkan risiko kanker.

Jadi, makanlah daging Anda, jangan sampai terlalu lama atau membakarnya. Baca juga: Risiko Kanker Memakan daging gosong yang ber zat benzopiren

 

10. Hindari Lampu Yang Cerah Sebelum Tidur

Ketika kita terpapar cahaya terang di malam hari, ini mengganggu produksi hormon tidur melatonin.

“Retasan” yang menarik adalah dengan menggunakan kacamata berwarna kuning yang menghalangi cahaya biru memasuki mata Anda di malam hari.

Ini memungkinkan melatonin diproduksi seolah-olah itu benar-benar gelap, membantu Anda tidur lebih baik.

 

11. Minum Vitamin D3 Jika Anda Tidak Mendapat Banyak Sinar Matahari

Kembali pada hari itu, kebanyakan orang mendapat vitamin D dari matahari.

Masalahnya adalah bahwa kebanyakan orang tidak mendapatkan banyak sinar matahari hari ini. Mereka tinggal di tempat yang tidak ada matahari, atau mereka tinggal di dalam sebagian besar hari atau menggunakan tabir surya saat mereka pergi.

Menurut data dari 2005-2006, sekitar 41,6% dari populasi AS kekurangan vitamin kritis ini.

Jika paparan sinar matahari yang memadai bukan merupakan pilihan bagi Anda, maka suplementasi dengan vitamin D telah terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Ini termasuk peningkatan kesehatan tulang, peningkatan kekuatan, berkurangnya gejala depresi dan risiko kanker yang lebih rendah. Vitamin D juga dapat membantu Anda hidup lebih lama.

 

12. Makan Sayuran dan Buah

Sayuran dan buah-buahan adalah makanan kesehatan “standar”, dan untuk alasan yang baik.

Mereka sarat dengan serat prebiotik, vitamin, mineral dan segala macam antioksidan, beberapa di antaranya memiliki efek biologis yang kuat.

Studi menunjukkan bahwa orang yang paling banyak makan sayur dan buah hidup lebih lama, dan memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung, diabetes tipe 2, obesitas, dan segala macam penyakit.

 

13. Pastikan Makan Cukup Protein

Makan cukup protein sangat penting, dan banyak ahli percaya bahwa asupan harian yang disarankan terlalu rendah.

Protein sangat penting untuk menurunkan berat badan, dan bekerja melalui beberapa mekanisme berbeda.

Asupan protein tinggi dapat meningkatkan metabolisme secara signifikan, sementara membuat Anda merasa sangat kenyang sehingga Anda secara otomatis makan lebih sedikit kalori. Ini juga dapat memotong keinginan dan mengurangi keinginan untuk ngemil di malam hari.

Mengonsumsi banyak protein juga terbukti menurunkan kadar gula darah dan tekanan darah. Baca juga: Apa Yang Terjadi Bila Anda Kekurangan Protein “C” ?

 

14. Lakukan Beberapa Cardio, atau Jalan Kaki

Melakukan latihan aerobik (atau kardio) adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan mental dan fisik Anda.

Ini sangat efektif untuk mengurangi lemak perut, jenis lemak berbahaya yang menumpuk di sekitar organ Anda. Mengurangi lemak perut harus mengarah pada perbaikan besar dalam kesehatan metabolisme.

 

15. Jangan Merokok atau Melakukan Narkoba, dan Hanya Minum dengan Moderasi

Jika Anda seorang perokok tembakau, atau menyalahgunakan narkoba, maka diet dan olahraga adalah kekhawatiran Anda yang paling sedikit. Atasi masalah itu terlebih dahulu.

Jika Anda memilih untuk memasukkan alkohol dalam hidup Anda, maka lakukan itu hanya dalam jumlah sedang, dan pertimbangkan untuk menghindarinya sepenuhnya jika Anda memiliki kecenderungan alkoholik. Baca juga: Narkoba – Contoh, Jenis, Pengertian, Efek jangka pendek dan panjang

 

16. Gunakan Minyak Zaitun (Olive) Ekstra Virgin

Minyak zaitun extra virgin adalah lemak tersehat di planet ini.

Itu sarat dengan lemak tak jenuh tunggal sehat jantung dan antioksidan kuat yang dapat melawan peradangan.

Minyak zaitun extra virgin menyebabkan banyak efek menguntungkan pada kesehatan jantung, dan orang-orang yang mengonsumsi minyak zaitun memiliki risiko yang jauh lebih rendah meninggal akibat serangan jantung dan stroke.

 

17. Minimalkan Asupan Tambahan Gula Anda

Menambahkan gula adalah bahan terburuk dalam diet modern.

Sejumlah kecil baik-baik saja, tetapi ketika orang makan dalam jumlah besar, itu dapat merusak kesehatan metabolisme.

Asupan gula tambahan yang tinggi dikaitkan dengan berbagai penyakit, termasuk obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung dan berbagai bentuk kanker.

 

18. Jangan Makan Banyak Karbohidrat Halus

Tidak semua karbohidrat diciptakan sama.

Karbohidrat olahan telah sangat diproses, dan telah menghilangkan semua seratnya. Mereka rendah nutrisi (empty calories = kalori kosong), dan bisa sangat berbahaya.

Studi menunjukkan bahwa karbohidrat olahan terkait dengan makan berlebihan dan berbagai penyakit metabolisme.

 

19. Jangan Takut Lemak Jenuh

“Perang” pada lemak jenuh adalah sebuah kesalahan.

Memang benar bahwa lemak jenuh meningkatkan kolesterol, tetapi juga meningkatkan kolesterol HDL (“baik”) dan mengubah LDL dari kecil menjadi besar, yang terkait dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Studi baru yang melibatkan ratusan ribu orang telah menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara konsumsi lemak jenuh dan penyakit jantung.

 

20. Angkat Barang Berat Secara Cerdas

Mengangkat beban adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk memperkuat tubuh Anda dan meningkatkan komposisi tubuh Anda.

Ini juga mengarah pada perbaikan besar-besaran dalam kesehatan metabolisme, termasuk peningkatan sensitivitas insulin.

Pendekatan terbaik adalah pergi ke gym dan mengangkat beban, tetapi melakukan latihan beban tubuh bisa sama efektifnya.

 

21. Hindari Lemak Trans Buatan

Lemak trans buatan adalah lemak buatan manusia yang sangat terkait dengan peradangan dan penyakit jantung.

Yang terbaik adalah menghindari mereka seperti wabah.

 

22. Gunakan Banyak Tumbuhan dan Rempah

Ada banyak bumbu dan rempah-rempah yang sangat sehat.

Misalnya, jahe dan kunyit keduanya memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan yang kuat, yang mengarah ke berbagai manfaat kesehatan.

Anda harus berusaha mengkonsumsi sebanyak mungkin bumbu dan rempah yang berbeda. Banyak dari mereka dapat memiliki efek menguntungkan yang kuat pada kesehatan Anda.

 

23. Jaga Hubungan Anda

Hubungan sosial sangat penting. Tidak hanya untuk kesejahteraan mental Anda, tetapi kesehatan fisik Anda juga.

Studi menunjukkan bahwa orang yang dekat dengan teman dan keluarga lebih sehat dan hidup lebih lama daripada mereka yang tidak.

 

24. Lacak Asupan Makanan Anda Sesekali dan Kemudian

Satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti apa yang Anda makan, adalah menimbang makanan Anda dan menggunakan pelacak nutrisi seperti MyFitnesspal atau Cron-o-meter.

Ini penting untuk mengetahui berapa banyak kalori yang Anda makan. Penting juga untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan cukup protein, serat, dan zat gizi mikro.

Studi menunjukkan bahwa orang yang melacak asupan makanan mereka dengan satu atau lain cara cenderung lebih berhasil menurunkan berat badan dan tetap berpegang pada diet sehat.

Pada dasarnya, apa pun yang meningkatkan kesadaran Anda tentang apa yang Anda makan cenderung membantu Anda sukses.

Saya pribadi melacak semua yang saya makan selama beberapa hari berturut-turut, setiap beberapa bulan. Lalu saya tahu persis di mana harus melakukan penyesuaian agar bisa lebih dekat dengan tujuan saya.

 

25. Jika Lemak Perut Anda Berlebihan, Singkirkan itu

Tidak semua lemak tubuh sama.

Sebagian besar lemak di rongga perut Anda, lemak perut, yang menyebabkan masalah. Lemak ini menumpuk di sekitar organ, dan sangat terkait dengan penyakit metabolisme.

Karena alasan ini, ukuran pinggang Anda mungkin menjadi penanda yang lebih kuat untuk kesehatan Anda daripada angka pada skala.

Memotong karbohidrat, makan lebih banyak protein, dan makan banyak serat adalah cara terbaik untuk menghilangkan lemak perut.

Artikel ini mencantumkan 6 cara berbasis bukti untuk menghilangkan lemak perut.

 

26. Jangan melakukan “Diet”

Diet sangat tidak efektif, dan jarang bekerja dengan baik dalam jangka panjang.

Faktanya, “diet” adalah salah satu prediktor terkuat untuk kenaikan berat badan di masa depan.

Alih-alih melakukan diet, cobalah mengadopsi gaya hidup yang lebih sehat. Fokus untuk memberi nutrisi pada tubuh Anda, alih-alih merampasnya.

Penurunan berat badan harus mengikuti sebagai efek samping alami dari pilihan makanan yang lebih baik dan peningkatan kesehatan metabolisme.

 

27. Makanlah Telur, dan Jangan Membuang Kuning Telur

Telur utuh sangat bergizi sehingga sering disebut sebagai “multivitamin alami.”

Ini adalah mitos bahwa telur buruk bagi Anda karena kolesterol. Studi menunjukkan bahwa mereka tidak berpengaruh pada kolesterol darah pada sebagian besar orang.

Selain itu, studi tinjauan besar-besaran yang mencakup 263.938 orang menemukan bahwa konsumsi telur tidak memiliki hubungan dengan risiko penyakit jantung.

Yang tersisa adalah salah satu makanan paling bergizi di planet ini, dan kuningnya adalah tempat hampir semua nutrisi ditemukan.

Memberitahu orang untuk membuang kuning telur adalah salah satu saran terburuk dalam sejarah gizi.

 

Makanan PenambaSel Darah Merah

Apakah Anda merasa lemah atau lelah? Anda mungkin mengalami gejala anemia. Anemia terjadi ketika jumlah sel darah merah Anda rendah. Jika jumlah darah merah Anda rendah, tubuh Anda harus bekerja lebih keras untuk mengirim oksigen ke seluruh tubuh Anda. Berikut adalah Makanan penambah sel darah merah: Klik disini untuk membaca Makanan Penambah Sel Darah Merah – Penguat Sistem Imun

 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki penyakit atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Artikel ini diperbaharui pada tanggal: 02/02/2019.

Sumber bacaan: Natural OnThrive GlobalNHS (UK)

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-02-01T17:40:50+07:00 Februari 1st, 2019|Makanan & Minuman, Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment