Cara Memutihkan Gigi Secara Alami dan Secara Kimia / Medis

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Gigi yang bernoda dapat terjadi seiring bertambahnya usia, tetapi beberapa makanan umum, minuman, dan bahkan obat kumur dapat menodai gigi. Pengobatan sendiri dapat membantu memutihkan gigi, dan menghindari zat yang menodai gigi dapat menghentikan perubahan warna lebih lanjut. Gunakan rahasia ini untuk memutihkan gigi dan untuk mengembalikan senyumnyan Anda yang cerah. Berikut cara memutihkan gigi secara alami:

1. Menyikat gigi secara teratur

Rencana tindakan pertama Anda adalah menyikat gigi lebih sering dan dengan cara yang benar. Sangat penting bagi Anda untuk menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat menyebabkan gigi kuning.

Namun, berhati-hatilah dengan menyikat segera setelah mengonsumsi makanan dan minuman asam. Menyikat segera dapat membuat asam menyikat lebih banyak email dan menyebabkan erosi.

Sikat gigi Anda setidaknya dua kali sehari selama 2 menit setiap kali. Pastikan Anda masuk ke semua celah dan celah. Sikat gigi Anda dengan lembut dalam gerakan memutar untuk memastikan Anda melindungi gusi Anda. Sikat bagian dalam, luar, dan kunyah permukaan gigi Anda.

Menyikat dengan pasta gigi pemutih juga telah terbukti secara ilmiah untuk memutihkan senyum Anda, menurut sebuah studi tahun 2018. Pasta gigi pemutih ini mengandung abrasive ringan yang menggosok gigi untuk menghilangkan noda permukaan, tetapi cukup lembut untuk aman.

Menggunakan sikat gigi listrik mungkin juga lebih efektif untuk menghilangkan noda pada permukaan gigi. Baca juga 👉 Penyebab Gigi Berlubang

2. Gunakan baking soda (soda kue) dan hidrogen peroksida

Menggunakan pasta yang terbuat dari baking soda dan hidrogen peroksida dikatakan untuk menghilangkan penumpukan plak dan bakteri untuk menghilangkan noda.

Campurkan 1 sendok makan soda kue dengan 2 sendok makan hidrogen peroksida untuk membuat pasta. Bilas mulut Anda dengan air setelah menyikat dengan pasta ini. Anda juga bisa menggunakan perbandingan bahan yang sama untuk membuat obat kumur. Atau, Anda bisa mencoba memanggang soda dengan air.

Anda dapat membeli soda kue dan hidrogen peroksida secara online. Anda juga dapat membeli studi 2012 yang menemukan bahwa orang yang menggunakan pasta gigi yang mengandung soda kue dan peroksida menyingkirkan noda gigi dan memutihkan gigi mereka. Mereka menunjukkan peningkatan yang signifikan setelah 6 minggu.

Peninjauan tahun 2017 terhadap penelitian pasta gigi dengan soda kue juga menyimpulkan bahwa mereka efektif dan aman untuk menghilangkan noda gigi dan memutihkan gigi, dan dapat digunakan setiap hari.

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa yang asli dapat menghilangkan plak dan bakteri dari mulut, yang membantu memutihkan gigi. Selalu berbelanja untuk minyak organik berkualitas tinggi, yang dapat Anda beli secara online, yang tidak mengandung bahan berbahaya.

Kocok 1 hingga 2 sendok teh minyak kelapa cair di mulut Anda selama 10 hingga 30 menit. Jangan biarkan minyak menyentuh bagian belakang tenggorokan Anda. Jangan menelan minyak karena mengandung racun dan bakteri dari mulut Anda.

Bilas mulut Anda dengan air lalu minum segelas penuh air. Lalu gosok gigi.

Tidak ada penelitian khusus yang mengkonfirmasi efek pemutihan gigi dari penarikan minyak.

Namun, sebuah penelitian tahun 2015 menemukan bahwa penarikan minyak menggunakan minyak wijen dan minyak bunga matahari mengurangi gingivitis yang disebabkan oleh plak. Menarik minyak dapat memiliki efek memutihkan pada gigi, karena penumpukan plak dapat menyebabkan gigi menjadi kuning.

Diperlukan studi lebih lanjut tentang pengaruh minyak yang ditarik dengan minyak kelapa.

4. Cuka sari apel

Cuka sari apel dapat digunakan dalam jumlah yang sangat kecil untuk memutihkan gigi.

Buat obat kumur dengan mencampur 2 sendok teh cuka sari apel dengan 6 ons air. Bersihkan solusi selama 30 detik. Lalu bilas dengan air dan gosok gigi.

Penelitian yang dipublikasikan pada 2014 Trusted Source menemukan bahwa cuka apel memiliki efek pemutihan pada gigi sapi.

Namun, perlu dicatat bahwa ia berpotensi menyebabkan kerusakan pada kekerasan dan struktur permukaan gigi. Jadi, gunakan dengan hati-hati, dan hanya gunakan untuk waktu singkat. Diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia untuk memperluas temuan ini.

5. Kulit lemon, jeruk, atau pisang

Beberapa orang mengklaim bahwa mengoleskan kulit lemon, jeruk, atau pisang pada gigi Anda akan membuatnya lebih putih. Dipercayai bahwa senyawa d-limonene dan / atau asam sitrat, yang ditemukan dalam beberapa kulit buah jeruk, akan membantu memutihkan gigi Anda dan ini adalah salah satu cara memutihkan gigi secara alami.

Gosok kulit buah dengan lembut selama 2 menit. Pastikan untuk membilas mulut Anda secara menyeluruh dan menyikat gigi sesudahnya.

Penelitian ilmiah membuktikan efektivitas menggunakan kulit buah untuk membuat gigi lebih putih kurang.

Sebuah studi 2010Trusted Source mengamati efek pasta gigi yang mengandung 5 persen d-limonene dalam menghilangkan noda gigi akibat merokok dan teh.

Orang-orang yang menyikat dengan pasta gigi yang mengandung d-limonene dikombinasikan dengan formula pemutih dua kali sehari selama 4 minggu secara signifikan mengurangi noda merokok, meskipun itu tidak menghilangkan noda merokok lama atau noda teh.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah d-limonene efektif sendiri. Sebuah studi 2015 melaporkan bahwa pemutihan DIY dengan stroberi atau menggunakan asam sitrat tidak efektif.

Sebuah studi pada 2017 menguji potensi ekstrak asam sitrat dari empat jenis kulit jeruk sebagai pemutih gigi. Mereka terbukti memiliki berbagai kemampuan pada pemutihan gigi, dengan ekstrak kulit jeruk keprok mencapai hasil terbaik.

Hati-hati saat menggunakan strategi ini karena buahnya asam. Asam dapat mengikis dan melemahkan enamel Anda. Jika Anda memperhatikan bahwa gigi Anda menjadi lebih sensitif, silakan berhenti menggunakan metode ini.

6. Arang aktif

Anda dapat menggunakan arang aktif untuk menghilangkan noda dari gigi Anda. Diyakini bahwa arang dapat menghilangkan pigmen dan noda dari gigi Anda karena sangat menyerap. Dikatakan juga menyingkirkan bakteri dan racun di mulut.

Ada pasta gigi yang mengandung arang aktif dan mengklaim memutihkan gigi.

Anda dapat membeli arang aktif untuk memutihkan gigi secara online.

Buka kapsul arang aktif dan letakkan isinya di sikat gigi Anda. Sikat gigi Anda dengan lembut menggunakan lingkaran kecil selama 2 menit. Berhati-hatilah terutama di daerah sekitar gusi Anda karena dapat abrasif. Lalu ludahkan. Jangan menyikat terlalu agresif.

Jika gigi Anda sensitif atau Anda ingin membatasi abrasivitas arang, Anda bisa mengoleskannya pada gigi Anda. Biarkan selama 2 menit.

Anda juga dapat mencampur arang aktif dengan sedikit air untuk membuat obat kumur. Goyangkan solusi ini selama 2 menit lalu keluarkan. Bilas mulut Anda dengan air setelah menggunakan arang aktif.

Dibutuhkan lebih banyak bukti ilmiah untuk menyelidiki keefektifan arang aktif untuk memutihkan gigi. Satu makalah yang diterbitkan pada tahun 2019 menemukan bahwa pasta gigi arang dapat memutihkan gigi dalam waktu 4 minggu penggunaan, tetapi itu tidak seefektif pasta gigi pemutih lainnya.

Penelitian telah menemukan bahwa arang aktif dapat bersifat abrasif pada gigi dan restorasi berwarna gigi, yang menyebabkan hilangnya struktur gigi. Abrasi ini dapat membuat gigi Anda terlihat lebih kuning.

Jika Anda terlalu banyak menggunakan enamel, lebih banyak dentin kuning di bawahnya akan menjadi terbuka. Berhati-hatilah saat menggunakan arang dan pasta gigi berbasis arang, terutama karena kurangnya bukti untuk membuktikan efektivitas dan keamanannya.

7. Makan buah dan sayuran dengan kadar air lebih tinggi

Dikatakan bahwa makan buah-buahan dan sayuran mentah dengan kandungan air tinggi dapat membantu menjaga kesehatan gigi Anda. Kandungan airnya diduga membersihkan gigi dan gusi dari plak dan bakteri yang mengarah ke gigi kuning.

Mengunyah buah-buahan dan sayuran renyah di akhir makan dapat meningkatkan produksi air liur. Ini adalah salah satu cara memutihkan gigi secara alami dan dapat membantu menghilangkan partikel makanan yang tersangkut di gigi Anda dan membersihkan asam-asam berbahaya.

Meskipun tidak ada keraguan bahwa diet tinggi buah-buahan dan sayuran baik untuk kesehatan gigi dan keseluruhan Anda, tidak ada banyak bukti ilmiah yang mendukung klaim ini. Yang mengatakan, makan makanan sehat ini sepanjang hari tentu tidak akan membahayakan.

Sebuah ulasan yang diterbitkan pada 2019 menemukan bahwa kekurangan vitamin C dapat meningkatkan keparahan periodontitis.

Walaupun penelitian ini tidak melihat efek pemutihan vitamin C pada gigi, studi ini menghubungkan kadar vitamin C plasma tinggi dengan gigi sehat. Penelitian menunjukkan bahwa kadar vitamin C yang tinggi dapat mengurangi jumlah plak yang menyebabkan gigi menjadi kuning.

Sebuah studi 2012Trusted Source menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung ekstrak papain dan bromelain menunjukkan penghapusan noda yang signifikan. Papain adalah enzim yang ditemukan dalam pepaya. Bromelain adalah enzim yang ada dalam nanas.

Studi lebih lanjut diperlukan untuk memperluas temuan ini.

Baca juga 👉 Sakit Gigi – Penyebab, Gejala, Diagnosis, Pencegahan, Pengobatan Medis dan Pengobatan tradisional sakit gigi

Apa yang menyebabkan gigi kuning?

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan gigi menjadi kuning.

Gigi bisa menjadi kuning dari:

  • makanan atau minuman tertentu, seperti blueberry, anggur merah, kopi, atau teh.
  • diet tinggi gula dan karbohidrat sederhana.
  • merokok atau mengunyah tembakau.
  • efek samping dari obat-obatan dan obat kumur tertentu
    usia, karena orang dewasa yang lebih tua lebih cenderung memiliki.
  • gigi kuning.
  • genetika.
  • trauma mulut.
  • konsumsi fluoride yang berlebihan.
  • perawatan gigi dan kebersihan mulut yang buruk.
  • mulut kering kronis atau kekurangan air liur.

Pemutihan gigi melibatkan pemutihan gigi untuk menjadikannya berwarna lebih ringan. Itu tidak bisa membuat gigi Anda putih cemerlang, tetapi bisa meringankan warnanya. Selalu waspada terhadap cara memutihkan gigi.

Baca juga 👉 Gigi Patah – Gigi Retak : Gejala, Penyebab, Perawatan dan Pemulihan – Cara Merawat Gigi yang Retak, Terkelupas atau Rusak

Cara Memutihkan Gigi Secara Kimia atau Medis

Cara memutihkan gigi secara medis:

Pasta gigi dan pembilas yang mengandung pemutih

Ini seperti pembersih yang mengangkat noda permukaan dari gigi Anda. “Mereka aman dan cukup efektif, tetapi mereka tidak akan memberi Anda hasil pemutihan yang Anda cari,” kata Messina. Dia menambahkan bahwa pasta gigi dan pembilas membantu menjaga gigi Anda tetap putih setelah dokter gigi memutihkannya.

Strip pemutih

Anda menerapkan ini pada permukaan gigi Anda untuk jangka waktu tertentu. Hidrogen peroksida mengangkat noda. Anda dapat mengharapkan gigi Anda untuk meringankan sekitar lima warna.

Formula paint-on atau brush-on (pengecatan)

Anda menerapkannya sebelum tidur selama 2 minggu.

Ke apotek

Jika Anda mendapatkannya dari dokter gigi, ia akan membuat cetakan gigi Anda untuk membuat baki yang pas. Dia akan memberi Anda gel pemutih yang kuat untuk digunakan di rumah.

Sistem obat-obatan di apotek bekerja dengan cara yang sama. Tetapi mereka dapat menyebabkan iritasi dan mungkin tidak bekerja dengan baik.

Beberapa kit di apotek datang dengan corong yang bisa ditekuk. Ini bekerja lebih baik daripada baki satu ukuran untuk semua. Gel pemutih yang datang dalam kit ini tidak sekuat yang Anda dapatkan dari pro.

Apakah Ini Aman?

Kebanyakan alat pemutih gigi menggunakan zat pemutih, seperti peroksida. Studi menunjukkan prosesnya aman. Tetapi periksa dengan dokter gigi Anda untuk melihat apakah gigi Anda cukup sehat. “Anda ingin memastikan tidak ada masalah mendasar seperti pembusukan atau penyakit periodontal yang dapat menyebabkan gigi Anda menguning,” kata Messina.

Apakah itu bekerja?

Itu tergantung. “Secara umum, gigi kuning cenderung memutihkan lebih baik daripada gigi dengan nada abu-abu,” kata Messina. Gigi yang diwarnai oleh obat-obatan tidak cenderung cerah dengan baik. Dan pemutihan tidak akan bekerja pada topi, mahkota, veneer, atau isi. Anda mungkin perlu memulihkan gigi terlebih dahulu.

Apa Efek Sampingnya?

Produk-produk ini dapat membuat gigi Anda lebih sensitif. Itu terjadi ketika peroksida merembes melalui enamel yang menutupi gigi Anda dan mengganggu saraf. Dalam kebanyakan kasus perasaan ini tidak bertahan lama. Jika ya, atau jika gusi Anda berubah warna, segera temui dokter gigi Anda.

Kapan Saya Akan Melihat Hasil?

Anda harus tahu jika itu bekerja sekitar seminggu. Ambil foto senyum Anda sebelum Anda menggunakan OTC whitening kit untuk pertama kalinya. Ambil satu detik seminggu kemudian. Bandingkan keduanya. Jika Anda melihat perubahan, itu berfungsi. Tetapi pastikan tujuan Anda realistis.

Jika gigi Anda tidak lebih cerah setelah 2 minggu, hubungi dokter gigi Anda. “Jika Anda tidak mendapatkan hasil yang baik setelah satu kotak strip pemutih, Anda tidak akan melihat hasil yang lebih baik setelah 10 kotak. Anda mungkin perlu perawatan yang lebih kuat dan harus ke dokter gigi.

Bagaimana dengan peralatan rumah tangga dan salon kecantikan untuk memutihkan gigi?

Hanya pergi ke ahli gigi terdaftar untuk pemutihan gigi karena pemutihan oleh orang-orang yang tidak memenuhi syarat, misalnya di salon kecantikan, adalah ilegal. Peralatan rumah juga membawa risiko.

Apakah pemutihan gigi permanen?

Pemutihan gigi tidak permanen. Ini dapat berlangsung dari beberapa bulan hingga 3 tahun – bervariasi dari orang ke orang.

Efek memutihkan tidak akan bertahan lama jika Anda merokok atau minum anggur merah, teh atau kopi, yang semuanya dapat menodai gigi Anda.

Akankah pemutihan gigi bekerja pada gigi palsu?

Pemutihan gigi tidak bekerja pada gigi palsu, mahkota, tambalan atau veneer.

Apa risiko pemutihan gigi?

Tidak peduli apa perawatan yang Anda gunakan, ada kemungkinan gusi Anda akan sensitif terhadap bahan kimia yang digunakan dalam pemutihan gigi, terutama jika Anda sudah memiliki gigi sensitif. Ada juga kemungkinan luka bakar pada gusi dan beberapa alat pemutih yang digunakan di rumah dapat merusak enamel gigi.

Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini 👉 untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini 👉 untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.

Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi penting tentang artikel kesehatan di PINTERpandai.com
Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Informasi perawatan / pengobatan yang diberikan di sini bukan kebijakan resmi dan tidak dimaksudkan sebagai saran medis untuk menggantikan keahlian dan penilaian tim Dokter perawatan kesehatan Anda. Ini dimaksudkan untuk membantu Anda dan keluarga Anda membuat keputusan berdasarkan informasi, bersama dengan dokter Anda. Dokter Anda mungkin memiliki alasan untuk menyarankan rencana perawatan yang berbeda dari opsi perawatan umum ini. Jangan ragu untuk bertanya kepadanya tentang pilihan perawatan Anda.

Kapan harus berkonsultasi dengan profesional kesehatan?

Informasi medis di www.PINTERpandai.com tidak berlaku untuk semua orang dan itu bukan saran medis. Jika Anda memiliki masalah medis, pastikan untuk menghubungi penyedia layanan kesehatan. Jika Anda merasa memiliki keadaan darurat medis, segera hubungi dokter Anda atau nomor darurat setempat atau nomor 112 dari HP Anda.

Sumber bacaan: Web MD, National Hospital Service (NHS UK), Wikipedia (Inggris), Cleaveland Clinic, News Medical, Cancer, Harvard, Fight Colorectal Cancer, NCBI (National Center for Biotechnology Information) – U.S. National Library of Medicine, Healthline

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya 


By | 2020-03-23T00:53:32+07:00 Maret 23rd, 2020|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment