fbpx

Hari Bidan Nasional – Profesi Bidan dan Kebidanan

Hari Bidan Nasional

Hari Bidan Nasional diperingati setiap tanggal 24 Juni.

Untuk memastikan para ibu dan keluarga mereka menerima perawatan berkualitas yang layak mereka dapatkan.

Hari Bidan Nasional 24 Juni

Hari Bidan Nasional diperingati setiap tanggal 24 Juni.

 

Sejarah Hari Bidan

Hari Bidan Nasional yang jatuh pada tanggal 24 juni merupakan hari berdirinya organisasi profesi yaitu bidan. Organisasi ini disebut dengan IBI (Ikatan Bidan Indonesia) berdiri pada tanggal 24 juni 1951 di Jakarta dan langsung bergabung dalam organisasi wanita KOWANI, lima tahun kemudian pada tahun 1956 IBI menjadi anggota International of Midwives (ICM).

Mereka merupakan suatu profesi yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Mulai dari tengah perkotaan hingga pelosok desa, bidan dengan mudahnya kita temui. Mengemban amanah-amanah sebagai ujung tombak penurunan angka kematian ibu dan bayi di setiap daerah maka profesi ini tidak dapat kita anggap sebelah mata. Pentingnya peranan mereka dalam masyarakat, patut kita hargai!

 

Profesi Bidan

Bidan diakui sebagai tenaga profesional di dalam bidang kesehatan yang bertanggung-jawab dan akuntabel, yang bekerja sebagai mitra perempuan untuk memberikan dukungan, asuhan dan nasihat selama masa hamil, masa persalinan dan masa nifas, memfasilitasi dan memimpin persalinan atas tanggung jawab sendiri dan memberikan asuhan kepada bayi baru lahir, dan bayi. Asuhan ini mencakup upaya pencegahan, promosi persalinan normal, deteksi komplikasi pada ibu dan anak, dan akses bantuan medis atau bantuan lain yang sesuai, serta melaksanakan tindakan kegawat-daruratan.

Mereka mempunyai tugas penting dalam konseling dan pendidikan kesehatan, tidak hanya kepada perempuan, tetapi juga kepada keluarga dan masyarakat. Kegiatan ini mencakup pendidikan antenatal dan persiapan menjadi orang tua serta dapat meluas pada kesehatan perempuan, kesehatan seksual atau kesehatan reproduksi dan asuhan anak.

 

Peran dan Tugas Bidan

Persepsi modern tentang profesi kebidanan memberikan penekanan bahwa di dalam melakukan praktiknya, pekerjaan mereka secara profesional yang berperan dalam:

  • Memantau aspek fisik, psikologi dan sosial dari seorang perempuan yang hamil, bersalin, dan juga periode setelah melahirkan (post-partum)

  • Bertindak sebagai seorang pendidik dan konselor kesehatan ibu dan anak, serta bagi keluarga dan komunitas. Mereka memberikan edukasi, konseling, perawatan kehamilan, dengan terlibat membantu secara penuh hingga periode setelah melahirkan.

  • Melakukan minimisasi tindakan medis, sehingga lebih mengarahkan seluruh  upaya sesuai kompetensinya agar persalinan berjalan secara normal / alami.

  • Melakukan identifikasi secara dini dan merujuk klien yang membutuhkan pertolongan dokter SpOG.

 

Praktik Bidan

Bidan dapat melakukan praktik di berbagai tatanan pelayanan kesehatan seperti di Klinik, Rumah Sakit, Rumah Sakit Bersalin, Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA), termasuk melakukan praktik di rumah yang disebut dengan Bidan Praktik Mandiri (BPM). Mereka berwenang untuk memberikan pelayanan yang meliputi:

  • Pelayanan  kesehatan ibu

  • Pelayanan kesehatan anak

  • Pelayanan kesehatan reproduksi perempuan dan KB

 

Kebidanan

Kebidanan adalah satu bidang ilmu yang mempelajari keilmuan dan seni yang mempersiapkan kehamilan, menolong persalinan, nifas dan menyusui, masa interval dan pengaturan kesuburan, klimakterium dan menopause, bayi baru lahir dan balita, fungsi–fungsi reproduksi manusia serta memberikan bantuan atau dukungan pada perempuan, keluarga dan komunitasnya. Di dalam bahasa Inggris, kebidanan diterjemahkan sebagai “Midwifery” sedangkan bidan disebut sebagai “Midwife“.

 

Gelar Akademik Kebidanan dan Profesi Bidan

  • Lulusan Diploma III Kebidanan bergelar A.M.Keb. (Ahli Madya Kebidanan)

  • Lulusan Diploma IV Bidan-Pendidik bergelar S.S.T. (Sarjana Sains Terapan)

  • Lulusan S1 Kebidanan bergelar S.Keb. (Sarjana Kebidanan)

  • Lulusan S2 Kebidanan bergelar M.Keb. (Magister Kebidanan)

  • Lulusan Pendidikan Profesi Bidan bergelar Bd. (Bidan)

 

Pelayanan Kebidanan

Pelayanan kebidanan adalah bagian integral dari sistem pelayanan kesehatan yang diberikan oleh mereka yang telah terdaftar (teregister) yang dapat dilakukan secara mandiri, kolaborasi atau rujukan.

 

Asuhan Kebidanan

Asuhan kebidanan adalah proses pengambilan keputusan dan tindakan yang dilakukan oleh mereka sesuai dengan wewenang dan ruang lingkup praktiknya berdasarkan ilmu dan kiat kebidanan Manajemen Asuhan Kebidanan adalah pendekatan dan kerangka pikir yang digunakan oleh bidan dalam menerapkan metode pemecahan masalah secara sistematis mulai dari pengumpulan data, analisis data, diagnosa kebidanan, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.

 

Praktik Kebidanan

Praktik Kebidanan adalah implementasi dari ilmu kebidanan oleh bidan yang bersifat otonom, kepada perempuan, keluarga dan komunitasnya, didasari etika dan kode etik bidan.

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-06-24T15:21:37+07:00 Juni 24th, 2018|Geografi & Sejarah, Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment