fbpx

Shio – Peruntungan, Ramalan, Tafsir, Penjelasan

Shio

Zodiak Tionghoa Shio menggunakan hewan-hewan untuk melambangkan tahun, bulan dan waktu dalam astrologi Tionghoa. Pada dasarnya, hewan-hewan ini diambil melambangkan 12 cabang bumi yang kemudian digabung bersama lima unsur membentuk 1 periode 60 tahun.

Siklus shio berulang 12 tahun, dengan setiap tahun diwakili oleh seekor binatang dan atribut terkenalnya. Secara berurutan, 12 hewan horoskop Cina adalah: Tikus, Sapi, Harimau, Kelinci, Naga, Ular, Kuda, Kambing, Monyet, Ayam, Anjing, Babi.

Istilah shio dalam bahasa Indonesia adalah diambil dari lafal dialek Hokkian sheshio (Hanzi: 生肖, pinyin: shengxiao) yang lazim dituturkan di Indonesia.

 

12 Shio

Klik masing-masing shio untuk mengetahui lebih jelas:

  1. Tikus

  2. Sapi (kerbau)

  3. Macan

  4. Kelinci

  5. Naga

  6. Ular

  7. Kuda

  8. Kambing

  9. Monyet

  10. Ayam

  11. Anjing

  12. Babi

 

Shio - Penjelasan, Peruntungan, Ramalan, Tafsir

Shio – Penjelasan, Peruntungan, Ramalan, Tafsir: Tikus, Sapi, Harimau, Kelinci, Naga, Ular, Kuda, Kambing, Monyet, Ayam, Anjing, Babi. Ilustrasi dan sumber foto: Wikimedia Commons

 

12 Shio Bulan Ditentukan Oleh Bulan Kelahiran Seseorang

Setiap orang begitu lahir, ia diwakili oleh satu shio. Di dalam masyarakat Tiongkok ada satu tradisi, yaitu ketika seseorang lahir, ia diwakili oleh seekor binatang sebagai zodiaknya.

Zodiak ini dinamakan “Shengxiao“(Shio), adalah cara perhitungan umur secara tradisional oleh masyarakat. Seorang individu tidak saja memiliki satu shio bulan menentukan kehidupan asmara seseorang. Lihat juga: Kecocokan Shio Cinta Asmara – Pasangan Shio

 

Sudut bujur matahari Nama bagian Bulan
315° 立春 lìchūn 1 – 虎 Macan
330° 雨水 yǔshuǐ
345° 啓蟄 qǐzhé (驚蟄 jīngzhé) 2 – 兔 Kelinci
春分 chūnfēn
15° 清明 qīngmíng 3 – 龍 Naga
30° 穀雨 gǔyǔ
45° 立夏 lìxià 4 – 蛇 Ular
60° 小滿 xiǎomǎn
75° 芒種 mángzhòng 5 – 馬 Kuda
90° 夏至 xiàzhì
105° 小暑 xiǎoshǔ 6 – 羊 Kambing
120° 大暑 dàshǔ
135° 立秋 lìqiū 7 – 猴 Monyet
150° 處暑 chùshǔ
165° 白露 báilù 8 – 雞 Ayam
180° 秋分 qiūfēn
195° 寒露 hánlù 9 – 狗 Anjing
210° 霜降 shuāngjiàng
225° 立冬 lìdōng 10 – 豬 Babi
240° 小雪 xiǎoxuě
255° 大雪 dàxuě 11 – 鼠 Tikus
270° 冬至 dōngzhì
285° 小寒 xiǎohán 12 – 牛 Kerbau
300° 大寒 dàhán

 

Astrologi Tiongkok menggambarkan potret kepribadian dan psikologi setiap tanda zodiak Tiongkok, masing-masing dengan reputasi dan karakteristik mereka. Horoskop, kepribadian, keberuntungan dan keberuntungan Tiongkok yang bebas dan lengkap, kompatibilitas cinta, batu kelahiran dan aromaterapi dari 12 tanda binatang dari astrologi Tiongkok.

 

Jam Shio

Zodiak shio juga digunakan untuk mengidentifikasi waktu. Setiap zodiak berkaitan dengan satu bagian waktu (dalam bahasa Mandarin disebut shichen – 時辰), yaitu setiap bagian waktu terdiri dari dua jam.

Waktu berikut adalah dalam waktu standard Beijing (UTC+8). Jika di Jakarta jam 8 malam, maka di Beijing jam 7 malam.

 

Ilmu Sains Pada Shio

Bagaimana para peramal Cina mengetahui kepribadian, kekayaan, dan kompatibilitas masing-masing zodiak?

Di bawah ini adalah beberapa informasi teknis yang mungkin menarik bagi Anda.

Dì Zhī (地支) atau Cabang Bumi, adalah istilah asli yang digunakan selama bertahun-tahun. Cabang-cabang ini juga ditugaskan untuk jam sehari, berdasarkan waktu matahari.

Hewan-hewan itu kemudian ditambahkan sebagai mnemonik (cara mengingat) dan dikategorikan sebagai yin (阴) atau yáng (阳).

Sepuluh Batang Surgawi (ti —tiān gān) berpasangan dengan Cabang Bumi untuk siklus kalender 60 tahun. Kemudian tambahkan sebuah elemen. Ini melalui siklus, tetapi masing-masing zodiak juga memiliki elemen tetap. Elemen tetap ini menentukan apa tanda yang Anda kompatibel dengan.

12 Cabang Bumi

  • zi – tikus (子)

  • chǒu – sapi (丑)

  • yín – macan (寅)

  • mǎo – kelinci (卯)

  • chén – naga (辰)

  • sì – ular (巳)

  • wǔ – kuda (午)

  • wèi – kambing (未)

  • shēn – monyet (申)

  • yǒu – ayam (酉)

  • xū – anjing (戌)

  • hài – babi (亥)

Sepuluh Batang Surgawi (Batang Langit)

jiǎ (甲), yǐ (乙), bǐng (丙), ding (丁), wù (戊), jǐ (己), gēng (庚), xīn (辛), rén (壬), guǐ (癸).

Adalah sistem ordinal China yang pertama kali muncul pada dinasti Shang, sekitar. 1250 SM, sebagai nama sepuluh hari dalam seminggu. Karakter ini juga digunakan dalam ritual selama periode dinasti Shang sebagai nama anggota keluarga yang mati untuk berkurban sesuai dengan nama hari dalam minggu versi Shang.

Batang Langit digunakan bersamaan dengan kombinasi dengan Cabang bumi, mirip seperti siklus dua belas hari, untuk menghasilkan siklus enam puluh hari. Seiring waktu, batang langit kehilangan fungsi aslinya sebagai nama hari dalam seminggu dan penamaan kerabat yang meninggal dunia, dan justru memperoleh banyak kegunaan lain.

Kegunaan yang paling menonjol sampai saat ini ialah batang langit digunakan bersama-sama dengan cabang bumi sebagai siklus kalender 60 tahun.

Lima elemen

air (水 —shuǐ), kayu (木 —mù), api (火 —huǒ), bumi (土 —tǔ), logam (金 —jīn).

 

Kalender Cina terdiri dari 2 sistem yang saling tumpang tindih, hewan-hewan zodiak yang terikat ini disebut “Dua belas cabang duniawi” atau shierzhi. sistem lainnya yaitu “sepuluh batang surgawi” atau tiangan terikat dengan lima unsur klasik yaitu: air, kayu, api, bumi dan logam.

Penentuan mata angin

24 mata angin

Dua belas cabang bumi yang ditambah 4 elemen bagua (; gen, ; xun, ; kun, dan ; qian) dan 10 batang langit (minus elemen ; wù dan ; jǐ) dipakai untuk melambangkan 24 arah mata angin. Utara dilambangkan dengan  (zǐ, tikus), selatan dengan  (wǔ, kuda), timur dengan  (mǎo, kelinci), dan selatan dilambangkan dengan  (yǒu, ayam).

Kelima unsur yang dikandung 10 batang langit (kayu, api, tanah, logam, air) bila dijelaskan dengan filsafat lima elemen menghasilkan 5 arah mata angin (timur, selatan, tengah, barat, dan utara). Menurut filsafat lima elemen, timur adalah Kayu sehingga elemen batang langit yang memiliki unsur kayu (; jiǎ dan ; yǐ) diletakkan di timur, diikuti 6 batang langit sisanya sesuai arah jarum jam.

 

4 Pilar Nasib

Empat Pilar Nasib merupakan komponen penting dari keberuntungan Cina jitu. The ‘empat pilar’ mengacu pada tahun, bulan, hari dan jam pilar ulang tahun dalam kalender surya Cina. Hal ini juga dikenal sebagai ‘delapan karakter waktu kelahiran’, terjemahan dari frase Cina, Sheng Chen Ba Zi, segera sebagai Ba Zi. Ba Zi (Delapan Karakter) diwakili oleh empat pasang karakter masing-masing mengatakan tahun, bulan, hari dan jam waktu kelahiran. Dua karakter dalam setiap Pacar terdiri dari satu karakter dari Surgawi Batang dan satu dari Cabang Bumi.

Teori Empat Pilar Nasib berdasarkan Yin Yang dan Wu Xing, dan pilar digambarkan berdasarkan surgawi batang & cabang duniawi

Tahun Pilar – Sepuluh Surgawi Batang dan ranting Twelve Duniawi menggabungkan dan menciptakan siklus sexageni (Lihat tabel ini untuk menemukan pilar tahun Jika tahun kelahiran Anda tidak dalam lingkaran 60-tahun, dapat dihitung dengan ekstrapolasi dari angka..)

Berikut adalah cara cepat untuk mengkonversi satu tahun dalam kalender barat menjadi satu diwakili oleh batang dan cabang

Jia Yi Bing Ding Wu Ji Geng Xin Ren Gui
4 5 6 7 8 9 0 1 2 3

Tahun Duniawi Cabang – pengingat (1-11) tahun dibagi 12 akan menunjukkan cabang tahun ini

Zi Chou Yin Mao Chen Si Wu Wei Shen Anda Xu Hai
4 5 6 7 8 9 10 11 0 1 2 3

Ambil tahun 1985 misalnya. Nomor terakhir 5 mengacu pada Yi. 1985 dibagi 12 sama dengan integer 165 dengan mengingatkan 5. Nomor 5 mengacu Chou. Jadi 1985 adalah Yi Chou tahun. Bulan Pilar – Bulan pilar tetap memiliki cabang awal, bulan Januari-Oktober diwakili oleh Yin, Mao, Chen, Si, Wu, Wei, Shen, Anda, Xu, Hai, Zi dan Chou.

Batang surgawi berubah sesuai dengan pilar tahun. Bahkan, pembagian dua cabang bulan biasanya sampai dengan 24 istilah surya.

Dari Awal Musim Semi yang dianggap sebagai awal yang nyata dari setahun, cabang menggeser setiap dua istilah surya. Representasi oleh bulan lunar hanya merupakan hanya perkiraan.

Cabang Zi Chou Yin Mao Chen Si
Lunar November Desember Januari Februari Maret April
Tenaga surya Daxue-
Xiaohan
Xiaohan-
Lichun
Lichun-
Jingzhe
Jingzhe-
Qingming
Qingming-
Lixia
Lixia-
Mangzhong
Cabang Wu Wei Shen Anda Xu Hai
Lunar Mei Juni Juli Agustus September Oktober
Matahari Mangzhou-
Xiaoshu
Xiaoshu-
Liqiu
Liqiu-
Bailu
Bailu-
Hanlu
Hanlu-
Lidong
Lidong-
Daxue

Pilar Hari

Kondisi untuk mengetahui batang dan cabang hari, orang harus ingat batang dan cabang dari hari pertama tahun itu di kalender lunar Cina. Kalender Cina memiliki hari yang lebih besar dan lebih kecil tiap bulan, masing-masing memiliki 30 atau 29 hari. Satu siklus batang-cabang membutuhkan 60 hari.
Jika batang dan cabang dari hari pertama itu bulan lunar telah diketahui, ada cara untuk meramalkan kemungkinan apapun hari dalam waktu sebulan, berdasarkan aturan perhitungan berbeda yang diterapkan pada bulan lebih besar dan lebih kecil.

Jam Pilar

Begitu pula, cabang surgawi dari jam pilar adalah sama. Jam Jia mengacu pada 23: 00-01: 00, dan lain sebagainya. Batang surgawi setiap hari dan batang dan cabang pilar hari.

 

Zi Chou Yin Mao Chen Si
23: 00-00: 59 01: 00-02: 59 03: 00-04: 59 05: 00-06: 59 07: 00-08: 59 09: 00-10: 59
Wu Wei Shen Anda Xu Hai
11: 00-12: 59 13: 00-14: 59 15: 00-16: 59 17: 00-18: 59 19: 00-20: 59 21: 00-22: 59

Berikut adalah Empat Pilar Chart untuk individu yang lahir pukul 18.00, pada tanggal 12 April 1985 (lunar 23 Februari 1985) dalam kalender Barat misalnya.

Umumnya, buku kalender kuning diperlukan untuk membantu menemukan pilar akurat. Sekarang, tidak sulit untuk menemukan online Ba Zi kalkulator.

Pilar Jam Hari Bulan Tahun
Surgawi Batang Ding Ding Geng Yi
Wu Xing / Yin Yang Yin Api Yin Api Yang Logam Yin Kayu
Cabang Bumi Anda Chou Chen Chou
Wu Xing / Yin Yang Yin Logam Yin Earth Yang Earth Yin Earth

tabel memiliki hanya delapan karakter, tetapi Percintaanantara delapan karakter sangat rumit. Menurut teori representasi empat pilar ‘, tahun pilar merupakan nenek moyang dan orang tua; bulan pilar mewakili saudara-saudara; hari batang mewakili diri sendiri; Hari cabang merupakan Pacar; jam pilar merupakan keturunan. Selain itu, surgawi batang memiliki Ciri Cirimereka sendiri yang berPercintaandengan Lima Elemen (Wu Xing). Elemen hilang dalam bayi ‘delapan karakter waktu kelahiran’ akan biasanya ditambahkan ke dalam namanya sebagai tindakan kompensasi. Di antara sepuluh surgawi batang, ada Percintaanyang kompatibel dan sebaliknya.

Percintaan

Sementara di antara cabang-cabang duniawi, Percintaan yang lebih kompleks, kombinasi, bentrokan, pembatasan, bahaya, dll Percintaanyang melimpah mungkin memiliki penjelasan yang akurat pada keberuntungan satu diri atau kerabat. Orang-orang kuno percaya bahwa waktu kelahiran adalah jenis Qi ( aura, sesuatu roh). Lihat juga: Kecocokan Shio Cinta Asmara – Pasangan Shio

Orang yang lahir pada Wei jam memiliki medan aura Wei. Jika waktu lahir di Wei jam tetapi menutup ke Shen, bidang aura telah berubah secara bertahap dengan yang ada pada Shen jam. Empat Pilar diciptakan berdasarkan waktu samar-samar, seperti pembagian waktu dalam waktu kuno tidak bisa akurat seperti di zaman modern.

Jadi, apakah ada kesalahan jika menghitung Ba Zi karena perbedaan waktu? Seorang individu adalah membalas unik pada kombinasi waktu, ruang dan semangat.

Sementara Empat Pilar terutama berbicara tentang waktu, kadang-kadang ruang tetapi non semangat. Ini adalah hasil dari metafisika Cina yang khusus, menarik tapi akurat masih bisa diperdebatkan.

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Guide to Psychology,  Scientific AmericanNew York Media LLCABC ScienceUniversity of California – Santa CruzSigmund Freud – Life and WorkWeb MD

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-02-14T00:00:45+07:00 Januari 22nd, 2019|Lainnya|0 Comments

Leave A Comment