Kanker Tulang (Bone Cancer) – Tanda Gejala, Penyebab, Diagnosis, Pengobatan, Pencegahan

Kanker Tulang (Bone Cancer)

Kanker tulang dapat dimulai di tulang mana pun di tubuh, tetapi paling sering menyerang panggul atau tulang panjang di lengan dan kaki. Kanker tulang jarang terjadi, kurang dari 1% dari semua jenis kanker. Faktanya, tumor tulang non-kanker jauh lebih umum daripada kanker.

3 Jenis utama kanker tulang: Chondrosarcoma, Osteosarcoma dan Sarkoma Ewing.

Istilah “kanker tulang” tidak termasuk kanker yang dimulai di tempat lain di tubuh dan menyebar (bermetastasis) ke tulang. Sebaliknya, kanker tersebut diberi nama sesuai asal mula, seperti kanker payudara yang telah menyebar ke tulang.

Beberapa jenis kanker tulang terjadi terutama pada anak-anak, sementara yang lain kebanyakan menyerang orang dewasa. Pengangkatan dengan pembedahan adalah pengobatan yang paling umum, tetapi kemoterapi dan terapi radiasi juga dapat digunakan. Keputusan untuk menggunakan pembedahan, kemoterapi atau terapi radiasi didasarkan pada jenis kanker tulang yang sedang dirawat.

Penyebab Kanker Tulang

Penyebab sebagian besar kanker tulang tidak diketahui. Sejumlah kecil kanker tulang telah dikaitkan dengan faktor keturunan, sementara yang lain terkait dengan paparan radiasi sebelumnya.

  • Nyeri tulang adalah gejala kanker tulang yang paling umum.
  • Pembengkakan dan nyeri di dekat area yang terkena.
  • Tulang melemah, menyebabkan patah tulang.
  • Kelelahan.
  • Penurunan berat badan yang tidak diinginkan.

Apa saja faktor risiko pemicu kanker tulang?

Faktor risiko adalah faktor yang mempengaruhi peluang seseorang terkena penyakit. Penyebab kanker tulang mungkin karena gaya hidup, lingkungan, dan perubahan genetik. Baca terus untuk mengetahui risiko mana yang mungkin perlu Anda waspadai. Skrining rutin dapat membantu deteksi dini dan akibatnya, membantu pengobatan yang lebih efektif. Jika ragu, hubungi tim perawatan kesehatan Anda untuk informasi lebih lanjut.

Penyebab lainnya kanker tulang:

1. Usia

Kanker biasanya muncul seiring bertambahnya usia. Tetapi pada beberapa jenis kanker, orang yang lebih muda memiliki risiko lebih tinggi untuk mengembangkannya.

Osteosarcoma umum terjadi pada remaja dan dewasa muda dan dikaitkan dengan pertumbuhan tulang selama masa pubertas. Mungkin juga muncul pada orang tua.
Sarkoma sel spindel dan kondrosarkoma cenderung terjadi pada orang dewasa antara usia 35 dan 40 sementara kondroma terjadi pada orang dewasa di atas usia 60 tahun.

2. Terapi radiasi atau kemoterapi:

Orang yang pernah menerima radiasi atau kemoterapi sebelumnya berisiko terkena kanker tulang, meski bisa diabaikan. Jika memang terjadi, biasanya 10-20 tahun setelah menjalani radioterapi. Orang yang sebelumnya diobati dengan obat kemoterapi tertentu, termasuk agen alkilasi dan antrasiklin, mungkin memiliki peningkatan risiko terkena kanker sekunder seperti osteosarkoma. Mayoritas sarkoma yang diinduksi radiasi seperti angiosarkoma dan sarkoma pleomorfik jaringan lunak yang tidak berdiferensiasi. Orang lain mungkin seperti osteosarcoma.

3. Orang dengan tumor tulang non-kanker (jinak):

Penyakit Paget pada tulang adalah kondisi jinak yang menyebabkan tulang nyeri dan cacat. Ini sebagian besar terjadi pada orang yang berusia lebih dari 60 tahun, yang menghasilkan pembentukan jaringan tulang yang abnormal. Tulang yang terkena biasanya padat, tebal, rapuh dan lemah. Mereka mungkin rentan terhadap patah tulang. Meskipun penyakit Paget tidak berakibat fatal, itu meningkatkan risiko pengembangan osteosarcoma. Osteosarcoma berkembang pada 1% kasus ketika tumor mempengaruhi banyak tulang. Osteochondroma (atau chondroma) seperti tumor tulang non-kanker terkadang dapat berkembang menjadi chondrosarcoma.

Selain itu, orang dengan multiple hereditary exostoses (HME) memiliki peningkatan risiko terkena chondrosarcoma. Ini menyebabkan benjolan tumbuh paling sering di tulang tungkai. Kondisi ini sebagian besar terlihat di masa kanak-kanak tetapi tidak di semua kasus. Itu diwarisi oleh orang yang memiliki kerabat dekat yang menderita kanker tulang.
Penyakit Ollier, juga dikenal sebagai enchondromatosis, menyebabkan beberapa tumor jinak di tulang rawan. Penyakit ini meningkatkan risiko berkembangnya kondroblastostoma. Selain itu, sindrom Maffucci adalah kondisi jinak yang menyebabkan bentuk tulang tidak normal. Sekitar 20 – 40% orang

4. Gangguan genetik:

Orang yang mewarisi gen yang maladaptif terhadap tulang dapat berisiko terkena kanker tulang. Retinoblastoma herediter adalah kanker mata langka yang menyerang anak-anak. Mereka lebih rentan terkena kanker tulang (osteosarcoma), sarkoma jaringan lunak, dan kanker lainnya. Terapi radiasi yang digunakan sebagai pengobatan untuk retinoblastoma juga meningkatkan risiko osteosarcoma. Meskipun demikian, ada contoh gen yang tidak diturunkan yang kekurangannya perlu penelitian lebih lanjut.
Li-Fraumeni adalah sindrom bawaan yang disebabkan karena kesalahan gen. Ini meningkatkan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker tulang.

5. Transplantasi Sumsum Tulang:

Transplantasi sumsum tulang adalah prosedur penggantian sumsum tulang yang ganas akibat infeksi atau kemoterapi. Dalam kasus seperti itu, terdapat peningkatan risiko untuk mengembangkan kanker tulang.

Jenis kanker tulang

Kanker tulang dipecah menjadi beberapa jenis terpisah berdasarkan jenis sel tempat kanker dimulai. Jenis kanker tulang yang paling umum meliputi:

Osteosarcoma

Osteosarcoma adalah bentuk paling umum dari kanker tulang. Jenis yang paling umum, yang kebanyakan menyerang anak-anak dan dewasa muda di bawah 20 tahun.

Dalam tumor ini, sel kanker menghasilkan tulang. Jenis kanker tulang ini paling sering terjadi pada anak-anak dan dewasa muda, pada tulang kaki atau lengan. Dalam keadaan yang jarang, osteosarkoma bisa muncul di luar tulang (osteosarkoma ekstraskeletal).

Chondrosarcoma

Chondrosarcoma adalah bentuk paling umum kedua dari kanker tulang. Yang paling sering menyerang orang berusia antara 10 dan 20 tahun. Dalam tumor ini, sel kanker menghasilkan tulang rawan. Chondrosarcoma biasanya terjadi di panggul, tungkai atau lengan pada orang dewasa paruh baya dan lebih tua.

Sarkoma Ewing

Tumor sarkoma Ewing paling sering muncul di panggul, tungkai atau lengan anak-anak dan dewasa muda. Yang cenderung memengaruhi orang dewasa berusia di atas 40 tahun.

Diagnosa Kanker Tulang

Tes pencitraan dapat membantu menentukan lokasi dan ukuran tumor tulang, dan apakah tumor telah menyebar ke bagian tubuh lain. Jenis tes pencitraan yang direkomendasikan tergantung pada tanda dan gejala individu Anda. Tes mungkin termasuk:

  • Pemindai tulang (scanner)
  • Tomografi terkomputerisasi (CT)
  • Pencitraan resonansi magnetik (MRI)
  • Tomografi emisi positron (PET)
  • Sinar-X
  • Jarum atau biopsi bedah

Dokter Anda mungkin merekomendasikan prosedur untuk mengambil sampel jaringan (biopsi) dari tumor untuk pengujian laboratorium. Pengujian dapat memberi tahu dokter Anda apakah jaringan tersebut bersifat kanker dan, jika ya, jenis kanker apa yang Anda miliki. Itu juga dapat mengungkapkan apakah sel tumor tumbuh dengan cepat atau lambat.

Jenis prosedur biopsi yang digunakan untuk mendiagnosis kanker tulang meliputi:

Memasukkan jarum melalui kulit Anda dan menuju tumor. Selama biopsi jarum, dokter Anda memasukkan jarum tipis melalui kulit Anda dan mengarahkannya ke tumor. Dokter Anda menggunakan jarum untuk mengangkat potongan kecil jaringan dari tumor.
Pembedahan untuk mengangkat sampel jaringan untuk pengujian. Selama biopsi bedah, dokter Anda membuat sayatan melalui kulit Anda dan mengangkat seluruh atau sebagian tumor.
Menentukan jenis biopsi yang Anda perlukan dan rincian bagaimana biopsi harus dilakukan memerlukan perencanaan yang cermat oleh tim medis Anda. Dokter perlu melakukan biopsi dengan cara yang tidak akan mengganggu operasi pengangkatan kanker tulang di masa mendatang. Untuk alasan ini, tanyakan kepada dokter Anda tentang rujukan ke tim dokter yang berpengalaman luas dalam mengobati tumor tulang sebelum biopsi Anda.

Tahapan kanker tulang

Jika dokter Anda memastikan diagnosis kanker tulang, dia mencoba untuk menentukan sejauh mana (stadium) kanker karena itu akan memandu pilihan pengobatan Anda. Faktor yang harus dipertimbangkan meliputi:

Ukuran tumor dan stadium

Seberapa cepat kanker berkembang?
Jumlah tulang yang terpengaruh, seperti tulang belakang yang berdekatan di tulang belakang?
Apakah kanker telah menyebar ke bagian tubuh lain?
Tahapan kanker tulang ditunjukkan dengan angka Romawi, mulai dari 0 hingga IV. Tahapan terendah menunjukkan bahwa tumor lebih kecil dan kurang agresif. Pada stadium IV, kanker telah menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Pengobatan dan Perawatan Kanker Tulang

Pilihan pengobatan untuk kanker tulang Anda didasarkan pada jenis kanker yang Anda derita, stadium kanker, kesehatan Anda secara keseluruhan, dan preferensi Anda. Kanker tulang yang berbeda merespons perawatan yang berbeda, dan dokter Anda dapat membantu memandu Anda dalam perawatan terbaik untuk kanker Anda. Misalnya, beberapa kanker tulang diobati hanya dengan operasi; beberapa dengan operasi dan kemoterapi; dan beberapa dengan pembedahan, kemoterapi dan terapi radiasi.

Operasi

Tujuan pembedahan adalah untuk mengangkat seluruh tumor kanker. Dalam kebanyakan kasus, ini melibatkan teknik khusus untuk mengangkat tumor dalam satu bagian, bersama dengan sebagian kecil jaringan sehat yang mengelilinginya. Ahli bedah mengganti tulang yang hilang dengan beberapa tulang dari area lain di tubuh Anda, dengan bahan dari bank tulang atau dengan pengganti yang terbuat dari logam dan plastik keras.

Kanker tulang yang sangat besar atau terletak di titik tulang yang rumit mungkin memerlukan pembedahan untuk mengangkat semua atau sebagian anggota tubuh (amputasi). Karena pengobatan lain telah dikembangkan, amputasi menjadi kurang umum. Jika amputasi diperlukan, Anda mungkin akan dilengkapi dengan anggota tubuh buatan dan menjalani pelatihan untuk belajar melakukan tugas sehari-hari menggunakan anggota tubuh baru Anda.

Kemoterapi

Kemoterapi menggunakan obat anti kanker yang kuat, biasanya diberikan melalui pembuluh darah (intravena), untuk membunuh sel kanker. Namun, jenis pengobatan ini bekerja lebih baik untuk beberapa bentuk kanker tulang daripada yang lain. Misalnya, kemoterapi umumnya tidak terlalu efektif untuk kondrosarkoma, tetapi ini merupakan bagian penting dari pengobatan osteosarkoma dan sarkoma Ewing.

Efek samping Kemoterapi

Dapat merusak sel-sel sehat dan juga sel-sel kanker, yang artinya seringkali menimbulkan sejumlah efek samping. Efek samping yang umum dari kemoterapi meliputi:

  • Mual dan muntah
  • Diare
  • Sariawan
  • Kelelahan
  • Peningkatan risiko terkena infeksi
  • Rambut rontok sementara
  • Infertilitas

Sebagian besar efek samping yang terkait dengan kemoterapi harus sembuh setelah perawatan Anda selesai. Namun, ada risiko Anda akan mandul secara permanen. Tim perawatan Anda akan memberikan informasi lebih rinci tentang risiko spesifik terhadap kesuburan Anda.

Terapi radiasi

Terapi radiasi menggunakan pancaran energi bertenaga tinggi, seperti sinar-X, untuk membunuh sel kanker. Selama terapi radiasi, Anda berbaring di atas meja sementara mesin khusus bergerak di sekitar Anda dan mengarahkan sinar energi ke titik-titik yang tepat di tubuh Anda.

Terapi radiasi sering digunakan sebelum operasi karena dapat mengecilkan tumor dan memudahkan pengangkatan. Hal ini, pada gilirannya, dapat membantu mengurangi kemungkinan diperlukannya amputasi.

Terapi radiasi juga dapat digunakan pada penderita kanker tulang yang tidak dapat dihilangkan dengan operasi. Setelah operasi, terapi radiasi dapat digunakan untuk membunuh sel kanker yang mungkin tertinggal. Untuk penderita kanker tulang stadium lanjut, terapi radiasi dapat membantu mengontrol tanda dan gejala, seperti nyeri.

Efek samping Radiasi

Yang terpapar selama radioterapi sebagian besar akan difokuskan pada sel kanker, tetapi sel sehat di sekitarnya juga dapat rusak. Ini dapat menyebabkan efek samping seperti:

  • Kemerahan dan iritasi pada kulit (ini bisa terasa seperti terbakar sinar matahari)
  • Nyeri sendi di bagian tubuh yang dirawat merasa sakit rambut rontok di bagian tubuh yang dirawat kelelahan.
  • Efek samping ini akan hilang setelah radioterapi selesai, meskipun perasaan lelah dapat bertahan selama beberapa minggu.

Mifamurtide

Untuk orang yang terkena dengan jenis kanker tulang yang disebut osteosarcoma, obat yang disebut mifamurtide dapat digunakan bersamaan dengan perawatan yang dijelaskan di atas.

Mifamurtide adalah stimulan makrofag imun. Ini berarti ia bekerja dengan mendorong sistem kekebalan untuk menghasilkan sel khusus yang membunuh sel kanker.

Biasanya dianjurkan untuk orang muda dengan osteosarkoma tingkat tinggi dan diberikan setelah operasi, dalam kombinasi dengan kemoterapi, untuk membantu mencegah kanker kembali.

Mifamurtide secara perlahan dipompa ke salah satu pembuluh darah Anda selama satu jam (dikenal sebagai infus). Pengobatan yang direkomendasikan biasanya dua kali seminggu selama 12 minggu, dan kemudian seminggu sekali selama 24 minggu berikutnya.

Efek samping
Mifamurtide dapat menyebabkan berbagai macam efek samping. Ini bisa termasuk:

mual dan muntah
diare atau sembelit
sakit kepala
pusing
kehilangan selera makan
kelelahan dan kelemahan

Tidak jelas apakah aman menggunakan mifamurtide selama kehamilan, jadi sebagai tindakan pencegahan, penting untuk menggunakan metode kontrasepsi yang efektif jika Anda wanita yang aktif secara seksual. Anda harus memberi tahu MDT Anda sesegera mungkin jika Anda merasa hamil, dan Anda harus menghindari menyusui saat menggunakan mifamurtide.

Penyebab

Pencegahan

Saat ini belum ada cara untuk mencegah kanker ini.


Contoh Kanker-Kanker Lainnya

Kanker bisa dimulai di tempat manapun di tubuh. Ini dimulai saat sel-sel tumbuh di luar kendali dan kerumunan sel normal. Hal ini membuat tubuh sulit bekerja sebagaimana mestinya. Memahami penyakit kanker dapat membantu Anda untuk mengenal lebih jelas “seperti apakah kanker itu?” Klik disini dan baca artikel pemahaman penyakit kanker ini sampai habis bersama contoh-contohnya!

Apa 5 Klasifikasi Antibodi dan Fungsinya?

Lima klasifikasi antibodi atau kelas yang berbeda diketahui berada pada tubuh mamalia dan memainkan peran yang berbeda dan menolong mengarahkan respon imun yang tepat untuk tiap tipe benda asing berlainan yang masuk ke dalam tubuh, yaitu: IgM, IgD, IgG, IgA, dan IgE. Mereka yang memberikan setiap isotipe dengan karakteristik dan peran yang berbeda. Untuk lebih detilnya baca: Klasifikasi Antibodi Beserta Contoh dan Fungsinya: IgM, IgD, IgG, IgA, IgE)

Penanda Tumor – Tumor Marker – Apa Saja Tes Penanda Tumor untuk Deteksi Kanker? Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui

Penanda tumor adalah zat yang ditemukan dalam kadar yang lebih tinggi dari normal dalam darah, urin, atau jaringan dari beberapa penderita kanker. Hal-hal yang perlu Anda ketahui: CA15-3 dan CA27-29 Kanker payudara (breast cancer). PSA untuk prostat, dll.

Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini 👉 untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini 👉 untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.


Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Info: informasi ini disediakan oleh Pinter Pandai dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan saran medis dari dokter atau penyedia perawatan kesehatan Anda lainnya. Silakan berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk mendapatkan nasihat tentang kondisi medis tertentu.

Sumber bacaan: NHS UK, Mayo Clinic, American Cancer Society, Onco

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2020-11-14T01:45:59+07:00 November 8th, 2020|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment