fbpx

Ciri-Ciri Hamil Muda


Ciri-Ciri Hamil Muda

Berikut adalah ciri-ciri hamil muda:



Tanda utama kehamilan adalah kehilangan periode menstruasi atau dua atau lebih periode berturut-turut, tetapi banyak wanita mengalami gejala kehamilan lain sebelum mereka kehilangan menstruasi.

Tanda-tanda dan gejala awal kehamilan yang paling umum mungkin termasuk:

1. Menstruasi atau haid terlewat

Jika Anda berada di usia subur dan satu minggu atau lebih telah berlalu tanpa permulaan siklus menstruasi yang diharapkan, Anda mungkin hamil. Namun, gejala ini bisa menyesatkan jika Anda memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur.

2. Payudara melunak dan bengkak

Di awal kehamilan, perubahan hormon mungkin membuat payudara Anda sensitif dan sakit. Ketidaknyamanan akan berkurang setelah beberapa minggu karena tubuh Anda menyesuaikan diri dengan perubahan hormon.
Mual dengan atau tanpa muntah. Morning sickness (kondisi mual dan muntah yang dialami oleh beberapa wanita hamil pada trimester awal kehamilan), yang dapat menyerang kapan saja di siang atau malam hari, seringkali dimulai satu bulan setelah Anda hamil.

Namun, beberapa wanita merasa mual lebih awal dan beberapa tidak pernah mengalaminya. Sementara penyebab mual selama kehamilan tidak jelas, hormon kehamilan cenderung berperan.

3. Peningkatan buang air kecil dan kelelahan

Anda mungkin lebih sering buang air kecil dari biasanya. Jumlah darah dalam tubuh Anda meningkat selama kehamilan, menyebabkan ginjal Anda memproses cairan ekstra yang berakhir di kandung kemih Anda.

Dalam ciri-ciri hamil muda, kelelahan juga memiliki peringkat tinggi di antara gejala awal kehamilan. Selama awal kehamilan, kadar hormon progesteron melambung – yang mungkin membuat Anda merasa mengantuk.
Tanda dan gejala kehamilan lainnya
Tanda dan gejala kehamilan lain yang tidak terlalu jelas yang mungkin Anda alami selama trimester pertama meliputi:

4. Kemurungan

Membanjirnya hormon dalam tubuh Anda di awal kehamilan dapat membuat Anda luar biasa emosional dan menangis. Perubahan suasana hati juga biasa terjadi.

5. Kembung

Perubahan hormon selama awal kehamilan dapat menyebabkan Anda merasa kembung, mirip dengan apa yang mungkin Anda rasakan pada awal periode menstruasi.

6. Bercak darah yang ringan

Terkadang sedikit bercak cahaya adalah salah satu tanda awal kehamilan. Dikenal sebagai pendarahan implantasi, itu terjadi ketika sel telur yang dibuahi menempel pada lapisan rahim – sekitar 10 hingga 14 hari setelah pembuahan.

Implantasi pendarahan terjadi sekitar waktu periode menstruasi. Namun, tidak semua wanita memilikinya dan ini adalah salah satu ciri-ciri hamil muda.

7. Kram rahim

Beberapa wanita mengalami kram rahim ringan di awal kehamilan yang merupakan salah satu cir-ciri hamil muda.

8. Sembelit

Perubahan hormon menyebabkan sistem pencernaan Anda melambat, yang dapat menyebabkan sembelit.

9. Tidak mau makanan

Saat Anda hamil, Anda mungkin menjadi lebih sensitif terhadap bau tertentu dan indera perasa Anda mungkin berubah. Seperti kebanyakan gejala kehamilan lainnya, preferensi makanan ini dapat dihubungkan dengan perubahan hormon.

10. Hidung tersumbat

Peningkatan kadar hormon dan produksi darah dapat menyebabkan selaput lendir di hidung Anda membengkak, mengering dan berdarah dengan mudah. Ini mungkin menyebabkan Anda memiliki hidung tersumbat atau berair.
 

Ciri-Ciri Hamil Muda - Tanda-Tanda, Ciri-ciri flek darah sebagai tanda hamil

Ciri-Ciri Hamil Muda – Tanda-Tanda, Ciri-ciri flek darah sebagai tanda hamil. Sumber foto: Wikimedia Commons

 

Tanda-tanda awal kehamilan: Kapan saya akan merasakan gejalanya?

Apa yang Anda rasakan pada minggu ke-2 (ciri-ciri hamil muda)

Periode terakhir Anda dimulai sekitar dua minggu yang lalu. Berdasarkan cara dokter dan bidan menghitung minggu kehamilan, pada apa yang disebut tanda 2 minggu Anda sebenarnya hanya berovulasi dan mungkin akan hamil. Apa yang Anda alami sekarang kemungkinan terkait dengan siklus menstruasi yang biasa Anda lakukan.

Gejala kehamilan pada minggu ke-3

Jika sel telur Anda berhasil dibuahi, minggu ini ia mengalami proses yang disebut pembelahan sel saat ia melalui saluran tuba ke rahim. Di sana, sel telur yang telah dibuahi tertanam di lapisan rahim Anda.

Sebagian besar wanita tidak merasa sangat berbeda pada 3 minggu, tetapi beberapa mungkin melihat sedikit “bercak implantasi” atau merasakan gejala awal kehamilan seperti kelelahan, payudara lembut, mual, meningkatnya penciuman, penolakan makanan, dan lebih sering buang air kecil.

Gejala kehamilan pada minggu ke-4

Biasanya Anda mendapatkan menstruasi sekitar 4 minggu dari awal menstruasi terakhir, tetapi jika Anda hamil, tanda paling jelas pada saat ini adalah menstruasi yang terlewat. Banyak wanita masih merasa baik-baik saja pada 4 minggu, tetapi yang lain mungkin melihat payudara yang sakit, kelelahan, sering buang air kecil, dan mual. Sekitar sepertiga wanita mengalami mual pada kehamilan 4 minggu.

Gejala kehamilan pada minggu ke-5

Sementara bayi Anda tumbuh dengan kecepatan yang memusingkan di dalam rahim Anda, Anda mungkin menjadi lebih sadar akan ketidaknyamanan terkait kehamilan, termasuk kelelahan, payudara yang sakit atau bengkak, mual, dan lebih sering pergi ke kamar mandi.

Gejala kehamilan pada minggu ke-6

Bagi kebanyakan wanita, mual di pagi hari dimulai antara 6 dan 8 minggu. Anda juga mungkin kelelahan dan mengalami perubahan suasana hati, yang bisa disebabkan oleh perubahan hormon serta stres karena bertanya-tanya apa yang ada di depan dalam kehamilan Anda.

Sekitar 25 persen wanita memiliki bercak di awal kehamilan. Ini biasanya tidak perlu dikhawatirkan, tetapi jika Anda melihat bercak atau berdarah, hubungi penyedia Anda untuk memastikan semuanya baik-baik saja.

Gejala kehamilan pada minggu ke-7

Morning sickness mungkin sedang berjalan saat ini, dan Anda juga mungkin memperhatikan celana Anda terasa sedikit lebih kencang. Rahim Anda sekarang dua kali ukurannya lima minggu yang lalu.

Anda mungkin perlu sering ke kamar mandi, berkat tekanan yang meningkat pada kandung kemih dari rahim Anda yang sedang tumbuh dan lebih banyak darah yang disaring melalui ginjal Anda.

Gejala kehamilan pada 8 minggu

Perubahan hormon terus membuat Anda merasa lesu dan lelah, sementara mual dan muntah juga bisa menguras energi Anda. Bra Anda mungkin mulai terasa sedikit nyaman saat kadar hormon meningkat mempersiapkan payudara Anda untuk menyusui. Anda juga mungkin mengalami kesulitan tidur jika Anda bangun untuk kencing beberapa kali dalam semalam atau jika payudara yang lembut mencegah Anda tidur di perut Anda.

Tanda-tanda kehamilan lain yang dilaporkan oleh wanita 8 minggu meliputi:

  • Kram atau ketidaknyamanan uterus ringan (tanpa perdarahan)
  • Perut kembung
  • Sembelit
  • Mulas
  • Hidung tersumbat
  • Sesak napas
  • Mengidam atau benci makanan
  • Sakit kepala ringan
  • Vena laba-laba atau varises
  • Telapak tangan gatal
  • Area kulit yang lebih gelap (di wajah, perut atau areola)

Para ahli berspekulasi bahwa gejala-gejala ini, tidak menyenangkan sebagaimana adanya, dapat melayani tujuan penting jika mereka melindungi wanita dari menelan sesuatu yang dapat membahayakan embrio selama tahap awal perkembangan yang penting. Mereka juga dapat mengingatkan beberapa wanita tentang keadaan hamil mereka, mendorong mereka untuk melakukan perubahan gaya hidup dan mencari perawatan pranatal.

Namun, karena gejala paling awal tidak dimulai sampai setelah embrio terbentuk, anggaplah Anda bisa hamil dan jaga diri Anda baik-baik, bahkan sebelum Anda memiliki gejala atau mendapatkan tes kehamilan yang positif.
 

Pertanyaan Seputar Ciri-Ciri Hamil Muda

Ciri-ciri flek darah menstruasi

Menstruasi berlangsung selama dua sampai tujuh hari, normalnya. Flek darah yang dihasilkan berwarna merah terang, dan darah yang keluar juga bisa berupa gumpalan. Dalam keadaan normal, wanita memerlukan pembalut menstruasi atau tampon setidaknya dalam durasi setiap tiga jam sekali. Namun, jika Anda sampai harus ganti pembalut setiap jam, segera periksakan diri ke dokter. Hal ini karena perdarahan tersebut bisa menjadi indikator kondisi medis yang mendasari. Anda juga harus waspada jika perdarahan berlanjut selama lebih dari delapan hari.

Ciri-ciri flek darah sebagai tanda hamil

Flek saat hamil atau biasa disebut pendarahan implantasi, terjadi ketika telur yang dibuahi menempel pada lapisan rahim Anda. Pembuahan akan bergerak jalan menuju rahim dan menyebabkan gesekan pada dinding rahim. Hal ini memunculkan sedikit pendarahan ringan dan tidak berbahaya.

Flek tersebut biasanya berwarna coklat atau merah muda. Anda perlu waspada jika darah yang keluar bukan berupa flek, melainkan dengan volume cukup banyak. Bisa jadi perdarahan tersebut merupakan suatu pertanda adanya masalah serius pada kehamilan Anda (jika Anda memang sedang hamil), atau pada kesehatan tubuh Anda. Sebanyak 30 persen wanita hamil dilaporkan mengalami flek perdarahan yang biasa terjadi di awal kehamilannya, biasanya pada 3 bulan pertama kehamilan.

Cara membedakan flek darah

Flek menstruasi: Flek saat hamil terjadi hanya dalam waktu satu hingga dua hari. Berbeda dengan flek darah menstruasi yang terjadi dalam kurun waktu kurang lebih tujuh hari. Flek saat hamil tidak mengandung gumpalan darah seperti yang sering muncul saat menstruasi.

Berbeda warna: Jika menstruasi darah yang muncul biasanya berwarna merah terang dan terlihat segar, flek darah kehamilan berwarna seperti merah kecokelatan. Flek darah hamil akibat implantasi  juga sesekali berwarna merah, tapi lebih sering terlihat coklat atau merah muda.

Sakit yang dirasakan: Flek darah hamil dan menstruasi biasanya menyebabkan kram perut, namun kram akibat menstruasi akan terasa lebih kuat. Kram ringan yang tidak pernah meningkat tingkat keparahannya bisa berarti ciri hamil, terutama jika dibarengi dengan keluarnya bercak darah berwarna merah muda atau kecokelatan.

Apakah Anda hamil pada minggu pertama?

Bahkan, banyak wanita kehilangan menstruasi pada minggu ke-4 sebelum mereka bahkan merasa “berbeda.” Tetapi beberapa tanda-tanda awal kehamilan yang umum pada minggu-minggu pertama setelah pembuahan meliputi nyeri pada payudara, mual, kelelahan, dan sering ingin buang air kecil. Baca juga: Nyeri Haid – Kram Menstruasi – Penyebab dan Pengobatan (Dismenore)

Apakah Anda benar-benar hamil?

Sayangnya, banyak dari tanda dan gejala ini tidak unik untuk kehamilan. Beberapa dapat menunjukkan bahwa Anda sakit atau menstruasi Anda akan segera dimulai. Demikian juga, Anda bisa hamil tanpa mengalami banyak gejala ini.

Namun, jika Anda melewatkan menstruasi dan melihat beberapa tanda atau gejala di atas, lakukan tes kehamilan di rumah atau temui dokter Anda. Jika tes kehamilan di rumah Anda positif, buat janji dengan penyedia layanan kesehatan Anda. Semakin cepat kehamilan Anda dikonfirmasi, semakin cepat Anda dapat memulai perawatan pranatal.

Bisakah Anda merasa hamil setelah 2 hari?

Wanita dapat melihat gejala-gejala ini sedini 1-2 minggu setelah pembuahan. Kelelahan. Perubahan hormon, terutama peningkatan tajam progesteron selama tahap awal kehamilan, dapat membuat wanita merasa mengantuk sepanjang hari.
 

Bacaan Lainnya

 

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber bacaan: NIH (National Institute of Health)Mayo ClinicBaby CenterMedical News Today dan:

                       
 
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-05-11T02:12:15+07:00 Mei 11th, 2019|IPA, Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment