fbpx

Kanker Kandung Kemih

Kandung Kemih

Adalah organ tubuh berongga dan terdapat di bagian bawah perut yang menyimpan air kencing sampai keluarnya dari tubuh. Air kencing memasuki kandung kemih lewat ureter (suatu saluran muskuler berbentuk silinder yang menghantarkan urin dari ginjal menuju kandung kemih) dan keluar lewat uretra (saluran yang menghubungkan kantung kemih ke lingkungan luar tubuh). Baca artikel di bawah ini tentang kanker kandung kemih.

Kandung kemih atau buli-buli merupakan organ berongga yang terdiri atas 3 lapisan otot detrusor yang saling beranyaman. Ia terletak tepat di belakang pubis di dalam rongga pelvis. Kandung kemih dapat menyimpan urin orang dewasa pada umumnya kurang lebih 500 ml. Secara anatomi kandung kemih terdiri atas 3 permukaan, yaitu permukaan superior, permukaan inferiolateral dan permukaan posterior.

Kandung kemih yang kosong pada orang dewasa terletak di dalam pelvis, bila kandung kemih terisi maka dinding atasnya masuk ke daerah abdomen (hipogastrium).

Tanda yang paling umum dari kanker kandung kemih adalah darah dalam urin. Kanker kandung kemih sering didiagnosis pada tahap awal, saat kanker lebih mudah diobati.

 

Kanker kandung kemih

Karsinoma sel transisional kandung kemih. Putih di kandung kemih kontras. Sumber foto: Wikimedia

 

Kanker Kandung Kemih

Jenis kanker kandung kemih yang paling umum adalah karsinoma sel transisional, yang dimulai pada sel-sel urothelial yang melapisi bagian dalam kandung kemih. Sel urothelial adalah sel transisi, yang mampu berubah bentuk dan meregang saat kandung kemih penuh. Jenis kanker ini juga disebut karsinoma urothelial.

Jenis kanker kandung kemih lainnya termasuk karsinoma sel skuamosa (kanker yang dimulai dengan sel yang tipis dan rata yang melapisi kandung kemih) dan adenokarsinoma (kanker yang dimulai pada sel yang membuat dan melepaskan lendir dan cairan lainnya).

 

Gejala Kanker Kandung Kemih

Tanda dan gejala kanker kandung kemih mungkin termasuk:

  • Darah dalam urin (hematuria).

  • Sakit pada saat buang air kecil.

  • Nyeri panggul.

    Jika Anda memiliki hematuria, urin Anda mungkin tampak berwarna merah terang atau berwarna seperti coca-cola. Terkadang, urin mungkin tidak terlihat berbeda, tapi darah dalam urin bisa terdeteksi selama pemeriksaan mikroskopik urin.

  • Orang dengan kanker kandung kemih mungkin juga mengalami: sakit punggung, sering buang air kecil.

Tapi, gejala ini sering terjadi karena selain kanker kandung kemih

 

Apa Penyebab Kanker Kandung Kemih?

Peneliti tidak tahu pasti penyebab kanker kandung kemih. Tapi mereka telah menemukan beberapa faktor risiko (lihat Apa faktor risiko kanker kandung kemih?) Dan mulai mengerti bagaimana mereka menyebabkan sel di kandung kemih menjadi kanker.

Perubahan tertentu dalam DNA di dalam sel kandung kemih normal dapat membuat mereka tumbuh secara tidak normal dan membentuk kanker. DNA adalah bahan kimia di setiap sel kita yang membentuk gen kita, yang mengendalikan fungsi sel kita. Kita biasanya terlihat seperti orang tua kita karena mereka adalah sumber DNA kita, tapi DNA mempengaruhi lebih dari sekedar penampilan kita.

Beberapa gen mengendalikan saat sel tumbuh, terbagi menjadi sel baru dan kemudian mati:

  • Gen yang membantu sel tumbuh, membelah, dan tetap hidup disebut onkogen.

  • Gen yang biasanya membantu mengendalikan pembelahan sel, memperbaiki kesalahan pada DNA, atau menyebabkan sel mati pada saat yang tepat disebut gen supresor tumor.

Kanker dapat disebabkan oleh perubahan DNA (mutasi gen) yang mengaktifkan onkogen atau mematikan gen supresor tumor. Beberapa perubahan gen yang berbeda biasanya diperlukan agar sel menjadi kanker.

 

3 Jenis kanker kandung kemih yang dimulai di sel-sel di lapisan kandung kemih

Kanker ini dinamai untuk jenis sel yang menjadi ganas (kanker):

  • Karsinoma sel transisional

    Kanker yang dimulai di sel-sel di lapisan jaringan paling dalam dari kandung kemih. Sel-sel ini mampu meregang saat kandung kemih penuh dan mengecil saat dikosongkan. Sebagian besar kanker kandung kemih dimulai pada sel peralihan. Karsinoma sel transisional bisa termasuk taraf tingkat rendah atau tinggi:

    • Karsinoma sel peralihan tingkat rendah sering kambuh kembali (kembali) setelah perawatan, namun jarang menyebar ke lapisan otot kandung kemih atau ke bagian tubuh lainnya.
    • Karsinoma sel peralihan tingkat tinggi sering kambuh kembali (kembali) setelah perawatan dan sering menyebar ke lapisan otot kandung kemih, ke bagian tubuh yang lain, dan ke kelenjar getah bening. Hampir semua kematian akibat kanker kandung kemih disebabkan oleh penyakit tingkat tinggi.
  • Karsinoma sel skuamosa

    Kanker yang dimulai pada sel skuamosa, yang tipis, sel datar yang mungkin terbentuk di kandung kemih setelah infeksi jangka panjang atau iritasi.

  • Adenocarcinoma

    Kanker yang dimulai pada sel kelenjar yang ditemukan di lapisan kandung kemih. Ini adalah jenis yang sangat langka dari kanker kandung kemih.

Kanker yang ada di lapisan kandung kemih disebut kanker kandung kemih superfisial. Kanker yang telah menyebar melalui lapisan kandung kemih dan menyerang dinding otot kandung kemih atau telah menyebar ke organ terdekat dan kelenjar getah bening disebut kanker kandung kemih invasif.

 

Otot kandung kemih - transisi sel karsinoma

Karsinoma sel peralihan otot kandung kemih (otot organ) sampel MI-TCC setelah operasi. Sumber foto: Wikimedia

 

Faktor Risiko Kanker Kandung Kemih

Faktor risiko adalah segala sesuatu yang mengubah kesempatan Anda terkena penyakit seperti kanker. Kanker yang berbeda memiliki faktor risiko yang berbeda. Beberapa faktor risiko, seperti merokok, bisa diubah. Lainnya, seperti usia seseorang atau riwayat keluarga, tidak dapat diubah.

Tapi memiliki faktor risik, atau bahkan beberapa, tidak berarti Anda akan terkena penyakit ini. Banyak orang dengan faktor risiko tidak pernah terkena kanker kandung kemih, sementara yang lain dengan penyakit ini mungkin memiliki sedikit atau tidak ada faktor risiko yang diketahui.

Namun, penting untuk mengetahui faktor risiko kanker kandung kemih karena mungkin ada hal-hal yang dapat Anda lakukan yang dapat menurunkan risiko Anda terkena kanker kandung kemih. Jika Anda memiliki risiko lebih tinggi karena faktor-faktor tertentu, Anda mungkin terbantu dengan tes yang bisa menemukannya lebih awal, kapan pengobatan paling mungkin efektif.

Beberapa orang mewarisi perubahan gen dari orang tua mereka yang meningkatkan risiko kanker kandung kemih. Tapi kanker kandung kemih tidak sering “berjalan” dalam keluarga dan mutasi gen yang diturunkan tidak dianggap sebagai penyebab utama penyakit ini.

 

Pencegahan Kanker Kandung Kemih

Meski tidak ada jaminan cara mencegah kanker kandung kemih, Anda bisa mengambil langkah untuk membantu mengurangi risiko Anda. Contohnya:

  • Jangan merokok. Tidak merokok berarti bahwa bahan kimia penyebab kanker dalam asap tidak dapat dikumpulkan di kandung kemih Anda. Jika Anda tidak merokok, jangan mulai. Jika Anda merokok, bicarakan dengan dokter Anda tentang rencana untuk membantu Anda berhenti. Kelompok pendukung, obat-obatan dan metode lainnya dapat membantu Anda berhenti merokok.

  • Hati-hati dengan bahan kimia. Jika Anda bekerja dengan bahan kimia, ikuti semua instruksi keselamatan untuk menghindari paparan. Ginjal Anda memainkan peran kunci dalam menyaring bahan kimia berbahaya dari aliran darah Anda dan memindahkannya ke dalam kandung kemih Anda. Karena itu, dipikir bahwa berada di sekitar bahan kimia tertentu dapat meningkatkan risiko kanker kandung kemih. Bahan kimia yang terkait dengan risiko kanker kandung kemih termasuk arsenik dan bahan kimia yang digunakan dalam pembuatan pewarna, karet, kulit, tekstil dan produk cat.

  • Konsumsi berbagai buah dan sayuran. Pilihlah makanan yang kaya akan berbagai buah dan sayuran berwarna. Antioksidan dalam buah dan sayuran dapat membantu mengurangi risiko kanker.

Kandung kemih pria wanita

Letak anatomi andung kemih pria dan wanita.

Mengobati Kanker Kandung Kemih

Jika Anda telah didiagnosis menderita kanker kandung kemih, tim perawatan kanker Anda akan mendiskusikan pilihan pengobatan Anda dengan Anda. Penting agar Anda memikirkan pilihan Anda dengan hati-hati. Anda ingin mempertimbangkan manfaat dari setiap pilihan pengobatan terhadap risiko dan efek samping yang mungkin terjadi.


Perawatan mana yang digunakan untuk kanker kandung kemih?

Bergantung pada stadium kanker dan faktor lainnya, pilihan pengobatan untuk penderita kanker kandung kemih dapat meliputi:

  • Operasi
  • Terapi intravesif
  • Kemoterapi
  • Terapi radiasi
  • Imunoterapi


Terkadang, pilihan terbaik mungkin mencakup lebih dari satu jenis perawatan.

Pembedahan, sendiri atau dengan perawatan lainnya, merupakan bagian dari perawatan untuk kebanyakan kanker kandung kemih. Pembedahan seringkali bisa menghilangkan tumor kandung kemih tahap awal. Namun, perhatian utama pada orang-orang dengan kanker kandung kemih tahap awal adalah kanker baru sering terbentuk di bagian lain kandung kemih dari waktu ke waktu.

Melepaskan seluruh kandung kemih (dikenal sebagai kistektomi radikal) adalah salah satu cara untuk menghindari hal ini, namun bisa memiliki efek samping yang besar. Jika seluruh kandung kemih tidak diangkat, perawatan lain mungkin diberikan untuk mengurangi risiko kanker baru. Perlakukan lain atau tidak, follow up dekat diperlukan untuk mencari tanda-tanda kanker baru di kandung kemih.

Untuk mempelajari pendekatan yang paling umum untuk mengobati kanker ini, lihat Pengobatan kanker kandung kemih, secara bertahap.

Dokter mana yang merawat kanker kandung kemih?

Bergantung pada pilihan Anda, Anda dapat memiliki berbagai jenis dokter di tim perawatan Anda. Jenis dokter yang merawat kanker kandung kemih meliputi:
  • Ahli Urologi: ahli bedah yang mengkhususkan diri dalam merawat penyakit sistem saluran kemih dan sistem reproduksi laki-laki.
  • Ahli onkologi radiasi: dokter yang mengobati kanker dengan terapi radiasi.
  • Ahli onkologi medis: dokter yang merawat kanker dengan obat-obatan seperti kemoterapi dan imunoterapi.

 

Poin-poin penting tentang kanker kandung kemih

  • Kanker kandung kemih adalah penyakit di mana sel-sel ganas (kanker) terbentuk di jaringan kandung kemih.

  • Merokok dapat mempengaruhi risiko kanker kandung kemih.

  • Tanda dan gejala kanker kandung kemih meliputi darah dalam urin dan nyeri saat buang air kecil.

  • Tes yang memeriksa urine dan kandung kemih digunakan untuk membantu mendeteksi (menemukan) dan mendiagnosis kanker kandung kemih.

  • Faktor-faktor tertentu mempengaruhi prognosis (kesempatan pemulihan) dan pilihan pengobatan.

 

Daftar Jenis Kanker: Pemahaman Kanker – Mengenal Dasar-Dasar, Contoh Kanker, Bentuk, Klasifikasi, Sel dan Pemahaman Penyakit Kanker Lebih Jelas

Klik disini untuk membaca lebih lanjut.

 

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

                      

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-06-08T15:03:36+00:00 Maret 6th, 2018|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment