Rhabdomyosarcoma (RMS) | Jenis kanker langka yang mempengaruhi jaringan otot

Rhabdomyosarcoma

Rhabdomyosarcoma dimulai di sel otot atau di jaringan yang merupakan prekursor sel otot. Ini adalah tumor kanker (ganas) yang dapat menyerang dan menghancurkan jaringan di dekatnya. Hal ini juga dapat menyebar (metastasis) ke bagian lain dari tubuh.

Otot adalah sejenis jaringan lunak. Berbagai jenis jaringan lunak melakukan fungsi yang berbeda. Mereka menentukan bentuk tubuh dan memberinya dukungan. Mereka juga melindungi struktur dan jaringan lain dalam tubuh dengan menyatukannya. Ada banyak jenis jaringan lunak yang ditemukan di seluruh tubuh, seperti jaringan lemak, otot, tendon, ligamen, dan pembuluh darah.

Rhabdomyosarcoma adalah jenis sarkoma jaringan lunak yang paling umum pada anak-anak. Jarang muncul pada orang dewasa.

Rhabdomyosarcoma dapat dimulai di otot mana pun di tubuh. Jenis yang paling umum adalah rhabdomyosarcoma embrionik. Ini menyumbang 50 hingga 70% dari semua rhabdomyosarcomas yang didiagnosis pada anak-anak.

Rhabdomyosarcoma (RMS) adalah tumor mesenkim (jaringan ikat embrionik) ganas yang paling umum pada anak-anak dan remaja. Ini mewakili 60 hingga 70% kasus dan sekitar 5% dari semua tumor padat pada usia ini. Ini terutama diamati pada dua usia yang berbeda: pada anak di bawah 5 tahun dan pada remaja. Ada sedikit dominasi laki-laki. Tumor ini jarang terjadi pada orang dewasa.
RMS dapat terjadi di bagian tubuh mana pun bahkan di area yang tidak memiliki jaringan otot lurik. RMS menyebar sebagian besar secara lokal dan keterlibatan kelenjar getah bening di sekitarnya paling sering terjadi pada tumor ekstremitas. Adanya metastasis jarang pada saat diagnosis (paru-paru, tulang, sumsum tulang atau jaringan subkutan).


Jenis rhabdomyosarcoma

Ada 2 jenis utama rhabdomyosarcoma.

Rhabdomyosarcoma embrionik

Rhabdomyosarcoma embrionik adalah jenis rhabdomyosarcoma yang paling umum didiagnosis pada anak-anak. Ini menyumbang sekitar 50 hingga 70% dari semua rhabdomyosarcomas yang didiagnosis pada anak-anak. Ini lebih banyak menyerang anak kecil dan paling sering didiagnosis pada anak di bawah usia 10 tahun.

Rhabdomyosarcoma embrionik dapat muncul di mana saja di tubuh, tetapi paling sering terjadi di kepala dan leher serta di organ sistem reproduksi dan saluran kemih.

Rhabdomyosarcoma alveolus

Rhabdomyosarcoma alveolar mungkin muncul lebih sering pada anak-anak dan remaja yang lebih tua. Sekitar 20% dari rhabdomyosarcomas yang didiagnosis pada anak-anak adalah tipe alveolar. Rhabdomyosarcoma alveolar dapat muncul di mana saja di tubuh, tetapi paling sering terjadi pada otot-otot lengan dan kaki, batang tubuh (dada dan perut), dan daerah sekitar anus.

Jenis rhabdomyosarcoma yang langka
Rhabdomyosarcoma anaplastik jarang menyerang anak-anak.

Terkadang dokter tidak dapat menentukan jenis sarkoma jaringan lunak karena selnya tidak terlihat seperti jenis sel tertentu. Ini disebut sarkoma tidak berdiferensiasi. Dokter dapat mengelompokkan sarkoma yang tidak berdiferensiasi di bawah kategori rhabdomyosarcoma.


Gejala rhabdomyosarcoma

Gejala rhabdomyosarcoma dapat bervariasi tergantung pada lokasi tumor. Rhabdomyosarcoma dapat dimulai pada otot apa pun. Ini paling sering dilakukan di bagian tubuh berikut:

kepala dan leher
organ sistem reproduksi dan sistem kemih
ekstremitas (lengan, kaki, tangan dan kaki)
otot batang
Tanda rhabdomyosarcoma yang paling umum adalah benjolan atau pembengkakan yang tidak hilang dan semakin besar seiring waktu. Ini mungkin atau mungkin tidak menyakitkan. Tanda dan gejala rhabdomyosarcoma lainnya adalah sebagai berikut:

mata menonjol
sakit kepala
kesulitan buang air kecil atau buang air besar
darah dalam urin
pendarahan dari hidung, tenggorokan, vagina, atau dubur
Kondisi medis lainnya dapat menyebabkan gejala yang sama seperti rhabdomyosarcoma.

Gejala berdasarkan lokasi
Rhabdomyosarcoma dapat muncul di bagian tubuh mana pun dan menyebabkan tanda dan gejala yang berbeda tergantung di mana tumor itu dimulai. Berikut adalah beberapa tanda dan gejala umum tergantung pada lokasinya.

Rhabdomyosarcoma di sekitar mata atau di dalam kelopak mata dapat menyebabkan:

mata menonjol
kelopak mata turun (ptosis)
strabismus
kelopak mata bengkak
kemerahan atau infeksi di sekitar mata

Rhabdomyosarcoma kepala dan leher dapat menyebabkan:

benjolan atau pembengkakan yang tidak nyeri
aspek yang berbeda dari salah satu dari dua sisi wajah (asimetri wajah)
penglihatan agak kabur
wajah bengkak
hidung tersumbat
kesulitan dalam bernafas
keluarnya cairan atau pendarahan dari hidung, tenggorokan atau telinga
sakit wajah
sakit kepala
sakit telinga
kelumpuhan saraf wajah
gangguan pendengaran

Rhabdomyosarcoma di lengan atau kaki:

dapat menyebabkan benjolan atau pembengkakan yang mungkin terasa nyeri atau nyeri.

Rhabdomyosarcoma di perut atau panggul dapat menyebabkan:

pembengkakan perut
massa di perut
sakit perut
muntah
sembelit
pendarahan dari rektum

Rhabdomyosarcoma di kandung kemih atau prostat dapat menyebabkan:

darah dalam urin
kesulitan buang air kecil
nyeri saat buang air kecil
sembelit
Rhabdomyosarcoma di sekitar testis dapat menyebabkan pembengkakan skrotum tanpa rasa sakit.

Rhabdomyosarcoma di vagina atau rahim dapat menyebabkan benjolan dan keluarnya cairan atau pendarahan dari vagina.

Rhabdomyosarcoma di saluran empedu dapat menyebabkan mata atau kulit menguning (jaundice).


Diagnosis rhabdomyosarcoma

Proses diagnostik untuk rhabdomyosarcoma biasanya dimulai dengan kunjungan ke dokter anak Anda. Dia akan bertanya kepada Anda tentang gejala yang dialami anak dan melakukan pemeriksaan fisik. Berdasarkan informasi ini, dokter Anda mungkin merujuk Anda ke spesialis atau memesan tes untuk memeriksa rhabdomyosarcoma atau masalah kesehatan lainnya.

Proses diagnostik bisa terasa lama dan melelahkan. Tidak apa-apa untuk khawatir, tetapi cobalah untuk mengingat bahwa kondisi medis lain dapat menyebabkan gejala seperti rhabdomyosarcoma. Penting bahwa tim kesehatan mengesampingkan kemungkinan penyebab lain dari kondisi tersebut sebelum membuat diagnosis rhabdomyosarcoma.

Tes berikut biasanya digunakan untuk mendiagnosis atau menyingkirkan rhabdomyosarcoma. Banyak tes yang dapat mendiagnosis kanker juga digunakan untuk menentukan stadiumnya, yaitu seberapa jauh penyakit telah berkembang. Dokter juga dapat melakukan tes lain pada anak Anda untuk memeriksa kesehatan umum mereka dan membantu merencanakan pengobatan.

Riwayat kesehatan dan pemeriksaan fisik
Riwayat kesehatan anak Anda terdiri dari pemeriksaan gejala, faktor risiko, dan setiap peristiwa dan kondisi medis yang mungkin mereka alami di masa lalu. Dengan mencatat riwayat kesehatannya, dokter akan mengajukan pertanyaan tentang riwayat pribadi atau keluarganya tentang kelainan genetik tertentu, termasuk yang berikut:

Sindrom Li-Fraumeni
neurofibromatosis tipe 1 (penyakit von Recklinghausen)
Sindrom Beckwith-Wiedemann
Sindrom Costello
Sindrom Noonan
Pemeriksaan fisik memungkinkan dokter untuk mencari tanda-tanda rhabdomyosarcoma. Dokter melakukan pemeriksaan fisik dan:

periksa pembengkakan atau benjolan;
periksa dan rasakan massa apa pun untuk mengetahui ukurannya dan untuk melihat apakah massa itu bergerak atau menempel pada jaringan di bawah kulit, seperti otot atau tulang;
rasakan kelenjar getah bening di sekitar massa apa pun.
Cari tahu lebih lanjut tentang pemeriksaan fisik.

Hitung darah lengkap (FSC)
FSC digunakan untuk menilai kuantitas dan kualitas sel darah putih, sel darah merah dan trombosit. FSC dilakukan untuk melihat apakah kanker telah menyebar ke sumsum tulang. Hasil FSC juga berfungsi sebagai tolok ukur yang dapat digunakan oleh dokter untuk membuat perbandingan selama perawatan.

Cari tahu lebih lanjut tentang hitung darah lengkap (CFC).

Analisis biokimia darah
Dalam tes kimia darah, tingkat bahan kimia dalam darah diukur. Mereka memungkinkan untuk menilai kualitas fungsi organ tertentu dan juga untuk mendeteksi anomali. Dokter dapat menggunakan hasil tes kimia darah sebagai dasar untuk membandingkan selama perawatan.

Cari tahu lebih lanjut tentang tes kimia darah.

sinar-X
Dalam x-ray, radiasi dosis rendah digunakan untuk menghasilkan gambar struktur tubuh pada film. Terkadang rontgen dada dilakukan untuk melihat apakah kanker telah menyebar ke paru-paru. Tetapi jika kita melakukan CT scan dada, kita tidak akan melakukan rontgen dada.

Cari tahu lebih lanjut tentang sinar-x.

Computed tomography (CT)
Dalam CT scan, mesin x-ray khusus digunakan untuk menghasilkan gambar 3 dimensi dan penampang organ tubuh, jaringan, tulang, dan pembuluh darah. Komputer merakit foto menjadi gambar detail.

Dokter menggunakan CT untuk tumor yang terletak di dada, perut, panggul, dan ruang antara peritoneum dan dinding perut (retroperitoneum). Dia mengizinkan untuk:

mengetahui ukuran tumor;
mencari tahu apakah tumor telah menginvasi struktur tetangga;
periksa untuk melihat apakah kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening di sekitar tumor;
periksa untuk melihat apakah kanker telah menyebar ke organ atau jaringan lain, seperti paru-paru.
Cari tahu lebih lanjut tentang CT.

Pencitraan resonansi magnetik (MRI)
Dalam MRI, gaya magnet yang kuat dan gelombang radio digunakan untuk menghasilkan gambar penampang organ tubuh, jaringan, tulang, dan pembuluh darah. Komputer merakit gambar menjadi snapshot 3 dimensi.

Dokter menggunakan pemindaian MRI untuk tumor di kepala dan leher, lengan, kaki, dan panggul. Dia mengizinkan untuk:

  • mengetahui ukuran tumor;
  • mencari tahu apakah tumor telah menginvasi struktur tetangga;
  • mengungkapkan otot, lemak, dan jaringan ikat di sekitar tumor, yang membantu dokter merencanakan operasi atau terapi radiasi
    periksa untuk melihat apakah kanker telah menyebar ke bagian lain dari tubuh, seperti kelenjar getah bening di sekitar tumor, sumsum tulang belakang atau otak.

USG
Dalam USG, gelombang suara frekuensi tinggi digunakan untuk menghasilkan gambar struktur tubuh. Ultrasonografi memeriksa ginjal dan struktur di sekitarnya. Dokter juga dapat melakukan USG untuk mencari tumor di panggul, termasuk kandung kemih, prostat, testis, kantong empedu, saluran empedu, dan ginjal.

Pemindai tulang
Dalam pemindaian tulang, bahan radioaktif yang menempel pada tulang (radiofarmasi) dan komputer digunakan untuk membuat gambar tulang. Ini digunakan untuk melihat apakah kanker telah menyebar ke tulang.

Cari tahu lebih lanjut tentang pemindaian tulang.

Tomografi Emisi Positron (PET: Positron Emission Tomography)
Dalam pemindaian PET, bahan radioaktif yang disebut radiofarmasi digunakan untuk mendeteksi perubahan aktivitas metabolisme jaringan tubuh. Sebuah komputer menganalisis pola distribusi radioaktivitas dan menghasilkan tiga dimensi, gambar warna dari daerah yang diperiksa.

PET dapat digunakan untuk:

membedakan rhabdomyosarcoma dari tumor non-kanker di otot;
mengetahui apakah kanker telah menyebar ke area lain dari tubuh.
PET mungkin berhubungan dengan CT resolusi rendah (PET/CT). Perangkat yang lebih baru dapat melakukan PET dan CT secara bersamaan. PET / CT memeriksa aktivitas metabolisme di area tubuh tertentu.

PET mungkin tidak tersedia di semua pusat perawatan kanker.

Biopsi
Selama biopsi, dokter mengeluarkan jaringan atau sel dari tubuh untuk dianalisis di laboratorium. Laporan laboratorium mengkonfirmasi apakah ada sel kanker dalam sampel atau tidak.

Biopsi adalah satu-satunya teknik yang dapat mendiagnosis rhabdomyosarcoma dengan pasti. Biopsi biasanya dilakukan setelah CT atau MRI tumor.

Biopsi bedah
Jenis biopsi yang paling umum dilakukan adalah biopsi bedah, juga disebut biopsi terbuka. Dokter membuat lubang melalui kulit untuk mengeluarkan fragmen tumor. Mereka juga dapat mengangkat kelenjar getah bening di dekat tumor untuk melihat apakah kanker telah menyebar di sana. Anak berada di bawah anestesi umum selama biopsi.

Biopsi jarum
Jika dokter tidak dapat melakukan biopsi bedah, mereka dapat melakukan biopsi jarum. Ada 2 jenis biopsi jarum.

Dalam biopsi inti, jarum digunakan untuk mengambil sampel kecil dari tumor. Jika tumor terkubur dalam, dokter mungkin menggunakan USG atau CT scan untuk memandu jarum ke dalam benjolan. Cari tahu lebih lanjut tentang biopsi inti.

Dalam biopsi jarum halus, jarum halus dan jarum suntik digunakan untuk menghilangkan sejumlah kecil cairan atau sel. BAF paling efektif untuk tumor yang berada tepat di bawah kulit dan mudah dijangkau dengan jarum. Pelajari lebih lanjut tentang BAF.

Tusukan sumsum tulang dan biopsi
Biopsi sumsum tulang dan tusukan mengambil jaringan atau sel dari sumsum tulang untuk analisis laboratorium. Dokter menggunakan biopsi dan tusukan sumsum tulang untuk mengetahui apakah kanker telah menyebar ke sumsum tulang.

Cari tahu lebih lanjut tentang tusukan sumsum tulang dan biopsi.

Pungsi lumbal
Pungsi lumbal, atau rachicentesis, digunakan untuk mengeluarkan sejumlah kecil cairan serebrospinal (CSF) dari tulang belakang. CSF adalah cairan yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang dan membantu melindungi mereka. CSF yang diambil selama pungsi lumbal diperiksa di bawah mikroskop untuk melihat apakah kanker telah menyebar ke sistem saraf pusat (SSP). Pungsi lumbal dapat dilakukan jika tumor berada di dekat jaringan di sekitar otak dan sumsum tulang belakang, yang disebut meninges.


Stadium rhabdomyosarcoma

Pementasan menggambarkan (scanner) atau mengkategorikan kanker berdasarkan seberapa banyak kanker di dalam tubuh dan di mana awalnya didiagnosis. Ini sering disebut sebagai tingkat kanker. Informasi dari tes digunakan untuk mengetahui dari mana tumor itu bermula, seberapa besar tumornya, bagian organ mana yang terkena kanker, apakah kanker sudah menyebar dari sana. tempat asalnya dan tempat penyebarannya.

Tim perawatan kesehatan Anda menggunakan panggung untuk merencanakan perawatan Anda dan memprediksi hasilnya (prognosis Anda). Stadium juga tergantung di mana tumor dimulai dan apakah itu menguntungkan atau tidak menguntungkan. Tim kesehatan juga mempertimbangkan faktor lain, seperti kelompok klinis dan kategori risiko.

Ketika dokter menggambarkan stadium, mereka dapat menggunakan kata-kata lokal atau metastatik. Lokal berarti kanker hanya ditemukan di dalam atau di dekat daerah asalnya, termasuk kelenjar getah bening di dekatnya. Metastatik berarti di bagian tubuh yang lebih jauh dari daerah di mana kanker dimulai.

Sistem pementasan yang sering digunakan untuk rhabdomyosarcoma adalah klasifikasi TNM. Dalam kasus rhabdomyosarcoma, ada 4 tahap. Untuk tahap 1 sampai 4, angka Romawi I, II, III dan IV sering digunakan. Tetapi untuk memperjelas teks, kita akan menggunakan angka Arab 1, 2, 3 dan 4. Secara umum, semakin tinggi angka stadium, semakin banyak kanker yang menyebar. Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda memiliki pertanyaan tentang pementasan.

Cari tahu lebih lanjut tentang stadium kanker.

Di mana tumor dimulai
Lokasi di mana tumor mulai juga disebut situs tumor primer. Dokter menggambarkannya sebagai menguntungkan atau tidak menguntungkan. Situs yang menguntungkan menghasilkan prognosis yang lebih baik atau lebih menguntungkan. Situs yang tidak menguntungkan memiliki prognosis yang buruk atau kurang menguntungkan.

Kursi yang menguntungkan antara lain:

daerah sekitar mata (orbit)
kelopak mata
daerah kepala dan leher kecuali daerah dekat meningen (juga disebut kursi nonparameningeal)
ovarium, saluran tuba, rahim, leher rahim, vagina, daerah di sebelah testis (paratestikular), penis, ureter dan uretra
Kursi yang tidak menguntungkan mencakup semua kursi lainnya termasuk yang berikut:

kandung kemih
prostat
otot lengan atau kaki
daerah sekitar tengkorak
daerah kepala dan leher dekat meningen (parameningeal), termasuk saluran hidung, sinus paranasal, telinga tengah, dan belakang tenggorokan bagian atas
otot-otot bagian tengah tubuh (batang)
bagian belakang perut (retroperitoneum)

Stadium 1
Lokasi kanker menguntungkan. Kanker belum menyebar ke bagian tubuh yang lebih jauh dari tempat asalnya.

Stadium 2
Lokasi kanker tidak menguntungkan. Tumor berukuran 5 cm atau kurang. Mungkin telah menginvasi daerah tetangga.

Stadium 3
Lokasi kanker tidak menguntungkan. Tumor berukuran 5 cm atau kurang. Mungkin telah menginvasi daerah tetangga. Kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening di dekatnya.

DI MANA

Lokasi kanker tidak menguntungkan. Tumor lebih dari 5 cm. Mungkin telah menginvasi daerah tetangga. Kanker mungkin telah menyebar ke kelenjar getah bening di dekatnya.

Stadium 4
Kanker ada di situs mana pun. Telah menyebar ke bagian lain dari tubuh (metastasis jauh). Ini juga disebut kanker metastatik.

rhabdomyosarcoma berulang
Kekambuhan rhabdomyosarcoma berarti kanker kembali setelah perawatan. Jika muncul kembali di tempat pertama kali dimulai, itu disebut pengulangan lokal. Jika muncul kembali di jaringan atau kelenjar getah bening di dekat tempat pertama kali dimulai, itu disebut kekambuhan regional. Itu juga dapat muncul kembali di bagian lain dari tubuh: ini disebut kekambuhan atau metastasis jauh.

Kelompok klinis
Sebuah kelompok klinis ditugaskan setelah operasi berdasarkan penyebaran kanker dan jumlah kanker yang diangkat selama operasi. Setiap kelompok diklasifikasikan menurut sistem Intergroup Rhabdomyosarcoma Study (IRS). Setiap kelompok diberi nomor dari 1 hingga 4. Secara umum, semakin tinggi angkanya, semakin banyak kanker yang menyebar.

Grup 1
Tumor terlokalisir. Itu benar-benar dihapus dengan operasi.

Grup 2
Tumor terlokalisir. Itu diangkat dengan operasi, tetapi sel-sel kanker ditemukan di margin antara kanker dan jaringan lokal yang sehat di sekitar yang diangkat dengan tumor atau di kelenjar getah bening di dekatnya atau keduanya.

Grup 3
Tumor tidak sepenuhnya diangkat dengan operasi. Kanker mungkin telah menyebar ke kelenjar getah bening di dekatnya tetapi tidak ke organ yang jauh dari tumor.

Grup 4
Kanker telah menyebar ke bagian lain dari tubuh, seperti paru-paru, hati, tulang, sumsum tulang, dan otot atau kelenjar getah bening yang jauh dari tumor.

Jika rhabdomyosarcoma menyebar

Sel kanker dapat menyebar dari tempat asalnya ke bagian tubuh yang lain. Ini disebut metastasis.

Memahami bagaimana jenis kanker biasanya tumbuh dan menyebar membantu tim perawatan kesehatan anak Anda merencanakan perawatan dan perawatan di masa depan. Jika rhabdomyosarcoma menyebar, ia menyebar ke lokasi berikut:

paru-paru
hati
tulang
sumsum tulang
otot jauh
kelenjar getah bening jauh
Tumor yang dimulai di telinga, hidung, atau sinus sering menyebar ke otak atau sumsum tulang belakang, yang merupakan sistem saraf pusat (SSP).


Prognosis dan kelangsungan hidup untuk rhabdomyosarcoma

Jika anak Anda menderita rhabdomyosarcoma, Anda mungkin memiliki pertanyaan tentang prognosis dan kelangsungan hidup mereka. Prognosis adalah tindakan terbaik yang dilakukan dokter untuk menilai bagaimana kanker akan mempengaruhi anak Anda dan bagaimana ia akan menanggapi pengobatan. Prognosis dan kelangsungan hidup tergantung pada banyak faktor. Hanya dokter yang mengetahui riwayat kesehatan anak Anda, jenis kanker yang mereka derita, stadium dan karakteristik penyakit, perawatan yang dipilih, dan respons terhadap pengobatan yang dapat meninjau semua data ini bersama dengan statistik anak Anda. kelangsungan hidup untuk sampai pada prognosis.

Faktor prognostik adalah salah satu aspek dari kanker anak Anda atau salah satu karakteristik anak Anda yang dipertimbangkan oleh dokter saat membuat prognosis. Faktor prediktor mempengaruhi bagaimana kanker merespon pengobatan tertentu. Faktor prognostik dan prediktor sering dibahas bersama dan keduanya berperan dalam memilih rencana perawatan dan menetapkan prognosis.

Berikut ini adalah faktor prognostik dan prediktif untuk rhabdomyosarcoma.

Usia
Anak-anak berusia 1 sampai 9 tahun cenderung memiliki prognosis yang lebih baik daripada anak-anak berusia 10 tahun atau lebih atau lebih muda dari 1 tahun.

Di mana tumor dimulai
Dimana tumor mulai di dalam tubuh dapat mempengaruhi prognosis. Biasanya, rhabdomyosarcoma yang dimulai di tempat yang menyebabkan gejala awal didiagnosis lebih awal, sehingga tumor memiliki waktu lebih sedikit untuk menyebar dan prognosisnya lebih baik. Tumor yang dimulai di area tubuh yang lebih dalam dan sulit dijangkau dengan pembedahan memiliki prognosis yang lebih buruk.

Tumor yang dimulai di daerah sekitar mata (orbit), daerah kepala dan leher yang tidak dekat jaringan di sekitar otak dan sumsum tulang belakang (situs nonparameningeal), organ genitourinari (kecuali ginjal, kandung kemih dan prostat), kantong empedu atau saluran empedu memiliki prognosis yang lebih baik. Tumor yang dimulai di lokasi lain memiliki prognosis yang kurang menguntungkan. Kita berbicara tentang kandung kemih, prostat, lengan, kaki, tangan atau kaki, dan daerah kepala dan leher yang dekat meningen, yaitu kursi parameningeal. Tumor yang dimulai di satu lengan atau kaki cenderung bermetastasis lebih awal dari tumor yang dimulai di bagian lain dari tubuh, sehingga memiliki prognosis yang lebih buruk.

Ukuran tumor
Anak-anak dengan tumor berdiameter 5 cm atau kurang memiliki prognosis yang lebih baik daripada anak-anak dengan tumor yang lebih besar.

Jika kanker telah menyebar
Anak-anak yang kankernya telah menyebar (metastasis) ke bagian tubuh yang jauh dari tumor saat didiagnosis memiliki prognosis yang lebih buruk. Anak-anak dengan kanker yang telah menyebar ke kelenjar getah bening regional memiliki prognosis yang lebih buruk daripada anak-anak dengan kanker yang belum menyebar ke kelenjar getah bening. Anak-anak dengan kanker otak dan sumsum tulang belakang, atau sistem saraf pusat (SSP), memiliki prognosis yang buruk.

Apakah tumor dapat diangkat sepenuhnya
Jumlah kanker yang tersisa setelah operasi juga merupakan faktor prognostik yang penting. Anak-anak yang tumornya dapat diangkat seluruhnya memiliki prognosis terbaik.

Jenis rhabdomyosarcoma
Tumor alveolar cenderung lebih agresif dan memiliki prognosis yang lebih buruk dibandingkan tumor embrionik.

Perawatan untuk rhabdomyosarcoma

Jika anak Anda menderita rhabdomyosarcoma, tim perawatan kesehatan mereka akan membuat rencana perawatan hanya untuk mereka. Ini akan didasarkan pada kesehatan anak Anda dan informasi spesifik tentang kanker. Ketika tim perawatan kesehatan anak Anda memutuskan perawatan apa yang ditawarkan untuk rhabdomyosarcoma, mereka mempertimbangkan hal berikut:

Stadion
jenis rhabdomyosarcoma
kategori risiko
lokasi tumor
Jenis perawatan
Rhabdomyosarcoma sering diobati dengan menggabungkan kemoterapi dengan perawatan topikal seperti pembedahan, terapi radiasi, atau keduanya.

Kemoterapi hampir selalu digunakan untuk mengobati rhabdomyosarcoma. Ini dapat diberikan sebelum operasi untuk mengurangi ukuran tumor sehingga dapat diangkat sepenuhnya. Biasanya diberikan setelah operasi, terlepas dari apakah seluruh tumor telah diangkat atau tidak. Ini juga dapat digunakan untuk mengobati rhabdomyosarcoma yang telah menyebar.

Pembedahan sering digunakan untuk mengobati rhabdomyosarcoma. Tujuan operasi adalah mencoba mengangkat tumor sepenuhnya. Ini hanya digunakan jika tumor dapat diangkat tanpa menyebabkan kerusakan yang signifikan atau mengubah penampilan anak. Jika ini tidak memungkinkan, kemoterapi, terapi radiasi, atau keduanya, dapat diberikan terlebih dahulu untuk mencoba mengurangi ukuran tumor.

Terapi radiasi dapat dikombinasikan dengan kemoterapi untuk mengurangi ukuran tumor sebelum operasi. Ini dapat diberikan setelah operasi, bersama dengan kemoterapi, untuk mengobati tumor yang tidak dapat diangkat sepenuhnya oleh ahli bedah. Ini juga dapat digunakan sebagai pengganti operasi, jika yang terakhir tidak memungkinkan.

Perawatan tergantung pada lokasi tumor
Tim perawatan kesehatan merencanakan perawatan berdasarkan di mana rhabdomyosarcoma telah terbentuk di dalam tubuh.

Daerah sekitar mata
Rhabdomyosarcoma yang telah dimulai di daerah sekitar mata (orbit) dapat disebut orbital rhabdomyosarcoma. Dia dirawat dengan kemoterapi dan terapi radiasi karena dia sering merespon dengan baik untuk perawatan ini.

Kepala dan leher
Pengobatan untuk rhabdomyosarcoma kepala dan leher seringkali tergantung pada apakah tumor dimulai di daerah dekat meninges (jaringan di sekitar otak dan sumsum tulang belakang).

Rhabdomyosarcoma yang dimulai di daerah kepala dan leher dekat meninges disebut rhabdomyosarcoma parameningeal. Ini termasuk rhabdomyosarcoma, yang dimulai di saluran hidung, sinus paranasal, telinga tengah, dan bagian belakang tenggorokan bagian atas. Seringkali, tumor di area ini tidak dapat diangkat melalui pembedahan karena lokasinya. Mereka sering diobati dengan terapi radiasi konformasi dan kemoterapi. Jika rhabdomyosarcoma telah menyebar ke otak dan sumsum tulang belakang, yang merupakan sistem saraf pusat (SSP), maka terapi radiasi dapat diberikan ke otak dan sumsum tulang belakang selain pengobatan yang diberikan pada tumor primer.

Rhabdomyosarcoma yang dimulai di daerah kepala dan leher yang tidak dekat meninges disebut rhabdomyosarcoma nonparameningeal. Dokter mungkin melakukan eksisi lokal yang luas untuk mengangkat rhabdomyosarcoma nonparameningeal yang ada di dekat kulit. Mereka juga dapat mengangkat beberapa kelenjar getah bening di sisi leher yang sama dengan tumor. Kemoterapi, terkadang terapi radiasi, diberikan setelah operasi. Jika rhabdomyosarcoma tidak dapat dihilangkan sepenuhnya dengan pembedahan, pengobatannya dengan kemoterapi dan terapi radiasi.

Daerah sekitar anus
Rhabdomyosarcoma dapat muncul di anus (rhabdomyosarcoma perianal). Ini juga bisa dimulai di daerah antara anus dan skrotum atau vagina. Ini disebut rhabdomyosarcoma perineum. Rhabdomyosarcomas ini biasanya diobati dengan pembedahan untuk mengangkat tumor sebanyak mungkin, jika tidak menyebabkan hilangnya fungsi. Operasi dilanjutkan dengan kemoterapi dan terapi radiasi. Jika operasi akan menyebabkan hilangnya fungsi, maka kemoterapi dan terapi radiasi digunakan.

Bilier
Saluran empedu termasuk kantong empedu dan saluran empedu. Seringkali, rhabdomyosarcoma di saluran empedu tidak dapat diangkat sepenuhnya dengan operasi. Pembedahan digunakan untuk mengangkat tumor sebanyak mungkin. Kemoterapi dan terapi radiasi diberikan setelah operasi.

Area sekitar testis
Rhabdomyosarcoma yang dimulai di daerah dekat testis disebut rhabdomyosarcoma paratesticular. Ini diobati dengan operasi untuk mengangkat testis dan jantung.

Dokter dapat melakukan tes pencitraan, seperti CT, untuk menentukan apakah kelenjar getah bening di dekatnya harus diangkat dan diuji untuk sel kanker. Pada anak laki-laki berusia 10 tahun atau lebih, biasanya dianjurkan untuk mengangkat kelenjar getah bening di dekatnya dengan pembedahan, diseksi kelenjar getah bening retroperitoneal. Kemoterapi diberikan setelah operasi. Terapi radiasi juga dapat diberikan jika ahli bedah tidak dapat mengangkat tumor sepenuhnya atau jika ada sel kanker di kelenjar getah bening.

Kandung kemih atau prostat
Rhabdomyosarcoma yang ada di kandung kemih atau prostat biasanya diangkat dengan operasi. Kemoterapi, dengan atau tanpa terapi radiasi, sering diberikan sebelum operasi untuk mengurangi ukuran tumor sehingga lebih sedikit kandung kemih atau prostat yang perlu diangkat dan fungsinya kemudian terganggu. lebih normal mungkin. Jika tumor dapat diangkat tanpa kehilangan fungsinya, seperti ketika tumor hanya berada di bagian atas kandung kemih, maka dilakukan pembedahan terlebih dahulu, diikuti dengan kemoterapi.

Vulva, vagina, rahim, ovarium atau leher rahim
Rhabdomyosarcoma yang dimulai di vulva, vagina, rahim, ovarium, atau leher rahim biasanya merespons kemoterapi dengan baik. Kemoterapi biasanya diberikan terlebih dahulu dan kemudian pembedahan untuk mengangkat tumor sepenuhnya, jika memungkinkan. Untuk rhabdomyosarcoma rahim, terapi radiasi dapat dikombinasikan dengan kemoterapi.

Lengan, kaki, tangan atau kaki
Pembedahan dapat digunakan untuk mengobati rhabdomyosarcoma yang dimulai pada ekstremitas (lengan, kaki, tangan atau kaki) jika tumor dapat diangkat tanpa mempengaruhi fungsi anggota badan. Dokter dapat melakukan tes pencitraan, seperti CT, untuk menentukan apakah kelenjar getah bening di dekatnya harus diangkat dan diuji untuk sel kanker. Pada anak-anak berusia 10 tahun atau lebih, kelenjar getah bening regional biasanya diangkat dengan pembedahan. Kemoterapi sering diberikan, dengan atau tanpa terapi radiasi, setelah operasi.

Jika pembedahan tidak dapat dilakukan, kemoterapi dan terapi radiasi pertama-tama dapat digunakan untuk mencoba mengurangi ukuran tumor dengan tujuan mengangkatnya melalui pembedahan. Dalam kasus yang jarang terjadi, dokter mungkin perlu mengangkat, atau mengamputasi, anggota tubuh yang terkena jika mereka tidak dapat mengangkat tumor dengan operasi dan jika tidak merespon kemoterapi dan terapi radiasi.

Rhabdomyosarcoma di tangan atau kaki sering diobati dengan kemoterapi dan terapi radiasi daripada operasi karena operasi dapat mempengaruhi seberapa baik tangan atau kaki bekerja.

Toraks, perut atau panggul
Jika bisa, operasi dilakukan untuk mengangkat rhabdomyosarcoma di dada atau perut. Kemoterapi diberikan, dengan atau tanpa terapi radiasi, setelah operasi. Bila tumornya besar, kemoterapi diberikan, dengan atau tanpa terapi radiasi, sebelum operasi untuk mengurangi ukuran tumor dan membuatnya lebih mudah diangkat.

Rhabdomyosarcoma di panggul

Seringkali sulit dihilangkan dengan pembedahan. Jika mungkin untuk mengangkat tumor, maka operasi bisa dilakukan. Jika tumornya besar, kemoterapi dapat diberikan terlebih dahulu, dengan atau tanpa terapi radiasi, untuk mengurangi ukuran tumor sebelum operasi. Beberapa tumor panggul dapat diobati secara topikal dengan terapi radiasi setelah biopsi bedah, selain kemoterapi.

Rhabdomyosarcoma diafragma diobati dengan kemoterapi dan terapi radiasi. Anda mungkin atau mungkin tidak menjalani operasi setelah perawatan ini.

Perawatan untuk rhabdomyosarcoma metastatik
Rhabdomyosarcoma metastatik adalah kanker yang telah menyebar ke bagian lain dari tubuh. Terapi radiasi dapat digunakan untuk mengobati rhabdomyosarcoma yang telah menyebar ke otak, sumsum tulang belakang atau paru-paru. Terapi radiasi juga dapat diberikan untuk mengobati daerah di mana kanker dimulai, yang merupakan tempat asalnya. Kemoterapi juga dapat diberikan untuk mengobati rhabdomyosarcoma metastatik. Kadang-kadang situs utama dan situs metastasis diobati dengan radioterapi dan, kadang-kadang, dengan operasi pengangkatan.

Perawatan untuk rhabdomyosarcoma berulang
Perawatan untuk rhabdomyosarcoma yang kambuh setelah perawatan didasarkan pada hal-hal berikut:

kekambuhan di daerah di mana kanker dimulai (kekambuhan lokal) atau di bagian lain dari tubuh (metastasis jauh atau kekambuhan jauh)
perawatan yang sudah diberikan
waktu sejak perawatan terakhir

Pengobatan rhabdomyosarcoma berulang

mungkin termasuk kemoterapi, pembedahan, radioterapi atau kombinasi dari perawatan ini.

Pembedahan dapat digunakan untuk mengangkat tumor yang muncul kembali di tempat yang sama dengan tumor aslinya. Kanker dapat diangkat dari paru-paru, kelenjar getah bening atau di tempat lain dengan operasi.

Kemoterapi sering digunakan untuk mengobati rhabdomyosarcoma yang muncul kembali di bagian tubuh yang berbeda dari tumor aslinya. Obat-obatan yang diberikan tergantung pada jenis kemoterapi yang telah diterima anak.

Terapi radiasi dapat digunakan untuk mengobati rhabdomyosarcoma berulang jika belum diberikan ke daerah di mana kanker telah kembali.

Diikuti
Tindak lanjut setelah pengobatan adalah bagian penting dari merawat anak-anak dengan kanker. Anak Anda akan memerlukan kunjungan tindak lanjut secara teratur, terutama selama 3 tahun pertama setelah perawatan. Kunjungan ini memungkinkan tim kesehatan untuk memantau kemajuannya dan mengetahui bagaimana dia pulih dari perawatan.

Tes klinis
Banyak anak dengan rhabdomyosarcoma dirawat dalam uji klinis yang sesuai dengan jenis tumor dan kategori risiko. Protokol uji klinis, atau rencana, mendefinisikan perawatan yang akan diberikan. Cari tahu lebih lanjut tentang uji klinis apabila tersedia di tempat Anda.


Perawatan suportif

Perawatan suportif adalah bagian penting dari merawat orang dengan penyakit ini. Mereka memberdayakan anak-anak dan keluarga mereka untuk mengatasi hambatan fisik, emosional dan spiritual yang dibawa oleh kanker. Mereka membantu meningkatkan kualitas hidup anak-anak dengan kanker. Mereka dapat membantu anak-anak mengatasi penyakit ini, pengobatannya dan kemungkinan efek sampingnya. Perawatan suportif juga dapat melibatkan hal-hal praktis seperti membantu di rumah.

Banyak program dan layanan membantu memenuhi kebutuhan anak-anak ini dan keluarga mereka.

Cari tahu lebih lanjut tentang perawatan suportif untuk anak-anak dengan kanker:

Berbicara dengan anak Anda tentang kanker mereka

Beberapa orang tua berpikir mereka dapat melindungi anak mereka dengan tidak memberi tahu mereka apa pun tentang kanker. Tetapi anak-anak biasanya menemukan bahwa ada sesuatu yang salah. Para ahli setuju bahwa bahkan anak berusia 3 hingga 4 tahun harus mengetahui kebenaran tergantung pada tingkat pemahaman mereka.

Berkolaborasi dengan tim perawatan

Tim kesehatan anak Anda ada untuk merawat anak Anda dan membantu Anda dan keluarga Anda. Membangun hubungan yang baik membutuhkan waktu dan membutuhkan usaha dari kedua belah pihak. Komunikasi yang baik antara Anda, anak Anda dengan kanker, dan tim kesehatan sangat penting.

Tim perawatan kesehatan bergantung pada Anda untuk membuat janji dan datang tepat waktu, memberikan obat yang tepat pada waktu yang tepat, mempersiapkan anak Anda untuk prosedur dan mengawasi penyakit atau efek samping. pada anak Anda.

Anda mengandalkan tim kesehatan untuk pengetahuan medis mereka, keahlian dalam melakukan prosedur, penilaian yang baik, perawatan anak Anda dan komunikasi yang jelas. Tetapi Anda adalah orang yang paling mengenal anak Anda dan dapat membantu dengan menjelaskan bagaimana anak Anda mengatasi situasi tersebut dan membuat mereka sadar akan efek samping, kekhawatiran, atau masalah yang mungkin mereka alami. Anda dapat mengajari tim perawatan kesehatan cara terbaik untuk membantu anak Anda. Anda juga dapat membantu dengan menjaga komunikasi tetap terbuka di antara semua anggota tim perawatan kesehatan.

Tips merawat anak

Saat anak Anda menjalani tes dan menerima perawatan, Anda mungkin merasa kewalahan dengan semua yang perlu Anda tangani, termasuk informasi medis, janji temu, dan obat-obatan. Kiat-kiat berikut dapat membantu Anda tetap teratur:
Simpan semua catatan dan informasi medis kanker anak Anda dalam map atau buku catatan.
Simpan daftar kertas dan telepon dari semua kontak penting.
Simpan grafik semua obat.
Buat jurnal tentang perawatan anak Anda.
Simpan salinan catatan perawatan anak Anda.

Membantu anak Anda mengatasi pengujian dan perawatan

Anak-anak menanggapi tes dan pengobatan secara berbeda tergantung pada usia mereka, tahap perkembangan – yaitu, bagaimana mereka berperilaku dan apa yang dapat mereka pahami, dan kepribadian mereka. Beberapa anak bisa menjadi tergantung dan menuntut. Orang lain mungkin menyerahkan diri atau mengekspresikan frustrasi mereka dengan orang tua atau pengasuh mereka.

Berbicara dengan anak tentang tes atau perawatan sebelum itu terjadi dapat membantu mereka mempersiapkan diri secara fisik dan mental. Banyak keluarga merasa terbantu untuk mengunjungi ruangan tempat tes atau perawatan akan dilakukan dan bertemu dengan orang-orang yang akan melakukan prosedur.

Beberapa tes atau perawatan yang dilakukan dengan adanya kanker bisa jadi tidak menyenangkan atau menyakitkan. Menjadi stres tentang tes dapat membuat rasa sakit lebih buruk.

Nutrisi untuk anak penderita kanker

Sakit pada anak-anak

Bantu anak Anda beradaptasi

Tetap di rumah sakit

Sekolah

Keuangan

Setelah perawatan

Kelangsungan hidup jangka panjang

Perawatan paliatif


Contoh Kanker-Kanker Lainnya

Kanker bisa dimulai di tempat manapun di tubuh. Ini dimulai saat sel-sel tumbuh di luar kendali dan kerumunan sel normal. Hal ini membuat tubuh sulit bekerja sebagaimana mestinya. Memahami penyakit kanker dapat membantu Anda untuk mengenal lebih jelas “seperti apakah kanker itu?” Klik disini dan baca artikel pemahaman penyakit kanker ini sampai habis bersama contoh-contohnya!

Apa 5 Klasifikasi Antibodi dan Fungsinya?

Lima klasifikasi antibodi atau kelas yang berbeda diketahui berada pada tubuh mamalia dan memainkan peran yang berbeda dan menolong mengarahkan respon imun yang tepat untuk tiap tipe benda asing berlainan yang masuk ke dalam tubuh, yaitu: IgM, IgD, IgG, IgA, dan IgE. Mereka yang memberikan setiap isotipe dengan karakteristik dan peran yang berbeda. Untuk lebih detilnya baca: Klasifikasi Antibodi Beserta Contoh dan Fungsinya: IgM, IgD, IgG, IgA, IgE)

Penanda Tumor – Tumor Marker – Apa Saja Tes Penanda Tumor untuk Deteksi Kanker? Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui

Penanda tumor adalah zat yang ditemukan dalam kadar yang lebih tinggi dari normal dalam darah, urin, atau jaringan dari beberapa penderita kanker. Hal-hal yang perlu Anda ketahui: CA15-3 dan CA27-29 Kanker payudara (breast cancer). PSA untuk prostat, dll.

Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini 👉 untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini 👉 untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Info: informasi ini disediakan oleh Pinter Pandai dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan saran medis dari dokter atau penyedia perawatan kesehatan Anda lainnya. Silakan berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk mendapatkan nasihat tentang kondisi medis tertentu.

Sumber bacaan: Cleverly Smart, Mayo Clinic, American Cancer Society, Cleveland Clinic

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz |Matematika|IPA | Geografi & Sejarah|Info Unik|Lainnya | Business & Marketing

By | 2021-09-04T14:48:29+07:00 Agustus 1st, 2021|Sehat dan Cantik | Kesehatan & Pengobatan|0 Comments

Leave A Comment