fbpx

Mengapa kencing manis disebut diabetes melitus?

Mengapa kencing manis disebut diabetes melitus?

Sering orang bertanya mengapa kencing manis disebut diabetes melitus?

Sejarahnya, diabetes berasal dari bahasa Yunani dan itu berarti “siphon”. Aretus the Cappadocian, seorang dokter Yunani pada abad ke-2 M., menamai kondisi diabainin. Dia menggambarkan pasien yang melewati terlalu banyak air (poliuria) – seperti siphon. Kata itu menjadi “diabetes” dari adopsi bahasa Inggris diabetes Latin Abad Pertengahan.

Pada 1675, Thomas Willis menambahkan mellitus pada istilah itu, meskipun sering disebut hanya sebagai diabetes. Mel dalam bahasa Latin berarti “madu”; urin dan darah penderita diabetes memiliki kelebihan glukosa, dan glukosa manis seperti madu. Diabetes mellitus secara harfiah berarti “menyedot air manis”.

Orang China kuno mengamati bahwa semut akan tertarik pada air kencing sebagian orang, karena jenis kencing orang tersebut manis. Istilah “Penyakit Kencing Manis” terciptakan.

 

Mengapa kencing manis disebut diabetes melitus

Ilustrasi “Mengapa kencing manis disebut diabetes melitus”. Sumber foto: Pexels

 

Tips untuk Hidup Tetap Sehat Dengan Diabetes

Berikut ini adalah beberapa kiat diet atau menjaga makanan umum untuk tetap sehat dengan diabetes dengan gaya hidup yang sehat. Jika Anda melarang diri Anda sendiri terlalu keras, dengan tidak boleh makan ini dan itu, akhirnya Anda dapat stress sendiri. Klik disini untuk membaca lebih lanjut tentang artikel ini (akan membuka layar baru, tanpa meninggalkan layar ini).

 

Hidup tetap sehat dengan diabetes

Ilustrasi artikel cara hidup sehat dengan penyakit diabetes. Sumber foto: Pixabay

 

Tips Makan Sehat untuk Diabetes

Membuat pilihan makanan diabetes untuk mengontrol gula darah adalah kunci keberhasilan bagi mereka yang menderita diabetes tipe 2. Klik disini untuk mengetahui lebih lanjut (akan membuka layar baru, tanpa meninggalkan layar ini).

 

Tips makan diabetes

Ilustrasi artikel makanan diabetes. Sumber foto: Pexels

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber bacaan: Medical News Today

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-06-22T20:34:20+00:00 Juni 22nd, 2018|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment