fbpx

Tanah Ultisol – Penjelasan, Karakteristik dan Contoh

Penertian Tanah Ultisol

Tanah ultisol, umumnya dikenal sebagai tanah lempung merah, adalah salah satu dari dua belas jenis tanah di Departemen Pertanian Amerika Serikat taksonomi tanah. Kata “Ultisol” berasal dari “ultimat”, karena Ultisol dilihat sebagai produk akhir pelapukan mineral berkelanjutan dalam iklim lembab dan beriklim tanpa pembentukan tanah baru melalui glasiasi.

Mereka didefinisikan sebagai tanah mineral yang tidak mengandung bahan berkapur (mengandung kalsium karbonat) di mana pun di dalam tanah, memiliki kurang dari 10% mineral tahan cuaca di lapisan atas tanah yang ekstrim, dan memiliki saturasi basa kurang dari 35% di seluruh tanah.

Tanah ultisol terjadi di daerah beriklim lembab atau tropis. Sementara istilah ini biasanya diterapkan pada tanah liat merah di Amerika Serikat bagian Selatan, Ultisol juga ditemukan di wilayah Afrika, Asia, dan Amerika Selatan.

 

Sifat /Ciri Utama Tanah Ultisol

Tanah yang termasuk ordo Ultisol merupakan tanah-tanah yang terjadi penimbunan liat di horison bawah, bersifat masam, kejenuhan basa pada kedalaman 180 cm dari permukaan tanah kurang dari 35%. Padanan dengan sistem klasifikasi lama adalah termasuk tanah Podzolik Merah Kuning, Latosol, dan Hidromorf Kelabu. Seperti dibawah ini :

Fisik:

  1. Kedalaman solum sedang ( 1-2 meter ).

  2. Warna merah atau kuning.

  3. Tekstur halus pada horizon Bt.

  4. Konsistensi teguh.

  5. Permeabilitas lambat sampai baik.

 

Kimia:

1Ph < 5,5

2. BO rendah – sedang.

3. KB < 35 %

4. KTK < 24 me /100 gr liat.

5. Nutrisi rendah.

 

Tanah ultisol

Contoh tanah ultisol. Sumber foto: USDA

 

Faktor  Kendala Tanah Ultisol

  1. Mengalami proses pecucian sangat efektif.

  2. Kadar mineral lapuknya sangat rendah.

  3. Kejenuhan Al , Fe dan Mn tinggi .

  4. Kadar bahan organik rendah dan kadar N rendah .

  5. Kandungan fosfor dan kalium tanah rendah.

  6. Daya simpan air terbatas.

  7. Kedalaman efektif terbatas.

 

Cara Pengendalian Tanah Ultisol

  1. Untuk meningkatkan produktivitas tanah dapat dilakukan melalui pemberian kapur, pemupukan , penambahan BO, dan penanaman tanaman adaptif.

  2. Penerapan teknik budidaya tanaman lorong ( tumpang sari ), terasiring, drainase dan pengolahan tanah yang seminim mungkin.

  3. Memperbanyak tanaman penutup tanah seperti rumput atau alang-alang.

  4. Melakukan rotasi tanaman untuk menjaga ketersediaan unsur hara.

  5. Tanah ini sebaiknya tidak digunakan untuk pertanian tanaman pangan terlalu intensif, dalam arti jangan ditanami tanaman semusim sepanjang tahun, tetapi perlu diselingi dengan tanaman pupuk hijau, serta lebih ditingkatkan penggunaan dan penanaman berbagai jenis tanaman leguminosa.

 

Lokasi/ Ha Tanah Ultisol

Ultisol di Indonesia yang mempunyai sebaran luas, mencapai 45.794.000 ha atau sekitar 25% dari total luas daratan Indonesia (Subagyo et al. 2004).

 

Usaha Pertanian Yang Cocok Untuk Tanah Ultisol

  1. Harus adanya penutup lahan agar tanah tidak terkena sinar matahari langsung seperti Pemberian mulsa, berupa sisa-sisa tanaman, untuk mempertahankan kelembaban tanah, mengurangi alian permukaan/erosi, dan menambah bahan organik.

  2. Tanah ini sebaiknya tidak digunakan untuk pertanian tanaman pangan terlalu intensif, dalam arti jangan ditanami tanaman semusim sepanjang tahun, tetapi perlu diselingi dengan tanaman pupuk hijau, serta lebih ditingkatkan penggunaan dan penanaman berbagai jenis tanaman leguminosa.

  3. Penanaman pohon-pohon produktif, yang menghasilkan buah, getah dan produk lainnya, yang dapat melindungi permukaan tanah dari terpaan air hujan dan aliran permukaan.

  4. Untuk tanaman pangan dilakukan pergiliran tanaman.

 

Jenis Tanah Lainnya

Pembagian jenis tanah yang dilakukan oleh para ilmuwan dapat berbeda-beda dari negara satu pada lainnya. Terdapat 12 jenis tanah berdasarkan USDA (United States Department of Agriculture). Dan yang lainnya adalah jenis tanah diluar sistem USDA. Klik disini untuk membaca: Jenis Tanah: Alfisol, Andisol, Aridisol, Entisol, Gelisol, Histosol, Inceptisol, Mollisol, Oxisol, Spodosol, Ultisol, Vertisol (Bersama Contoh Soal dan Jawaban)

 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: How Stuff WorksNASAScience LearnCredit Valley ConservationSpice4LifeWoods Hole Oceanographic InstitutionResearch GateScience Direct

                      

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-02-09T00:32:35+00:00 November 9th, 2018|Geografi & Sejarah, IPA|0 Comments

Leave A Comment