Stephen Hawking – Siapakah Dia? dan Mengapa Terkenal? (Biografi dan Karya Terkenalnya)

Siapakah Stephen Hawking dan mengapa dia terkenal?

Stephen Hawking (8 Januari 1942 – 14 Maret 2018) adalah seorang ilmuwan, profesor, dan penulis Inggris yang melakukan karya inovatif dalam fisika dan kosmologi, dan yang bukunya membantu membuat sains yang dapat diakses oleh semua orang. Pada usia 21 tahun, saat belajar kosmologi di Universitas Cambridge (Inggris) pada tahun 1963, dia didiagnosis dengan penyakit neuron motorik yang berawal lambat (juga dikenal sebagai amyotrophic lateral sclerosis (ALS) atau penyakit Lou Gehrig) yang secara bertahap membuatnya lumpuh selama beberapa dekade.

Sebagai astrofisikawan, dia adalah penulis salah satu buku sains yang laris dan populer, “A Brief History of Time”. Ilmuwan ini dikenal karena karyanya tentang lubang hitam, yang dimulai pada awal karirnya pada akhir 1960-an.

Dia memandang dengan prihatin kemajuan kecerdasan buatan (AI: Artificial Intelligence): dalam sebuah wawancara dengan BBC pada bulan Desember 2014, dia memperingatkan: AI dapat “mengakhiri spesies manusia”, bukan karena sadisme tetapi karena itu akan terjadi. menjadi sangat efisien sehingga Anda tidak bisa lagi melawan keputusannya.

Baca juga 👉 Kecerdasan Buatan “Artificial Intelligence”

Berapa tes kecerdasan IQ Stephen Hawking?

Stephen Hawking IQ adalah 160 dan termasuk dalam kelompok jenius – hanya 0,003% dari populasi dunia. Hidupnya telah menginspirasi banyak orang dan membawa nilai-nilai yang langgeng bersama mereka. Kami akan mengeksplorasi hal-hal menarik tentang dia tepat di bawah ini.

Kehidupan pribadi

Hawking menikah dengan Jane Wilde, seorang murid bahasa, pada tahun 1965. Jane Hawking mengurusnya hingga perceraian mereka pada tahun 1991. Mereka bercerai karena tekanan ketenaran dan meningkatnya kecacatan Hawking.

Mereka telah dikaruniai 3 anak: Robert (lahir 1967), Lucy (lahir 1969), dan Timothy (lahir 1979). Hawking lalu menikahi perawatnya, Elaine Mason (sebelumnya menikah dengan David Mason, perancang komputer bicara Hawking), pada tahun 1995. Pada Oktober 2006, Hawking meminta bercerai dari istri keduanya.

Karya terkenal Stephen Hawking

1. Sejarah Singkat Waktu (A Brief History of Time)

Pertama kali diterbitkan oleh Stephen Hawking pada tahun 1988. Buku ini menjadi buku terlaris dengan lebih dari 9 juta eksemplar terjual di seluruh dunia. Selain itu, buku itu termasuk dalam buku terlaris empat kali lipat London Sunday Times. A Brief History of Time mencoba menjelaskan banyak topik Kosmologi, di antaranya teori Big Bang, black hole, light cone, dan teori String untuk pembaca non-intensif.

Dalam A Brief History of Time dia menulis: “Jika kita menemukan teori yang lengkap, itu akan menjadi kemenangan akhir akal manusia – untuk kemudian kita harus mengetahui pikiran Tuhan.” Dalam buku yang sama, dia menyarankan bahwa keberadaan Tuhan tidak perlu menjelaskan asal mula alam semesta. Diskusi selanjutnya dengan Neil Turok (fisikawan dari Afrika Selatan) mengarah pada kesadaran bahwa keberadaan Tuhan juga sesuai dengan alam semesta terbuka.

Tujuan utamanya adalah untuk membantu pembaca mendapatkan gambaran umum tentang topik tersebut. Namun, tidak seperti banyak buku sains populer lainnya, buku ini juga mencoba menjelaskan beberapa konsep matematika yang kompleks. Stephen Hawking mencatat bahwa seorang editor memperingatkannya bahwa semakin banyak persamaan di dalam buku, semakin banyak pembaca akan berkurang, sehingga buku tersebut hanya memiliki satu persamaan: E = mc².

Selain batasan Hawking pada persamaan, buku ini menyederhanakan masalah dengan menambahkan ilustrasi dan menggambarkan model dan diagram yang kompleks. Sejarah Singkat Waktu diyakini oleh banyak orang sebagai “buku terlaris yang belum dibaca”, yang berarti buku yang dimiliki banyak orang tetapi hanya dibaca oleh beberapa orang.

2. Struktur Skala Besar Ruang dan Waktu (The Large Scale Structure of Space and Time)

Jenius Inggris ini menerbitkan buku pertamanya pada tahun 1973, berjudul “The Large Scale Structure of Space and Time,” yang ia tulis bersama Profesor Matematika dan Matematika Terapan, George Ellis.

Buku ini membahas fondasi ruang dan sifatnya adalah skalabilitas yang tak terbatas. “Struktur ruang dan waktu skala besar” dianggap sangat kompleks dan telah dianggap sebagai salah satu buku klasik.

3. Hukum kedua dinamika lubang hitam (The second law of black hole dynamics)

Hukum kedua dinamika lubang hitam Pada tahun 1970, Stephen Hawking mengajukan hipotesis yang kemudian dijuluki “Hukum kedua dinamika lubang hitam”. Menurut hukum ini, cakrawala (angkasa) peristiwa lubang hitam tidak akan pernah bisa dikurangi lagi.

Baca juga 👉 Lubang Hitam di Alam Semesta “Black Hole”

4. Radiasi Hawking (Hawking’s radiation)

Hawking yang menciptakan istilah “Radiasi Hawking.” Istilah ini mengacu pada lubang hitam yang memancarkan radiasi dan dapat terus memancarkannya hingga semua energi di intinya habis, dan kemudian lubang hitam tersebut akan menghilang.

Awalnya, radiasi Hawking mencapai titik kontroversial. Pada akhir 1970-an dan setelah publikasi penelitian lebih lanjut, penemuan itu diterima secara luas sebagai terobosan penting dalam fisika teoretis.

Pada tahun 1975, Hawking menerima Medali Eddington untuk penelitiannya yang luar biasa dalam fisika teoretis. Ia juga memenangkan Medali Emas Pius XI (Pius XI Gold Medal).

Baca juga 👉 Radiasi Benda Hitam dan Hukum Pergeseran Wien – Rumus dan Contoh Soal & Jawaban

5. Kosmologi Inflasi (Inflation Cosmology)

Sekitar tahun 1981, Hawking dan Gary Gibbons, seorang fisikawan Inggris, mengadakan seminar tiga minggu bertajuk, “The Early Universe,” untuk berbicara tentang doktrin ekspansi kosmik. Teori ini mengasumsikan bahwa setelah Big Bang, drone terus berkembang, kemudian bergerak ke kondisi stabil untuk memperlambat ekspansi.

6. Keadaan Hartle-Hawking (Hartle-Hawking state)

Kali ini, Stephen Hawking bersama fisikawan Amerika James Hartle menemukan model baru bernama “Negara Bagian Hartle-Hawking”. Model ini mengasumsikan bahwa sebelum Big Bang, yang merupakan era Planck, alam semesta tidak memiliki batas antara ruang dan waktu, dan sekarang gagasan tentang waktu tidak ada.

Baca juga 👉 Planck – Teori, Rumus, Konstanta, Teori Kuantum, Teori Atom – Soal dan Jawaban

7. Tuhan Menciptakan Bilangan Bulat (God Created the Integers)

God Created the Integers: The Mathematical Breakthroughs That Changed History adalah sebuah antologi yang disunting Stephen Hawking dan berisi “kutipan dari tiga puluh satu karya terpenting dalam sejarah matematika.”

Judul buku ini mengacu pada kutipan dari matematikawan Leopold Kronecker yang pernah menulis bahwa “Tuhan menciptakan bilangan bulat; sisanya ciptaan manusia.”

Karya-karya tersebut disusun dan dikelompokkan berdasarkan nama penulis dan zamannya (secara kronologis). Masing-masing bagian diawali dengan catatan masa hidup dan karier matematikawan. Antologi ini mencakup karya-karya dari matematikawan berikut:

  • Euclid
  • Archimedes
  • Diophantus
  • René Descartes
  • Isaac Newton
  • Leonhard Euler
  • Pierre-Simon Laplace
  • Joseph Fourier
  • Carl Friedrich Gauss
  • Augustin-Louis Cauchy
  • Nikolai Ivanovich Lobachevsky
  • János Bolyai
  • Évariste Galois
  • George Boole
  • Bernhard Riemann
  • Karl Weierstrass
  • Richard Dedekind
  • Georg Cantor
  • Henri Lebesgue
  • Kurt Gödel
  • Alan Turing

Pilihan dari karya Euler, Bolyai, Lobachevsky dan Galois, yang termasuk dalam edisi kedua buku (diterbitkan pada 2007), tidak dimasukkan dalam edisi pertama.


Rumus Fisika Lainnya

Fisika banyak diisi dengan persamaan dan rumus fisika yang berhubungan dengan gerakan sudut, mesin Carnot, cairan, gaya, momen inersia, gerak linier, gerak harmonik sederhana, termodinamika dan kerja dan energi. Klik disini untuk melihat rumus fisika lainnya (akan membuka layar baru, tanpa menutup layar ini).

Bacaan Lainnya

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Iq-test, Wikipedia

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2020-10-31T23:02:35+07:00 Oktober 27th, 2020|Fisika, IPA|0 Comments

Leave A Comment