fbpx

Yandex adalah perusahaan internet yang mengoperasikan mesin pencari terbesar di Rusia dengan pangsa pasar sekitar 60%

Yandex

Yandex (Rusia: Яндекс) adalah sebuah perusahaan internet Rusia yang mengoperasikan mesin pencari terbesar di Rusia dengan pangsa pasar sekitar 60%. Yandex merupakan mesin pencari terbesar keempat di dunia berdasarkan Comscore.com dengan lebih dari 150 juta pencarian per harinya.

Selain di Rusia, perusahaan ini juga memiliki pangsa besar di Ukraina, Belarus dan Kazakhstan.

Kantor Pusat: Moskow, Rusia.
Pendiri: Arkady Volozh, Elena Kolmanovskaya, Ilya Segalovich.

Yandex dimulai pada tahun 1990

Ketika dua pengembang Rusia mendirikan Arcadia, sebuah perusahaan yang mengembangkan perangkat lunak MS-DOS untuk digunakan dalam klasifikasi paten dan barang. Perangkat lunak mereka menampilkan pencarian teks lengkap dengan dukungan morfologi Rusia.

Kepanjangan dari Yandex

Istilah Yandex diciptakan pada tahun 1993. Itu singkatan dari “Yet Another iNDEXer”.

 

Yandex

Yandex Browser adalah browser web freeware yang dikembangkan oleh perusahaan pencarian web Rusia Yandex yang menggunakan mesin browser web Blink dan didasarkan pada proyek sumber terbuka Chromium. Sumber foto: Yandex Browser

 

5 Keuntungan untuk Yandex daripada Google di Rusia

1) Yandex adalah portal.

Yandex adalah media terbesar di seluruh Rusia dan bagi banyak orang Rusia, Yandex.ru adalah tempat mereka memulai hari mereka. Faktanya, ia adalah properti media terbesar di seluruh Rusia.

Sama seperti Google, Yandex menawarkan email gratis, peta lalu lintas langsung, musik, video, penyimpanan foto dan banyak lagi. Banyak dari fitur yang sama ini adalah beberapa produk yang Google gunakan untuk menumbuhkan adopsi di seluruh dunia dengan memperkenalkan pengguna ke merek Google. Google dapat memikat pengguna dari produk yang lebih lemah seperti Hotmail, Mapquest dan bahkan Dropbox untuk menggunakan alternatif Google. Di Rusia, Google tidak akan memiliki kesempatan ini, karena versi Yandex dapat dibandingkan, jika tidak lebih baik.

2) Yandex lebih baik untuk pencarian bahasa Rusia. Diciptakan khusus untuk pasar Rusia dan lebih mampu menangani tantangan pencarian Rusia tertentu.

Secara umum, Google hampir tidak seefektif parsing maksud pengguna atas ejaan dalam pencarian non-Inggris, tetapi bahkan lebih lemah dalam bahasa Rusia.

Misalnya, bahasa Rusia sangat dipengaruhi dan beberapa kata dapat memiliki hingga 20 akhiran yang berbeda. Semua kata benda Rusia memiliki jenis kelamin gramatikal, dan jenis kelamin kata benda akan memengaruhi sisa kata dalam kalimat. Bahkan ejaan nama individu dapat berubah berdasarkan jenis kelamin. Sebagai ilustrasi, mantan istri Presiden Rusia Vladimir Putin memiliki nama belakang “Putina”, bukan hanya Putin.

Meskipun pencarian Google hanya memberi peringkat halaman yang relevan dengan permintaan pengguna spesifik seperti yang dieja, Yandex dapat mengurai sinonim dan maksud pengguna terlepas dari ejaan pengguna. Akibatnya, untuk permintaan pencarian yang sangat terinfeksi, Google memberikan pengalaman pencarian yang lebih lemah dan karenanya tidak membuat alasan yang kuat mengapa pengguna harus lebih sering menggunakan Google.

3) Yandex bahkan populer di Android.

Meskipun Google dapat menggunakan sistem operasi seluler Android untuk menumbuhkan penelusuran seluler karena sifat penelusuran Google yang melekat di Android, itu tidak terlalu efektif di Rusia. Di Rusia, Android memiliki lebih dari 70% pasar ponsel Rusia; namun, Yandex masih memiliki 52 persen pasar pencarian di perangkat yang sangat Android ini.

4) Menggunakan bahasa Rusia. Meskipun orang Rusia memiliki ketertarikan terhadap merek Rusia, mereka juga tampaknya menyukai produk asing.

Meskipun demikian, setelah skandal Snowden / NSA, Rusia mungkin lebih suka menggunakan Yandex hanya karena mereka tidak mempercayai Google.

5) Algoritmanya mungkin dapat memperhitungkan spam dengan lebih baik. Pasar online Rusia terkenal karena metode spam tautan langsung.

Ada banyak “iklan” agensi yang ada hanya untuk menjual tautan dengan tujuan meningkatkan peringkat pencarian. Akibatnya, ia mengumumkan bahwa mereka tidak akan menggunakan tautan dalam algoritme mereka pada permintaan komersial yang dilakukan di wilayah tertentu di negara tersebut.

Sebaliknya, ia hanya akan menggunakan pengalaman pengguna dan metrik peringkat kata kunci. Upaya oleh Yandex ini masih awal, tetapi mungkin memungkinkan Yandex untuk menghasilkan hasil kualitas yang lebih baik daripada Google. Yang terakhir tidak diragukan lagi menyaring tautan spam, tetapi kemungkinan besar masih memberikan kredit ke tautan berkualitas rendah.
 

Layanan Yandex

Hari ini, mirip dengan Google, Yandex bukan hanya mesin pencari, itu adalah perusahaan IT multinasional dengan berbagai layanan dan produk, termasuk dan tidak terbatas pada:

Linguistic technologies

Cloud technologies and services

Testing

Frontend

Social tools

Machine learning

Mobile development

 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Semrush, Link Assistant

                                    
 
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-06-05T14:48:56+07:00 Juni 5th, 2019|Geografi & Sejarah, Lainnya|0 Comments

Leave A Comment