Terapi Hormon Menopause (MHT: Menopausal Hormone Therapy) – Contoh, Manfaat dan Risiko

Terapi Hormon Menopause (MHT: Menopausal Hormone Therapy)

Terapi hormon menopause juga dikenal sebagai Menopausal Hormone Therapy (MHT) atau terapi hormon pascamenopause (Postmenopausal Hormone Therapy PHT, PMHT), adalah bentuk terapi hormon yang digunakan untuk mengobati gejala yang berhubungan dengan menopause wanita.

Gejala ini dapat berupa hot flashes, atrofi vagina, penuaan kulit yang dipercepat, vagina kering, massa otot berkurang, disfungsi seksual, dan pengeroposan tulang. Mereka sebagian besar terkait dengan penurunan kadar hormon seks yang terjadi selama menopause.

Jika Anda ingin meredakan gejala menopause, mengetahui pro dan kontra dari terapi penggantian hormon atau terapi hormon menopause, yang mungkin dapat membantu Anda memutuskan apakah terapi ini tepat untuk Anda.

Baca juga 👉 Menopause Muda atau Dini – Gejala, Penyebab, Perawatan, Pengobatan

Apa itu Terapi Penggantian Hormon untuk menopause?

Selama menopause, kadar estrogen Anda turun. Beberapa wanita mengalami gejala tidak nyaman seperti hot flashes dan vagina kering. HRT (juga dikenal sebagai terapi hormon, terapi hormon menopause, dan terapi penggantian estrogen) adalah pengobatan yang paling efektif untuk gejala menopause.

Apa saja tanda-tanda Anda membutuhkan terapi hormon menopause?

Jika Anda mengalami depresi, kecemasan, atau kelelahan yang tidak dapat dijelaskan, atau bahkan hot flashes, penambahan berat badan, dan pengeroposan tulang, Anda mungkin merupakan kandidat yang ideal untuk terapi penggantian hormon. Terapi khusus ini akan mengatasi gejala-gejala ini dan membantu Anda mulai merasa seperti diri sendiri.

Perawatan Menopause dan Andropause

Wajar bagi wanita untuk akhirnya mengalami menopause dan pria mengalami andropause. Selama menopause, kadar hormon estrogen dan progesteron seorang wanita menurun secara signifikan. Selama andropause, pria mulai memiliki kadar testosteron yang lebih rendah dari sebelumnya.

Baik pria maupun wanita yang sedang mengalami perubahan hormonal ini dapat kehilangan massa otot dan kepadatan tulang, mengalami kelelahan yang tidak dapat dijelaskan, dan mengalami perubahan suasana hati serta masalah tidur. Terapi hormonal dapat meredakan gejala ini dan membantu Anda lebih menikmati hidup.

Baca juga 👉 Hormon Perangsang Tiroid – TSH (Thyroid Stimulating Hormone)

Contoh Terapi Hormon Menopause

1. Terapi Estrogen

Terapi Estrogen: Dokter biasanya menyarankan estrogen dosis rendah untuk wanita yang telah menjalani histerektomi, operasi untuk mengangkat rahim, dan untuk wanita yang pernah menjalani ooforektomi bilateral (operasi pengangkatan rahim dan ovarium). Estrogen datang dalam berbagai bentuk. Pil dan koyo harian adalah yang paling populer, tetapi hormonnya juga tersedia dalam cincin, gel, atau semprotan vagina.

Pil estrogen

Pil adalah pengobatan paling umum untuk gejala menopause. Di antara banyak bentuk pil yang tersedia adalah estrogen terkonjugasi (Cenestin, Estrace, Estratab, Femtrace, Ogen, dan Premarin) atau estrogens-bazedoxifene (Duavee). Ikuti instruksi dokter Anda untuk dosis. Kebanyakan pil estrogen diminum sekali sehari tanpa makanan. Beberapa memiliki jadwal pemberian dosis yang lebih rumit. Seperti disebutkan di atas, estradiol adalah estrogen yang sama yang dihasilkan ovarium sebelum menopause. (perhatikan juga ada pil kombinasi yang mengandung estrogen dan progestin)

Baca juga 👉 Menopause – Gejala, Penyebab, Pengobatan

Koyo estrogen

Pada umumnya ditempel dan dikenakan pada kulit perut Anda. Bergantung pada dosisnya, beberapa tambalan diganti setiap beberapa hari, sementara yang lain bisa dipakai selama seminggu. Contohnya adalah Alora, Climara, Estraderm, dan Vivelle-Dot. Patch kombinasi estrogen dan progestin – seperti Climara Pro dan Combipatch – juga tersedia. Menostar memiliki dosis estrogen yang lebih rendah daripada tambalan lain, dan hanya digunakan untuk mengurangi risiko osteoporosis. Itu tidak membantu dengan gejala menopause lainnya.

Estrogen Topikal

Krim, gel, dan semprotan menawarkan cara lain untuk memasukkan estrogen ke dalam sistem Anda. Contohnya termasuk gel (seperti Estroge dan Divigell), krim (seperti Estrasorb), dan semprotan (seperti Evamist). Seperti halnya tambalan, jenis perawatan estrogen ini diserap melalui kulit langsung ke aliran darah. Cara mengoleskan krim ini secara spesifik bervariasi, meskipun biasanya digunakan sekali sehari. Estrogel diaplikasikan pada satu lengan, dari pergelangan tangan hingga bahu. Estrasorb dioleskan ke kaki. Evamist diterapkan ke lengan.

Estrogen vagina

Estrogen vagina hadir dalam bentuk krim, cincin vagina, atau tablet estrogen vagina. Secara umum, perawatan ini untuk wanita yang mengalami masalah khususnya dengan vagina kering, gatal, dan rasa terbakar atau nyeri saat berhubungan. Contohnya adalah tablet vagina (Vagifem), krim (Estrace atau Premarin), dan cincin yang dapat dimasukkan (Estring atau Femring). Jadwal pemberian dosis berbeda-beda, bergantung pada produk. Kebanyakan cincin vagina perlu diganti setiap tiga bulan. Tablet vagina sering digunakan setiap hari selama beberapa minggu; setelah itu, Anda hanya perlu menggunakannya dua kali seminggu. Krim dapat digunakan setiap hari, beberapa kali seminggu, atau sesuai dengan jadwal yang berbeda.

Baca juga 👉 Hormon Testosteron – Penjelasan, Kadar, Pengobatan dan Contoh

2. Terapi Estrogen / Progesteron / Progestin Hormon

Ini sering disebut terapi kombinasi, karena terapi ini menggabungkan dosis estrogen dan progestin, bentuk sintetis dari progesteron. Ini ditujukan untuk wanita yang masih memiliki rahim. Mengonsumsi estrogen dengan progesteron menurunkan risiko kanker endometrium, lapisan rahim. Sedangkan umumnya digunakan sebagai bentuk pengendalian kelahiran. Progesteron dapat membantu mengobati banyak gejala menopause seperti hot flashes.

Progestin oral

Dalam bentuk pil, obat progestin termasuk medroksiprogesteron asetat (Provera) dan pil progestin sintetis (norethindrone, norgestrel). Banyak ahli sekarang memperlakukan sebagian besar pasien menopause mereka dengan progesteron alami daripada progestin sintetis. Progesteron alami tidak memiliki efek negatif pada lipid dan merupakan pilihan yang baik untuk wanita dengan kadar kolesterol tinggi. Selain itu, progesteron alami mungkin memiliki keunggulan lain jika dibandingkan dengan medroksiprogesteron asetat.

Progestin intrauterin

Tidak disetujui untuk penggunaan ini di Amerika Serikat, levonorgestrel IUD dosis rendah dijual dengan merek dagang: Liletta, Kyleena, Mirena dan Skyla). Jika Anda menggunakan salah satu dari IUD ini saat memasuki perimenopause, dokter Anda mungkin menyarankan agar Anda tetap menggunakannya sampai setelah menopause selesai.

Baca juga 👉 Hormon Estrogen – Penjelasan, Kadar, Pengobatan dan Contoh

Risiko Terapi Hormon Menopause 

Stroke

Baik ET (Estrogen Therapy) dan EPT (Estrogen plus Progestogen) meningkatkan risiko stroke. Risiko itu hilang, bagaimanapun, segera setelah Anda berhenti mengonsumsi hormon. Gumpalan darah. Risiko meningkat jika Anda mengonsumsi hormon melalui mulut. Risikonya bisa lebih rendah jika Anda menggunakan estrogen transdermal, seperti koyo, gel, atau semprotan.

Kanker rahim

Jika Anda tidak menjalani histerektomi dan masih memiliki rahim, Anda perlu minum EPT (Estrogen plus Progestogen). Jika Anda sudah pernah menderita kanker rahim (juga disebut kanker endometrium), mengonsumsi HT (Hormone Therapy) bukanlah ide yang baik, meskipun progestogen dengan sendirinya mungkin baik-baik saja. Periksa dengan dokter Anda.

Kanker payudara

Beritanya lebih baik bagi wanita yang menggunakan ET (Estrogen Therapy). Mereka telah mengetahui bahwa mereka dapat mengonsumsi ET (Estrogen Therapy) selama 7 tahun sebelum risiko kanker payudara meningkat. Risikonya meningkat setelah 3 sampai 5 tahun untuk wanita yang menggunakan EPT (Estrogen plus Progestogen). Risiko mereka mungkin lebih rendah jika mereka menggunakan progesteron mikronis sebentar-sebentar dan memulai HT (Hormone Therapy) lebih awal. Kami akan tahu lebih banyak segera setelah studi ketat selesai.

Manfaat Terapi Hormon Menopause

Mengurangi hot flashes, keringat malam, dan kekeringan pada vagina serta kurang tidur, mudah tersinggung, dan “kabut otak” yang menyertainya. Dapatkan bantuan dari gejala vagina, seperti jaringan menipis dan kekeringan, serta akibatnya, seperti nyeri saat berhubungan seksual. (Jika Anda menggunakan HT (Hormone Therapy) oral atau transdermal dosis rendah, Anda mungkin perlu menambahkan estrogen vagina untuk meredakannya.)

Mengurangi kandung kemih yang terlalu aktif — masalah “harus pergi” —dan bahkan mungkin infeksi saluran kemih berulang dengan estrogen vagina. Lindungi tulang Anda. HT (Hormone Therapy) dosis standar membantu mencegah patah tulang di kemudian hari. Jika Anda berisiko tinggi mengalami patah tulang atau mengalami menopause dini, Anda mungkin dapat mengonsumsi hormon lebih awal atau lebih lama. Periksa dengan dokter Anda.

Turunkan risiko penyakit jantung jika — sangat besar jika — Anda memulai HT (Hormone Therapy) dalam waktu 10 tahun setelah menopause. Membantu mencegah diabetes. Bukti ilmiah yang baik menunjukkan wanita yang menggunakan HT (Hormone Therapy) memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

Siapa yang Tidak Harus Mengambil Terapi Penggantian Hormon?

Jika Anda memiliki kondisi ini, Anda mungkin ingin menghindari HRT (Hormone Replacement Therapy): Gumpalan darah Kanker (seperti payudara, rahim, atau endometrium) Penyakit jantung atau hati Serangan jantung Diketahui atau dicurigai hamil Stroke

Apa Efek Samping Terapi Penggantian Hormon atau Terapi Hormon Menopause?

HRT (Hormone Replacement Therapy) memiliki efek samping. Hubungi dokter Anda jika Anda memiliki salah satu dari ini: Kembung Payudara bengkak atau nyeri Sakit kepala Perubahan mood Mual Pendarahan vagina.

Bagaimana Saya Tahu Jika Terapi Penggantian Hormon Tepat untuk Saya?

Dokter Anda dapat membantu Anda mempertimbangkan pro dan kontra dan menyarankan pilihan berdasarkan tingkat keparahan gejala dan riwayat kesehatan Anda.

Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber bacaan: Between the Bridges Healing Center, North American Menopause Society (NAMS)

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2020-11-14T01:16:48+07:00 November 14th, 2020|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment