Cara Hidup Tetap Sehat Dengan Diabetes

3 min read

Cara hidup tetap sehat dengan diabetes

Tips untuk Hidup Tetap Sehat Dengan Diabetes

Berikut ini adalah beberapa kiat diet atau menjaga makanan umum untuk tetap sehat dengan diabetes dengan gaya hidup yang sehat. Jika Anda melarang diri Anda sendiri terlalu keras, dengan tidak boleh makan ini dan itu, akhirnya Anda dapat stress sendiri.

Mempertahankan diet yang baik juga merupakan bagian penting dari menjaga dan mengkontrol ketat kadar gula dalam darah Anda. Hal tersebut penting untuk meminimalkan risiko komplikasi diabetes.

Bersamaan dengan olahraga, diet yang sehat adalah elemen penting dari manajemen gaya hidup orang yang terkena diabetes. Hal tersebut untuk mencegah terhadap timbulnya diabetes tipe 2.

  • Makan secara teratur – hindari efek pada tingkat glukosa dari melewatkan makan atau menunda makan karena kerja atau perjalanan panjang (bawa cemilan sehat dengan Anda).

  • Makan sayuran dan buah-buahan dan makan mereka di tempat makanan tinggi kalori – berbagai segar, beku dan kalengan adalah baik, tetapi hindari saus berkalori tinggi dan makanan yang mengandung tambahan garam atau gula.

  • Biji-bijian utuh (gandum, granola, dll) yang kaya serat direkomendasikan sebagai sumber karbohidrat yang sehat

  • Cobalah minum air putih atau teh dan kopi, bukan minuman manis dan hindari menambahkan gula ke minuman panas.

  • Makanlah kacang-kacangan, sumber protein dan serat bertepi rendah lemak, seperti kacang, kacang, buncis dan kacang polong.

  • Kurangi asupan lemak jenuh dan trans dengan memiliki unggas dan ikan tanpa kulit dan dimasak. Misalnya, di makanan yang dipanggang, daripada digoreng.

  • Lakukan pendekatan serupa untuk memasak daging merah sambil mengurangi asupan dan mencari potongan yang paling ramping, tanpa lemak!

  • Makan ikan 2 kali seminggu atau lebih, tetapi hindari adonan dan penggorengan. Makan ikan yang berminyak seperti salmon, mackerel, sarden, ikan trout dan herring, yang kaya akan omega-3.

  • Hindari minyak sayur terhidrogenasi sebagian dan batasi lemak jenuh dan trans fat – gantilah dengan lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda.

  • Kesadaran akan mengkonsumsi susu, dengan membantu mengurangi asupan lemak. Pilih susu skim (bebas lemak) dan produk susu rendah lemak (1%), kurangi konsumsi keju dan mentega dan tukar saus kental untuk saus tomat. Untuk tantangan lebih lanjut agar hidup sehat dengan diabetes, kurangi saus-saus yang mengandung banyak gula.

  • Kurangi gula dengan menghindari tambahan gula dalam minuman dan makanan. Minum teh dan kopi tanpa gula, hindari buah kalengkan dalam sirup dan perhatikan label makanan.

  • Kurangi garam – siapkan makanan di rumah dengan sedikit atau tanpa garam dan hindari makanan dengan sodium tinggi seperti makanan olahan. Jika Anda makan di restoran, mintalah dengan sedikit garam.

  • Untuk hidup sehat dengan diabetes tidaklah mudah. Kurangi ukuran porsi – berhati-hatilah dengan jumlah yang dikonsumsi saat makan di luar.

  • Waspadalah terhadap makanan “diabetes” yang sudah jadi (dijual di supermarket). Mereka tidak memiliki manfaat khusus dan bisa-bisa harganya mahal.

  • Sebaiknya hindari alkohol untuk tetap sehat dengan diabetes. Tetapi, jika Anda harus meminum sedikit alkohol dengan alasan tertentu, minumlah alkohol hanya secukupnya. Sebagai panduan, tidak lebih dari satu gelas sehari untuk wanita dan tidak lebih dari dua untuk pria.

Hidup tetap sehat dengan diabetes
Ilustrasi artikel. Sumber foto: Pixabay

Mengapa kencing manis disebut diabetes melitus?

Sejarahnya, nama penyakit ini berasal dari bahasa Yunani dan itu berarti “siphon”. Aretus the Cappadocian, seorang dokter Yunani pada abad ke-2 M… Selanjutnya mohon klik disini (akan membuka layar baru, tanpa meninggalkan layar ini).

Mengapa kencing manis disebut diabetes melitus
Ilustrasi “Mengapa kencing manis disebut diabetes melitus”. Sumber foto: Pexels

Diabetes – Kencing Manis: Fakta, gejala, tanda, penyebab dan perawatan

Diabetes, sering disebut oleh dokter sebagai diabetes mellitus, menggambarkan sekelompok penyakit metabolik di mana orang tersebut memiliki glukosa darah tinggi (gula darah), baik karena produksi insulin tidak memadai atau karena sel-sel tubuh tidak merespon dengan baik terhadap insulin, atau keduanya. Klik disini untuk mengetahui ebih lanjut tentang diabetes (akan membuka layar baru, tanpa meninggalkan layar ini).

Diabetes kencing manis
Ilustrasi artikel diabetes. Sumber foto: Pexels

Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber bacaan: Medical News TodayHelp GuideOne TouchMayo Clinic

Hidup tetap sehat dengan diabetes
Ilustrasi artikel. Sumber foto: Pixabay

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.