fbpx

Ambeien (Wasir): Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Apakah Ambeien itu?

Ambeien atau wasir adalah pembengkakan pembuluh darah balik (vena) di daerah anorektal, yakni sekitar anus atau rektum bagian bawah. Kondisi ini bisa dibilang serupa dengan varises yang biasanya terjadi di pembuluh darah kaki.

Gejala ambeien atau wasir

  • Rasa mengganjal pada saat ingin buang air besar. Ada juga perasaan seperti tertahan, sehingga menyebabkan kita untuk mengejan lebih kuat yang di mana tindakan ini justru malah dapat memperparah ambeien.
  • Rasa tidak nyaman di anus (Pruritus ani).
  • Prolaps yaitu keluarnya bagian ambeien atau wasir dari lubang dubur. Kondisi ini terjadi terutama pada ambeien yang sudah lama dan tidak ditangani, biasanya pada ambeien stadium II-IV
  • Anemia sekunder, keadaaan ini mungkin bisa terjadi pada ambeien yang kronis
  • Infeksi atau peradangan di daerah sekitar dubur. Terjadi karena luka pada pembuluh darah di daerah sekitar anus dapat memudahkan kuman masuk kedalam tubuh dengan cepat.

Pengobatan penyakit ambeien atau wasir

1. Memperbaiki Pola Hidup

Ambeien adalah suatu keadaan yang terjadi akibat perubahan fisiologis yang dipengaruhi oleh pola hidup tidak sehat. Salah satu cara mencegah ambeien yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat. Ini hal-hal yang perlu Anda lakukan:

  1. Hindari mengejan terlalu kuat saat BAB
  2. Pebanyak konsumsi makanan yang kaya serat (seperti sayuran hijau dan kacang-kacangan) untuk memperlancar BAB
  3. Perbanyak minum air putih minimal delapan gelas perhari (± 2 liter) untuk membantu mencegah terjadinya konstipasi atau sembelit
  4. Hindari aktifitas fisik pasif, seperti duduk atau berdiri yang terlalu lama
  5. Jangan sering menunda-nunda BAB
  6. Tidur cukup
  7. Rutin berolahrag
  8. Hindari akitivitas seks anal

2. Tanpa Operasi (non surgical method)

Ada dua macam cara mengobati ambeien yaitu tanpa operasi dan dengan proses operasi. Keduanya memiliki keuntungan dan kerugiannya masing-masing. Cara mengobati ambeien tanpa operasi dapat dilakukan pada pasien-pasien rawat jalan, sedangkan cara mengobati ambeien dengan operasi mengharuskan pasien untuk rawat inap agar bisa dilakukan persiapan pembiusan terlebih dahulu sebelum tindakan operasi.

Terapi pengobatan ambeien tanpa operasi ini juga memiliki keuntungan low cost dan time-saving dibandingkan terapi dengan operasi. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua penyakit ambeien dapat diterapi dengan non surgical method ini.

Tindakan yang termasuk dalam non surgical method atau pengobatan ambeien tanpa operasi antara lain:

1. Ligasi Pita Karet

Metode ligasi pita karet digunakan untuk mengatasi ambeien stadium II atau stadium III awal.

Pertama-tama dokter akan memasukan alat proctoscope kedalam lubang anus, lalu memasukkan dan meligasi (mengikat) pita karet yang berukuran kecil ke bagian ambeien yang besar dan menonjol. Ikatan ini akan memotong jalannya supply darah ke ambeien, sehingga akan membuatnya kempes dan mematikan jaringan ambeien dalam waktu kurang lebih tiga sampai lima hari.

Jaringan ambeien dan bekas ikatan pita karet ini nantinya akan puput sendiri tanpa si penderita sadari. Metode ini dapat diulangi dalam waktu beberapa minggu kemudian untuk kasus-kasus ambeien yang lebih dari satu.

Pasien biasanya tidak terlalu merasakan nyeri dan dapat rawat jalan. Komplikasi ligasi pita karet yang mungkin terjadi selain nyeri adalah perdarahan, thrombosis, infeksi, dan terkadang juga dapat menimbulkan kekambuhan.

Diterjemahkan dari bahasa Inggris Rubber band ligation Ligasi gelang karet adalah perawatan rawat jalan untuk wasir internal dari berbagai tingkatan. Ada beberapa perangkat yang berbeda yang dapat digunakan dokter untuk melakukan prosedur, termasuk perangkat logam tradisional, pita endoskopi, dan Sistem CRH O’Regan.

2. Skleroterapi

Metode Skleroterapi digunakan sebagai cara mengobati ambeien stadium I dan II.

Pada metode skleroteapi, dokter akan memasukan alat proctoscope ke dalam lubang anus, lalu cairan yang berisikan zat seperti quinine, polidocanol, atau zinc chloride disuntikkan ke area sekitar ambeien.

Tujuan metode skereterapi adalah untuk mengecilkan ambeien dengan cara merusak pembuluh darah dan memotong supply darah ke jaringan sekitar ambeien. Sama halnya dengan metode ligasi pita karet, metode ini dapat diulangi dalam waktu beberapa minggu kemudian untuk kasus-kasus ambeien yang lebih dari satu.

Setelah dilakukan skleroterapi, beberapa pasien biasanya akan mengeluhkan nyeri, perdarahan, dan nyeri belakang. Pada beberapa kasus juga terkadang terjadi pembengkakan, infeksi, dan bahkan kebanyakan orang biasanya akan mengalami kekambuhan dalam dua sampai tiga tahun kemudian.

3. Koagulasi Infrared

Terapi koagulasi digunakan sebagai cara mengatasi ambeien internal yang berukuran kecil dan sedang.

Pada metode terapi ambeien ini, dokter menggunakan semacam alat yang dapat menghasilkan sinar infra maerah. Panas yang dihasilkan oleh sinar inframerah akan menyebabkan timbulnya jaringan parut, sehingga dapat memotong asupan darah ke daerah ambeien.

Biasanya akan terjadi perdarahan dari anus sekitar 7-10 hari setelah melakukan prosedur ini sampai ambeiennya puput. Pendarahan pun biasanya akan berhenti dengan sendirinya.

4. Cara Mengobati Ambeien – Operasi (surgical method)

Operasi ambeien dilakukan pada ambeien yang berukuran lebih besar, multiple, dan kronis. Bisa dikatakan juga bahwa ini adalah pilihan terakhir untuk pengobatannya ambeien. Metode operasi ambeien yang saat ini dipakai dalam dunia medis dikenal dengan istilah Haemorrhoidectomy yang berasal dari kata “haemorroid” (ambeien) dan “ectomy” (mengangkat).

Haemorrhoidectomi

Terapi bedah ambeien dipilih untuk penderita yang mengalami keluhan menahun dan pada penderita hemorrhoid stadium III atau IV. Terapi bedah juga dapat dilakukan pada penderita dengan peradangan berulang dan anemia yang tidak sembuh dengan cara terapi lainnya yang lebih sederhana. Penderita ambeien derajat IV yang mengalami trombosis dan kesakitan hebat dapat segera ditolong dengan hemorrhoidektomi.

Prinsip yang harus diperhatikan pada hemorrhoidektomi adalah eksisi yang hanya dilakukan pada jaringan yang benar-benar berlebihan. Eksisi sehemat mungkin dilakukan pada anoderm dan kulit yang normal dengan tidak mengganggu sfingter anus.

5. Pengobatan herbal

Apakah Anda mempertimbangkan pengobatan herbal untuk wasir? baca disini: Obat herbal untuk penyakit ambeien (wasir) dan Obat Wasir Alami Dari Tumbuhan
 

Ambeien (Wasir): Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Ambeien (Wasir): Gejala, Penyebab dan Pengobatan. ilustrasi dan sumber foto: Pixabay

 

Penyebab ambeien

  • Penyebab sesungguhnya dari wasir yang bergejala tidak diketahui dengan jelas.
  • Sejumlah faktor dipercaya turut berperan termasuk: kebiasaan buang air besar yang tidak teratur (konstipasi atau diare), kurang olahraga, faktor nutrisi (diet rendah serat), peningkatan tekanan intra-abdomen (kembung berkepanjangan, ascitis, adanya massa intra-abdomen, atau kehamilan), genetik, tidak adanya katup di dalam pembuluh-pembuluh hemoroid, dan usia lanjut.
  • Faktor lain yang diduga meningkatkan risikonya termasuk obesitas, duduk dalam jangka waktu lama, batuk kronik, dan gangguan fungsi dasar panggul. Namun, sangat sedikit bukti mengenai keterkaitan ini.
  • Selama kehamilan, tekanan dari fetus (janin) pada abdomen dan perubahan hormonal menyebabkan pembuluh hemoroid membesar. Proses melahirkan juga menyebabkan peningkatan tekanan intra-abdomen. Wanita hamil jarang memerlukan pembedahan, karena gejalanya biasanya hilang setelah melahirkan.
  • Wasir atau ambeien terjadi karena disebabkan oleh pelebaran pleksus haemorroidalis di anus. Pelebaran ini timbul akibat peningkatan tekanan pembuluh darah vena saat mengedan keras (konstipasi) atau perubahan haemodinamik yang kronis (selama proses kehamilan). Pembesaran pleksus biasa ditemukan pada posisi jam-jam tertentu pada pemeriksaan fisik (colok dubur).
  • Pola diet yang rendah serat (kurang makan buah dan sayur).
  • Menderita diare kronis (diare lama yang tidak kunjung sembuh).
  • Penekanan aliran balik darah vena, seperti pada kanker rektum dan peradangan di sekitar anus.
  • Adanya peningkatan tekanan intra-abdoment (pada wanita hamil).
  • Faktor keturunan yang menyebabkan dinding pembuluh darah sekitar anus tipis dan lemah.
  • Jarang berolahraga.
  • Faktor usia yang lanjut dapat juga menyebabkan degenerasi (penurunan fungsi) dari otot sfingter anus, sehingga menjadi tipis dan atonis.
  • Aktivitas fisik pasif seperti duduk dan berdiri yang terlalu lama.
  • Sering mengangkat beban yang berat.
  • Berhubungan seks anal: Ini dapat menyebabkan ambeien baru atau memperburuk ambeien yang sudah ada.

 

Ciri-ciri ambeien

Gejala ambeien dapat dilihat berdasarkan jenis dan derajat keparahannya, seperti yang dijelaskan berikut ini:

1. Dalam (internal)

  • Derajat I. Terdapat perdarahan tanpa rasa sakit dan tonjolan yang hanya dapat ditemukan dengan proktoskopi. Darah yang keluar berwarna merah segar dan tidak bercampur dengan feses.
  • Derajat II. Tonjolan akan selalu keluar saat defekasi atau buang air besar dan dapat masuk dengan sendirinya setelah defekasi selesai.
  • Derajat III. Tonjolan yang keluar tidak dapat masuk lagi dengan sendirinya, harus di dorong manual dengan tangan.
  • Derajat IV. Tonjolan yang keluar sudah tidak dapat dimasukkan kembali meski didorong secara manual. Pada derajat ini, biasanya akan disertai dengan infeksi dan perlingkaran anus.

2. Luar (eksternal)

  • Dalam bentuk akut, gejala wasir eksterna ditandai dengan pembengkakan bulat kebiruan pada pinggir anus yang seringkali disertai dengan rasa sakit, nyeri juga gatal.
  • Pada wasir luar kronik atau skin tag terdiri atas satu lipatan atau lebih dari kulit anus yang berupa jaringan penyokong atau penyambung dengan sedikit pembuluh darah.
  • Baik akut maupun kronis, terkadang ditandai dengan keluarnya mucus atau feses secara tidak sengaja, terutama saat buang angin.

 

Bacaan Lainnya

 

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.
 
Sumber bacaan: Cleaveland Clinic, Belmarra Health, Aloe vera, Anal itching, Harvard, Baishideng Publishing Group Inc., Mayo Clinic, NIDDK, Healthline (minyak kelapa)

                       
 
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-05-29T09:21:12+07:00 Mei 28th, 2019|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment