Vitamin C – Penjelasan, Kebutuhan Harian, Manfaat dan Sumber

Vitamin C

Vitamin ini juga dikenal dengan nama kimia dari bentuk utamanya yaitu asam askorbat. Vitamin C termasuk golongan vitamin antioksidan yang mampu menangkal berbagai radikal bebas ekstraselular.

Beberapa karakteristiknya antara lain sangat mudah teroksidasi oleh panas, cahaya, dan logam. Meskipun jeruk dikenal sebagai buah penghasil vitamin C terbanyak, sebenarnya kurang tepat, karena lemon memiliki kandungan vitamin C lebih banyak 47% daripada jeruk.

Baca juga 👉 Sel darah merah, terbentuk baik oleh kontribusi vitamin B, C, dan E

Waktu yang tepat minum vitamin c

Sementara Vitamin C adalah nutrisi yang sangat membantu, itu adalah nutrisi yang larut dalam air, yang paling baik diserap ketika Anda mengambilnya dengan perut kosong. Cara yang ideal adalah dengan mengonsumsi suplemen terlebih dahulu di pagi hari, 30-45 menit sebelum makan.

Seberapa banyak kita boleh mengkonsumsi vitamin C? Kebutuhan vitamin C harian

Tabel Rekomendasi Dietary Allowances (RDAs) Vitamin C
Umur Pria Wanita Hamil Menyusui
0–6 bulan 40 mg* 40 mg*
7–12 bulan 50 mg* 50 mg*
1–3 tahun 15 mg 15 mg
4–8 tahun 25 mg 25 mg
9–13 tahun 45 mg 45 mg
14–18 tahun 75 mg 65 mg 80 mg 115 mg
19+ tahun 90 mg 75 mg 85 mg 120 mg
Perokok Orang yang merokok membutuhkan
lebih banyak vitamin C 35 mg/hari.

* Adequate Intake (AI)

Sumber vitamin C yang baik

Vitamin ini banyak ditemukan dalam berbagai macam buah dan sayuran.

Sumber yang baik meliputi:

  • jeruk dan jus jeruk
  • paprika merah dan hijau
  • stroberi
  • arbei
  • tomat
  • asparagus
  • brokoli
  • kol
  • kentang
  • susu, mentega, kentang, ikan, dan hati.

Apa kegunaan dan manfaat vitamin C?

Diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan di seluruh tubuh Anda. Ini membantu dalam produksi kolagen, yang digunakan untuk membuat kulit, pembuluh darah, tulang rawan, ligamen, dan tendon. Ini juga diperlukan untuk penyembuhan luka, penyerapan zat besi, dan menjaga kesehatan tulang.

Merupakan antioksidan kuat, membantu mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan dengan demikian membantu mencegah perkembangan kondisi seperti penyakit jantung dan kanker.

Kekurangan vitamin C yang parah adalah kondisi serius, yang selama berabad-abad dikenal sebagai penyakit kudis yang fatal. Walaupun penyakit kudis sudah tidak umum sekarang, bukti menunjukkan bahwa banyak orang memiliki kadar vitamin C rendah, yang dapat membahayakan kesehatan Anda, bahkan jika Anda tidak kekurangan banyak.

Sejarah penemuan

Vitamin C berhasil diisolasi untuk pertama kalinya pada tahun 1928 dan pada tahun 1932 ditemukan bahwa vitamin ini merupakan agen yang dapat mencegah sariawan.

Albert Szent-Györgyi menerima penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran pada tahun 1937 untuk penemuan ini.

Selama ini vitamin C atau asam askorbat dikenal peranannya dalam menjaga dan memperkuat imunitas terhadap infeksi. Baca juga 👉 Contoh Penyakit Autoimun – Saat sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel sehat dalam tubuh

Pada beberapa penelitian lanjutan ternyata vitamin ini juga telah terbukti berperan penting dalam meningkatkan kerja otak. Dua peneliti di Texas Woman’s University menemukan bahwa murid SMTP yang tingkat vitamin C-nya dalam darah lebih tinggi ternyata menghasilkan tes IQ lebih baik daripada yang jumlah vitamin C-nya lebih rendah.

Bacaan Lainnya

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Materi ini hanya untuk tujuan informasi. Jika ragu, berkonsultasilah dengan dokter. “PINTERpandai” tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang disebabkan oleh pengobatan sendiri. PINTERpandai adalah halaman informatif yang menjelaskan, di antara topik-topik lain, penggunaan tradisional tanaman dari sudut pandang terapi. Deskripsinya tidak menggantikan saran profesional atau dokter. Kami tidak bertanggung jawab atas pengobatan sendiri dan merekomendasikan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Sumber bacaan: Health Line, The Healthy, National Institutes of Health Office of Dietary Supplements,

By | 2020-07-19T14:48:48+07:00 Juli 14th, 2020|IPA, Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment