Tanah Gelisol – Penjelasan, Karakteristik dan Contoh

2 min read

Tanah gelisol

Pengertian Tanah Gelisol

Tanah Gelisol adalah tanah beriklim sangat dingin yang didefinisikan mengandung permafrost dalam jarak dua meter dari permukaan tanah. Kata “Gelisol” berasal dari bahasa Latin gelare yang berarti “untuk membekukan”, referensi untuk proses cryoturbation yang terjadi dari karakteristik pencairan dan pembekuan Gelisol yang bergantian.

Di Pangkalan Referensi Dunia untuk Sumberdaya Tanah (WRB), Gelisol dikenal sebagai Cryosols. Dalam taksonomi tanah, Gelisol keluar sebelum Histosol. Di WRB, kunci Histosol keluar di depan Cryosols. Tanah permafrost organik karena itu Gelisol (Histels) dalam taksonomi tanah dan Histosol (Histosol Cryic) di WRB.

Secara struktural, Gelisol mungkin memiliki cakrawala B dan lebih umum memiliki cakrawala A dan / atau cakrawala O yang terletak di lapisan es. Karena bahan organik tanah terakumulasi di lapisan atas, sebagian besar Gelisol berwarna hitam atau coklat tua, diikuti oleh lapisan mineral dangkal. Meskipun terdapat pengaruh glasiasi di sebagian besar wilayah di mana Gelisol terjadi, secara kimia mereka tidak sangat subur karena nutrisi, terutama kalsium dan kalium, sangat mudah larut di atas lapisan es. Permafrost sangat membatasi penggunaan teknik Gelisols, karena struktur besar (mis. Bangunan) mereda ketika tanah beku mencair saat ditempatkan.

Gelisol ditemukan terutama di Siberia, Alaska, dan Kanada. Daerah yang lebih kecil ditemukan di Andes (terutama di dekat persimpangan antara Chili, Bolivia, dan Argentina), Tibet, Skandinavia utara, dan bagian Greenland dan Antartika yang bebas es. Gelisol fosil dikenal sejak zaman es pra-Kambria 900 juta tahun yang lalu.

Tanah gelisol
Contoh tanah gelisol. Sumber foto: USDA

Jenis Tanah Lainnya

Pembagian jenis tanah yang dilakukan oleh para ilmuwan dapat berbeda-beda dari negara satu pada lainnya. Terdapat 12 jenis tanah berdasarkan USDA (United States Department of Agriculture). Dan yang lainnya adalah jenis tanah diluar sistem USDA. Klik disini untuk membaca: Jenis Tanah: Alfisol, Andisol, Aridisol, Entisol, Gelisol, Histosol, Inceptisol, Mollisol, Oxisol, Spodosol, Ultisol, Vertisol (Bersama Contoh Soal dan Jawaban)


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: How Stuff WorksNASAScience LearnCredit Valley ConservationSpice4LifeWoods Hole Oceanographic InstitutionResearch GateScience Direct

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.