fbpx

Tanah Vertisol – Penjelasan, Karakteristik dan Contoh

Pengertian Tanah Vertisol

Tanah Vertisol adalah tanah yang mengandung banyak mineral lempung, banyak di antaranya dikenal sebagai montmorillonit, yang membentuk retakan dalam pada musim atau tahun yang lebih kering. Dalam sebuah fenomena yang dikenal sebagai argillipedoturbation, penyusutan dan pembengkakan bergantian menyebabkan membajak sendiri, di mana bahan tanah secara konsisten mencampur sendiri, menyebabkan beberapa Vertisols memiliki horizon A yang sangat dalam dan horizon tanpa B. (Tanah tanpa cakrawala B disebut tanah ber-AC). Naiknya material yang mendasarinya ke permukaan sering kali menciptakan microrelief yang dikenal sebagai gilgai.

 

Karakteristik Tanah Vertisol

  • Tanah vertisol biasanya terbentuk dari batuan yang sangat dasar, seperti basal, di iklim yang lembab musiman atau mengalami kekeringan dan banjir yang tidak menentu, atau yang menghambat drainase. Bergantung pada bahan induk dan iklim, mereka dapat berkisar dari abu-abu atau merah hingga hitam pekat yang lebih akrab (dikenal sebagai “bumi hitam” di Australia, “gumbo hitam” di Texas Timur, dan “kapas hitam” tanah di Afrika Timur).

  • Tanah vertisol ditemukan antara 50 ° N dan 45 ° S dari garis khatulistiwa. Wilayah utama di mana Vertisol dominan adalah Australia timur (terutama pedalaman Queensland dan New South Wales), Dataran Tinggi India, dan bagian selatan Sudan, Ethiopia, Kenya, dan Chad (Gezira), dan Sungai Paraná yang lebih rendah di Amerika Selatan. Daerah lain di mana Vertisols dominan termasuk Texas selatan dan Meksiko yang berdekatan, India tengah, timur laut Nigeria, Thrace, Kaledonia Baru, dan bagian-bagian dari Cina timur.

  • Vegetasi alami Vertisols adalah padang rumput, sabana, atau hutan berumput. Tekstur yang berat dan perilaku tanah yang tidak stabil membuat banyak spesies pohon sulit tumbuh, dan hutan jarang ditemukan.

  • Penyusutan dan pembengkakan Vertisols dapat merusak bangunan dan jalan, yang menyebabkan penurunan tanah yang luas. Tanah Vertisol umumnya digunakan untuk penggembalaan sapi atau domba. Bukan hal yang tidak diketahui bagi ternak untuk terluka karena jatuh ke celah-celah pada periode kering. Sebaliknya, banyak ungulata liar dan domestik tidak suka pindah ke tanah ini ketika terendam air. Namun, aktivitas shrink-swell memungkinkan pemulihan cepat dari pemadatan.

  • Ketika irigasi tersedia, tanaman seperti kapas, gandum, sorgum dan padi dapat ditanam. Vertisol sangat cocok untuk beras karena hampir kedap ketika jenuh. Pertanian tadah hujan sangat sulit karena Vertisols hanya dapat bekerja di bawah kondisi kelembaban yang sangat sempit: mereka sangat keras saat kering dan sangat lengket saat basah. Namun, di Australia, Vertisols sangat dihargai, karena mereka termasuk beberapa tanah yang tidak memiliki kekurangan fosfor. Beberapa, yang dikenal sebagai “Vertisol berkerak”, memiliki kerak yang tipis dan keras ketika kering yang dapat bertahan selama dua hingga tiga tahun sebelum mereka cukup hancur untuk memungkinkan penyemaian.

 

Dalam taksonomi tanah AS, Tanah Vertisol dibagi menjadi

  • Aquerts

Vertisols yang merupakan kondisi air yang tenang untuk beberapa waktu dalam sebagian besar tahun dan menunjukkan fitur redoksimorf dikelompokkan sebagai Aquerts. Karena kandungan tanah liat yang tinggi, permeabilitas melambat dan kondisi perairan cenderung terjadi. Secara umum, ketika curah hujan melebihi evapotranspirasi, genangan dapat terjadi. Dalam kondisi kelembaban tanah basah, besi dan mangan dimobilisasi dan dikurangi. Mangan mungkin ikut bertanggung jawab atas warna gelap dari profil tanah.

  • Cryerts

Mereka memiliki rezim suhu tanah cryic. Cryerts paling luas di zona transisi padang rumput dan hutan-padang rumput Kanada dan di lintang yang sama di Rusia.

  • Xererts

Mereka memiliki rezim suhu tanah thermic, mesic, atau frigid. Mereka menunjukkan celah yang terbuka setidaknya 60 hari berturut-turut selama musim panas, tetapi ditutup setidaknya 60 hari berturut-turut selama musim dingin. Xererts paling luas di Mediterania timur dan bagian California.

  • Torrerts

Mereka memiliki retakan yang ditutup kurang dari 60 hari berturut-turut ketika suhu tanah pada 50 cm di atas 8 ° C. Tanah-tanah ini tidak luas di A.S., dan sebagian besar terjadi di Texas barat, New Mexico, Arizona, dan South Dakota, tetapi merupakan subordo Vertisols yang paling luas di Australia.

  • Usterts

Mereka memiliki retakan yang terbuka setidaknya selama 90 hari kumulatif per tahun. Secara global, subordo ini adalah yang paling luas dari tatanan Vertisols, yang mencakup Vertisols di daerah tropis dan iklim musiman di Australia, India, dan Afrika. Di AS, Usterts biasa ditemukan di Texas, Montana, Hawaii, dan California.

  • Uderts

Mereka memiliki retakan yang terbuka kurang dari 90 hari kumulatif per tahun dan kurang dari 60 hari berturut-turut selama musim panas. Di beberapa daerah, retakan hanya terbuka pada tahun-tahun kekeringan. Uderts berukuran kecil secara global, yang paling melimpah di Uruguay dan Argentina timur, tetapi juga ditemukan di beberapa bagian Queensland dan “Sabuk Hitam” Mississippi dan Alabama.

 

Tanah vertisol

Contoh tanah vertisol. Sumber foto: USDA

 

Sifat /Ciri Utama Tanah Vertisol

  1. Tanah yang termasuk ordo Vertisol merupakan tanah dengan kandungan liat tinggi (lebih dari 30%) di seluruh horison, mempunyai sifat mengembang dan mengkerut. Kalau kering tanah mengkerut sehingga tanah pecah-pecah dan keras. Kalau basah mengembang dan lengket. Padanan dengan sistem klasifikasi lama adalah termasuk tanah Grumusol atau Margalit.

  2. Tanah Vertisol memiliki kapasitas tukar kation dan kejenuhan basa yang tinggi. Reaksi tanah bervariasi dari asam lemah hingga alkaline lemah; nilai pH antara 6,0 sampai 8,0. pH tinggi (8,0-9,0) terjadi pada Vertisol dengan ESP yang tinggi.

  3. Vertisol menggambarkan penyebaran tanah-tanah dengan tekstur liat dan mempunyai warna gelap, pH yang relatif tinggi serta kapasitas tukar kation dan kejenuhan basa yang juga relatif tinggi.

 

Faktor  Kendala Tanah Vertisol

  1. Vertisol pada umumnya memiliki tekstur liat, kandungan liat berkisar antara 35% hingga 90% dari total tanah. Kandunga liat di seluruh lapiran tanah bukan merupakan pross translokai melainkan berasal dari bahan induk.

  2. Terjadi rekahan saat musim kemarau.

  3. Kejenuhan basa  tinggi, KTK yang tinggi, tekstur yang relative halus, permeabilitas yang rendah dan pH yang relative tinggi dan status hara yang tidak seimbang.

  4. Pada umumnya  Vertisol juga defisiensi P. Setelah N, unsure P merupakan pembatas hara terbesar pada Vertisol. Kekurangan unsure P jika kandungan P kurang dari 5 ppm.

 

Cara Pengendalian Tanah Vertisol

  1. Adanya pemanfaatan irigasi yang baik.

  2. Pemupukan secukupnya hanya untuk unsur hara yang kurang kebanyakan unsur P sebagai pembatas.

  3. Melakukan pengolahan tanah agar membuat tanah tetap jenuh.

  4. Dalam mengatasi kembang mengkerutnya tanah vertisol yaitu dengan memperbanyak bahan organik seperi kompos dan pupuk kandang.

 

Lokasi/ Ha Tanah Vertisol

Tanah-tanah ini banyak ditemukan kebanyakan di NTT(0.198 juta ha),Jawa Timur(0.96 juta ha),NTB(0.125 juta ha),Sulawesi Selatan(0.22 juta ha),dan Jawa Tengah(0.4 juta ha).

 

Usaha Pertanian Yang Cocok Tanah Vertisol

  1. Kapas,seringkali air melalui irigasi dan dapat tumbuh pada kisaran yang luas.

  2. Sorgum,pensetum dan sesame, dapat tumbuh pada curah hujan 200mm/tahun atau lebih besar.

  3. Padi dengan sistem irigasi yang sudah baik.

  4. Tanaman-tanaman lain yang terdapat adalah jagung, rumput makanan ternak, bunga matahari, risius, gula beet, tembakau.

 

Jenis Tanah Lainnya

Pembagian jenis tanah yang dilakukan oleh para ilmuwan dapat berbeda-beda dari negara satu pada lainnya. Terdapat 12 jenis tanah berdasarkan USDA (United States Department of Agriculture). Dan yang lainnya adalah jenis tanah diluar sistem USDA. Klik disini untuk membaca: Jenis Tanah: Alfisol, Andisol, Aridisol, Entisol, Gelisol, Histosol, Inceptisol, Mollisol, Oxisol, Spodosol, Ultisol, Vertisol (Bersama Contoh Soal dan Jawaban)

 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: How Stuff WorksNASAScience LearnCredit Valley ConservationSpice4LifeWoods Hole Oceanographic InstitutionResearch GateScience Direct

                      

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-02-09T00:48:38+00:00 November 8th, 2018|Geografi & Sejarah, IPA|0 Comments

Leave A Comment