Menopause Muda atau Dini – Gejala, Penyebab, Perawatan, Pengobatan

Penjelasan Menopause Muda

Menopause yang terjadi sebelum usia 40 tahun disebut menopause muda atau dini. Bagi kebanyakan wanita, menopause dimulai antara usia 45 dan 55 tahun.

Menopause yang terjadi antara usia 40 dan 45 tahun disebut menopause dini. Sekitar 5% wanita secara alami mengalami menopause dini. Merokok dan obat-obatan atau perawatan tertentu dapat menyebabkan menopause datang lebih awal dari biasanya.

Ciri ciri menopause muda, (menopause dini)

Berikut adalah tanda tanda menopause di usia muda: Penyebab menopause muda atau dini:

  • Menstruasi tidak teratur atau terlewat
  • Periode yang lebih berat atau lebih ringan dari biasanya
  • Hot flashes (perasaan hangat tiba-tiba yang menyebar ke seluruh tubuh bagian atas)
  • Kekeringan vagina (vagina juga bisa menjadi lebih tipis dan kurang fleksibel)
  • Iritabilitas kandung kemih dan memburuknya kehilangan kontrol kandung kemih (inkontinensia)
  • Perubahan emosional (mudah tersinggung, perubahan suasana hati, depresi ringan)
  • Kulit, mata, atau mulut kering
  • Sulit tidur, insomnia
  • Dorongan seks menurun

Penyebab menopause dini

Menopause dini dapat terjadi jika:

1. Sejarah keluarga

Wanita dengan riwayat keluarga menopause dini atau dini lebih mungkin mengalami menopause dini atau dini.

2. Merokok

Wanita yang merokok dapat mencapai menopause sebanyak dua tahun sebelum bukan perokok. Mereka mungkin juga mengalami gejala menopause yang lebih parah. Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengalami menopause dini atau dini dan merokok meninggal sekitar dua tahun lebih awal daripada wanita yang tidak merokok.

3. Ovarium berhenti bekerja

Menopause dini dapat terjadi secara alami jika ovarium wanita berhenti membuat tingkat normal hormon tertentu, terutama hormon estrogen. Ini kadang-kadang disebut kegagalan ovarium prematur, atau insufisiensi ovarium primer.

Penyebab kegagalan ovarium prematur seringkali tidak diketahui, namun pada beberapa wanita bisa disebabkan oleh:

  • kelainan kromosom – seperti pada wanita dengan sindrom Turner
  • penyakit autoimun – di mana sistem kekebalan mulai menyerang jaringan tubuh
  • infeksi tertentu, seperti tuberkulosis, malaria, dan gondongan – tetapi ini sangat jarang terjadi

Primary ovarian insufficiency  terkadang bisa diturunkan dalam keluarga. Ini mungkin terjadi jika ada kerabat Anda yang mengalami menopause pada usia yang sangat muda (20-an atau awal 30-an).

4. Perawatan kanker

Radioterapi dan kemoterapi dapat menyebabkan kegagalan ovarium prematur. Ini mungkin permanen atau sementara.

Risiko Anda mengalami menopause dini bergantung pada:

  • usia Anda – gadis yang belum mencapai pubertas dapat mentolerir pengobatan yang lebih kuat daripada wanita yang lebih tua
  • jenis perawatan yang Anda berikan – jenis kemoterapi yang berbeda dapat mempengaruhi ovarium secara berbeda
  • di mana pada tubuh Anda setiap radioterapi difokuskan – risiko Anda mengalami menopause dini lebih tinggi jika Anda menjalani perawatan radioterapi di sekitar otak atau panggul Anda

5. Operasi untuk mengangkat ovarium

Operasi pengangkatan kedua ovarium juga akan menyebabkan menopause dini atau menopause dini.

Misalnya, ovarium mungkin perlu diangkat selama histerektomi (operasi pengangkatan rahim).

6. Operasi untuk mengangkat rahim

Beberapa wanita yang menjalani histerektomi, yaitu mengangkat rahim, dapat mempertahankan ovariumnya. Jika ini terjadi, Anda tidak akan mengalami menstruasi lagi, dan Anda tidak bisa hamil.

Tetapi Anda mungkin tidak akan langsung mengalami menopause karena ovarium Anda akan terus memproduksi hormon. Di kemudian hari, Anda mungkin mengalami menopause alami satu atau dua tahun lebih awal dari yang diharapkan.

Apa efek menopause muda atau dini?

Wanita yang mengalami menopause dini mungkin memiliki gejala atau masalah kesehatan yang mirip dengan menopause biasa.

Tetapi beberapa wanita dengan menopause dini atau dini mungkin juga mengalami:

Risiko lebih tinggi dari masalah kesehatan serius, seperti penyakit jantung dan osteoporosis, karena wanita akan hidup lebih lama tanpa manfaat kesehatan dari tingkat estrogen yang lebih tinggi. Bicaralah dengan dokter atau perawat Anda tentang langkah-langkah untuk menurunkan risiko Anda untuk masalah kesehatan ini.
Gejala menopause lebih parah. Bicaralah dengan dokter atau perawat Anda tentang perawatan untuk membantu gejala jika mempengaruhi kehidupan sehari-hari Anda.

Kesedihan atau depresi karena hilangnya kesuburan lebih awal atau perubahan tubuh mereka. Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda memiliki gejala depresi, termasuk kurang energi atau kurangnya minat pada hal-hal yang pernah Anda nikmati yang berlangsung lebih dari beberapa minggu. Dokter atau perawat Anda dapat merekomendasikan spesialis yang dapat membantu Anda mengatasi perasaan Anda. Dokter atau perawat Anda juga dapat mendiskusikan pilihan, seperti program adopsi atau donor telur, jika Anda ingin memiliki anak.

Bagaimana Menopause Dini Diobati?

Gejala dan risiko kesehatan menopause dini, serta masalah emosional yang mungkin ditimbulkannya, dapat dikelola dengan metode yang serupa dengan yang digunakan untuk menopause alami.

Wanita yang menghadapi infertilitas yang disebabkan oleh menopause dini mungkin ingin mendiskusikan pilihan mereka dengan dokter atau spesialis reproduksi.

Perawatan untuk meredakan tanda dan gejala

Tidak ada pengobatan yang dapat membalikkan atau mencegah menopause dini. Namun, wanita yang telah mencapai menopause memiliki pilihan pengobatan yang dapat membantu mengontrol gejala yang tidak menyenangkan.

Jenis perawatan untuk meredakan gejala meliputi:

Terapi hormon: terapi hormon (atau terapi estrogen) tersedia dalam berbagai bentuk termasuk pil, koyo, semprotan transdermal, atau gel atau krim. Perawatan hormon lokal juga tersedia untuk penggunaan intravaginal. Terapi hormon adalah cara paling efektif untuk mengontrol gejala seperti hot flashes dan vagina kering. Karena terapi hormon telah dikaitkan dengan risiko kesehatan tertentu (serangan jantung, stroke, dan kanker payudara), para ahli merekomendasikan penggunaan terapi hormon dengan dosis efektif terendah untuk periode waktu terpendek yang diperlukan untuk pengendalian gejala.

Pil kontrasepsi oral adalah bentuk terapi hormon yang terkadang digunakan untuk membantu meredakan gejala menopause.

Obat antidepresan: penghambat reuptake serotonin selektif (SSRI: selective serotonin reuptake inhibitors) dan obat-obatan terkait telah terbukti efektif dalam mengendalikan gejala hot flash pada hingga 60% wanita.

Gel, krim, dan pelumas vagina non-hormonal dapat membantu mencegah gejala kekeringan vagina.

Teknologi reproduksi terbantu: pada kasus tertentu, kehamilan dapat dicapai dengan menggunakan sel telur donor pada wanita dengan menopause dini.

Bagaimana Menopause Muda Didiagnosis?

Untuk mendiagnosis menopause dini, dokter Anda kemungkinan besar akan melakukan pemeriksaan fisik dan mengambil darah untuk kondisi lain, seperti kehamilan dan penyakit tiroid. Ia mungkin juga memesan tes untuk mengukur kadar estradiol (adalah steroid, estrogen, dan hormon seks utama wanita) Anda. Tingkat estradiol yang rendah, salah satu bentuk estrogen, dapat menyatakan bahwa ovarium Anda mulai gagal. Ketika kadar estradiol di bawah 30, itu mungkin menandakan bahwa Anda sedang menopause.

Namun, tes terpenting yang digunakan untuk mendiagnosis menopause dini adalah tes darah yang mengukur hormon perangsang folikel (FSH: Follicle Stimulating Hormone). FSH menyebabkan ovarium Anda menghasilkan estrogen. Ketika ovarium Anda menunggu produksi estrogennya, kadar FSH Anda meningkat. Jika kadar FSH Anda naik di atas 40 mIU / mL, ini biasanya mengindikasikan bahwa Anda sedang menopause.


Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini 👉 untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini 👉 untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.


Bacaan Lainnya

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber bacaan: Web MD, WomensHealth.gov, NHS, Pub Med, Medicinet

By | 2020-11-14T01:38:41+07:00 September 15th, 2020|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment