Kanker Kandung Kemih

17 min read

Kanker kandung kemih

Kanker Kandung Kemih

Jenis kanker kandung kemih yang paling umum adalah karsinoma sel transisional, yang dimulai pada sel-sel urothelial yang melapisi bagian dalam kandung kemih. Sel urothelial adalah sel transisi, yang mampu berubah bentuk dan meregang saat kandung kemih penuh. Jenis kanker ini juga disebut karsinoma urothelial.

Jenis kanker kandung kemih lainnya termasuk karsinoma sel skuamosa (kanker yang dimulai dengan sel yang tipis dan rata yang melapisi kandung kemih) dan adenokarsinoma (kanker yang dimulai pada sel yang membuat dan melepaskan lendir dan cairan lainnya).

Kandung Kemih

Adalah organ tubuh berongga dan terdapat di bagian bawah perut yang menyimpan air kencing sampai keluarnya dari tubuh. Air kencing memasuki kandung kemih lewat ureter (suatu saluran muskuler berbentuk silinder yang menghantarkan urin dari ginjal menuju kandung kemih) dan keluar lewat uretra (saluran yang menghubungkan kantung kemih ke lingkungan luar tubuh). Baca artikel di bawah ini tentang kanker kandung kemih.

Kandung kemih atau kandung kencing merupakan organ berongga yang terdiri atas 3 lapisan otot detrusor yang saling beranyaman. Ia terletak tepat di belakang pubis di dalam rongga pelvis. Kandung kemih dapat menyimpan urin orang dewasa pada umumnya kurang lebih 500 ml. Secara anatomi kandung kemih terdiri atas 3 permukaan, yaitu permukaan superior, permukaan inferiolateral dan permukaan posterior.

Kandung kemih yang kosong pada orang dewasa terletak di dalam pelvis, bila kandung kemih terisi maka dinding atasnya masuk ke daerah abdomen (hipogastrium).

Tanda yang paling umum dari kanker kandung kemih adalah darah dalam urin. Kanker kandung kemih sering didiagnosis pada tahap awal, saat kanker lebih mudah diobati.

Kanker kandung kemih
Karsinoma sel transisional kandung kemih. Putih di kandung kemih kontras. Sumber foto: Wikimedia

Gejala Kanker Kandung Kemih

Tanda dan gejala kanker kandung kemih mungkin termasuk:

  • Darah dalam urin (hematuria).

  • Sakit pada saat buang air kecil.

  • Nyeri panggul.

    Jika Anda memiliki hematuria, urin Anda mungkin tampak berwarna merah terang atau berwarna seperti coca-cola. Terkadang, urin mungkin tidak terlihat berbeda, tapi darah dalam urin bisa terdeteksi selama pemeriksaan mikroskopik urin.

  • Orang dengan kanker kandung kemih mungkin juga mengalami: sakit punggung, sering buang air kecil.

Tapi, gejala ini sering terjadi karena selain kanker kandung kemih.

Tumor dan kondisi non-kanker kandung kemih

Tumor kandung kemih non-kanker (jinak) adalah benjolan yang dimulai di lapisan atau jaringan kandung kemih lainnya. Penyakit kandung kemih non-kanker adalah perubahan sel-sel kandung kemih. Tumor dan kondisi non-kanker tidak menyebar ke bagian tubuh lain (tidak ada metastasis). Mereka bukan kanker dan biasanya tidak mengancam nyawa.

Ada banyak jenis tumor dan kondisi non-kanker kandung kemih.

Tumor non-kanker

Kebanyakan tumor kandung kemih non-kanker jarang terjadi. Mereka bisa menjadi penyebab masalah darah dalam urin dan kandung kemih. Sistoskopi sering digunakan untuk mendiagnosis tumor ini, yang dapat diangkat selama prosedur ini.

Papiloma dimulai di sel urothelial yang membentuk lapisan dalam kandung kemih. Tumor ini tumbuh menjauh dari lapisan, menuju pusat kandung kemih. Biasanya hanya ada satu papiloma kecil.

Papiloma terbalik biasanya merupakan tumor datar yang dimulai di lapisan dalam kandung kemih. Itu menyerang dinding kandung kemih.

Berikut ini adalah jenis tumor kandung kemih non-kanker langka lainnya:

  • leiomioma – dimulai di otot polos (tidak disengaja) kandung kemih dan terdiri dari pertumbuhan sel otot yang berlebihan
  • tumor fibrosa soliter – dimulai di jaringan ikat fibrosa dari dinding kandung kemih
  • hemangioma – pengumpulan abnormal pembuluh darah di kandung kemih
  • neurofibroma – massa kecil yang terbentuk di saraf kandung kemih
  • lipoma – dimulai di lemak di sekitar kandung kemih
    Kondisi non-kanker

Kondisi non-kanker dapat mempengaruhi kandung kemih dan menyebabkan gejala yang mirip dengan kanker kandung kemih.

Infeksi saluran kemih (ISK), lebih dikenal sebagai infeksi saluran kemih, adalah kondisi kandung kemih non-kanker yang umum. ISK biasanya disebabkan oleh bakteri yang ditemukan di kandung kemih dan uretra. Tanda dan gejalanya mungkin:

  • demam, menggigil dan tidak enak badan
  • darah dalam urin (hematuria)
  • terbakar atau nyeri saat buang air kecil
  • perlu sering buang air kecil (sering buang air kecil)
  • kebutuhan mendesak untuk buang air kecil (buang air kecil mendesak)
  • aliran urin lebih lemah dari biasanya

ISK biasanya didiagnosis dengan melakukan pemeriksaan fisik dan tes urine. Biasanya diobati dengan antibiotik untuk melawan bakteri. Dimungkinkan juga untuk minum obat untuk mengobati demam atau nyeri.

Batu saluran kemih, juga disebut urolitiasis atau batu ginjal, adalah timbunan mineral keras (terutama kalsium) yang terbentuk di ginjal. Mereka bisa tumbuh lebih besar dan meluas menjadi ureter atau kandung kemih. Batu dapat menyebabkan nyeri (terkadang parah), darah dalam urin, dan infeksi. Mereka dirawat dengan obat-obatan dan dengan minum banyak cairan (atau membuatnya melalui jarum di pembuluh darah). Terkadang batu kemih harus diangkat dengan operasi.

Apa Penyebab Kanker Kandung Kemih?

Peneliti tidak tahu pasti penyebab kanker ini. Tapi mereka telah menemukan beberapa faktor risiko (lihat Apa faktor risiko kanker kandung kemih?) Dan mulai mengerti bagaimana mereka menyebabkan sel di kandung kemih menjadi kanker.

Perubahan tertentu dalam DNA di dalam sel kandung kemih normal dapat membuat mereka tumbuh secara tidak normal dan membentuk kanker. DNA adalah bahan kimia di setiap sel kita yang membentuk gen kita, yang mengendalikan fungsi sel kita. Kita biasanya terlihat seperti orang tua kita karena mereka adalah sumber DNA kita, tapi DNA mempengaruhi lebih dari sekedar penampilan kita.

Beberapa gen mengendalikan saat sel tumbuh, terbagi menjadi sel baru dan kemudian mati:

  • Gen yang membantu sel tumbuh, membelah, dan tetap hidup disebut onkogen.

  • Gen yang biasanya membantu mengendalikan pembelahan sel, memperbaiki kesalahan pada DNA, atau menyebabkan sel mati pada saat yang tepat disebut gen supresor tumor.

Kanker dapat disebabkan oleh perubahan DNA (mutasi gen) yang mengaktifkan onkogen atau mematikan gen supresor tumor. Beberapa perubahan gen yang berbeda biasanya diperlukan agar sel menjadi kanker.

3 Jenis kanker kandung kemih yang dimulai di sel-sel di lapisan kandung kemih

Kanker ini dinamai untuk jenis sel yang menjadi ganas (kanker):

  • Karsinoma sel transisional

    Kanker yang dimulai di sel-sel di lapisan jaringan paling dalam dari kandung kemih. Sel-sel ini mampu meregang saat kandung kemih penuh dan mengecil saat dikosongkan. Sebagian besar kanker kandung kemih dimulai pada sel peralihan. Karsinoma sel transisional bisa termasuk taraf tingkat rendah atau tinggi:

    • Karsinoma sel peralihan tingkat rendah sering kambuh kembali (kembali) setelah perawatan, namun jarang menyebar ke lapisan otot kandung kemih atau ke bagian tubuh lainnya.
    • Karsinoma sel peralihan tingkat tinggi sering kambuh kembali (kembali) setelah perawatan dan sering menyebar ke lapisan otot kandung kemih, ke bagian tubuh yang lain, dan ke kelenjar getah bening. Hampir semua kematian akibat kanker kandung kemih disebabkan oleh penyakit tingkat tinggi.
  • Karsinoma sel skuamosa

    Kanker yang dimulai pada sel skuamosa, yang tipis, sel datar yang mungkin terbentuk di kandung kemih setelah infeksi jangka panjang atau iritasi.

  • Adenocarcinoma

    Kanker yang dimulai pada sel kelenjar yang ditemukan di lapisan kandung kemih. Ini adalah jenis yang sangat langka dari kanker kandung kemih.

Kanker yang ada di lapisan kandung kemih disebut kanker kandung kemih superfisial. Kanker yang telah menyebar melalui lapisan kandung kemih dan menyerang dinding otot kandung kemih atau telah menyebar ke organ terdekat dan kelenjar getah bening disebut kanker kandung kemih invasif.

Otot kandung kemih - transisi sel karsinoma
Karsinoma sel peralihan otot kandung kemih (otot organ) sampel MI-TCC setelah operasi. Sumber foto: Wikimedia

Faktor Risiko Kanker Kandung Kemih

Faktor risiko adalah segala sesuatu yang mengubah kesempatan Anda terkena penyakit seperti kanker. Kanker yang berbeda memiliki faktor risiko yang berbeda. Beberapa faktor risiko, seperti merokok, bisa diubah. Lainnya, seperti usia seseorang atau riwayat keluarga, tidak dapat diubah.

Tapi memiliki faktor risik, atau bahkan beberapa, tidak berarti Anda akan terkena penyakit ini. Banyak orang dengan faktor risiko tidak pernah terkena kanker kandung kemih, sementara yang lain dengan penyakit ini mungkin memiliki sedikit atau tidak ada faktor risiko yang diketahui.

Namun, penting untuk mengetahui faktor risiko kanker kandung kemih karena mungkin ada hal-hal yang dapat Anda lakukan yang dapat menurunkan risiko Anda terkena kanker kandung kemih. Jika Anda memiliki risiko lebih tinggi karena faktor-faktor tertentu, Anda mungkin terbantu dengan tes yang bisa menemukannya lebih awal, kapan pengobatan paling mungkin efektif.

Beberapa orang mewarisi perubahan gen dari orang tua mereka yang meningkatkan risiko kanker kandung kemih. Tapi kanker kandung kemih tidak sering “berjalan” dalam keluarga dan mutasi gen yang diturunkan tidak dianggap sebagai penyebab utama penyakit ini.

Pencegahan Kanker Kandung Kemih

Meski tidak ada jaminan cara mencegah kanker ini, Anda bisa mengambil langkah untuk membantu mengurangi risiko Anda. Contohnya:

  • Jangan merokok. Tidak merokok berarti bahwa bahan kimia penyebab kanker dalam asap tidak dapat dikumpulkan di kandung kemih Anda. Jika Anda tidak merokok, jangan mulai. Jika Anda merokok, bicarakan dengan dokter Anda tentang rencana untuk membantu Anda berhenti. Kelompok pendukung, obat-obatan dan metode lainnya dapat membantu Anda berhenti merokok.

  • Hati-hati dengan bahan kimia. Jika Anda bekerja dengan bahan kimia, ikuti semua instruksi keselamatan untuk menghindari paparan. Ginjal Anda memainkan peran kunci dalam menyaring bahan kimia berbahaya dari aliran darah Anda dan memindahkannya ke dalam kandung kemih Anda. Karena itu, dipikir bahwa berada di sekitar bahan kimia tertentu dapat meningkatkan risiko kanker kandung kemih. Bahan kimia yang terkait dengan risiko kanker kandung kemih termasuk arsenik dan bahan kimia yang digunakan dalam pembuatan pewarna, karet, kulit, tekstil dan produk cat.

  • Konsumsi berbagai buah dan sayuran. Pilihlah makanan yang kaya akan berbagai buah dan sayuran berwarna. Antioksidan dalam buah dan sayuran dapat membantu mengurangi risiko kanker.

Kandung kemih pria wanita
Letak anatomi andung kemih pria dan wanita.

Diagnosis kanker kandung kemih

Diagnosis adalah proses mengidentifikasi penyebab suatu masalah kesehatan. Proses diagnostik untuk kanker kandung kemih biasanya dimulai dengan kunjungan ke dokter keluarga Anda. Dia akan bertanya tentang gejala Anda dan mungkin melakukan pemeriksaan fisik. Berdasarkan informasi ini, dokter Anda mungkin merujuk Anda ke spesialis atau memesan tes untuk memeriksa kanker kandung kemih atau masalah kesehatan lainnya.

Proses diagnosis bisa terasa lama dan membebani. Tidak apa-apa khawatir, tetapi coba ingat bahwa kondisi medis lain dapat menyebabkan gejala mirip kanker kandung kemih. Penting agar tim perawatan kesehatan menyingkirkan kemungkinan penyebab lain dari kondisi tersebut sebelum membuat diagnosis kanker kandung kemih.

Tes berikut biasanya digunakan untuk menyingkirkan atau mendiagnosis kanker kandung kemih. Banyak tes yang dapat mendiagnosis kanker juga digunakan untuk menentukan sejauh mana penyakit telah menyebar (stadium). Dokter Anda mungkin juga memberi Anda tes lain untuk memeriksa kesehatan umum Anda dan untuk membantu merencanakan perawatan Anda.

Riwayat kesehatan dan pemeriksaan fisik

Riwayat kesehatan Anda terdiri dari pemeriksaan gejala, risiko, dan kejadian serta kondisi medis yang mungkin Anda alami di masa lalu. Dokter Anda akan menanyakan pertanyaan tentang riwayat Anda:

  • gejala yang menunjukkan kanker kandung kemih, seperti darah dalam urin
  • gejala umum yang mungkin menunjukkan kanker, seperti kelelahan, kehilangan nafsu makan, dan keringat malam
  • merokok, bekerja dengan bahan kimia, seperti cat, karet, logam, tekstil dan pewarna
  • radioterapi ke panggul
  • iritasi kandung kemih jangka panjang (kronis)

Dokter Anda mungkin juga menanyakan pertanyaan tentang riwayat keluarga Anda:

  • kanker kandung kemih
  • kanker saluran kemih lainnya
  • risiko kanker kandung kemih
  • Pemeriksaan fisik memungkinkan dokter Anda untuk mencari tanda-tanda kanker kandung kemih. Selama pemeriksaan fisik, dokter Anda mungkin melakukan pemeriksaan panggul atau pemeriksaan colok dubur.

Urinalisis dan tes urine lainnya

Urinalisis melibatkan pemeriksaan urin Anda. Ia dapat menemukan dan mengukur zat dalam sampel urin, seperti darah, bakteri, dan sel. Ini sering kali merupakan salah satu tes pertama yang dilakukan untuk memeriksa kelainan urin dan masalah saluran kemih.

Adanya darah dalam urin (hematuria) bisa berarti ada perdarahan di saluran kemih, yang bisa jadi disebabkan oleh kanker. Adanya nitrit dalam urin dapat berarti Anda mengalami infeksi saluran kemih (ISK), atau hanya infeksi saluran kemih.

Kultur urin digunakan untuk memeriksa apakah ada bakteri dan kuman lain dalam sampel urin yang dapat menyebabkan infeksi. Di laboratorium, urin dimasukkan ke dalam zat khusus tempat kuman dapat tumbuh. Setelah beberapa hari, sampel diperiksa di bawah mikroskop untuk melihat apakah telah muncul bakteri atau kuman lain. Kultur urin dilakukan untuk memeriksa apakah infeksi mungkin menjadi penyebab gejala.

Sitologi urin memeriksa sel-sel dalam sampel urin atau pencucian kandung kemih (kandung kemih dibilas dengan air garam selama sistoskopi untuk mengangkat sel). Sitologi urin dapat diuji untuk sel-sel abnormal, termasuk sel kanker kandung kemih.

Sistoskopi

Sistoskopi menggunakan tabung tipis dengan lumen dan lensa di ujungnya (sistoskop) untuk melihat ke dalam kandung kemih dan uretra. Ini dapat mendeteksi tumor atau anomali apa pun. Sampel dapat diambil dengan biopsi atau pencucian kandung kemih (dibilas dengan air garam) selama sistoskopi. Sistoskopi biasanya dilakukan bila ada darah atau sel abnormal di urin.

Sistoskopi fluoresensi dapat dilakukan sebaik sistoskopi biasa. Pewarna (media kontras) dan sinar biru khusus digunakan untuk membantu membuat sel kanker lebih mudah dilihat. Dokter menyuntikkan pewarna ke dalam kandung kemih dan kemudian menggunakan sistoskop untuk memancarkan cahaya biru. Sel kanker yang telah menyerap pewarna akan bersinar di bawah sinar biru.

Ureteroskopi dapat dilakukan jika dokter ingin mengamati bagian atas saluran kemih. Ini terjadi seperti sistoskopi, kecuali jika dokter melihat ureter dan panggul ginjal.

Biopsi

Selama biopsi, dokter mengangkat jaringan atau sel dari tubuh untuk dianalisis di laboratorium. Laporan ahli patologi memastikan ada atau tidaknya sel kanker dalam sampel. Biasanya, tumor kecil diangkat dan biopsi kandung kemih dilakukan selama sistoskopi.

Reseksi tumor kandung kemih transurethral (TURT) adalah jenis biopsi yang paling umum dilakukan untuk mendiagnosis kanker kandung kemih. Ini adalah operasi untuk mengangkat tumor dan bagian otot di dinding kandung kemih yang ada di dekatnya. TURN dapat menunjukkan seberapa jauh kanker telah menyerang dinding kandung kemih (kedalaman invasi). Itu juga digunakan untuk mengobati kanker kandung kemih dini.

Hitung darah lengkap

Hitung darah lengkap (CBC: complete blood count) digunakan untuk menilai kuantitas dan kualitas sel darah putih, sel darah merah, dan trombosit. Ini dapat digunakan untuk memeriksa anemia yang disebabkan oleh perdarahan berkepanjangan di saluran kemih. CBC juga bisa mengungkap jika ada infeksi.

CBC biasanya dilakukan sebelum memulai pengobatan kanker apa pun, yang memberikan dasar untuk membandingkan hasil CBC di masa mendatang.

Analisis biokimia darah

Tes kimia darah mengukur tingkat bahan kimia di darah. Ini memungkinkan untuk menilai kualitas fungsi organ tertentu dan juga untuk mendeteksi anomali. Berikut ini adalah tes kimia darah yang digunakan untuk menentukan stadium kanker kandung kemih.

Tes fungsi ginjal digunakan untuk memeriksa seberapa baik ginjal bekerja. Kadar bahan kimia tertentu yang tinggi bisa berarti Anda memiliki masalah ginjal atau saluran kemih yang tersumbat.

Alkaline phosphatase (AP) adalah enzim yang ditemukan di seluruh tubuh. Sel tulang dan hati mengandung jumlah terbesar. Tingkat tekanan darah tinggi dapat berarti bahwa kanker telah menyebar ke tulang atau hati.

Tes fungsi hati digunakan untuk memeriksa seberapa baik kerja hati. Kadar bahan kimia tertentu yang tinggi dapat berarti bahwa kanker telah menyebar ke hati.

Urografi intravena

Urografi intravena (IVU) juga disebut pielografi intravena (IVP). Ini menghasilkan gambar dari sistem kemih, yang meliputi ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra. Pewarna disuntikkan ke pembuluh darah dan terkonsentrasi di urin. Sinar-X diambil saat urin keluar (dengan pewarna) melalui saluran kemih. Gambar-gambar ini dapat membantu mendiagnosis tumor dan kelainan lain pada kandung kemih dan saluran kemih lainnya.

Pielografi naik terlihat seperti IVU, tetapi pewarna disuntikkan langsung ke saluran kemih, bukan ke pembuluh darah, melalui tabung yang dimasukkan ke dalam uretra, selama sistoskopi. Prosedur ini terkadang digunakan untuk mengetahui apa yang menghalangi aliran normal urin. Ini juga dapat membantu mendiagnosis kanker pada lapisan dalam ureter atau ginjal. Pyelogram ascending dapat dilakukan pada orang yang tidak dapat lulus IVU.

CT scan

Pemindaian tomografi terkomputerisasi (CT) menggunakan mesin sinar-X khusus untuk menghasilkan gambar 3 dimensi dan penampang melintang dari organ tubuh, jaringan, tulang, dan pembuluh darah. Komputer menyusun foto menjadi gambar yang detail.

Baca juga: CT Scan | Xray Computed Tomography Scan | Pengertian, Manfaat, Efek Samping, Harga

CT scan perut dan panggul dilakukan untuk memeriksa tumor atau penyumbatan di saluran kemih. Ini juga digunakan untuk memeriksa apakah kanker kandung kemih telah menyebar ke kelenjar getah bening, hati, atau organ dan jaringan lain di sekitar kandung kemih. CT dada dapat dilakukan untuk memeriksa apakah kanker kandung kemih telah menyebar ke paru-paru.

Computed tomography urography, atau uro-CT, adalah urografi intravena di mana CT digunakan daripada x-ray biasa untuk menghasilkan gambar saluran kemih. Ia memeriksa keberadaan tumor di saluran kemih.

Pencitraan resonansi magnetik

Pencitraan resonansi magnetik (MRI) menggunakan kekuatan magnetis dan gelombang radio yang kuat untuk menghasilkan gambar penampang organ, jaringan, tulang, dan pembuluh darah.

Baca juga: MRI (Magnetic Resonance Imaging) | Pengertian, Manfaat, Efek Samping, Harga

PET Scan

Baca juga: PET Scan (Positron Emission Tomography) | Pengertian, Manfaat, Efek Samping, Harga

Mengobati Kanker Kandung Kemih

Jika Anda telah didiagnosis menderita kanker kandung kemih, tim perawatan kanker Anda akan mendiskusikan pilihan pengobatan Anda dengan Anda.

Penting agar Anda memikirkan pilihan Anda dengan hati-hati. Anda ingin mempertimbangkan manfaat dari setiap pilihan pengobatan terhadap risiko dan efek samping yang mungkin terjadi.


Perawatan mana yang digunakan untuk kanker kandung kemih?

Bergantung pada stadium kanker dan faktor lainnya, pilihan pengobatan untuk penderita kanker kandung kemih dapat meliputi:


Terkadang, pilihan terbaik mungkin mencakup lebih dari satu jenis perawatan.

Pembedahan, sendiri atau dengan perawatan lainnya, merupakan bagian dari perawatan untuk kebanyakan kanker kandung kemih. Pembedahan seringkali bisa menghilangkan tumor kandung kemih tahap awal. Namun, perhatian utama pada orang-orang dengan kanker kandung kemih tahap awal adalah kanker baru sering terbentuk di bagian lain kandung kemih dari waktu ke waktu.

Melepaskan seluruh kandung kemih (dikenal sebagai kistektomi radikal) adalah salah satu cara untuk menghindari hal ini, namun bisa memiliki efek samping yang besar. Jika seluruh kandung kemih tidak diangkat, perawatan lain mungkin diberikan untuk mengurangi risiko kanker baru. Perlakukan lain atau tidak, follow up dekat diperlukan untuk mencari tanda-tanda kanker baru di kandung kemih.

Untuk mempelajari pendekatan yang paling umum untuk mengobati kanker ini, lihat Pengobatan kanker kandung kemih, secara bertahap.

Dokter mana yang merawat kanker kandung kemih?

Bergantung pada pilihan Anda, Anda dapat memiliki berbagai jenis dokter di tim perawatan Anda. Jenis dokter yang merawat kanker kandung kemih meliputi:
  • Ahli Urologi: ahli bedah yang mengkhususkan diri dalam merawat penyakit sistem saluran kemih dan sistem reproduksi laki-laki.
  • Ahli onkologi radiasi: dokter yang mengobati kanker dengan terapi radiasi.
  • Ahli onkologi medis: dokter yang merawat kanker dengan obat-obatan seperti kemoterapi dan imunoterapi.

Poin-poin penting tentang kanker ini

  • Merupakan penyakit di mana sel-sel ganas (kanker) terbentuk di jaringan kandung kemih.

  • Merokok dapat mempengaruhi risiko kanker kandung kemih.

  • Tanda dan gejala kanker ini meliputi darah dalam urin dan nyeri saat buang air kecil.

  • Tes yang memeriksa urine dan kandung kemih digunakan untuk membantu mendeteksi (menemukan) dan mendiagnosis kanker kandung kemih.

  • Faktor-faktor tertentu mempengaruhi prognosis (kesempatan pemulihan) dan pilihan pengobatan.

Stadium kanker kandung kemih

Pementasan menggambarkan atau mengkategorikan kanker berdasarkan seberapa banyak kanker di dalam tubuh dan di mana awalnya didiagnosis. Stadium ini sering disebut sebagai tingkat kanker. Informasi dari tes digunakan untuk mengetahui seberapa besar tumor itu, bagian organ mana yang terkena kanker, apakah kanker telah menyebar dari mana ia bermula dan di mana ia telah menyebar. Tim perawatan kesehatan Anda menggunakan panggung untuk merencanakan perawatan Anda dan memprediksi hasilnya (prognosis Anda).

Sistem stadium yang paling sering digunakan untuk kanker kandung kemih adalah klasifikasi TNM. Pada kasus kanker kandung kemih ada 5 stadium, yaitu stadium 0 diikuti stadium 1 sampai 4. Untuk stadium 1 sampai 4 sering digunakan angka romawi I, II, III dan IV. Namun untuk memperjelas teks, kita akan menggunakan angka Arab 1, 2, 3 dan 4. Secara umum, semakin tinggi angkanya, semakin banyak kanker yang menyebar. Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda memiliki pertanyaan tentang stadium.

Ketika dokter menggambarkan panggungnya, mereka dapat menggunakan kata lokal, regional, atau jauh. Lokal artinya kanker hanya ada di kandung kemih dan belum menyebar ke bagian tubuh lain. Regional artinya di dekat atau di sekitar kandung kemih. Jauh artinya di bagian tubuh yang jauh dari kandung kemih.

Cari tahu lebih lanjut tentang stadium kanker.

Stadium 0

Tumor hanya ditemukan di lapisan kandung kemih. Tahap 0 meliputi ini:

Kanker stadium 0A juga disebut karsinoma papiler non-invasif. Tumornya terlihat seperti jamur.

Stadium 0 kanker disebut karsinoma in situ. Tumornya datar.

Stadium 1

Tumor telah tumbuh menjadi lapisan jaringan ikat kandung kemih.

Stadium 2

Tumor telah tumbuh menjadi lapisan otot kandung kemih.

Stadium 3A

Tumor telah berkembang ke jaringan terdekat di luar kandung kemih tetapi tidak ke dinding panggul atau dinding perut.

ATAU

Kanker telah menyebar ke 1 kelenjar getah bening di panggul.

Stadium 3B
Kanker telah menyebar ke setidaknya 2 kelenjar getah bening di panggul atau ke setidaknya 1 kelenjar getah bening iliaka umum yang terletak tepat di atas panggul.

Stadium 4A

Tumor telah tumbuh hingga ke dinding panggul atau dinding perut.

ATAU

Kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening yang lebih jauh dari kandung kemih.

Stadium 4B
Kanker telah menyebar ke bagian tubuh lain (metastasis jauh), seperti paru-paru, hati atau tulang. Ini juga disebut kanker kandung kemih metastatik.

Kambuhnya kanker kandung kemih

Jika kanker kandung kemih kembali, kanker kembali setelah perawatan. Jika muncul kembali di tempat pertama kali dimulai, ini disebut pengulangan lokal. Jika muncul kembali di jaringan atau kelenjar getah bening di dekat tempat pertama kali dimulai, itu disebut kekambuhan regional. Itu juga dapat muncul kembali di bagian lain dari tubuh: ini disebut kekambuhan atau metastasis jauh.

Jika kanker kandung kemih menyebar

Sel kanker dapat menyebar dari kandung kemih ke bagian tubuh lainnya dan membentuk tumor baru. Tumor baru ini disebut metastasis atau tumor sekunder.

Memahami bagaimana suatu jenis kanker biasanya tumbuh dan menyebar membantu tim perawatan kesehatan Anda merencanakan pengobatan dan perawatan Anda di masa depan. Jika kanker kandung kemih menyebar, kemungkinan besar akan menyebar ke bagian tubuh berikut:

  • kelenjar getah bening
  • prostat
  • vagina
  • rahim
  • dubur (anus)
  • dinding perut atau panggul
  • paru-paru
  • tulang
  • hati

Prognosis dan kelangsungan hidup untuk kanker kandung kemih

Jika Anda menderita kanker kandung kemih, Anda mungkin bertanya-tanya tentang prognosis Anda. Prognosis adalah tindakan yang paling baik digunakan dokter untuk menilai bagaimana kanker akan mempengaruhi seseorang dan bagaimana mereka akan menanggapi pengobatan. Prognosis dan kelangsungan hidup bergantung pada banyak faktor. Hanya dokter yang mengetahui riwayat kesehatan Anda, jenis kanker yang Anda derita, stadium dan karakteristik penyakit lainnya, pengobatan yang dipilih dan tanggapan terhadap pengobatan yang dapat meninjau semua data ini bersama dengan statistik kelangsungan hidup. untuk sampai pada prognosis.

Faktor prognostik adalah aspek kanker atau karakteristik orang tersebut, seperti usia mereka dan apakah mereka merokok, yang diperhitungkan oleh dokter saat membuat prognosis. Faktor prediktor memengaruhi bagaimana kanker merespons pengobatan tertentu. Kami sering membahas faktor prognostik dan prediktif bersama-sama. Keduanya berperan dalam memilih rencana pengobatan dan dalam menetapkan prognosis.

Berikut ini adalah faktor prognostik atau prediktif untuk kanker kandung kemih.

Kedalaman dan stadium tumor

Kedalaman tumor telah menginvasi dinding kandung kemih merupakan faktor prognostik yang penting. Semakin dalam tumor telah menginvasi dinding kandung kemih, semakin kurang prognosisnya.

Kanker kandung kemih stadium lanjut yang telah menyebar ke luar organ ini ke kelenjar getah bening atau bagian tubuh lainnya memiliki prognosis yang lebih buruk daripada kanker stadium awal.

Kelas (grade)

Tingkat rendah biasanya tidak menyerang lapisan otot dinding kandung kemih dan biasanya tidak menyebar ke bagian tubuh yang lain. Inilah sebabnya mengapa kanker kandung kemih tingkat rendah cenderung memiliki prognosis yang baik. Kanker kandung kemih tingkat tinggi lebih mungkin menyebar dan memiliki prognosis yang lebih buruk.

Tumor yang hanya ditemukan di permukaan lapisan dalam kandung kemih (tumor superfisial) biasanya berdiferensiasi baik. Ini berarti bahwa sel kanker sangat mirip dengan sel kandung kemih normal. Tumor ini memiliki prognosis yang baik.

Karsinoma in situ (CIS)

Kehadiran karsinoma in situ (Carsinoma In Situ) di kandung kemih dikaitkan dengan prognosis yang kurang menguntungkan. Ini lebih mungkin untuk kembali (kambuh) setelah perawatan. Kemungkinan berkembang menjadi kanker kandung kemih invasif juga lebih besar.

Jenis tumor

Prognosisnya berbeda untuk setiap jenis kanker kandung kemih. Karsinoma urothelial papiler memiliki prognosis terbaik. Karsinoma sel skuamosa, adenokarsinoma, dan karsinoma sel kecil cenderung memiliki prognosis yang buruk. Mereka biasanya invasif dan didiagnosis pada tahap selanjutnya.

Jumlah tumor

Orang yang memiliki dengan banyak tumor di kandung kemih atau saluran kemih memiliki risiko lebih besar terkena kanker kembali; daripada orang dengan hanya satu tumor. Semakin banyak tumor atau area yang terkena kanker, semakin kurang prognosisnya.

Ukuran tumor

Tumor kecil memiliki prognosis yang lebih baik daripada tumor besar.

Muncul kembali

Kanker kandung kemih yang muncul kembali setelah pengobatan (kembali) memiliki prognosis yang lebih buruk daripada kanker kandung kemih yang muncul pertama kali (tumor primer). Semakin banyak kekambuhan, semakin buruk prognosisnya.

Kanker kandung kemih non-invasif yang muncul kembali segera (beberapa bulan) setelah pengobatan selesai cenderung memiliki prognosis yang kurang baik dibandingkan kanker yang muncul kembali lama setelah pengobatan (beberapa tahun kemudian).

Getah bening atau pembuluh darah yang terkena kanker

Jika kanker kandung kemih telah menyebar ke pembuluh limfatik atau darah kecil (invasi limfovaskular atau ELV) atau kelenjar getah bening yang mengelilingi kandung kemih, prognosisnya lebih buruk. Kanker ini lebih mungkin menyebar ke bagian tubuh yang lain.

Perawatan suportif untuk kanker kandung kemih

Perawatan suportif memberdayakan orang untuk mengatasi hambatan fisik, praktis, emosional dan spiritual dari kanker kandung kemih. Ini merupakan komponen penting dari perawatan orang dengan penyakit ini. Ada banyak program dan layanan yang memenuhi kebutuhan dan meningkatkan kualitas hidup orang-orang ini dan orang yang mereka cintai, terutama setelah perawatan selesai.

Pemulihan dari kanker kandung kemih dan menyesuaikan diri dengan kehidupan setelah perawatan berbeda untuk setiap orang, tergantung pada stadium kanker, organ dan jaringan yang diangkat selama operasi, jenis perawatan, dan banyak faktor lainnya. Berakhirnya pengobatan kanker dapat menyebabkan emosi yang campur aduk. Bahkan jika pengobatan selesai, mungkin ada masalah lain yang harus diselesaikan, seperti mengatasi efek samping jangka panjang. Seseorang yang telah dirawat karena kanker kandung kemih mungkin mengkhawatirkan hal-hal berikut ini.

Harga diri dan citra tubuh

Harga diri adalah bagaimana perasaan kita tentang diri kita sendiri. Citra (image) tubuh adalah cara kita memandang tubuh kita sendiri. Kanker kandung kemih dan perawatannya dapat memengaruhi harga diri dan citra tubuh seseorang. Seringkali ini karena kanker atau perawatan dapat menyebabkan perubahan pada tubuh seperti masalah kandung kemih atau urostomi. Beberapa dari perubahan ini mungkin bersifat sementara. Yang lain bisa bertahan lama atau permanen.

Bagi banyak orang, citra tubuh dan penampilan orang lain terkait erat dengan harga diri dan dapat menjadi sumber perhatian yang nyata dan kesusahan yang signifikan. Mereka mungkin marah atau kesal, takut keluar, atau tidak nyaman berada di sekitar orang lain, meskipun efek pengobatan mungkin tidak terlihat.

Beberapa wanita mungkin merasakan sesuatu yang berbeda tentang dirinya dan tubuhnya setelah menjalani kistektomi radikal, termasuk pengangkatan rahim. Perubahan fungsi seksual setelah operasi atau terapi radiasi dapat memengaruhi harga diri.

Konseling dan dukungan emosional dapat membantu Anda mengatasi perubahan citra tubuh dan harga diri.

Kehilangan kontrol kandung kemih

Hilangnya kontrol kandung kemih (inkontinensia urin) adalah ketidakmampuan mengontrol aliran urin dari tubuh (mengompol). Beberapa orang kehilangan kendali atas kandung kemih mereka setelah operasi atau terapi radiasi untuk kanker kandung kemih.

Ada banyak cara untuk mengelola dan membantu orang mengatasi hilangnya kontrol kandung kemih, termasuk pelindung, perubahan pola makan, olahraga, pengobatan, dan pembedahan.

Hidup dengan ostomi

Setelah operasi untuk mengangkat seluruh kandung kemih, yang disebut kistektomi radikal, banyak orang memerlukan urostomi untuk memungkinkan urin mengalir keluar dari tubuh.

Hidup dengan urostomi dapat menyebabkan rasa takut pada awalnya. Butuh waktu dan kesabaran untuk mempelajari cara merawat urostomi. Tenaga kesehatan yang terlatih khusus, yang disebut ahli terapi enterostomal, menunjukkan cara merawat stoma mereka setelah operasi. Mereka juga menawarkan dukungan dan nasihat kepada orang-orang yang telah keluar dari rumah sakit.

Dukungan dan informasi dapat diperoleh dari kelompok dan asosiasi ostomy lokal dan nasional.

Seks atau hubungan intim

Beberapa pengobatan untuk kanker kandung kemih, termasuk kistektomi radikal, terapi radiasi, dan kemoterapi, dapat memengaruhi has rat Atau keinginan atas seksualitas dan fungsi seksual. Masalah seksual bergantung pada jenis pengobatan dan mereka mempengaruhi pria dan wanita dengan cara yang berbeda.

Pada pria, pengobatan untuk kanker kandung kemih dapat menyebabkan:

  • orgasme kering, yaitu tanpa air mani, setelah prostat diangkat;
  • disfungsi ereksi, disebut juga impotensi.

Pada wanita, pengobatan untuk kanker kandung kemih dapat menyebabkan:

  • infertilitas setelah pengangkatan rahim dan ovarium;
  • menopause yang disebabkan oleh pengobatan, termasuk kekeringan vagina, setelah ovarium diangkat atau diobati dengan terapi radiasi;
  • hubungan seks yang sulit atau menyakitkan jika bagian vagina telah diangkat atau jika terapi radiasi menyebabkan vagina menyempit.

Konseling dan pendidikan dapat meningkatkan seksualitas dan membantu orang mengatasi masalah ini. Tindakan suportif, seperti pelumas untuk vagina kering dan obat-obatan seperti terapi penggantian hormon, membantu mengatasi menopause yang disebabkan oleh pengobatan. Ada beberapa jenis pengobatan untuk disfungsi ereksi termasuk pil dan implan.

Gangguan kesuburan

Masalah kesuburan dapat berkembang setelah pengobatan untuk kanker kandung kemih dengan kistektomi radikal, terapi radiasi atau kemoterapi. Masalah-masalah ini memengaruhi kemampuan wanita untuk hamil atau melahirkan hingga cukup bulan, atau kemampuan pria untuk membuat wanita hamil.

Jika Anda mengkhawatirkan tentang kesuburan Anda, bicarakan dengan dokter Anda sebelum perawatan.


Daftar Jenis Kanker: Pemahaman Kanker – Mengenal Dasar-Dasar, Contoh Kanker, Bentuk, Klasifikasi, Sel dan Pemahaman Penyakit Kanker Lebih Jelas

Klik disini untuk membaca lebih lanjut.

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

UU USA Undang-Undang Konstitusi (US Constitution) Legislatif, Eksekutif, Yudikatif

UU USA (US Constitution) / Hukum Tertinggi Negara UU USA atau Konstitusi Amerika Serikat, dengan kata-katanya sendiri, adalah “hukum tertinggi negara”. Diterima pada 17...
PinterPandai
8 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *