Kanker Pankreas – Gejala, Penyebab, Diagnosis, Pengobatan, Pencegahan

24 min read

Kanker pankreas

Kanker Pankreas

Kanker pankreas disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel yang tidak normal dan tidak terkendali di pankreas, kelenjar besar yang merupakan bagian dari sistem pencernaan.

Pankreas terletak di belakang perut dan di depan tulang belakang. Ada dua jenis sel di pankreas. Sel pankreas eksokrin membuat enzim yang dilepaskan ke dalam usus kecil untuk membantu tubuh mencerna makanan. Sel pankreas neuroendokrin (seperti sel pulau kecil) membuat beberapa hormon, termasuk insulin dan glukagon, yang membantu mengendalikan kadar gula dalam darah. Kebanyakan kanker pankreas terbentuk pada sel eksokrin. Tumor ini tidak mengeluarkan hormon dan tidak menimbulkan tanda atau gejala.

Pankreas mengeluarkan enzim yang membantu pencernaan dan hormon pengatur metabolisme gula. Jenis kanker ini sering terlambat dideteksi, cepat menyebar dan memiliki prognosis yang buruk.

Hal ini membuat sulit untuk mendiagnosa jenis kanker pankreas ini sejak dini. Bagi kebanyakan pasien dengan kanker pankreas eksokrin, perawatan saat ini tidak menyembuhkan kanker.

Beberapa jenis tumor neuroendokrin pankreas ganas, seperti tumor sel islet, memiliki prognosis yang lebih baik daripada kanker eksokrin pankreas.


Tumor kanker pankreas

Tumor kanker pankreas dapat menyerang dan menghancurkan jaringan di dekatnya. Hal ini juga dapat menyebar (metastasis) ke bagian lain dari tubuh. Tumor kanker disebut juga tumor ganas. Sekitar 95% dari semua tumor pankreas kanker dimulai di sel eksokrin. Sel eksokrin membuat dan melepaskan cairan yang membantu pencernaan.

Adenokarsinoma duktal adalah tumor kanker pankreas yang paling umum. Ini menyumbang sekitar 95% dari semua kanker pankreas. Ini mempengaruhi 1,5 hingga 2 kali lebih banyak pria daripada wanita, dan biasanya muncul antara usia 60 dan 80 tahun.

Karsinoma duktal dimulai di sel-sel yang melapisi saluran pankreas. Banyak adenokarsinoma duktal dimulai di kepala pankreas. Mereka juga dapat melakukannya di tubuh atau di ekor pankreas.

Tumor pankreas langka

Tumor pankreas kanker berikut ini jarang terjadi.

Karsinoma adenosquamous, juga disebut adenoacanthoma, menyerang pria 3 kali lebih banyak daripada wanita. Itu bisa muncul pada usia berapa pun. Ini diobati dengan operasi, kemoterapi atau radioterapi.

Tumor neuroendokrin pankreas (TNP) lebih sering terjadi pada pria daripada wanita. Biasanya menyerang orang yang berusia di atas 60 tahun. Itu muncul di bagian mana pun dari pankreas. Ini diobati dengan kombinasi agen kemoterapi diikuti dengan pembedahan atau radioterapi.

Cystadenocarcinoma agak lebih umum pada wanita dibandingkan pada pria. Ini dapat muncul pada usia berapa pun, tetapi usia rata-rata saat diagnosis adalah 48. Tumor ini terutama menyerang orang tanpa riwayat pankreatitis (radang atau infeksi pankreas). Cystadenocarcinoma diobati dengan pembedahan. Dokter belum memutuskan jenis operasi apa yang terbaik untuk dilakukan karena cystadenocarcinoma sangat jarang.

Karsinoma sel asinar lebih banyak menyerang pria daripada wanita. Itu dapat bermanifestasi pada usia berapa pun. Tumor ini dapat membentuk benjolan pada kulit kaki kemudian lengan, dada, perut dan kulit kepala. Karsinoma sel asinar juga dapat menyebabkan radang sendi, yang menyebabkan rasa sakit saat Anda menggerakkan sendi tetapi dengan sedikit pembengkakan. Karsinoma sel asinar diobati dengan pembedahan, kemoterapi atau terapi radiasi.

Adenokarsinoma polimorfik, juga disebut karsinoma sel raksasa atau karsinoma sarkoma, sedikit lebih sering terjadi pada pria daripada wanita. Ini sebagian besar mempengaruhi orang-orang berusia 60-an dan usia rata-rata saat diagnosis adalah 67 tahun. Dalam kasus yang jarang terjadi, tumor ini dapat menyebabkan penyakit kuning. Adenokarsinoma polimorfik diobati dengan pembedahan, kemoterapi, atau terapi radiasi.

Mikroadenokarsinoma cenderung tumbuh besar dan biasanya muncul di kepala atau ekor pankreas. Usia rata-rata saat diagnosis adalah 40 tahun. Mikroadenokarsinoma diobati dengan pembedahan, kemoterapi atau radioterapi.

Pankreatoblastoma paling sering terlihat pada anak-anak. Tumor ini diangkat dengan operasi.

Onkositoma ganas sangat jarang. Karena sangat jarang, para ahli tidak yakin dengan usia rata-rata saat diagnosis dan apakah itu lebih banyak menyerang pria daripada wanita.

Limfoma adalah jenis kanker yang dimulai pada limfosit, sejenis sel darah putih. Sangat jarang limfoma dimulai di pankreas. Ini disebut limfoma primer pankreas. Tampaknya mempengaruhi pria lebih dari wanita, tetapi usia rata-rata saat diagnosis adalah 65. Perawatan didasarkan pada stadium dan jenis tumor tertentu.

Sarkoma adalah jenis kanker yang dimulai di jaringan ikat. Sangat jarang sarkoma dimulai di pankreas. Ini disebut sarkoma primer pankreas. Sebagian besar sarkoma pankreas bermetastasis oleh sarkoma yang dimulai di perut.


Kondisi prakanker pankreas

Kondisi prakanker pankreas adalah perubahan pada sel-sel pankreas yang membuatnya lebih mungkin menjadi kanker. Kondisi ini belum bersifat kanker, tetapi perubahan abnormal pada sel dapat berubah menjadi kanker pankreas jika tidak ditangani.

Kondisi prakanker pankreas yang paling umum adalah ini.

Tumor kistik mucinous (TKM) diamati di tubuh atau ekor pankreas. Paling sering mempengaruhi wanita antara usia 40 dan 50.

Mucinous papillary intracanal tumor biasanya terlihat di kepala pankreas. Ini mempengaruhi pria dan wanita, biasanya mereka yang berusia enam puluhan (60 tahun) dan mereka yang berusia tujuh puluhan (70 tahun).

Tumor pseudopapiler padat paling sering muncul di ekor pankreas. Hal ini juga dikenal sebagai tumor Hamoudi. Ini paling sering mempengaruhi wanita berusia dua puluhan atau tiga puluhan.

Tumor neuroendokrin dapat bersifat prakanker atau kanker. Dokter melihat sampel tumor di bawah mikroskop untuk melihat apakah itu kanker atau tidak. Tumor yang berdiameter lebih dari 5 cm biasanya bersifat kanker. Terkadang tumor neuroendokrin dapat menghasilkan hormon berlebih, terutama insulin.

Gejala

Tanda dan gejala kondisi prakanker pankreas meliputi:

rasa sakit yang tidak jelas atau ketidaknyamanan di perut
massa perut yang kencang dan tidak responsif
menguningnya kulit dan bagian putih mata (jaundice)
penurunan berat badan
gejala diabetes termasuk rasa haus yang tidak biasa, sering buang air kecil, kelelahan ekstrim atau kekurangan energi, gugup dan berkeringat

Diagnostik

Jika Anda memiliki gejala atau jika dokter Anda berpikir Anda mungkin memiliki kondisi prakanker pankreas, Anda akan menjalani tes. Tes yang memungkinkan untuk mendiagnosis kondisi prakanker pankreas meliputi:

USG, yang mungkin termasuk endoskopi (EE)
Biopsi jarum halus dipandu oleh endoskopi
Tomografi komputer (CT scan)
Kolangiopankreatografi retrograde endoskopik (ERCP)
Pemeriksaan pencitraan resonansi magnetik (MRI)

Perawatan

Pembedahan biasanya digunakan untuk mengobati kondisi prakanker pankreas. Sebagian besar kondisi prakanker dapat dihilangkan sepenuhnya. Jenis operasi yang dilakukan tergantung pada lokasi tumor di pankreas.

Pankreatektomi distal digunakan ketika tumor terletak di tubuh atau ekor pankreas. Operasi ini mengangkat ekor pankreas, atau ekor dan bagian tubuh pankreas, bersama dengan kelenjar getah bening di dekatnya. Limpa hanya diangkat jika tumor telah tumbuh ke dalam limpa atau pembuluh darah yang mensuplainya.

Operasi Whipple, juga disebut pancreatoduodenectomy, digunakan ketika tumor terletak di kepala pankreas. Operasi ini mengangkat kepala pankreas serta bagian dari duodenum (segmen pertama dari usus kecil), kantong empedu, bagian dari saluran empedu, pilorus (bagian bawah lambung yang terhubung ke duodenum) dan kelenjar getah bening di dekat kepala pankreas.


Tumor pankreas non-kanker

Tumor pankreas non-kanker (jinak) adalah pertumbuhan yang tidak menyebar (bermetastasis) ke bagian tubuh lainnya. Tumor non-kanker biasanya tidak mengancam jiwa. Mereka biasanya diangkat dengan operasi dan biasanya tidak kembali (kambuh).

Ada beberapa jenis tumor pankreas non-kanker.

Pseudokista pankreas
Pseudokista pankreas adalah kantung cairan bening atau kekuningan. Cairan ini memiliki jumlah enzim pankreas yang tinggi, termasuk amilase, lipase dan tripsin.

Pseudokista pankreas lebih sering terjadi pada pria daripada wanita. Terkadang satu pseudokista berkembang. Terkadang banyak, atau banyak, pseudokista berkembang. Sekitar dua pertiga dari semua pseudokista pankreas berkembang di ekor pankreas.

Pseudokista biasanya disebabkan oleh cedera pada pankreas atau pankreatitis. Pankreatitis adalah peradangan atau infeksi pada pankreas. Ini bisa akut, yang berarti datang tiba-tiba dan berlangsung dalam waktu singkat. Ini juga bisa menjadi kronis, yang berarti berlangsung lama, tetapi dengan gejala yang lebih ringan dibandingkan dengan pankreatitis akut.

Pseudokista pankreas dapat hilang dengan sendirinya. Jika mereka menyebabkan rasa sakit atau infeksi berkembang, dokter akan menghapusnya.

Neoplasma kistik serosa (SCN: Serous cystic neoplasm)
Neoplasma kistik serosa (SCN) adalah tumor non-kanker yang berkembang dari jaringan kelenjar. Ini juga disebut cystadenoma serosa. Jaringan kelenjar sering membuat dan melepaskan cairan. SCN terbentuk ketika cairan menumpuk dan membentuk kista.

SCN lebih sering terjadi pada wanita daripada pria. Kebanyakan SCN terjadi di kepala dan tubuh pankreas.

SCN jarang menimbulkan gejala. Jika mereka menyebabkan gejala, seperti rasa sakit, mereka diobati. Mereka biasanya diangkat dengan operasi.


Gejala kanker pankreas

Pada tahap awal, tumor di pankreas biasanya tidak menyebabkan gejala apa pun, yang dapat membuat sulit untuk didiagnosis.

Gejala pertama yang terlihat dari kanker pankreas adalah:

  • Rasa sakit di daerah punggung atau perut – yang mungkin datang dan pergi pada awalnya dan seringkali lebih buruk ketika berbaring atau setelah makan.
  • Penurunan berat badan yang tak terduga.
  • Menguningnya kulit dan putih mata (jaundice) – itu juga dapat menyebabkan kencing kuning atau oranye gelap, kotoran berwarna pucat dan kulit gatal.

Gejala-gejala lain yang mungkin dari kanker pankreas termasuk:

  • Merasa sakit.
  • Perubahan buang air besar (diare atau konstipasi).
  • Demam dan menggigil.
  • Gangguan pencernaan.
  • Gumpalan darah.

Penting untuk diingat bahwa gejala-gejala ini dapat disebabkan oleh berbagai kondisi dan biasanya bukan merupakan hasil dari kanker.

Tetapi Anda harus menghubungi dokter umum jika Anda khawatir atau gejala-gejala ini mulai tiba-tiba.

Anda juga dapat mengembangkan gejala diabetes jika Anda memiliki kanker pankreas. Ini karena tumor dapat menghentikan produksi insulin pankreas seperti biasanya.


Klasifikasi histologis kanker pankreas (grade)

Grade ditentukan oleh penampilan sel kanker dibandingkan dengan sel normal. Untuk menentukan tingkat kanker pankreas, ahli patologi memeriksa sampel jaringan yang diambil dari tumor di bawah mikroskop. Ahli patologi memberikan nilai 1 sampai 4 untuk kanker pankreas. Semakin rendah angka ini, semakin rendah pangkatnya.

Istilah diferensiasi digunakan untuk merujuk pada perbedaan sel kanker.

Sel kanker tingkat rendah berdiferensiasi baik. Mereka hampir terlihat seperti sel normal. Mereka cenderung tumbuh lambat dan kecil kemungkinannya untuk menyebar.

Sel kanker tingkat tinggi berdiferensiasi buruk atau tidak berdiferensiasi. Penampilan mereka kurang normal, atau lebih abnormal. Mereka cenderung tumbuh lebih cepat daripada sel kanker tingkat rendah.

Mengetahui tingkatannya memberi tim kesehatan Anda gambaran tentang seberapa cepat kanker dapat tumbuh dan seberapa besar kemungkinannya untuk menyebar. Ini membantunya merencanakan perawatan Anda. Tingkat juga dapat membantu tim kesehatan menentukan kemungkinan hasil penyakit (prognosis) dan memprediksi bagaimana kanker mungkin merespon pengobatan.

Anatomi pankreas
Anatomi pankreas.

Penyebab Kanker Pankreas

Terjadi ketika sel-sel di pankreas tumbuh, membelah dan menyebar tak terkendali, membentuk tumor ganas. Penyebab pasti kanker ini tidak diketahui.

Merokok merupakan faktor risiko utama untuk kanker pankreas: merokok kira-kira dapat melipatgandakan risiko terkena kanker ini, jika dibandingkan dengan orang yang bukan perokok. Sementara diabetes bukanlah faktor risiko untuk kanker ini, keduanya telah dikaitkan. Umur, ras dan riwayat keluarga merupakan faktor risiko kanker pankreas lainnya.

Seperti kasus kanker pada umumnya, karsinogen tercetus oleh sinergis banyak faktor antara lain:

  • Kebiasaan merokok.

  • Kurangnya asupan sayur dan buah.

  • Tingginya asupan daging merah.

  • Gemuk.

  • Diabetes mellitus.

  • Pankreatitis kronis.

  • Infeksi Helicobacter pylori (bakteri mikroaerofil Gram-negatif yang biasanya ditemukan di lambung). Bakteri gram-negatif adalah bakteri yang tidak mempertahankan zat warna kristal violet sewaktu proses pewarnaan Gram sehingga akan berwarna merah bila diamati dengan mikroskop.

  • Gingivitis (perubahan patologis yang disertai adanya tanda-tanda inflamasi. Gingivitis dapat kita kenal dengan istilah gusi bengkak atau gusi yang meradang).

Kanker pankreas
Kanker pankreas.

Jenis Kanker Pankreas

Banyak jenis kanker pankreas dapat dibagi menjadi dua kelompok umum. Sebagian besar kasus (sekitar 95%) terjadi di bagian pankreas yang menghasilkan enzim pencernaan, yang dikenal sebagai komponen eksokrin. Beberapa subtipe kanker pankreas eksokrin dijelaskan, tetapi diagnosis dan pengobatannya memiliki banyak kesamaan. Sebagian kecil kanker yang muncul di jaringan penghasil hormon (endokrin) pankreas memiliki karakteristik klinis yang berbeda dan disebut tumor neuroendokrin pankreas, kadang-kadang disingkat sebagai “PanNETs: pancreatic neuroendocrine tumors”. Kedua kelompok terjadi terutama (tetapi tidak secara eksklusif) pada orang di atas 40, dan sedikit lebih umum pada pria, tetapi beberapa subtipe langka terutama terjadi pada wanita atau anak-anak.

Kanker eksokrin

Kelompok eksokrin didominasi oleh adenokarsinoma pankreas (variasi dari nama ini dapat menambahkan “invasif” dan “duktal”), yang sejauh ini merupakan jenis yang paling umum, mewakili sekitar 85% dari semua kanker pankreas. Hampir semua ini dimulai di saluran pankreas, sebagai adenokarsinoma duktal pankreas (PDAC). Ini terlepas dari fakta bahwa jaringan dari mana ia muncul – epitel duktus pankreas – mewakili kurang dari 10% pankreas berdasarkan volume sel, karena ia hanya merupakan saluran (sistem saluran yang luas tetapi seperti kapiler yang menyebar keluar) di dalamnya pankreas.

Kanker ini berasal dari saluran yang membawa sekresi (seperti enzim dan bikarbonat) dari pankreas. Sekitar 60-70% adenokarsinoma terjadi di kepala pankreas. Jenis paling umum berikutnya, karsinoma sel asinar pankreas, muncul di kelompok sel yang menghasilkan enzim ini, dan mewakili 5% kanker pankreas eksokrin.

Seperti kanker endokrin yang ‘berfungsi’ yang dijelaskan di bawah, karsinoma sel asinar dapat menyebabkan produksi berlebih dari molekul tertentu, dalam hal ini enzim pencernaan, yang dapat menyebabkan gejala seperti ruam kulit dan nyeri sendi.

Cystadenocarcinomas merupakan 1% dari kanker pankreas, dan mereka memiliki prognosis yang lebih baik daripada tipe eksokrin lainnya. Pankreatoblastoma adalah bentuk yang jarang, kebanyakan terjadi pada masa kanak-kanak, dan dengan prognosis yang relatif baik. Kanker eksokrin lainnya termasuk karsinoma adenosquamous, karsinoma sel cincin meterai, karsinoma hepatoid, karsinoma koloid, karsinoma yang tidak berdiferensiasi, dan karsinoma yang tidak berdiferensiasi dengan sel raksasa mirip osteoklas.

Tumor pseudopapiler padat adalah neoplasma derajat rendah langka yang terutama menyerang wanita yang lebih muda, dan umumnya memiliki prognosis yang sangat baik. Neoplasma kistik musinosa pankreas adalah sekelompok besar tumor pankreas yang memiliki berbagai potensi ganas. Mereka terdeteksi pada tingkat yang sangat meningkat karena CT scan menjadi lebih kuat dan umum, dan diskusi berlanjut tentang cara terbaik untuk menilai dan merawatnya, mengingat banyak yang jinak.

Neuroendokrin

Sebagian kecil tumor yang muncul di tempat lain di pankreas adalah tumor neuroendokrin pankreas (PanNETs). Tumor neuroendokrin (NET) adalah kelompok beragam tumor jinak atau ganas yang muncul dari sel neuroendokrin tubuh, yang bertanggung jawab untuk mengintegrasikan sistem saraf dan endokrin. NET dapat dimulai di sebagian besar organ tubuh, termasuk pankreas, di mana berbagai jenis ganas semuanya dianggap langka. PanNET dikelompokkan menjadi jenis ‘berfungsi’ dan ‘tidak berfungsi’, tergantung pada sejauh mana mereka menghasilkan hormon. Jenis yang berfungsi mengeluarkan hormon seperti insulin, gastrin, dan glukagon ke dalam aliran darah, seringkali dalam jumlah besar, sehingga menimbulkan gejala serius seperti gula darah rendah, tetapi juga mendukung deteksi yang relatif dini.

PanNET yang berfungsi paling umum adalah insulinomas dan gastrinomas, dinamai menurut hormon yang mereka keluarkan. Jenis yang tidak berfungsi tidak mengeluarkan hormon dalam jumlah yang cukup untuk menimbulkan gejala klinis yang jelas, sehingga PanNET yang tidak berfungsi sering kali didiagnosis hanya setelah kanker menyebar ke bagian lain dari tubuh.

Seperti tumor neuroendokrin lainnya, sejarah terminologi dan klasifikasi PanNET sangat kompleks. PanNET terkadang disebut “kanker sel pulau”, meskipun mereka sekarang diketahui sebenarnya tidak muncul dari sel pulau kecil seperti yang diperkirakan sebelumnya.


Pencegahan Kanker Pankreas

Tidak ada cara yang diketahui untuk mencegah kanker pankreas.

Faktor risiko kanker pankreas

Faktor risiko adalah sesuatu, seperti perilaku, zat, atau kondisi yang meningkatkan risiko terkena kanker. Sebagian besar kanker disebabkan oleh banyak faktor risiko, tetapi terkadang kanker pankreas berkembang pada orang yang tidak memiliki salah satu faktor risiko yang dijelaskan di bawah ini.

Kondisi prakanker pankreas termasuk tumor kistik mucinous (TKM) dan tumor mucinous papiler intrakanal (TIPM). Kondisi ini tidak bersifat kanker, tetapi dapat berubah menjadi kanker pankreas jika tidak ditangani. Faktor risiko tertentu untuk kanker pankreas juga dapat menyebabkan kondisi prakanker ini.

Faktor risiko biasanya diurutkan dari yang paling penting hingga yang paling tidak penting. Tetapi dalam kebanyakan kasus, tidak mungkin untuk menentukan peringkat mereka dengan kepastian yang mutlak.

Faktor risiko yang diketahui

Ada bukti yang meyakinkan bahwa faktor-faktor berikut meningkatkan risiko Anda terkena kanker pankreas.

Tembakau
20-30% dari kanker pankreas terkait dengan merokok tembakau. Risiko meningkat dengan jumlah rokok dan jumlah tahun Anda merokok. Risiko berkurang segera setelah Anda berhenti merokok. Semakin lama periode setelah berhenti merokok, semakin rendah risiko kanker pankreas. Merokok cerutu atau pipa, atau menggunakan produk tembakau tanpa asap, seperti mengunyah tembakau dan tembakau, juga meningkatkan risiko kanker pankreas.

Kegemukan
Orang yang mengalami obesitas atau memiliki indeks massa tubuh (BMI) tinggi lebih mungkin mengembangkan kanker pankreas.

Diabetes
Kanker pankreas lebih sering terjadi pada penderita diabetes, tetapi belum sepenuhnya dipahami mengapa. Mungkin obesitas merupakan faktor risiko diabetes dan kanker pankreas, atau diabetes bisa menjadi tanda awal kanker pankreas.

Riwayat keluarga kanker pankreas pancreatic
Sekitar 10-20% dari kanker pankreas adalah keturunan, atau keluarga, yang berarti bahwa beberapa anggota keluarga memilikinya. Pada kanker pankreas familial, setidaknya 2 kerabat tingkat pertama (ayah, ibu, saudara laki-laki, saudara perempuan atau anak) atau 3 anggota keluarga telah didiagnosis menderita kanker pankreas. Risiko kanker pankreas meningkat dengan jumlah anggota keluarga yang memilikinya. Pada beberapa keluarga, peningkatan risiko mungkin disebabkan oleh kelainan genetik yang diturunkan. Yang lain mengatakan dokter tidak tahu apa yang menyebabkan peningkatan jumlah kasus.

Kelainan genetik tertentu
Kelainan genetik berikut ini terkait dengan peningkatan risiko kanker pankreas.

Kanker payudara dan ovarium herediter adalah kondisi bawaan yang disebabkan oleh perubahan (mutasi) yang terjadi pada gen BRCA1 atau BRCA2. Orang dengan kanker payudara dan ovarium yang diturunkan memiliki peningkatan risiko kanker payudara, ovarium, prostat, pankreas, dan tuba fallopi.

Sindrom nevus displastik (FAMMM) adalah kondisi bawaan yang biasanya mempengaruhi beberapa anggota keluarga. Melanoma dan sejumlah besar tahi lalat atipikal (nevi) berkembang pada anggota keluarga yang memiliki FAMMM. Nevus biasanya berbeda ukuran dan warna. FAMMM disebabkan oleh mutasi pada gen p16.

Sindrom Peutz-Jeghers adalah sindrom bawaan yang menyebabkan sejumlah besar polip terbentuk di saluran pencernaan. Ini juga menyebabkan bintik-bintik hitam muncul di bibir dan di sekitar dan di dalam mulut.

Sindrom Lynch (juga disebut kanker kolorektal nonpolyposis herediter, atau HNPCC) adalah sindrom bawaan langka yang dapat menyebabkan kanker kolorektal. Seseorang dengan sindrom Lynch tipe B lebih mungkin terkena kanker lain, termasuk kanker pankreas.

Pankreatitis herediter adalah kondisi genetik langka yang menyebabkan pankreatitis parah pada usia muda, seringkali sebelum anak berusia 10 tahun. Pankreatitis adalah peradangan pada pankreas.

Multiple endokrin neoplasia tipe 1 (MEN 1) dan penyakit von Hippel-Lindau adalah kelainan genetik. Mereka dapat meningkatkan risiko kanker neuroendokrin pankreas (kanker pulau).

Pankreatitis kronis
Pankreatitis kronis adalah peradangan pankreas yang berkepanjangan. Orang dengan kondisi ini lebih mungkin terkena kanker pankreas. Beberapa penelitian juga menunjukkan hubungan antara pankreatitis akut dan kanker pankreas. Pankreatitis akut adalah peradangan pankreas yang tiba-tiba dan berumur pendek.

Konsumsi daging merah
Penelitian telah menunjukkan bahwa makan daging merah meningkatkan risiko kanker pankreas.

Faktor risiko yang mungkin
Faktor-faktor berikut telah dikaitkan dengan kanker pankreas, tetapi tidak ada cukup bukti untuk mengatakan bahwa mereka adalah faktor risiko yang diketahui. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memperjelas peran faktor-faktor ini dalam perkembangan kanker pankreas.

Alkohol
Menurut beberapa penelitian, konsumsi alkohol yang berlebihan dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker pankreas. Ini mungkin karena konsumsi alkohol yang berlebihan merupakan penyebab umum pankreatitis kronis.

Ketidakaktifan fisik
Penelitian menunjukkan bahwa orang yang aktif secara fisik secara teratur mungkin lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan kanker pankreas.

Konsumsi daging olahan
Beberapa penelitian menunjukkan hubungan antara konsumsi daging olahan dan peningkatan risiko kanker pankreas.

Paparan bahan kimia di tempat kerja
Penelitian telah menunjukkan bahwa paparan kerja terhadap bahan kimia tertentu selama lebih dari 10 tahun meningkatkan risiko kanker pankreas. Produk-produk tersebut antara lain sebagai berikut:

senyawa dan pelarut minyak bumi
beberapa pewarna
bahan kimia yang dibutuhkan untuk pemurnian
hidrokarbon aromatik polisiklik dan hidrokarbon terklorinasi
Helicobacter pylori
Helicobacter pylori (H. pylori) adalah bakteri yang tumbuh subur di lapisan dalam lambung. Beberapa penelitian menunjukkan hubungan antara infeksi H. pylori dan peningkatan risiko kanker pankreas.

virus hepatitis B
Virus hepatitis B (HBV) adalah virus yang menyebabkan infeksi pada hati. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa infeksi HBV meningkatkan risiko kanker pankreas.

Penyakit gusi
Para peneliti sedang mempelajari kemungkinan hubungan antara penyakit gusi (penyakit periodontal) dan kondisi medis tertentu. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ada hubungan antara penyakit gusi, atau bakteri yang menyebabkannya, dan peningkatan risiko kanker pankreas.

Fibrosis kistik
Fibrosis kistik adalah penyakit genetik yang mempengaruhi kelenjar yang menghasilkan lendir dan keringat, yang mempengaruhi fungsi paru-paru dan saluran pencernaan. Orang dengan cystic fibrosis mungkin berisiko lebih tinggi untuk kanker tertentu, termasuk kanker pankreas, jika mereka hidup dengan penyakit untuk waktu yang lama.

Sirosis hati
Sirosis terjadi ketika jaringan parut menggantikan jaringan sehat di hati. Jaringan parut menghalangi aliran darah melalui hati, mencegahnya berfungsi secara normal. Sirosis disebabkan oleh kerusakan jangka panjang pada jaringan hati, seperti terlalu banyak minum alkohol dan atau terinfeksi virus hepatitis B atau C. Penelitian menunjukkan bahwa sirosis meningkatkan risiko kanker payudara, hati, tetapi juga dapat meningkatkan risiko dari kanker pankreas.

Faktor risiko yang tidak diketahui
Belum jelas apakah faktor-faktor berikut ini terkait dengan kanker pankreas. Ini mungkin karena para peneliti tidak dapat secara definitif membangun hubungan ini, atau penelitian telah menghasilkan hasil yang berbeda. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui apakah berikut ini adalah faktor risiko kanker pankreas:

operasi untuk mengangkat kantong empedu (kolesistektomi)
paparan pestisida

Mengurangi risiko kanker pankreas

Anda dapat mengurangi risiko kanker pankreas dengan mengadopsi perilaku berikut.

Jangan merokok dan hindari perokok pasif
Merokok tembakau menyebabkan 20-30% dari semua kanker pankreas. Tidak merokok adalah cara terbaik untuk menurunkan risiko kanker pankreas.

Hidup bebas rokok. Jika Anda merokok, dapatkan bantuan untuk berhenti. Jangan mengonsumsi produk tembakau apa pun, termasuk tembakau kunyah, cerutu, cerutu, dan pipa. Hindari perokok pasif.

Pertahankan berat badan yang sehat
Penelitian telah menunjukkan bahwa obesitas meningkatkan risiko kanker pankreas. Anda dapat mengurangi risiko Anda dengan mempertahankan berat badan yang sehat. Makan dengan baik dan aktif secara fisik dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat.

Batasi konsumsi alkohol Anda
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum terlalu banyak alkohol dapat meningkatkan risiko kanker pankreas. Wanita yang memilih untuk minum alkohol harus tetap minum kurang dari 1 gelas per hari dan pria kurang dari 2 gelas per hari. Semakin sedikit Anda minum, semakin Anda mengurangi risiko.

Aktif secara fisik physically
Studi menunjukkan bahwa aktivitas fisik dapat mengurangi risiko kanker pankreas.

Batasi asupan daging merah dan daging olahan
Studi menunjukkan bahwa makan banyak daging merah dan daging olahan dapat meningkatkan risiko kanker pankreas.

Ikuti persyaratan kesehatan dan keselamatan kerja
Paparan bahan kimia tertentu dan pekerjaan tertentu dapat meningkatkan risiko kanker pankreas. Ikuti persyaratan kesehatan dan keselamatan kerja saat bekerja dengan bahan kimia berbahaya.

Cari tahu apakah risiko kanker pankreas Anda tinggi

Beberapa orang mungkin memiliki risiko lebih tinggi dari rata-rata terkena kanker pankreas. Diskusikan risiko Anda dengan dokter Anda. Jika di atas rata-rata, Anda mungkin memerlukan rencana penyaringan yang dipersonalisasi.


Diagnosis Kanker Pankreas

Diagnosa adalah proses menemukan penyebab dari suatu masalah kesehatan. Mendiagnosis kanker pankreas biasanya dimulai dengan kunjungan ke dokter keluarga Anda. Dokter Anda akan menanyakan gejala apa pun yang Anda miliki dan melakukan pemeriksaan fisik. Berdasarkan informasi ini, dokter Anda mungkin merujuk Anda ke spesialis atau memesan tes untuk memeriksa kanker pankreas atau masalah kesehatan lainnya.

Proses diagnosis mungkin tampak lama dan membuat frustrasi. Adalah normal untuk khawatir, tetapi cobalah untuk mengingat bahwa kondisi kesehatan lain dapat menyebabkan gejala yang sama seperti kanker pankreas. Penting bagi tim perawatan kesehatan untuk mengesampingkan alasan lain untuk masalah kesehatan sebelum membuat diagnosis kanker pankreas.

Tes berikut dapat digunakan untuk menyingkirkan atau mendiagnosis kanker pankreas. Banyak dari tes yang sama yang digunakan untuk mendiagnosis kanker digunakan untuk mengetahui stadium (seberapa jauh kanker telah berkembang). Dokter Anda mungkin juga memesan tes lain untuk memeriksa kesehatan umum Anda dan untuk membantu merencanakan perawatan Anda.

Riwayat kesehatan dan pemeriksaan fisik
Riwayat kesehatan Anda adalah catatan gejala, faktor risiko, dan semua kejadian dan masalah medis yang Anda alami di masa lalu. Dokter Anda akan mengajukan pertanyaan tentang riwayat Anda:

gejala yang menunjukkan kanker pankreas
merokok tembakau
kegemukan
diabetes
pankreatitis kronis (peradangan atau infeksi pankreas)
Dokter Anda mungkin juga bertanya tentang riwayat keluarga:

kanker pankreas
sindrom kanker payudara dan ovarium herediter (HBOC)
sindrom familial atipikal multiple mol melanoma (FAMMM)
Sindrom Peutz-Jeghers
Sindrom Lynch (juga disebut kanker kolorektal non-poliposis herediter, atau HNPCC)
pankreatitis herediter
Pemeriksaan fisik memungkinkan dokter Anda untuk mencari tanda-tanda kanker pankreas. Selama pemeriksaan fisik, dokter Anda mungkin:

periksa kulit dan bagian putih mata Anda untuk penyakit kuning
rasakan perut Anda apakah ada benjolan atau pembengkakan
rasakan perut Anda untuk melihat apakah kantong empedu, hati, atau limpa Anda lebih besar dari biasanya
periksa kaki Anda untuk bengkak
periksa kelenjar getah bening di atas tulang selangka Anda dan di tempat lain untuk melihat apakah mereka bengkak

Hitung darah lengkap (CBC: Complete blood count)
CBC mengukur jumlah dan kualitas sel darah putih, sel darah merah dan trombosit. CBC dilakukan untuk menunjukkan seberapa baik sumsum tulang dan organ tertentu berfungsi. Ini juga digunakan untuk memberikan garis dasar yang dapat digunakan dokter Anda untuk membandingkan jumlah darah selama dan setelah perawatan.

Tes kimia darah
Tes kimia darah mengukur bahan kimia tertentu dalam darah. Mereka menunjukkan seberapa baik organ tertentu berfungsi dan dapat membantu menemukan kelainan. Tes kimia darah dapat digunakan untuk mengukur bahan kimia berikut:

bilirubin
alkali fosfatase
laktat dehidrogenase (LDH)
alanin aminotransferase (ALT)
aspartat transaminase (AST)
amilase
Peningkatan kadar salah satu bahan kimia ini dapat mengindikasikan:

penyumbatan di saluran empedu atau saluran pankreas
pankreatitis (peradangan atau infeksi pankreas)
kanker pankreas telah menyebar ke hati

Tes penanda tumor
Penanda tumor adalah zat yang ditemukan dalam darah, jaringan atau cairan yang dikeluarkan dari tubuh. Jumlah penanda tumor yang tidak normal dapat berarti bahwa seseorang menderita kanker pankreas.

Tes penanda tumor umumnya digunakan untuk memeriksa respons Anda terhadap pengobatan kanker. Mereka juga dapat digunakan untuk mendiagnosis kanker pankreas. Tes-tes ini tidak sensitif atau cukup spesifik untuk digunakan untuk menyaring kanker pankreas.

Penanda tumor berikut dapat diukur untuk kanker pankreas.

Antigen karbohidrat 19-9 (CA19-9) adalah protein yang ditemukan dalam jumlah yang sangat kecil pada permukaan sel kanker tertentu. Tingkat CA19-9 lebih tinggi dari normal pada 70% hingga 80% orang dengan kanker pankreas.

Carcinoembryonic antigen (CEA) adalah protein yang biasanya ditemukan di jaringan janin yang sedang berkembang. Kadar CEA dalam darah menurun setelah lahir. Tingkat CEA lebih tinggi dari normal pada sekitar 50% orang dengan kanker pankreas.

Cari tahu lebih lanjut tentang tes penanda tumor.

CT scan
Pemindaian computed tomography (CT) menggunakan peralatan sinar-x khusus untuk membuat gambar 3-D dan penampang organ, jaringan, tulang, dan pembuluh darah di dalam tubuh. Komputer mengubah gambar menjadi gambar detail.

CT scan adalah tes pencitraan yang paling umum untuk kanker pankreas. Ini digunakan untuk:

temukan tumor
mengetahui ukuran tumor
cari tahu apakah tumor dapat diangkat sepenuhnya dengan operasi
mengetahui apakah kanker telah menyebar ke organ dan jaringan terdekat
memandu biopsi aspirasi jarum halus (FNA) untuk mendapatkan sampel jaringan

USG
Ultrasonografi menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk membuat gambar bagian tubuh. Ini digunakan untuk:

temukan tumor
membantu membedakan berbagai jenis tumor
memandu biopsi aspirasi jarum halus (FNA) untuk mendapatkan sampel jaringan

Ultrasonografi perut mungkin merupakan salah satu tes pertama yang dilakukan jika Anda mengalami sakit perut yang tidak dapat dijelaskan. Hal ini juga dapat digunakan untuk melihat hati.

Ultrasonografi endoskopi (EUS) adalah prosedur baru yang dapat mendiagnosis kanker pankreas lebih akurat daripada ultrasound perut. Endoskopi adalah instrumen tipis seperti tabung dengan cahaya dan lensa di ujungnya. Selama EUS, dokter melewati endoskopi ke tenggorokan, melalui kerongkongan dan perut, dan ke duodenum (bagian pertama dari usus kecil). Dokter kemudian melewati pemeriksaan ultrasound ke dalam endoskopi dan mengarahkannya ke pankreas. Pemindaian ultrasound diambil dari pankreas dan organ di sekitarnya.

EUS menghasilkan gambar yang sangat akurat dan bagus untuk menemukan tumor kecil. Dokter juga dapat mengumpulkan sampel jaringan untuk biopsi selama EUS.

MRI
Magnetic resonance imaging (MRI) menggunakan gaya magnet yang kuat dan gelombang frekuensi radio untuk membuat gambar penampang organ, jaringan, tulang, dan pembuluh darah. Komputer mengubah gambar menjadi gambar 3-D.

MRI digunakan untuk menemukan tumor dan memeriksa apakah kanker telah menyebar ke organ dan jaringan lain.

Magnetic resonance cholangiopancreatography (MRCP) adalah jenis khusus dari MRI yang menghasilkan gambar rinci dari hati, kantong empedu, saluran empedu, pankreas dan saluran pankreas.

Kolangiopankreatografi retrograde endoskopik (ERCP: Endoscopic retrograde cholangiopancreatography)
ERCP mirip dengan ultrasound endoskopi. Ini adalah prosedur yang menggunakan endoskopi (alat tipis seperti tabung dengan cahaya dan lensa di ujungnya) dan sinar-x untuk memeriksa saluran yang mengalirkan pankreas, hati, dan kantong empedu. Pewarna disuntikkan ke dalam saluran untuk membuatnya terlihat jelas pada x-ray. Sinar-X diambil segera setelah pewarna disuntikkan.

ERCP digunakan untuk:

temukan tumor yang mungkin menyebabkan penyumbatan di saluran empedu atau saluran pankreas
mengumpulkan sampel untuk biopsi
menempatkan tabung (stent) untuk meringankan penyumbatan saluran empedu

Laparoskopi
Laparoskopi adalah prosedur di mana endoskopi (alat tipis seperti tabung dengan cahaya dan lensa di ujungnya) dilewatkan melalui sayatan kecil (sayatan) di perut. Menggunakan laparoskopi dapat membantu menghindari kebutuhan untuk operasi perut yang lebih luas.

Laparoskopi digunakan untuk:

lihat pankreas dan sekitarnya
mengumpulkan sampel jaringan untuk biopsi
Biopsi
Selama biopsi, dokter mengangkat jaringan atau sel dari tubuh sehingga dapat diuji di laboratorium. Laporan dari ahli patologi akan menunjukkan apakah sel kanker ditemukan dalam sampel atau tidak.

Aspirasi jarum halus (FNA) adalah jenis biopsi yang digunakan untuk mengumpulkan sampel dari pankreas. FNA menggunakan jarum tipis dan jarum suntik untuk mengeluarkan sejumlah kecil cairan atau sel.

FNA pankreas dapat dilakukan melalui kulit. Dokter menggunakan CT scan atau ultrasound untuk memandu jarum ke tumor. FNA dapat dilakukan selama laparoskopi, EUS atau ERCP.

FNA juga dapat digunakan untuk mengumpulkan sampel dari hati untuk melihat apakah kanker telah menyebar ke hati.

Pemindaian PET
Pemindaian positron emission tomography (PET) menggunakan bahan radioaktif yang disebut radiofarmasi untuk mencari perubahan aktivitas metabolisme jaringan tubuh. Komputer menganalisis pola radioaktif dan membuat gambar berwarna 3-D dari area yang dipindai.

Pemindaian PET digunakan untuk:

temukan tumor
mengetahui apakah kanker telah menyebar ke organ dan jaringan lain

Kolangiografi transhepatik perkutan (PTC: Percutaneous transhepatic cholangiography )

PTC adalah x-ray dari saluran empedu dan hati. Dokter memasukkan jarum tipis melalui kulit ke dalam area saluran empedu. Sebuah media kontras, atau pewarna khusus, disuntikkan ke dalam saluran empedu. Pewarna menguraikan struktur saluran empedu dan hati pada x-ray.

Sebuah PTC dapat digunakan untuk mengetahui apakah ada penyumbatan di saluran empedu. Dokter juga dapat menggunakan PTC untuk memandu mereka saat memasang stent untuk membuka saluran empedu yang tersumbat.


Jika kanker pankreas menyebar
Sel kanker dapat menyebar dari pankreas ke bagian tubuh lainnya. Penyebaran ini disebut metastasis.

Memahami bagaimana jenis kanker biasanya tumbuh dan menyebar membantu tim perawatan kesehatan Anda merencanakan perawatan dan perawatan Anda di masa depan. Jika kanker pankreas menyebar, dapat menyebar ke bagian tubuh berikut:

kelenjar getah bening terdekat
saluran empedu
ketinggalan
peritoneum (lapisan perut)
hati
paru-paru
tulang


Prognosis dan kelangsungan hidup untuk kanker pankreas

Jika Anda menderita kanker pankreas, Anda mungkin bertanya-tanya tentang prognosis Anda. Prognosis adalah tindakan terbaik yang dilakukan dokter untuk menilai bagaimana kanker akan mempengaruhi seseorang dan bagaimana mereka akan menanggapi pengobatan. Prognosis dan kelangsungan hidup tergantung pada banyak faktor. Hanya dokter yang mengetahui riwayat kesehatan Anda, jenis kanker yang Anda derita, stadium dan karakteristik penyakit lainnya, perawatan yang dipilih, dan respons terhadap pengobatan yang dapat meninjau semua data ini bersama dengan statistik kelangsungan hidup hingga sampai pada suatu prognosa.

Faktor prognostik adalah aspek kanker atau karakteristik seseorang, seperti merokok, yang dipertimbangkan dokter saat membuat prognosis. Faktor prediktor mempengaruhi bagaimana kanker merespon pengobatan tertentu. Faktor prognostik dan prediktor sering dibahas bersama dan keduanya berperan dalam pilihan rencana pengobatan dan dalam menetapkan prognosis.

Berikut ini adalah faktor prognostik untuk kanker pankreas.

Resektabilitas
Resectability adalah kemampuan untuk mengangkat tumor sepenuhnya dengan pembedahan. Ini adalah salah satu faktor prognostik terpenting untuk kanker pankreas. Prognosis lebih baik bila tumor dapat diangkat seluruhnya dengan pembedahan, yaitu dapat direseksi.

Stadion
Faktor prognostik penting lainnya untuk kanker pankreas adalah stadium, yang menunjukkan di mana kanker berada di dalam tubuh. Secara umum, prognosis lebih baik jika kanker terdeteksi dini dan jika stadiumnya rendah.

Indeks fungsional
Indeks Fungsional adalah ukuran kemampuan seseorang untuk melakukan tugas-tugas rutin serta kegiatan sehari-hari mereka. Hal ini sering dinilai pada skala Indeks Fungsional Karnofsky. Orang dengan indeks fungsional tinggi (indeks Karnofsky lebih besar dari 70) sebelum operasi memiliki prognosis yang lebih baik daripada mereka yang memiliki indeks fungsional rendah.

Kelas (grade)
Kanker pankreas derajat rendah memiliki prognosis yang lebih baik daripada kanker pankreas dengan derajat lebih tinggi.

Bertahan hidup
Kelangsungan hidup adalah kemungkinan bertahan hidup dari kanker tanpa adanya penyebab kematian lainnya. Ini digunakan untuk memperkirakan persentase orang yang akan bertahan hidup dari kanker mereka.

Sebagian besar waktu, kelangsungan hidup setelah 5 tahun untuk kanker pankreas adalah 8%, yang berarti bahwa sekitar 8% orang yang didiagnosis dengan kanker pankreas akan bertahan hidup setidaknya 5 tahun.

Bertahan hidup berdasarkan tahap
Kelangsungan hidup bervariasi tergantung pada stadium kanker pankreas.

Kanker pankreas biasanya berkembang dengan cepat dan memiliki prognosis yang buruk.
Secara umum, semakin dini Anda mendiagnosis dan mengobati kanker pankreas, semakin baik prognosisnya.
Seringkali, kanker pankreas tidak terdeteksi sampai pada stadium lanjut, setelah tumor menyebar atau tidak dapat diangkat dengan operasi, yang mungkin membuatnya sedikit lebih sulit untuk diangkat.
Kanker pankreas sering muncul kembali setelah pengobatan (kembali), bahkan setelah diangkat sepenuhnya dengan operasi.
Kelangsungan hidup berdasarkan stadium untuk kanker pankreas dicatat sebagai kelangsungan hidup yang diamati setelah 5 tahun. Kelangsungan hidup yang diamati adalah persentase orang dengan jenis kanker tertentu yang masih hidup sampai waktu tertentu. Karena kelangsungan hidup yang diamati tidak memperhitungkan penyebab kematian, orang yang tidak lagi hidup 5 tahun setelah diagnosis mereka mungkin meninggal karena kanker atau penyebab lain.


Stadium atau Tahapan kanker pankreas

Pementasan menggambarkan atau mengkategorikan kanker berdasarkan seberapa banyak kanker di dalam tubuh dan di mana awalnya didiagnosis. Ini sering disebut sebagai tingkat kanker. Informasi dari tes digunakan untuk mengetahui seberapa besar tumor, bagian organ mana yang terkena kanker, apakah kanker telah menyebar dari mana asalnya dan dari mana penyebarannya. Tim perawatan kesehatan Anda menggunakan panggung untuk merencanakan perawatan Anda dan memprediksi hasilnya (prognosis Anda).

Salah satu sistem pementasan yang sering digunakan untuk kanker pankreas adalah klasifikasi TNM. Seringkali, dokter juga menggunakan sistem stadium klinis sederhana berdasarkan kemampuan untuk menghilangkan kanker pankreas dengan pembedahan (resectability).

Bisakah tumor diangkat dengan operasi?
Terlepas dari tes canggih yang digunakan untuk mendiagnosis kanker pankreas, dokter tidak selalu dapat mengetahui ukuran pasti tumor dan seberapa jauh penyebarannya sebelum menjalani operasi. Inilah sebabnya mengapa dokter sering membagi kanker pankreas ke dalam kelompok berdasarkan resectability.

Dapat direseksi
Tumor dapat direseksi ketika dapat diangkat sepenuhnya dengan operasi. Kanker dapat direseksi ketika tumor:

hanya ada di pankreas dan belum menyebar ke bagian tubuh lain (metastasis jauh);
tidak mempengaruhi vena mesenterika superior (MSV) atau vena portal;
tidak mempengaruhi arteri celiac, arteri hepatik atau arteri mesenterika superior (MSA).
Pada batas resektabilitas
Suatu tumor dapat direseksi di garis batas ketika telah menyebar ke dalam pembuluh darah besar, tetapi masih mungkin untuk mengangkatnya dan membangun kembali pembuluh darah. Kanker dapat direseksi batas ketika tumor:

belum menyebar ke bagian tubuh lain, yaitu tidak ada metastasis jauh;
menyentuh atau bersandar pada MSV atau vena portal, tetapi dokter mungkin dapat mengangkat tumor dengan aman dan merekonstruksi vena;
sangat dekat atau menyentuh arteri hepatika, tetapi tidak meluas ke arteri seliaka;
sangat dekat dengan AMS atau menyentuhnya, tetapi tidak menyerangnya.
Tidak dapat direseksi
Tumor tidak dapat direseksi ketika tidak dapat diangkat sepenuhnya dengan operasi. Ini mungkin karena kanker stadium lanjut atau metastasis secara lokal.

Lanjutan lokal berarti bahwa kanker telah menyebar terlalu jauh ke dalam pembuluh darah atau jaringan terdekat lainnya untuk diangkat sepenuhnya, tetapi belum menyebar ke organ atau jaringan yang jauh.

Metastasis berarti kanker telah menyebar ke organ yang jauh.

Klasifikasi TNM
Pada kasus kanker pankreas, klasifikasi TNM memiliki 5 stadium, yaitu stadium 0 diikuti stadium 1 sampai 4. Untuk stadium 1 sampai 4 sering digunakan angka Romawi I, II, III dan IV. Tetapi untuk memperjelas teks, kita akan menggunakan angka Arab 1, 2, 3 dan 4. Secara umum, semakin tinggi angka stadium, semakin banyak kanker yang menyebar. Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda memiliki pertanyaan tentang pementasan.

Stadium 0 (atau karsinoma in situ)
Sel kanker hanya terlihat di lapisan pankreas.

Tahap 1
Tumor berukuran 4 cm atau kurang. Pada stadium 1A, tumor berukuran 2 cm atau kurang. Pada stadium 1B, ukuran tumor lebih dari 2 cm tetapi tidak lebih dari 4 cm.

Tahap 2
Tumor lebih dari 4 cm (stadium 2A) atau tumor dalam ukuran berapa pun dan kanker telah menyebar ke 1 hingga 3 kelenjar getah bening di dekatnya (stadium 2B).

Tahap 3
Kanker telah menyebar ke setidaknya 4 kelenjar getah bening terdekat atau tumor telah tumbuh ke pembuluh darah besar di luar pankreas dan kanker mungkin telah menyebar ke kelenjar getah bening terdekat.

Tahap 4
Kanker telah menyebar ke bagian lain dari tubuh, seperti hati, paru-paru atau rongga perut. Kita juga dapat mengatakan bahwa itu adalah kanker pankreas metastatik.

Kekambuhan kanker pankreas
Kekambuhan kanker pankreas berarti kanker kembali setelah pengobatan. Jika muncul kembali di tempat pertama kali dimulai, itu disebut pengulangan lokal. Jika muncul kembali di jaringan atau kelenjar getah bening di dekat tempat pertama kali dimulai, itu disebut kekambuhan regional. Itu juga dapat muncul kembali di bagian lain dari tubuh: ini disebut kekambuhan atau metastasis jauh.


Pengobatan untuk Kanker Pankreas

Kanker ini dapat diobati dengan beberapa cara atau kombinasi, seperti:

  • Operasi.

  • Kemoterapi.

  • Terapi radiasi.

  • Perawatan paliatif.

  • Pembedahan umumnya dilakukan untuk mencoba penyembuhan kanker ini, tapi bisa juga dilakukan untuk mengurangi atau mencegah gejala. Kemoterapi dan radiasi sering diberikan bersamaan, sebelum, sesudah, atau bahkan tanpa operasi, untuk memperlambat pertumbuhan kanker pankreas. Perawatan paliatif bertujuan untuk mengurangi ketidaknyamanan bagi penderita kanker pankreas yang tidak bisa disembuhkan.


Yang harus Anda ketahui dari Kanker Pankreas

Kanker ini merupakan sebuah kondisi yang serius. Sebagian besar kasus kanker ini telah menyebar pada saat diagnosis, membuat penyembuhan lengkap tidak mungkin terjadi.

Perawatan dapat memungkinkan orang untuk hidup lebih lama dengan kanker pankreas dan meningkatkan kualitas hidup mereka. Uji klinis terus berlanjut untuk menemukan cara yang lebih efektif untuk mengobati kanker pankreas.


Tindak lanjut setelah perawatan untuk kanker pankreas

Tindak lanjut setelah pengobatan untuk kanker pankreas adalah bagian penting dari perawatan penderita kanker. Spesialis kanker dan dokter keluarga Anda sering berbagi tanggung jawab ini. Tim kesehatan Anda akan berbicara dengan Anda untuk memutuskan tindak lanjut mana yang memenuhi kebutuhan Anda.

Jangan menunggu sampai janji temu Anda berikutnya untuk melaporkan gejala baru dan gejala apa pun yang tidak hilang. Beri tahu tim kesehatan Anda jika:

Anda memiliki rasa sakit di perut bagian atas atau punggung;
Anda telah kehilangan berat badan;
kulit dan bagian putih mata Anda berwarna kekuningan (jaundice);
Anda gatal;
pencernaan Anda telah berubah (kesulitan mencerna, mual dan muntah misalnya);
Anda telah kehilangan nafsu makan.
Risiko kanker pankreas kembali (berulang) lebih tinggi dalam 2 sampai 3 tahun pertama setelah pengobatan, jadi pemantauan ketat diperlukan selama waktu ini.

Perencanaan kunjungan tindak lanjut
Kunjungan tindak lanjut kanker pankreas dijadwalkan sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda. Kunjungan ini setelah operasi biasanya dijadwalkan sebagai berikut:

setiap 3 hingga 6 bulan selama 3 tahun pertama setelah perawatan
setiap 6 hingga 12 bulan selama 2 tahun ke depan
setahun sekali setelahnya
Pelaksanaan kunjungan tindak lanjut
Selama kunjungan tindak lanjut, tim layanan kesehatan Anda biasanya akan mengajukan pertanyaan tentang efek samping pengobatan dan seberapa baik Anda mengatasinya. Anda mungkin juga ditanya apakah Anda kesakitan, dan Anda mungkin terbantu jika Anda mengalami kesulitan makan dan mengalami gangguan makan.

Dokter Anda mungkin melakukan pemeriksaan fisik termasuk:

rasakan perut Anda;
rasakan kelenjar getah bening Anda.
Pemeriksaan juga dapat dipesan sebagai bagian dari tindak lanjut.

Jika tim kesehatan Anda mengetahui bahwa kanker telah kembali, mereka akan berbicara dengan Anda untuk merencanakan perawatan dan perawatan Anda.


Contoh Kanker-Kanker Lainnya

Kanker bisa dimulai di tempat manapun di tubuh. Ini dimulai saat sel-sel tumbuh di luar kendali dan kerumunan sel normal. Hal ini membuat tubuh sulit bekerja sebagaimana mestinya. Memahami penyakit kanker dapat membantu Anda untuk mengenal lebih jelas “seperti apakah kanker itu?” Klik disini dan baca artikel pemahaman penyakit kanker ini sampai habis bersama contoh-contohnya!

Penanda Tumor – Tumor Marker – Apa Saja Tes Penanda Tumor untuk Deteksi Kanker? Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui

Penanda tumor adalah zat yang ditemukan dalam kadar yang lebih tinggi dari normal dalam darah, urin, atau jaringan dari beberapa penderita kanker. Hal-hal yang perlu Anda ketahui: CA15-3 dan CA27-29 Kanker payudara (breast cancer). PSA untuk prostat, dll.

Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini ? untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini ? untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.

Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com
Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com
Cara daftar pasang iklan gratis
3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “oooh begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi penting tentang artikel kesehatan di PINTERpandai.com
Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Informasi perawatan / pengobatan yang diberikan di sini bukan kebijakan resmi dan tidak dimaksudkan sebagai saran medis untuk menggantikan keahlian dan penilaian tim Dokter perawatan kesehatan Anda. Ini dimaksudkan untuk membantu Anda dan keluarga Anda membuat keputusan berdasarkan informasi, bersama dengan dokter Anda. Dokter Anda mungkin memiliki alasan untuk menyarankan rencana perawatan yang berbeda dari opsi perawatan umum ini. Jangan ragu untuk bertanya kepadanya tentang pilihan perawatan Anda.

Kapan harus berkonsultasi dengan profesional kesehatan?

Informasi medis di www.PINTERpandai.com tidak berlaku untuk semua orang dan itu bukan saran medis. Jika Anda memiliki masalah medis, pastikan untuk menghubungi penyedia layanan kesehatan. Jika Anda merasa memiliki keadaan darurat medis, segera hubungi dokter Anda atau nomor darurat setempat atau nomor 112 dari HP Anda.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.