Mobile Marketing (Pemasaran seluler) – Penjelasan, Saran dan Contoh – Tips yang Mendorong Prospek dan Penjualan

Mobile Marketing

Pemasaran seluler atau mobile marketing adalah aktivitas periklanan apa pun yang mempromosikan produk dan layanan untuk menjangkau pemirsa tertentu di ponsel cerdas, tablet atau perangkat terkait lainnya melalui situs web, email, SMS dan MMS, media sosial, chat atau aplikasi seluler.

Pemasaran seluler atau mobil marketing adalah aktivitas periklanan apa pun yang mempromosikan produk dan layanan melalui perangkat seluler, seperti tablet dan ponsel cerdas. Pemasaran seluler memanfaatkan fitur-fitur teknologi seluler modern, termasuk melalui situs web, email, SMS dan MMS, media sosial, chat atau aplikasi seluler.

Layanan lokasi, untuk menyesuaikan kampanye pemasaran berdasarkan lokasi individu. Pemasaran seluler adalah cara di mana teknologi dapat digunakan untuk membuat promosi barang atau layanan yang dipersonalisasi kepada pengguna yang terus-menerus terhubung ke jaringan.

Pemasaran seluler dapat memberi pelanggan informasi yang dipersonalisasi dan sensitif terhadap waktu dan lokasi yang mempromosikan barang, layanan, pengingat janji temu dan ide.

Secara lebih teoritis, akademisi Andreas Kaplan mendefinisikan pemasaran seluler sebagai “aktivitas pemasaran apa pun yang dilakukan melalui jaringan di mana-mana di mana konsumen terus terhubung menggunakan perangkat seluler pribadi”.

Baca juga 👉 Affiliate Marketing Online di Indonesia dan Luar Negeri (Pemasaran Afiliasi) – Daftar Merchant Online


Contoh Mobile Marketing – Tips yang Mendorong Prospek dan Penjualan

1. Pemasaran berbasis Aplikasi (App-based Marketing)

Dalam pemasaran berbasis aplikasi ini tentu dibutuhkan aplikasi seluler. Pengiklan tidak perlu repot membuat aplikasi untuk mempromosikan produknya karena banyak layanan yang di sediakan oleh Google.

Dengan menggunakan layanan tersebut, bisa membantu pengiklan membuat iklan seluler muncul dalam aplikasi milik pihak ketiga.

Apple’s Passbook (Dompet Seluler): Contoh dompet seluler adalah Apple’s Passbook. Passbook adalah aplikasi iOS yang menyimpan informasi pribadi seperti kartu kredit, boarding pass, kupon, kartu hadiah, atau tiket secara digital di perangkat seluler. Passbook disesuaikan dengan lokasi pengguna. Misalnya, jika Anda berada di bandara, boarding pass Anda akan muncul di Passbook Anda.

Pengguna juga dapat membagikan promosi ini dengan mudah kepada teman-teman mereka. Passbook memungkinkan pemasar kesempatan untuk menawarkan kupon kepada konsumen dan konsumen tidak perlu mencetak penawaran ini.

Passbook juga ramah lingkungan! Aplikasi dompet seluler, seperti Passbook memudahkan penggunaan dan menyimpan semua informasi di satu lokasi.

2. Pemasaran di dalam Games (In-games Marketing)

Yang dimaskud pemasaran di dalam games adalah iklan-iklan yang biasa muncul ketika anda sedang bermain games. Munculnya iklan saat sedang bermain games biasanya dalam bentuk spanduk iklan (banner pop-ups), iklan dengan gambar penuh (full-image ads), atau bahkan iklan dalam bentuk video (video ads).

Dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang, games dibuat semakin canggih dan interaktif untuk para pemainnya. Semakin bagus kualitas games yang ada, semakin banyak peminatnya. Dengan banyaknya ketertarikan tersebut, pemasar mencoba memanfaatkan para pecinta games dengan menyajikan penawaran khusus untuk produk atau layanan dengan iklan dalam game.

3. Pemasaran dengan Kode QR (Quick Response “QR” Codes” Marketing)

Kode QR (Quick Responses) adalah kode batang yang dapat dibaca oleh smartphone dengan kamera. Ketika pengguna smartphone mengambil gambar kode QR, anda akan diarahkan ke satu halaman di situs web. Promosi bisnis menggunakan kode QR adalah kesempatan yang bagus karena saat ini hampir semua orang memiliki smartphone.

Tentunya dengan menggunakan smartphone tersebut mereka mengingkan informasi yang instan dan akurat. Keuntungan dengan menggunakan kode QR adalah anda bisa mempromosikan kode QR pada produk, di jendela toko, di papan reklame, iklan TV, surat kabar, atau dimana saja.

4. Pemasaran berdasarkan Lokasi (Location-based Marketing)

Pemasaran berdasarkan lokasi adalah strategi pemasaran langsung yang menggunakan lokasi perangkat seluler (GPS) untuk mendistribusikan konten atau layanan berdasarkan lokasi pengguna relatif terhadap area atau bisnis tertentu.

Bagaimana pemasar bisa mengetahui lokasi anda? Ketika pengguna men-donwload suatu aplikasi di smartphone biasanya akan muncul permintaan persetujuan untuk melacak lokasi anda saat itu.

Pemasaran berbasis lokasi membuat asumsi tentang kebiasaan dan preferensi mereka berdasarkan lokasi mereka. Misalnya, anda dapat menggunakan taktik pemasaran berdasarkan lokasi untuk mengirim penawaran diskon kepada konsumen yang memasuki area fisik tertentu.

Baca juga 👉 Marketing B2B dan B2C, C2C, C2B – Penjelasan, Perbedaan dan Contoh

5. Pemasaran melalui SMS/MMS

Short message service atau yang lebih dikenal SMS merupakan konsep awal mobile marketing dan masih banyak digunakan untuk mempromosikan berbagai macam jenis produk dan jasa hingga saat ini.

Hal yang sama juga berlaku pada MMS (multimedia message service), bedanya adalah MMS bisa mengirimkan teks, foto, video, dan audio sedangkan SMS hanya bisa mengirimkan teks.

Salah satu keuntungan dengan menggunakan SMS/MMS sebagai media promosi adalah kita bisa menargetkan tujuan promosi secara personal kepada klien yang ingin di tuju.

Namun harus di ingat meskipun tujuan utama SMS/MMS memudahkan kita dalam berkomunikasi, jika tujuan anda untuk mempromosikan sesuatu anda harus menggunakan bahasa yang sopan dan jelas.

Terlepas dari pemasaran secara umum, pemasaran melalui media seluler juga telah membantu para pengusaha untuk memperluas bisnis dan jaringan mereka dengan banyak orang. Dengan penjelasan tentang jenis-jenis mobile marketing diatas, tentu membantu dalam memilih manakah mobile marketing yang paling sesuai dengan bisnis anda.

6. Pemasaran melalui Penelusuran Iklan (Search Ads)

Ketika anda sedang membuka Google atau website tertentu, mungkin anda sering menemukan munculnya iklan-iklan di web tersebut.

Ketika anda mengetik keyword tertentu pada Google maka akan muncul hasil pencarian dan juga sering kali menampilkan ekstensi tambahan seperti klik untuk panggil (click-to-call) atau peta (maps).

7. Chat / messanger: WhatsAPP

Ketika Anda memikirkan media sosial, situs-situs seperti Facebook dan Twitter mungkin langsung muncul di benak Anda. Tetapi aplikasi messenger sebenarnya telah mengikuti jejaring sosial dalam hal pengguna. Dan semakin banyak aplikasi messenger yang digunakan untuk pemasaran.

Penetrasi pasar semacam itu tidak bisa diabaikan. Tetapi bagaimana Anda dapat menggunakan WhatsApp secara efektif untuk pemasaran? Seperti semua perbatasan yang relatif belum dijelajahi, ada ukuran risiko dan imbalan yang sama untuk pengguna awal. Berikut panduan pemasar kami untuk WhatsApp.

Broadcast lists (Daftar siaran)

Saat Anda mengirim pesan ke daftar siaran, pesan tersebut akan dikirim ke siapa pun dalam daftar yang menyimpan nomor Anda di buku alamat telepon mereka.

Mereka akan melihat pesan sebagai pesan biasa, mirip dengan fungsi BCC (blind carbon copy) di email. Jika mereka membalas, ini akan muncul sebagai pesan normal satu-ke-satu di layar obrolan Anda, dan balasan mereka tidak akan dikirim ke orang lain dalam daftar siaran itu. Daftar siaran dibatasi hingga 256 kontak.

Grup

Obrolan grup memungkinkan Anda mengirim pesan hingga 256 orang sekaligus, berbagi pesan, foto, dan video. Setiap orang di obrolan grup dapat ikut serta dan juga melihat tanggapan orang lain.

8. Near Field Communication (NFC)

NFC adalah jenis teknologi yang memiliki kemampuan untuk mengirim data ke ponsel konsumen menggunakan koneksi nirkabel jarak pendek. NFC dapat membagikan halaman web atau media sosial. Paling cocok untuk area yang ramai.

Baca juga 👉 Mengelola Bisnis di Tengah Krisis Ekonomi – Terus Melaju dan Bertahan di Tengah Melemahnya Ekonomi



Cara Kerja Pemasaran Seluler (Mobile Marketing)

Pemasaran seluler dapat mencakup promosi yang dikirim melalui pesan teks SMS, pesan multimedia MMS, melalui aplikasi yang diunduh menggunakan pemberitahuan push, melalui pemasaran dalam aplikasi atau dalam game, melalui situs web seluler, atau dengan menggunakan perangkat seluler untuk memindai kode QR.

Sistem kedekatan dan layanan berbasis lokasi dapat memperingatkan pengguna berdasarkan lokasi geografis atau kedekatan dengan penyedia layanan.

Pemasaran seluler merupakan alat yang sangat diperlukan bagi perusahaan besar dan kecil karena perangkat seluler ada di mana-mana. Pemain kunci di bidang ini adalah merek (dan perusahaan yang mereka wakili melalui iklan), dan penyedia layanan yang memungkinkan periklanan seluler.

Iklan seluler menargetkan audiens tidak begitu banyak berdasarkan demografi tetapi berdasarkan perilaku (meskipun demografi berperan, seperti fakta bahwa pengguna iPad cenderung lebih tua dan lebih kaya). Satu perilaku penting dalam ruang pemasaran seluler yang dikenal sebagai “ngemil”, yaitu ketika pengguna perangkat seluler masuk ke media atau pesan untuk waktu yang singkat. Mencari kepuasan instan sama dengan lebih banyak titik kontak untuk pemasar.

Dalam pemasaran seluler, perangkat (terutama ukuran layar) memang membuat perbedaan – pengguna ponsel cerdas dan tablet iPad bereaksi berbeda terhadap pemasaran seluler.

Misalnya, pengguna ponsel cerdas cenderung menganggap konten informatif sebagai yang paling relevan, namun pengguna iPad cenderung terpikat oleh iklan interaktif yang menampilkan presentasi multimedia dengan gambar yang menarik (pesan konten menjadi perhatian sekunder).


8 Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Periklanan Mobile (Mobile Marketing)

1. Iklan Seluler adalah iklan yang Anda lihat di ponsel Anda di rumah, atau saat dalam perjalanan.
2. Sebanayak kurang lebih 62% klik Penelusuran Berbayar di Google dilakukan melalui seluler. Jika Anda menjalankan Google Ads, ada baiknya membuat iklan yang bekerja paling baik di seluler (dan perangkat yang menargetkannya).
3. Kebanyakan orang lebih suka melihat iklan lokal bagi mereka, dan tidak ada yang lebih lokal daripada Seluler!
4. Sebanyak 87% dari pendapatan iklan Facebook/Instagram berasal dari seluler. Ini * benar-benar * bermanfaat untuk membuat iklan khusus seluler saat menjalankan kampanye iklan Facebook (dan perangkat menargetkannya).
6. Iklan di ponsel cerdas dapat menargetkan kedekatan dengan toko atau business Anda.
7. Ukuran standar untuk Pengantara Seluler (jenis iklan munculan yang muncul di layar permainan jendela peramban Anda) adalah 320 × 480. Ini karena itulah yang muat di layar iPhone 1, dan ukurannya tidak pernah diperbarui! tetapi sekarang terdapat ukuran iklan layar otomatis!
8. Menurut Boston Consulting Group, 3 dari 10 orang akan berhenti melihat teman mereka secara langsung daripada melepaskan ponsel cerdas mereka. 46% akan menyerah pada hari di akhir pekan!

Baca juga 👉 Private Label dan White Label – Penjelasan, Perbedaan dan Contoh


Alat Mobile Marketing (Periklanan Seluler)

Di bawah ini tercantum beberapa alat Mobile Marketing yang terutama dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan periklanan di seluler.

1. Flurry

Apa itu? Flurry adalah platform periklanan seluler yang memungkinkan perusahaan membangun, mengukur, dan memonetisasi aplikasi seluler di perusahaan aplikasi baru.

Apa kegunaan umum? Flurry membantu mengoptimalkan pengalaman seluler melalui aplikasi yang lebih baik dan lebih banyak iklan pribadi.

2. AdMob oleh Google

Apa itu? AdMob adalah jaringan iklan seluler Google.

Apa kegunaan umum? Ini memungkinkan pengguna untuk mengiklankan aplikasi seluler dari dalam aplikasi lain.

3. DoubleClick oleh Google

Apa itu? Ini adalah anak perusahaan Google yang mengembangkan dan menyediakan layanan penayangan iklan Internet.

Apa kegunaan umum? Doubleclick melayani kebutuhan yang berbeda dari pengguna yang berbeda yaitu. pengiklan, penerbit, dan jaringan. Untuk pengiklan atau agensi, ini adalah solusi manajemen iklan yang memungkinkan untuk mengelola cakupan lengkap program periklanan digital.

4. Facebook and Instagram Ads

If you want to reach out to a highly engaged audience, anytime, anywhere, Facebook and Instagram for business are the right mobile advertising platforms for you. Both Facebook (the most downloaded app of all times) and Instagram, a mobile-first platform, are the hot favorites among advertisers. Facebook ads offer versatile ad formats, viz. photo, video, stories, messenger, carousel, slideshow, collection, and playable ads. You can choose to run ads across Facebook, Instagram, Messenger and Audience Network. Creating ad campaigns is a self-service mechanism where advertisers can identify ad objectives such as brand awareness, app installs, reach, views, lead generation, etc. Audience selection tools help you choose your target audience. You can also track performance and tweak your campaigns accordingly.

Facebook Business also has a section called Instant Experience, a mobile-only, full-screen experience that brings your brand or products and services to life. You can use it to tell a story in all ad formats of Facebook Ads.

5. Iklan Penelusuran Apple Apstore (Apple Search Ads)

Anda dapat membuat aplikasi Anda muncul di bagian atas laman hasil penelusuran App Store untuk mendorong penemuan aplikasi dan mendorong pemasangan aplikasi, pengembang membayar per pemasangan. Seperti Google dan Facebook, Anda dapat menetapkan tujuan, mengelola kampanye, dan melacak kinerja.

Dengan Iklan Penelusuran Apple versi lanjutan, Anda juga dapat memilih kata kunci dan audiens target. Faktor penting agar iklan Anda muncul meliputi, relevansi dengan kueri penelusuran pengguna, metadata deskriptif dengan kata kunci yang tepat, dan respons pengguna (misalnya, saat mereka mengetuk iklan).

6. Iklan Twitter

Jika Anda mencari audiens yang ingin terus diperbarui dan terlibat dengan informasi singkat, coba Iklan Twitter. Selain memilih tujuan kampanye dan target audiens Anda (Anda juga dapat memilih audiens berdasarkan lokasi mereka).

Iklan Twitter berjalan pada lelang tempat Anda dapat menetapkan tawaran Anda sendiri atau menggunakan penawaran otomatis untuk memutuskan sesuai anggaran dan sasaran Anda. Dan Anda hanya membayar untuk tindakan pengguna, seperti pemasangan aplikasi.

7. mMedia

Apa itu? mMedia adalah alat komprehensif yang menawarkan fasilitas periklanan seluler dan monetisasi aplikasi swalayan.

Apa kegunaan umum? Seperangkat alat terintegrasi membantu mengelola bisnis melalui satu dasbor.

Alat Analisis Seluler
Di sini kami secara khusus akan fokus pada alat pemasaran seluler yang dimaksudkan untuk konsep analisis seluler.

8. Localytics

Apa itu? Localytics adalah alat analisis aplikasi seluler berbayar yang melayani aplikasi di platform seluler iOS, Android, Windows Phone, Blackberry dan HTML5.

Apa kegunaan umum? Alat ini memberikan fitur unik seperti perpesanan dalam aplikasi, pelacakan nilai seumur hidup, dan perpesanan push.

9. Analisis Seluler WebTrends

Apa itu? Alat analisis seluler WebTrends memberikan informasi mendalam tentang aktivitas pelanggan di situs web dan aplikasi seluler yang dioptimalkan untuk seluler untuk keterlibatan pelanggan yang lebih baik.

Apa kegunaan umum? Ini terintegrasi dengan semua perangkat seluler utama, tablet, dan platform sehingga memfasilitasi data waktu nyata pada metrik utama & pelaporan dasbor tunggal pada beberapa kampanye seluler.

10. Countly

Apa itu? Countly adalah alat analitik aplikasi seluler sumber terbuka yang mendukung aplikasi Android, iOS, Windows Phone, dan Blackberry.

Apa kegunaan umum? Alat ini menyediakan analitik data waktu nyata dan menghadirkan dukungan email dan forum seecara langsung.

Baca juga 👉 Email Marketing Platform Terbaik dan Reviewnya – Alat Pemasaran Email Massal (Email Broadcast) Gratis untuk Menghemat Waktu dan Uang Anda

11. Amplitudo

Apa itu? Amplitude adalah alat analitik seluler untuk pengambil keputusan yang bertindak sebagai platform analitik seluler waktu nyata.

Apa kegunaan umum? Alat ini membantu melacak pengguna aktif harian, mingguan, dan bulanan. Selain itu, ini memungkinkan akses ke metrik berikut: sesi, retensi, jenis perangkat, platform, negara, bahasa, versi aplikasi, lokasi, dll.

12. Mix Panel

Apa itu? Mix Panel menyediakan solusi analisis aplikasi web dan seluler. Ini adalah alat yang hebat untuk diterapkan jika aplikasi baru diluncurkan.

Apa kegunaan umum? Alat analisis seluler ini memungkinkan pengguna untuk menautkan web dan pengguna seluler untuk memahami statistik retensi situs web.

Baca juga 👉 SEO: Search Engine Optimization (0ptimisasi Mesin Pencarian) – Penjelasan, Cara dan Contoh

13. Upsight

Apa itu? Upsight memberi Anda informasi yang berkaitan dengan akuisisi inti, keterlibatan, dan metrik pendapatan.

Apa kegunaan umum? Ini memberikan analisis corong dan memberikan analisis yang lebih dalam tentang metrik yang tidak disediakan oleh analisis web.

14. AppSee

Apa itu? AppSee adalah alat analisis aplikasi iOS berbayar.

Apa kegunaan umum? Alat ini menawarkan aksesibilitas yang lebih baik melalui dasbor online yang terintegrasi penuh yang memberikan laporan tentang beberapa sesi atau pengalaman tunggal, dalam satu waktu.

15. Mobile App Tracking

Apa itu? Mobile App Tracking (Pelacakan Aplikasi Seluler) seperti namanya adalah alat yang terintegrasi dengan banyak jaringan dan penerbit iklan seluler.

Apa kegunaan umum? Ini membantu untuk melacak kampanye pemasaran di beberapa jaringan iklan.

16. Adjust

Apa itu? Adjust sebelumnya dikenal sebagai Adeven, Adjust adalah platform analisis aplikasi seluler yang baru dan lebih baik.

Apa kegunaan umum? Adjust memiliki sistem analisis waktu nyata yang memberikan lalu lintas paling berharga ke situs web.

Alat Desain Responsif

Alat pemasaran seluler desain responsif terdaftar sebagai berikut:

17. Uji Responsif DesignModo

Apa itu? DesignModo adalah toko serba ada yang terdiri dari tema dan kerangka kerja WordPress terbaik.

Apa kegunaan umum? Alat desain responsif ini menerbitkan artikel dan tutorial desain web.

18. BrowserStack

Apa itu? BrowserStack memungkinkan pengguna untuk mengakses dari jarak jauh seluruh host perangkat sehingga memungkinkan untuk melakukan analisis kualitas yang tepat.

Apa kegunaan umum? Alat ini dipublikasikan oleh Microsoft sebagai alat yang efektif untuk menguji versi lama Internet Explorer.

19. Mobitest

Apa itu? Mobitest adalah salah satu alat desain responsif yang memudahkan untuk melihat bagaimana kinerja desain.

Apa kegunaan umum? Ini memungkinkan untuk memiliki wawasan cepat tentang tingkat kinerja situs dengan melihat waktu muat situs web, ukuran halaman rata-rata, dan diagram air terjun.

Alat Aplikasi Seluler

Kami akan berbicara tentang alat pemasaran seluler yang dirancang khusus untuk aplikasi seluler.

20. Appcelerator

Apa itu? Platform pengembangan Appcelerator Titanium memungkinkan akses mudah ke pengguna lebih dari 300 API dan informasi lokasi.

Apa kegunaan umum? Ini membantu dalam pengembangan aplikasi seluler, tablet, dan desktop asli melalui bahasa pemrograman web seperti HTML, PHP, JavaScript, Ruby dan Python.

21. RhoMobile

Apa itu? RhoMobile memungkinkan pengembangan aplikasi seluler multi-platform.

Apa kegunaan umum? Dengan memanfaatkan alat ini, pengembang dapat membuat aplikasi asli di Android, Windows Mobile, Symbian, iPhone, dan Sistem Operasi (OS) RIM.

22. MoSync

Apa itu? MoSync adalah alat pengembangan aplikasi seluler multi-platform Perangkat Lunak Sumber Terbuka Gratis (FOSS).

Apa kegunaan umum? Selain bahasa pendukung seperti JavaScript, PHP, Ruby dan Python, kini MoSync juga menyertakan IDE berbasis Eclipse untuk pemrograman C / C ++.

23. PhoneGap

Apa itu? Kerangka kerja sumber terbuka dan gratis lainnya, PhoneGap memungkinkan pembuatan aplikasi seluler melalui API web standar.

Apa kegunaan umum? PhoneGap memungkinkan pengembang menggunakan HTML, JavaScript, dan CSS untuk membuat aplikasi yang tersedia sebagai aplikasi kelas satu di ponsel.


Keuntungan dan Kerugian Mobile Marketing (Pemasaran Seluler)

Keuntungan Pemasaran Seluler

Akses mudah

Mari kita hadapi itu – ponsel kita ada di sisi kita hampir sepanjang hari. Selanjutnya, rata-rata pengguna menghabiskan lebih dari satu jam per hari di lima aplikasi media sosial teratas dan akan mengetuk, menggesek, dan mengeklik telepon mereka lebih dari 2.600 kali sehari.

Pada 2019, Pew Research Center mencatat bahwa 37% orang dewasa di AS mengatakan bahwa mereka kebanyakan menggunakan ponsel cerdas saat mengakses internet. Semua ini adalah alasan mengapa Anda harus fokus pada pemasaran seluler. Aksesibilitas telepon akan memastikan bahwa iklan / kampanye Anda dapat dengan mudah dilihat oleh kami, pengguna.

Lokasi dan personalisasi

Dengan pemasaran seluler, Anda dapat menjangkau orang-orang di mana saja, kapan saja – di kantor, di rumah, atau bahkan saat liburan (kami biasanya tidak mendukung yang terakhir ini).

Dan dengan menggunakan pemasaran berbasis lokasi, banyak informasi dapat dikumpulkan tentang preferensi pengguna, semuanya karena telepon mereka.

Ini membantu personalisasi iklan – iklan bertarget yang dapat disesuaikan untuk berbicara langsung dengan satu orang, berdasarkan hal-hal seperti riwayat pembelian dan lokasi.

Potensi virus

Mari kita akui – kita suka berbagi sesuatu dengan keluarga dan teman kita, terutama jika iklan atau kontennya bagus, menarik, atau memiliki nilai lain.

Pemasaran seluler (mobile marketing) meningkatkan potensi hal-hal menjadi “viral”. Anda akan mendapatkan lebih banyak eksposur tanpa usaha atau biaya ekstra.

Transaksi instan

Seluler adalah teman Anda jika Anda adalah pembeli impulsif – dan selanjutnya, tentu saja, jika Anda seorang penjual. Anggap saja seperti mengantre di toko retail favorit lokal Anda: Item ada untuk menarik perhatian Anda sambil menunggu, dan mudah-mudahan bisa mengarah pada pembelian. Periklanan seluler melakukan hal yang sama.

Kita semua menggunakan smartphone kita sebagai bentuk hiburan, dan kebosanan dapat menciptakan minat pada sesuatu yang baru. Dan sebagai penjual dengan penawaran online, Anda mampu memenuhi kebutuhan konsumen.

Efektivitas biaya

Ini mungkin salah satu keuntungan terpenting dari pemasaran seluler, dan ada beberapa cara untuk melihatnya. Karena ukuran layar perangkat seluler lebih kecil dibandingkan dengan desktop atau laptop, area yang tersedia untuk iklan menjadi terbatas, dan konten yang dibutuhkan juga jauh lebih kecil dalam ukuran dan biaya.

Untuk itu, biaya iklan seluler jauh lebih murah jika dibandingkan dengan sesuatu seperti iklan radio atau TV. Penargetan juga merupakan kontributor besar untuk ini.

Anda dapat fokus pada periklanan bertarget untuk menjangkau pelanggan yang ingin dan perlu melihat iklan Anda. Dan jika tidak berhasil, Anda dapat menghemat uang hanya dengan menghentikan kampanye Anda.

Kekurangan Pemasaran Seluler

Sedikit ruang untuk kesalahan di depan

Kesan pertama adalah segalanya. Sayangnya, jika iklan Anda memberikan kesan pertama yang negatif kepada pemirsa, itulah yang paling penting. Jadi, pastikan untuk membuat iklan atau konten Anda bebas dari kesalahan. Sangat sulit untuk memperbaiki kesalahan sebelum terlihat, karena periklanan seluler sifatnya sangat cepat.

Berpotensi menimbulkan pengalaman pengguna yang buruk

Ini mungkin dapat menimbulkan kerugian pertama, jika Anda tidak berhati-hati. Anda tahu bagaimana saya mengatakan di atas untuk “membiarkannya menjadi viral”?

Nah, iklan atau konten yang buruk bisa menjadi viral semudah yang bagus. Tinjau iklan atau konten Anda dengan hati-hati, bahkan mungkin beberapa orang memeriksanya – dan coba pastikan bahwa iklan Anda tidak akan diterima dengan cara yang buruk.

Kemungkinan masalah navigasi

Pertimbangkan ini saat merancang iklan seluler: Sekitar 80% ponsel yang dimiliki adalah ponsel cerdas, yang berarti sekitar 20% konsumen menggunakan ponsel standar. Meskipun pengguna mungkin tertarik dengan iklan Anda, beberapa mungkin tidak dapat mengaksesnya.

Biaya pengguna

Ini adalah salah satu kelemahan yang tidak boleh diabaikan. Meskipun kami melihat iklan tentang data tidak terbatas, itu tidak berarti bahwa setiap orang memiliki paket yang tidak terbatas.

Data standar dan biaya SMS mungkin berlaku untuk beberapa dari mereka yang melihat iklan Anda, jadi berhati-hatilah.

Tidak ada yang mengabaikan kebangkitan pemasaran seluler, seperti yang ditunjukkan oleh keuntungan yang disebutkan di atas. Pemasaran seluler adalah kebutuhan untuk merek yang sedang berkembang, terutama mengingat orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu di perangkat seluler mereka.

Jadi, jika Anda belum mengoptimalkan situs Anda untuk seluler atau memikirkan tentang bagaimana strategi pemasaran online Anda harus memperhitungkan orang-orang yang menggunakan ponsel cerdas, Anda harus mencobanya.

Baca juga 👉 Email Marketing Platform Terbaik dan Reviewnya – Alat Pemasaran Email Massal (Email Broadcast) Gratis untuk Menghemat Waktu dan Uang Anda


Saran Periklanan Seluler (Mobile Marketing) untuk Pemilik Situs

Butuh beberapa saat untuk lepas landas, tetapi periklanan seluler sekarang menjadi industri yang sangat besar. Namun, dibutuhkan sedikit pengetahuan untuk menguangkannya.

Hal terpenting yang harus dilakukan adalah menganggapnya sebagai aliran pendapatan tertentu.

Anda tidak dapat mengharapkan iklan desktop Anda untuk mencakup pengguna seluler juga karena mereka terlihat aneh dalam banyak kasus. Gunakan teknologi apa pun yang Anda bisa untuk memastikan bahwa jenis iklan yang berbeda muncul kepada pengguna seluler.

Iklan overlay dan footer, seperti yang ditunjukkan di atas, adalah penyiapan yang diterima secara umum.

AdWords menjalankan kedua unit iklan ini, dan hanya menampilkannya saat ada kemungkinan ada klik, sehingga bisa jadi tidak terlalu mengganggu daripada yang terlihat.

Pilihan masuk akal lainnya adalah menambahkan MPU dalam konten ke pengguna. Idealnya, ini tidak boleh muncul lebih dari sekali setiap 2 layar – karena pengguna dapat menggulir ke bawah dua layar penuh sebelum melihat iklan lagi.

Mengisi situs seluler secara berlebihan dengan iklan akan menjauhkan pengguna lebih cepat daripada di situs desktop.

Alasan utamanya adalah:

  • Penjelajahan seluler terkadang dibatasi oleh jumlah data yang dapat diunduh pengguna, jadi membuang-buangnya pada iklan membuat pengguna marah.
  • Pengguna mengharapkan informasi cepat di ponsel cerdas, dan iklan bisa menjadi berat dan sangat memperlambat segalanya.
  • Inilah mengapa pemblokiran iklan sebenarnya disediakan oleh jaringan seluler dalam beberapa kasus. Artinya, sayangnya periklanan seluler tidak dapat diandalkan.
  • Jika situs Anda cukup besar, carilah jaringan periklanan seluler untuk bekerja sama dan ikuti saran mereka tentang cara memaksimalkan pendapatan.

Baca juga 👉 Copywriting (Naskah Iklan) – Belajar Teknik Copywriting, Gaya Bahasa dan Contoh


Saran Periklanan Seluler (Mobile Marketing) untuk Pembeli Iklan

Periklanan seluler belum distandarisasi oleh IAB: Interactive Advertising Bureau (meskipun sedang dalam proses).

Ini berarti Anda tidak dapat membuat “unit iklan seluler” dan menjalankannya di situs mana pun yang Anda pilih, seperti dengan 300 × 250 atau 728 × 90, karena situs yang berbeda menjalankan ukuran iklan yang berbeda.

Bukan hanya ukuran iklan yang bervariasi, tetapi teknologi yang menjalankannya juga berbeda, seperti halnya ukuran layar perangkat yang dimaksudkan. Ini semua berarti saat ini sulit untuk membeli inventaris seluler dalam skala besar dengan biaya yang wajar.

Namun, ada jumlah inventaris iklan yang luar biasa yang tersedia untuk dibeli dari masing-masing vendor, jadi jika Anda dapat menjalin hubungan kerja yang baik dengan jaringan seluler yang besar, ini mungkin bermanfaat bagi Anda.

Seperti biasa, Panduan Periklanan Online menyarankan untuk menguji apa yang terbaik untuk Anda. Dengan periklanan Seluler, mungkin perlu beberapa saat untuk melakukan banyak pengujian karena industri ini terfragmentasi, namun, jika Anda dapat menemukan ROI yang positif, maka Anda akan terpikat.


Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Investopedia, The Brandon Agency, Adjust, The Online Advertising Guide, Simplexity

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2020-09-10T16:20:28+07:00 September 8th, 2020|Business Marketing|0 Comments

Leave A Comment