Cara Menghadapi Orang Bipolar – Cara untuk Membantu Seseorang dengan Gangguan Bipolar

Cara Menghadapi Orang Bipolar – Cara untuk Membantu Seseorang dengan Gangguan Bipolar

Berikut 10 langkah yang dapat Anda ambil untuk membantu seseorang dengan gangguan bipolar, berikut cara menghadapi orang bipolar:

Mendidik diri sendiri. Semakin banyak Anda tahu tentang gangguan bipolar, semakin banyak Anda dapat membantu.

Jika Anda memiliki teman atau orang yang dicintai dengan gangguan bipolar, Anda tahu kondisi ini bisa menjadi tantangan. Perilaku yang tidak menentu dan perubahan suasana hati yang ekstrem dapat menjadi hal yang sulit bagi orang dengan kondisi tersebut, serta orang-orang dalam kehidupan mereka.

Penting bagi orang dengan gangguan bipolar untuk memahami cara mengatasi kondisi mereka. Namun, penting juga bahwa orang-orang dalam kehidupan mereka – seperti teman atau anggota keluarga – tahu bagaimana membantu ketika mereka sedang mengalami episode manik atau depresi.

Ambil langkah pertama

Jika seseorang yang dekat dengan Anda memiliki gangguan bipolar, Anda ingin membantu mereka menjadi lebih baik. Namun terkadang, sulit untuk mengetahui harus mulai dari mana.

Anda mungkin merasa frustrasi atau terluka oleh perilaku mereka dan tidak tahu apa yang harus dilakukan atau dikatakan. Ambil napas dalam-dalam. Orang yang Anda cintai memiliki stabilitas yang lebih baik dengan dukungan Anda. Ada banyak cara yang dapat Anda coba untuk berada di sana untuk mereka.

Perbanyaklah pengetahuan mengenai bipolar disorder, apa yang pasangan Anda hadapi, dan bagaimana Anda bereaksi terhadap hal tersebut. Baca juga ūüĎČ Apakah Gangguan Mental Bipolar? Definisi, Penyebab, Diagnosis, Pengobatan dan Perawatan

Dengarkan saja

Anda mungkin tergoda untuk memberi tahu anggota keluarga atau teman Anda bagaimana “memperbaiki” masalah mereka. Tetapi terkadang, Anda perlu lebih banyak mendengarkan.

Orang yang Anda cintai mungkin hanya ingin didengar dan tidak menginginkan pendapat Anda saat ini. Alih-alih, katakan padanya bahwa Anda ada di sana setiap kali dia ingin berbicara. Dia mungkin tidak terbuka sepanjang waktu, tetapi dia akan senang mengetahui Anda terbuka saat dia membutuhkannya.

Pahami keadaan mereka

Semua orang pasti ingin dipahami, bukan hanya orang yang mengalami Bipolar.Penderita bipolar sering kali mengalami tertekan dengan keadaan sendiri,maka dari itu mereka seringkali menginginkan hal-hal yang secara tidak menentu.Pahami saja mereka,karena saat anda melawan perkataannya malah menjadi lebih buruk untuk mereka.

Tawarkan dorongan – sesuatu yang membesarkan hati

Perlu diingat bahwa orang-orang dengan gangguan bipolar dapat menjalani hidup yang penuh gairah dan sukses.

Beri tahu teman Anda bahwa kondisinya tidak mendefinisikan hati dan dirinya. Ini bukan cacat kepribadian, dan dia tidak bisa begitu saja ‚Äúmelepaskannya.‚ÄĚ Dorong dia bahwa dia bisa menjadi lebih baik dengan perawatan – terutama ketika dia tetap menggunakannya.

Menghabiskan waktu bersama

Keluarlah untuk minum kopi, menonton film lucu, atau berjalan-jalan di taman. Koneksi sosial itu penting, terutama jika orang yang Anda cintai mengalami depresi. Dia dapat mengisolasi dirinya sendiri, yang dapat memperburuk masalah.

Bahkan jika dia menolak undangan Anda, teruslah berusaha. Ini akan mengirim pesan bahwa dia penting bagi Anda. Dia mungkin akan menghargai upaya Anda dan pada akhirnya mungkin mengatakan ya.

Bersabar dan bersyukur

Ingatlah bahwa hal tersebut bukanlah keinginan dia, melainkan bipolar disorder yang membuatnya seperti itu.

Jika hal tersebut sering terjadi dan membuat Anda stres, cobalah untuk menenangkan pikiran Anda. Bersyukurlah, bahwa dia dan Anda masih kuat untuk menghadapi bipolar disorder.

Sifat sabar merupakan hal positif dan hal tepat yang bisa anda lakukan saat menghadapi penderita bipolar, penderita bipolar bisa secara tiba-tiba marah dan bisa secara tiba-tiba menangis. Yang hanya bisa anda lakukan adalah sabar, karena saat mereka seperti itu bukan keinginan diri mereka sendiri. Saat aura anda positif hal itu bisa berdampak juga terhadap si penderita.

Jadilah mitra atau pasangan dalam pengobatan

Jangan biarkan orang yang Anda cintai pergi sendirian. Dukungan Anda dapat membantunya berhasil dalam perawatan. Tawarkan untuk terlibat dengan cara apa pun yang dia inginkan. Anda dapat membantunya cara menghadapi orang bipolar, seperti:

  • Temukan dokter atau terapis yang baik
  • Tetapkan janji temu dan ikuti
  • Lacak kemajuannya

Dorong dia untuk terus minum obat. Beberapa orang berhenti ketika mereka merasa lebih baik atau karena efek samping. Jika obatnya mengganggunya, tanyakan kepada dokter apakah obat lain dapat membantu.

Tetap tenang

Saat si penderita sedang mengalami fase manic maupun depresi yang bisa Anda lakukan saat anda di sekitarnya adalah tenang. Jika Anda mengalami kepanikan itu akan membuat si penderita cemas dan emosi yang berlebihan.

Selama episode bipolar, orang yang Anda cintai bukanlah dirinya sendiri. Dia mungkin melakukan hal-hal yang membingungkan dan bahkan keterlaluan selama mania.

Jika dia depresi, dia mungkin menjadi jahat dan mudah marah. Jika dia menyerang atau meneriaki Anda, tahan godaan untuk bereaksi. Perlu diingat bahwa itu adalah gejala gangguan yang ada di balik perilakunya.

Saat depresi kambuh dan terlalu banyak orang di sekitarnya, penderita tidak suka ada di kondisi seperti itu, karena orang di sekitarnya pasti akan ikut panik melihat kondisi penderita. Penderita lebih baik sendiri saat fase depresinya sedang kambuh.

Penderita tidak suka saat semua orang mengasihaninya. Penderita akan lebih sedikit tenang kalau orang sekitar juga tenang saat menghadapinya

Pantau perbuatan mania atau suasana hati

Terkadang sulit bagi orang yang Anda cintai untuk melihat adanya perubahan suasana hati bipolar. Dia mungkin mengatakan dia merasa hebat. Tapi Anda bisa mengambil tanda-tandanya. Pada umumnya untuk mania meliputi:

  • Kurang tidur
  • Berbicara cepat dan banyak

Ambil peluang, seperti mengemudi terlalu cepat atau pergi berbelanja
Dapatkan bantuan jika Anda pikir orang yang Anda cintai mungkin menuju mania. Dokter dan terapisnya mungkin dapat menghentikan episode penuh.

Mania
  • Muncul perasaan senang berlebihan yang tidak berasalan
  • Berpikir cepat sehingga penilaian dan pengambilan keputusan menjadi buruk
  • Tidak butuh tidur atau istirahat
  • Terlihat sangat gelisah
  • Ucapan tangensial, yaitu berulang kali mengulang topik percakapan yang tidak sesuai

Jika kondisiya parah, maka gejala yang timbul meliputi:

  • Melihat atau melihat sesuatu yang tidak ada tapi terasa nyata (halusinasi)
  • Tidak bisa membedakan antara imajinasi atau kenyataan (delusi)
  • Merasa berada dalam bahaya
Hipomania

Merasa diri sangat bersemangat sehingga lebih aktif dari biasanya:

  • Lebih banyak berbicara daripada biasanya
  • Bicara cepat-cepat, tapi tidak¬†nyambung
  • Susah fokus dan konsentrasi

Perhatikan depresi

Anda juga dapat membantu mencegah depresi. Cari tanda-tanda peringatan ini:

  • Kurang minat bersosialisasi
  • Masalah tidur (baik insomnia atau terlalu banyak tidur)
  • Tidak ada energi
  • Air mata atau sedih
  • Sakit dan nyeri

Dorong teman Anda untuk bangun dan berjalan-jalan. Tetap positif: Tunjukkan hal-hal baik seperti ulasan hebat di tempat kerja. Jika ia tidak segera sembuh, hubungi dokter.

Tetap sesuai jadwal

Jadwal teratur dapat membantu suasana hati orang yang Anda cintai tetap stabil. Istirahat sangat penting. Ketika larut malam atautidak bisa tidur, hal itu dapat memicu gejala. Dorong orang yang Anda cintai untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Cara menghadapi orang bipolar dengan membantunya untuk melakukan hal sehari-hari dengan teratur, contohnya: memasak, mandi, olahraga ringan.

Bantu menurunkan stres

Stres, seperti kehilangan pekerjaan atau bahkan bergerak, dapat memicu perubahan suasana hati. Anda tidak dapat melindungi orang yang Anda cintai dari setiap peristiwa yang membuat stres.

Tetapi Anda dapat membantunya menangani mereka ketika itu terjadi. Dorong dia untuk berolahraga dan mencoba meditasi atau pernapasan dalam. Ikuti kelas yoga bersama. Ini dapat membantu Anda berdua menghadapi tantangan gangguan bipolar.

Berikan bantuan

Bahkan tugas-tugas biasa yang sederhana pun dapat tampak luar biasa bagi seseorang yang hidup dengan penyakit mental. Tanyakan kepada teman Anda apa yang dapat Anda lakukan untuk meringankan bebannya. Sukarelawan untuk menjemput anak-anak dari sekolah atau membantu menjalankan tugas. Jika Anda memasak untuk keluarga Anda, gandakan resepnya dan bawa porsi kedua ke rumahnya.

Bantu dia untuk menjangkau

Kekasih Anda mungkin merasa lebih baik ketika ia terhubung dengan orang lain di sepatunya. Kelompok pendukung dapat menyediakan tempat untuk berbagi pengalaman dan berbicara tentang cara-cara hidup baik dengan gangguan bipolar.

Jika orang yang Anda cintai ragu untuk pergi sendiri, tawarkan untuk pergi bersamanya. Kelompok dukungan langsung dan mereka yang bertemu online dapat membantu.

Lebih terbuka dan jangan melukai

Tentu saja Anda harus mengatakan apa yang ada di dalam pikiran dan perasaan Anda ketika pasangan sedang mengalami episode. Akan tetapi, Anda pun harus memilih kata-kata yang tidak menyinggung perasaan pasangan karena kemungkinan ia akan menilai Anda menyalahkan gangguan mental mereka.

Jaga diri Anda juga

Ketika seseorang dalam hidup Anda adalah bipolar, itu dapat merusak emosi Anda. Pengasuh dapat mengalami depresi atau memiliki masalah kesehatan lainnya. Jika Anda tidak memperhatikan kebutuhan Anda sendiri, Anda bisa kehabisan tenaga.

Cobalah untuk mengambil beberapa “waktu saya” secara teratur untuk menjernihkan pikiran Anda.

Melukis, dengarkan musik, atau lakukan hal lain yang Anda sukai. Makan siang atau makan malam bersama teman. Dan jangan merasa bersalah karenanya. Anda tidak dapat mendukung orang yang Anda cintai jika Anda tidak sehat.

Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons¬†‚ÄúOoo begitu ya‚Ķ‚Ä̬†akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber bacaan: Web MD, The National Institute of Mental Health (NIMH) is part of the National Institutes of Health (NIH), a component of the U.S. Department of Health and Human Services, OtsukaWeb MD, Mental Health America, Health Line

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2020-03-28T23:43:51+07:00 Maret 28th, 2020|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment