fbpx

Makanan Penambah Hormon Testosteron dan Estrogen

Makanan Penambah Hormon Testosteron dan Estrogen

Otak Anda terus-menerus berkomunikasi dengan seluruh tubuh Anda setiap hari melalui hormon Anda. Hormon Anda bekerja bersama untuk membantu Anda menjaga keseimbangan, atau homeostasis. Bergantung pada sinyal yang dikirim ke otak Anda, kadar hormon yang berbeda ini terus berfluktuasi. Beberapa makanan penambah hormon testosteron dan estrogen dapat Anda konsumsi untuk menyeimbanginya.

Ada sejumlah alasan mengapa Anda mungkin mengalami ketidakseimbangan hormon, yang dapat terjadi pada setiap tahap kehidupan.

Misalnya, ketidakseimbangan hormon yang terkait dengan kelelahan adrenal atau PMS (menopause) sering mempengaruhi wanita yang lebih muda. Wanita dan pria yang lebih tua mengalami ketidakseimbangan hormon lainnya seperti kadar kortisol yang lebih tinggi dari normal, estrogen rendah, atau testosteron rendah.
 

Makanan Penambah Hormon Testosteron

Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh University of Texas di Austin menyarankan bahwa pria dapat membantu meningkatkan kadar testosteron mereka dengan mengonsumsi makanan tinggi lemak tak jenuh tunggal dan seng.

Jika Anda belum tahu, hormon testosteron menawarkan manfaat seperti:

  • Pertumbuhan jenggot.

  • Kesehatan seksual dan libido yang lebih baik.

  • Peningkatan kemampuan untuk mendapatkan dan mempertahankan massa otot.

  • Fokus mental.

  • Meningkatkan kepercayaan diri.

Juga, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Biological Trace Element Research menyimpulkan makanan yang mengandung magnesium tinggi dapat membantu mempertahankan kadar testosteron. Yang mengatakan, pertimbangkan untuk memasukkan makanan berikut dalam diet Anda.

  • Minyak: zaitun, kanola dan kacang (lemak tak jenuh tunggal)

  • Alpukat (lemak tak jenuh tunggal dan magnesium)

  • Zaitun (lemak tak jenuh tunggal)

  • Kacang: almond dan kacang mete (lemak tak jenuh tunggal, seng dan magnesium)

  • Tiram (seng)

  • Bibit gandum (seng)

  • Kerang: lobster dan kepiting (seng)

  • Buncis (seng)

  • Oatmeal (seng)

  • Kacang merah (seng)

  • Kismis (magnesium)

  • Sayuran berdaun hijau tua (magnesium)

  • Pisang (magnesium)

  • Yoghurt rendah lemak (magnesium)

Berikut ini adalah makanan yang juga dapat menambah hormon testosteron:

1. Kentang

Kentang mengandung karbohidrat sangat penting untuk produksi testosteron yang sehat.

Anda juga tahu bahwa biji-bijian bukanlah sumber karbohidrat yang disukai, terutama karena masalah dengan gluten, yang secara signifikan dapat meningkatkan kadar prolaktin, secara efektif mengacaukan produksi T.

Gula sederhana juga bukan sumber karbohidrat yang disukai pada diet T tinggi karena mereka telah dikaitkan dengan penurunan kadar testosteron dalam beberapa penelitian.

Mengesampingkan biji-bijian dan gula sederhana mungkin membuatnya terlihat seperti Anda tidak bisa makan karbohidrat apa pun, kecuali salad, tetapi bukan itu masalahnya.

Anda bisa – dan harus makan – kentang sebagai bagian dari makanan penambah hormon testosteron!

Ubi jalar, kentang putih, cokelat kemerahan, kentang merah, kentang ungu, dll. (sumber bacaan)

2. Kacang Macadamia

kacang macadamia di atas meja kayu Lemak diary, secara umum, dikenal karena efek peningkatan testosteronnya, dan kacang-kacangan pada umumnya, sangat tinggi lemaknya. Jadi orang dapat dengan mudah berasumsi bahwa semua kacang adalah pro-testosteron. Namun, bukan itu masalahnya.

Jenis-jenis lemak yang telah dikaitkan dengan peningkatan produksi T adalah asam lemak jenuh (SFA) dan asam lemak tak jenuh tunggal (MUFAs). Asam lemak tak jenuh ganda (PUFA) cenderung menurunkan kadar testosteron (sumber bacaan).

3. Minyak kelapa sawit

Minyak sawit adalah salah satu minyak terbaik yang dapat Anda konsumsi ketika tujuannya adalah kadar testosteron yang lebih tinggi.

Mengapa?

Karena memiliki jumlah lemak jenuh yang tinggi (80%) yang merupakan jenis lemak yang tampaknya paling efektif dalam meningkatkan testosteron.

Lemak sawit juga rendah lemak tak jenuh ganda. Yang bagus, karena lemak yang terkandung dalam minyak sawit adalah jenis lemak yang paling rentan terhadap peroksidasi lipid, dan dari waktu ke waktu ditemukan sebagai salah satu bahan makanan yang secara efektif menekan hormon androgenik.

Jadi minyak kelapa sawit adalah salah satu makanan penambah hormon testosteron.

4. Agar-agar

Dalam masyarakat tradisional, tulang dan jaringan ikat hewan yang memberi daging dinikmati dengan murah hati, memberikan konsumen asam amino yang seimbang.

Dalam budaya yang lebih baru, kita mulai makan hanya daging otot, membuang jaringan ikat, tulang, dan daging organ.

Masalahnya adalah kenyataan bahwa kita mendapatkan terlalu banyak asam amino triptofan dan sistein, dan terlalu sedikit asam amino prolin dan glisin (keduanya berperan sebagai neurotransmitter penting bagi tubuh).

Untuk memperbaikinya, Anda bisa makan kaldu tulang dan organ hewan, tetapi ada juga cara yang lebih mudah …

…Agar-agar. Ini adalah sumber protein jaringan ikat yang sangat padat, memberi Anda ~ 27% glisin dan ~ 15% prolin. Ini juga hambar, sehingga Anda dapat dengan mudah mengambilnya langsung dengan sendok.

Mengapa gelatin menjadi pro-testosteron? Sebagai permulaan, setelah Anda menyeimbangkan neurotransmiter dalam tubuh Anda, kualitas tidur Anda dan pensinyalan hormon akan meningkat, ini saja akan menyebabkan peningkatan testosteron dan kualitas hidup secara signifikan.

5. Kopi

Kopi memberi Anda kafein yang merangsang sistem saraf dan menyentak Anda, sementara juga meningkatkan kadar cAMP, yang mengarah pada peningkatan produksi testosteron.

Tentu saja kopi juga dapat meningkatkan kadar kortisol (yang merupakan hormon stres yang terkenal karena menurunkan testosteron), tetapi penting untuk memahami bahwa peningkatan kortisol dari kafein durasinya sangat singkat, tidak seperti penekan T jangka panjang (biasanya berkaitan dengan stres) peningkatan kortisol.

Oh, dan kopi juga sarat dengan antioksidan. Jadi sekali lagi, tidak perlu mulai menghindari kopi, cukup jangan meminumnya seperti orang gila untuk setiap jam sepanjang hari.

6. Minyak Zaitun Extra Virgin

Karena secara harfiah ada sebuah penelitian di mana pria muda Maroko berubah menjadi minyak zaitun extra virgin sebagai sumber lemak utama mereka, dan dalam 2 minggu kadar testosteron mereka meningkat sebesar 17% (studi).

Ini bisa disebabkan oleh fakta bahwa minyak zaitun memiliki rasio lemak sangat besar untuk produksi T (73% MUFA, 14% SFA, 13% PUFA), atau bisa juga fakta bahwa minyak zaitun anti-inflamasi atau antioksidan yang sangat tinggi. Ini juga mengandung kemungkinan testosteron meningkatkan glikosida pahit; oleuropein.

Pastikan saja minyak zaitun Anda yang asli. Organik. Extra Virgin. Dan dari merek tepercaya. Banyak minyak zaitun yang lebih murah telah dipanaskan, diproses, dan dipalsukan dengan minyak yang lebih murah. baca juga: Minyak Goreng Mana Yang Lebih Baik Digunakan Untuk Kesehatan?

7. Kismis

Kismis adalah makanan hebat yang meningkatkan kadar testosteron karena berbagai alasan.

Pertama, mereka anti-inflamasi dan penuh dengan antioksidan, seperti resveratrol, yang telah dikaitkan dengan peningkatan testosteron dan menurunkan kadar estrogen dalam beberapa penelitian (studi).

Kedua, 100 gram kismis mengandung ~ 3 mg boron, yang merupakan mineral tidak terlalu populer yang telah meningkatkan kadar testosteron secara signifikan dalam beberapa studi ilmiah (studi).

Jadi, bukan ide yang buruk untuk membuat testosteron Anda sendiri untuk meningkatkan campuran camilan dengan kismis, kacang macadamia, dan kacang brazil.

8. Peterseli

Peterseli (Parsley) adalah tanaman kecil yang hebat. Itu karena adanya senyawa di dalamnya yang disebut apigenin.

Peneliti di Texas tech menemukan bahwa apigenin meningkatkan jumlah StAR (steroidogenic akut regulatory protein) di dalam sel Leydig testis.

Mengapa ini bagus, Anda mungkin bertanya? Nah, StaR adalah protein pengikat yang mengangkut kolesterol ke dalam mitokondria di dalam bola Anda, yang pada dasarnya mengubahnya menjadi testosteron bebas. (studi).

Intinya peterseli adalah salah satu makanan penambah hormon testosteron yang baik.

9. Jahe

Jahe mengandung bahan aktif, gingerol, yang merupakan agen anti-inflamasi yang kuat dalam tubuh.

Tidak hanya itu, tetapi beberapa penelitian pada hewan telah mengidentifikasi jahe sebagai senyawa androgenik (penelitian, penelitian), sementara satu penelitian pada manusia di Irak mencatat peningkatan 17% kadar testosteron setelah suplementasi jahe.

Jahe bukan bumbu rumah tangga biasa saja, tetapi juga agen anti-inflamasi androgenik yang kuat, murah dan juga sebagai makanan penambah hormon testosteron.

10. Cokelat

Cokelat atau produk kakao mengandung testosteron padat bernutrisi yang meningkatkan makanan super.

Namun, saya tidak berbicara tentang cokelat atau coklat yang diidentifikasi sebagian besar orang sebagai cokelat. Cokelat asli tidak dipanaskan (ini menghancurkan antioksidan dan banyak vitamin), tidak diproses, dan jelas tidak disuling.

Ini versi cokelat yang tidak dipanaskan, diproses secara minimal, dan pada dasarnya yang mempertahankan antioksidan, enzim, dan bakteri usus yang ramah. Ini juga cokelat yang dikaitkan dengan peningkatan kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan kadar glukosa darah. Bukan sampah di rak permen-permen.

Tetapi mengapa coklat mentah dan produk kakao makanan yang luar biasa yang meningkatkan produksi testosteron?

Pertama, tentu saja, mereka sarat dengan antioksidan dan penuh dengan mineral, seperti magnesium, seng, mangan, besi, dan tembaga …

… Dan tidak hanya itu tetapi produk kakao mentah memiliki rasio lemak yang cukup sempurna untuk produksi testosteron juga. Misalnya, dari lemak makanan dalam cokelat mentah ~ 61% adalah lemak jenuh, ~ 37% adalah lemak tak jenuh tunggal, dan hanya ~ 2% yang tak jenuh ganda (tergantung bit pada produsen).

Jadi, penuh dengan antioksidan, bakteri hidup, dan enzim. Penuh dengan testosteron meningkatkan mineral. Ini juga memiliki rasio lemak sempurna, membuat produk kakao mentah menjadi makanan penambah hormon testosteron yang baik untuk meningkatkan kadar testosteron.

11. Telur

Telur dianggap sebagai “protein sempurna” karena mengandung keseimbangan asam amino yang hampir sempurna untuk kebutuhan manusia. Telur merupakan salah satu makanan penambah hormon testosteron yang baik, tetapi perhatikan konsumsi Anda!

Telur juga sangat bergizi, mengandung hampir semua vitamin yang dikenal (dengan pengecualian vitamin C).

Mereka juga memiliki rasio asam lemak yang baik untuk produksi testosteron. 38% lemak jenuh, 44% lemak tak jenuh tunggal, dan hanya 18% lemak tak jenuh ganda.

Faktor terpenting yang menjadikan telur makanan tinggi T, adalah fakta bahwa kuning telur mengandung kolesterol dalam dosis besar, yang seperti sudah Anda ketahui, adalah prekursor langsung testosteron yang dimana makanan penambah hormon testosteron yang baik.

CATATAN: kami tahu bahwa banyak orang takut kolesterol dan lemak dalam kuning telur, tetapi tidak perlu. Telah terbukti secara ilmiah bahwa konsumsi telur secara teratur setiap hari tidak memengaruhi kesehatan jantung Anda secara negatif (studi, studi).

12. Garam yang belum diproses

Ada perbedaan besar antara garam kristal, laut, atau garam batu asli jika dibandingkan dengan “garam meja” biasa.

Artinya, garam murni yang tidak dimurnikan dan tidak diubah sedikit menggumpal dan mengandung sekitar 60+ mineral di dalamnya.

Garam meja dasar di sisi lain? Biasanya mendapat 2. Sodium dan klorida.

Apa lagi? Nah, garam meja yang diproses dapat memiliki hingga 3% zat anti-caking, yang seringkali merupakan logam berat yang tidak sehat seperti aluminium silikat atau natrium ferrocyanide.

Anti-caking adalah aditif ditempatkan dalam bahan bubuk atau butiran, seperti garam meja atau penganan untuk mencegah pembentukan benjolan (caking) dan untuk memudahkan pengemasan, transportasi, dan konsumsi.

13. Minyak Argan

Minyak argan adalah minyak yang diambil dari inti pohon argan. Ini banyak digunakan dalam diet Mediterania.

Sebelumnya dalam artikel ini, saya menyebutkan sebuah penelitian di mana minyak zaitun, sumber utama lemak selama 2 minggu, mampu meningkatkan kadar testosteron sebesar 17% pada pria muda Maroko yang sehat.

Nah, dalam penelitian yang sama ada kelompok lain juga. Kelompok yang menggunakan minyak argan murni sebagai sumber utama lemak makanan selama 2 minggu. Tingkat testosteron mereka meningkat ~ 20% (studi).

Sama seperti minyak zaitun, minyak argan adalah anti-inflamasi dan memiliki banyak antioksidan. Ini juga memiliki rasio asam lemak yang cukup baik untuk produksi T (tidak sebagus minyak zaitun).

Bagaimanapun, ada bukti klinis yang menunjukkan bagaimana ini meningkatkan testosteron sebesar 20%, jadi sebaiknya Anda memakannya.

14. Alpukat

Buah berlemak ini sering dianggap “buruk”. Dan ini karena tidak seperti buah-buahan lainnya, 77% kalori dalam alpukat berasal dari lemak.

Anda sudah tahu bahwa peningkatan asupan lemak makanan berkorelasi langsung dengan peningkatan produksi testosteron. Dan bukan hanya itu, tetapi jenis lemak yang meningkatkan T tampaknya adalah lemak jenuh (SFA) dan lemak tak jenuh tunggal (MUFAs), sementara polyunsaturated (PUFAs) sebenarnya cenderung menurunkan testosteron.

Dalam pandangan di atas, kita dapat melihat bahwa alpukat adalah makanan penambah hormon yang meningkatkan testosteron secara alami. Karena mengandung banyak lemak makanan, dari yang 16% adalah SFA, 71% adalah MUFA, dan hanya 13% adalah PUFA.

Alpukat juga sarat dengan vitamin yang larut dalam lemak, banyak di antaranya sangat penting untuk produksi testosteron yang sehat. Baca juga: Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Efektif dan Tanpa Obat-Obatan

15. Jamur kancing putih

Jamur kancing putih sarat dengan polisakarida, dan dalam banyak penelitian, mereka ditemukan memberikan efek anti-estrogenik, karena mereka secara alami memblokir enzim aromatase yang mengubah testosteron menjadi estrogen (studi, penelitian, penelitian).

Efek anti-estrogenik serupa telah dicatat dengan varietas jamur lain juga, tetapi jamur kancing putih tampaknya menjadi penghambat aromatase yang sangat kuat yang diidentifikasi sejauh ini.

Jadi jamur kancing putih merupakan salah satu makanan penambah hormon testosteron yang baik.

16. Bubuk soda kue (baking soda)

Soda kue (natrium bikarbonat) lebih sebagai suplemen (pra-latihan, dan untuk peningkatan T) daripada item bahan makanan, tetapi karena dapat dibeli di supermarket mana pun, sangat cocok untuk daftar ini.

Mengapa memanggang soda Anda mungkin bertanya? Yah, pertama karena ini adalah bantuan ergogenik yang hebat yang secara dramatis dapat meningkatkan kinerja squat dan bench press Anda, adaptasi seluler ke HIIT, dan dapat digunakan untuk membuat suplemen creatine Anda menjadi sangat mahal.

Dan kemudian ada juga fakta bahwa natrium bikarbonat cenderung bertindak sebagai saklar molekul untuk siklik adenosin monofosfat (cAMP). Dan peningkatan level cAMP – seperti yang mungkin sudah Anda ketahui – berkorelasi dengan peningkatan produksi T sejak cAMP mengaktifkan protein kinase A dan berfungsi sebagai pembawa pesan sekunder antara sel dan hormon (penelitian, penelitian, penelitian, penelitian, penelitian).

17. Yogurt

Seperti akhir-akhir ini, ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa prebiotik, probiotik, enzim hidup, dan jenis bakteri ramah lainnya dapat berdampak positif pada produksi testosteron.

Beberapa contoh: Dalam penelitian 2014 ini, sekelompok peneliti menguji beberapa diet berbeda dengan menambahkan Lactobacillus Reuteri pada tikus jantan.

Dalam setiap kasus, penambahan L.Reuterii ke dalam pakan meningkatkan kadar testosteron, meningkatkan kadar hormon luteinisasi, meningkatkan ukuran & berat testis, mencegah penyusutan testis terkait usia, meningkatkan parameter semen, dan bahkan meningkatkan penanda dominasi sosial.

Studi pada tikus lainnya menemukan bahwa peningkatan paparan mikrobioma usus yang sehat menyebabkan peningkatan kadar testosteron. Dan orang bahkan melihat bahwa probiotik Clostridium scindens dapat benar-benar mengubah hormon stres kortisol menjadi androgen di dalam usus.

Yogurt adalah contoh makanan penambah hormon testosteron yang bagus dan makanan yang luar biasa yang meningkatkan kadar testosteron. Ini mengandung L. Reuteri dan C. Scindensis, dan beberapa jenis probiotik yang belum diteliti.

18. Daging cincang

Ada alasan bagus untuk itu. Daging sapi cincang itu benar-benar luar biasa.

Baik itu daging sapi atau campuran daging sapi dan babi atau bahkan domba, Anda mendapatkan banyak testosteron berkualitas tinggi yang meningkatkan lemak, bersama dengan beberapa protein hewani yang dibutuhkan oleh sistem endokrin Anda.

Daging cincang hampir seperti makanan pokok dalam banyak resep penguat testosteron. Sangat mudah digunakan, enak, dan pro-testosteron. Mengapa tidak memakannya?

CATATAN: gunakan daging organik karena Anda tidak ingin makan daging yang telah diobati dengan estrogen (untuk membuat lemak hewani yang memberi daging). Jika Anda tidak mampu membeli daging cincang organik / diberi makan rumput, lebih baik untuk membeli jenis daging dengan jumlah lemak terendah, karena di situlah jejak hormon cenderung menumpuk.

19. Delima dan Berri

Dalam studi ini, konsumsi jus delima setiap hari selama 2 minggu meningkatkan kadar testosteron saliva sebesar 24%, sementara itu juga menurunkan tekanan darah diastolik dan sistolik.

Penelitian pada manusia lainnya yang berhubungan dengan konsumsi jus delima jangka panjang (1-3 tahun) hingga -35% penurunan plak arteri. Jus delima juga melindungi kolesterol LDL dari kerusakan oksidatif dan menurunkan tekanan darah seperti yang terlihat dalam penelitian di atas.

Dalam tabung reaksi, beberapa senyawa yang diekstrak dari delima ternyata mengandung anti-estrogenik (studi).

Berry buah seperti blueberry, blackberry, acai berry, dan sebagainya selalu diidentifikasi sebagai sehat.

Dan mengapa tidak? Semakin gelap beri, semakin tinggi kandungan antioksidannya, dan semakin banyak antioksidan yang Anda konsumsi, semakin sedikit peradangan dan kerusakan oksidatif yang terjadi di tubuh Anda.

Hasil itu harus secara signifikan meningkatkan produksi testosteron dan pelestarian molekul testosteron.

Tidak hanya antioksidan tetapi buah berry cukup rendah kalori sambil penuh dengan nutrisi.

Mereka juga mengandung serat unik yang disebut Calcium-D-Glucarate, yang berpotensi membantu tubuh Anda untuk menghilangkan kelebihan estrogen (studi).

20. Keju biru (blue cheese)

Keju biru Seperti yang dapat Anda lihat dari subpos “yogurt” di atas, makanan fermentasi sangat baik untuk produksi testosteron, karena mengandung probiotik, prebiotik, bakteri ramah, dan enzim yang terkait dengan peningkatan produksi T (studi, studi).

Seperti halnya yogurt, keju biru juga diisi dengan bakteri usus yang ramah, enzim hidup, dan sejenisnya.

Selain itu, keju biru mengandung testosteron dalam jumlah besar yang meningkatkan lemak jenuh, dan testosteron tertentu yang meningkatkan vitamin yang larut dalam lemak, seperti K2 misalnya (sumber bacaan).

Keju biru sangat cocok dalam balutan saus, saus, antara hamburger, dll. Ini adalah cara yang sangat sederhana untuk menambahkan beberapa T yang meningkatkan kebaikan pada makanan Anda.

21. Minyak kelapa

Telah terbukti meningkatkan kemampuan kognitif, meningkatkan produksi testosteron, meningkatkan hormon tiroid, meningkatkan laju metabolisme, dan sebagainya.

Sebagian besar lemak jenuh, juga cocok dengan testosteron optimal yang meningkatkan rasio asam lemak.

CATATAN: Meskipun tinggi lemak jenuh, minyak kelapa tidak menyebabkan masalah kardiovaskular (studi, studi, studi). Adakah yang bahkan percaya lagi bahwa lemak jenuh akan menjadi pelakunya?

22. Bawang bombai dan bawang putih


Bukan kejutan besar bahwa dalam beberapa penelitian tikus, bawang merah telah meningkatkan testosteron dan menghasilkan efek androgenik (penelitian, penelitian, penelitian).

Mungkin hasil yang paling buruk sejauh ini berasal dari penelitian ini di mana jus bawang ditambahkan ke pakan tikus jantan, meningkatkan kadar testosteron rata-rata ~ 300%. Sulit untuk mengatakan apakah hasilnya miring atau jika ini berlaku untuk manusia sama sekali, tetapi masih cukup menarik.

Terlepas dari kenyataan bahwa bawang putih dapat memberikan Anda bau busuk, bawang putih juga mampu meningkatkan kadar oksida nitrat Anda hingga ~ 200% ketika dikonsumsi bersama dengan vitamin C (sumber bacaan).

Ada juga penelitian pada tikus di mana tikus pada diet protein tinggi, melihat peningkatan yang signifikan dalam testosteron dan penurunan kortisol setelah suplementasi bawang putih (studi).

Apa pun itu, bawang putih adalah makanan penambah hormon testosteron.

23. Tiram (oyster)

Tiram adalah makanan pokok dalam banyak testosteron yang meningkatkan daftar makanan di internet.

Tidak untuk tidak ada. Mereka benar-benar penuh dengan seng, magnesium, selenium, tembaga, dan vitamin D. Semuanya penting untuk produksi testosteron.

Tiram juga mengandung protein berkualitas tinggi, termasuk beberapa asam amino yang lebih langka (seperti testosteron yang meningkatkan asam D-aspartat).

Kesimpulan tentang makanan penambah hormon yang Meningkatkan Level Testosteron

Memanfaatkan makanan penambah hormon testosteron yang meningkat ini, dapat menghasilkan beberapa hasil yang bagus.

Jadi, lain kali Anda berbelanja bahan makanan, dapatkan beberapa item di atas dan mencoba memasukkannya ke dalam diet Anda selama beberapa minggu, Anda akan melihat manfaatnya sendiri.

 

Makanan penambah hormon

Contoh makanan penambah hormon. Ilustrasi dan sumber foto: Pixabay

 


 

Makanan Penambah Hormon Estrogen dan Kaya Estrogen Yang Harus Anda Sertakan dalam menu Anda

Jika hormon Anda kurang, itu bisa jadi karena kadar estrogen yang rendah di tubuh Anda. Estrogen memainkan peran penting dalam tubuh wanita, terutama dalam fungsi jaringan payudara, rahim, dan kelenjar hipofisis. Hormon vital ini mengatur sistem kemih dan reproduksi dan bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan dan metabolisme seksual.

Tingkat hormon estrogen mungkin turun baik karena cacat genetik atau gizi buruk, tetapi faktor risiko yang paling umum untuk tingkat estrogen rendah adalah usia.

Estrogen bertanggung jawab atas perbedaan antara tubuh pria dan wanita. Misalnya, dalam tubuh wanita:

  • Estrogen membuat tulang lebih kecil dan lebih pendek, panggul lebih luas, dan bahu lebih sempit.

  • Ini meningkatkan penyimpanan lemak di sekitar pinggul dan paha, yang berarti bahwa tubuh lebih melengkung dan berkontur.

  • Estrogen membantu memperlambat pertumbuhan wanita selama masa pubertas dan meningkatkan sensitivitas terhadap insulin. Insulin mempengaruhi jumlah lemak tubuh dan otot tanpa lemak yang dapat dikembangkan seseorang.

  • Ini memengaruhi rambut tubuh menjadi lebih halus dan kurang menonjol sementara membuat rambut di kepala wanita lebih permanen.

  • Estrogen membuat kotak suara lebih kecil dan pita suara lebih pendek, memberikan suara bernada tinggi pada wanita daripada pria.

  • Estrogen menekan aktivitas kelenjar di kulit yang menghasilkan zat berminyak. Ini mengurangi kemungkinan jerawat pada wanita.

Ketika ada penurunan kadar estrogen, progesteron, dan testosteron dalam tubuh, itu dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit. Ini dapat mengganggu fungsi seksual dan meningkatkan risiko obesitas, penyakit kardiovaskular, dan osteoporosis.

Semua ini menegaskan fakta bahwa estrogen sangat penting untuk menjaga kesehatan. Ini berarti salah satu cara untuk memperbaiki kadar estrogen Anda adalah dengan mendapatkan nutrisi yang tepat. Berikut adalah beberapa makanan kaya estrogen yang harus Anda sertakan dalam diet Anda.

1. Flaxseed atau Chia

Biji rami / flaxseed atau chia adalah salah satu sumber estrogen terkaya, dan mereka menempati urutan teratas dalam daftar makanan yang mengandung fitoestrogen.

Biji rami membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh karena mengandung serat makanan dan asam lemak omega-3.

Mereka dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam diet Anda. Anda dapat menggunakan biji rami bubuk sebagai taburan pada oatmeal atau sereal sarapan atau menambahkannya ke smoothie. Jadi, biji rami atau chia merupakan salah satu jenis makanan penambah hormon estragon yang baik.

2. Kedelai

Produk kedelai memiliki isoflavon yang dikenal untuk meningkatkan kadar estrogen pada wanita. Ada banyak manfaat mengonsumsi Makanan Kedelai. Anda dapat mengonsumsi kedelai, susu kedelai, atau yoghurt kedelai.

Susu kedelai mudah didapat, dan Anda bisa memilikinya dalam paket tetra siap minum atau mengubahnya menjadi yoghurt kedelai, yang dapat dimakan bersama dengan makanan. Potongan kedelai biasa adalah yang terbaik saat dipanggang. Produk kedelai lainnya adalah tahu, yang terbuat dari susu kedelai dan merupakan makanan penambah estrogen yang populer.

Produk kedelai: tahu, sup miso, yogurt kedelai merupakan jenis makanan penambah hormon estragon yang baik.

3. Buah-buahan

Tidak semua buah-buahan dapat meningkatkan estrogen, tetapi stroberi dan buah persik tidak hanya sangat sehat tetapi juga kaya akan fitoestrogen. Persik dapat mengurangi risiko kanker, stroke, dan penyakit jantung terkait lainnya. Baca juga: Jenis Kanker

Stroberi dapat menurunkan risiko obesitas dan meningkatkan kesehatan kulit dan rambut.

Buah-buahan ini dapat dimakan mentah atau bahkan dicampur menjadi hidangan penutup atau yoghurt. Anda juga dapat memilikinya dalam bermacam-macam buah di antara pisang, beri, dan beberapa lainnya dan nikmati manfaatnya.

4. Kacang-kacangan

Kacang mungkin merupakan makanan yang paling banyak mengisi camilan. Anda bisa memilikinya mentah atau memanggangnya. Konsumsi kacang-kacangan seperti pistachio, kacang tanah, dan kacang walnut karena merupakan sumber estrogen yang sangat baik.

Semangkuk penuh kacang-kacangan ini dapat menawarkan jumlah phytoestrogen dan isoflavon yang tepat yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Anda bisa menambahkan kacang ke hidangan apa pun atau memilikinya bersama dengan hidangan penutup, buah-buahan, atau yoghurt.

Atau Anda bisa mengambil segenggam penuh kacang. Mereka sehat namun lezat dan menambahkan kerenyahan tambahan pada salad Anda saat dikombinasikan mentah atau dalam bentuk spread. kacang lentil, kacang polong, kacang buncis baik juga untuk makanan penambah hormon estrogen.

5. Sayur

Ubi, wortel, kecambah, kangkung, seledri merupakan makanan penambah hormon estragon yang baik.

6. Buah

Buah aprikot, jeruk, stroberi, persik, banyak buah-buahan kering merupakan makanan penambah hormon estragon yang baik.

Buah-buahan kering

Buah-buahan kering adalah tambahan sehat untuk daftar kami, dan mereka dikenal untuk meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh. Buah kering adalah makanan ringan yang sehat karena merupakan sumber nutrisi. Mereka mengandung sejumlah besar fitoestrogen dan dapat dimiliki setiap saat sepanjang hari.

Beberapa buah kering tertentu yang harus Anda miliki adalah aprikot kering, plum, dan kurma.

Anda dapat menikmati segenggam sarapan dengan semangkuk susu, mengunyah beberapa di antara waktu makan, atau menjadikannya sebagai camilan tengah hari untuk menambah penambah nutrisi pada makanan Anda.

Anggur merah

Anggur merah mengandung jumlah phytoestrogen yang tinggi, yang dapat meningkatkan fungsi hormon wanita. Konsumsi minuman ini secara terbatas dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Cara terbaik untuk menikmati segelas anggur merah adalah saat makan malam, dengan beberapa makanan ringan seperti kacang tanah, yang juga meningkatkan kadar estrogen.

Di samping itu

Sama pentingnya dengan estrogen bagi tubuh, perlu dicatat bahwa kadar tinggi itu adalah faktor risiko utama untuk perkembangan kanker payudara, dan disertai dengan gejala yang meliputi kembung, perubahan suasana hati, rambut rontok, dan menstruasi tidak teratur siklus.

Ketika kadar estrogen Anda seimbang, metabolisme, kadar kolesterol, dan fungsi seksual Anda meningkat. Jadi, jangan abaikan saja jika Anda kekurangan hormon ini dan segera berkonsultasi dengan ahli medis.

 

Makanan Penambah Sel Darah Merah

Apakah Anda merasa lemah atau lelah? Anda mungkin mengalami gejala anemia. Anemia terjadi ketika jumlah sel darah merah Anda rendah. Jika jumlah darah merah Anda rendah, tubuh Anda harus bekerja lebih keras untuk mengirim oksigen ke seluruh tubuh Anda. Berikut adalah Makanan penambah sel darah merah: Klik disini untuk membaca Makanan Penambah Sel Darah Merah – Penguat Sistem Imun

 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki penyakit atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter atau ahli medis untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Artikel ini diperbaharui pada tanggal: 21/02/2019.
 
Sumber bacaan: MSN, MDVIP

                       
 
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-02-20T14:45:53+00:00 Februari 20th, 2019|Makanan & Minuman, Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment