fbpx

Hiperkalsemia adalah kondisi ketika kadar kalsium dalam aliran darah berada di atas batas normal

Apakah Hiperkalsemia Itu?

Hiperkalsemia adalah kondisi ketika kadar kalsium dalam aliran darah berada di atas batas normal.

Terlalu banyak kalsium dalam darah Anda dapat melemahkan tulang Anda, membuat batu ginjal, dan mengganggu cara kerja jantung dan otak Anda.

Hiperkalsemia biasanya akibat kelenjar paratiroid yang terlalu aktif. Keempat kelenjar kecil ini terletak di belakang kelenjar tiroid. Penyebab lain hiperkalsemia termasuk kanker, kelainan medis tertentu lainnya, beberapa obat, dan terlalu banyak mengonsumsi suplemen kalsium dan vitamin D.

Berapa kadar kalsium yang normal?

8.5 sampai 10.5 mg/dL (sekitar (2-2.5 mmol/L).

Nama alternatif untuk hiperkalsemia

Kelebihan kalsium darah, kadar kalsium darah tinggi, kalsium darah meningkat.

Apa yang dianggap kadar kalsium tinggi dalam darah?

Untuk remaja dan dewasa muda, adalah normal untuk memiliki kadar kalsium hingga pertengahan hingga 10-an (dalam mg / dl). Untuk orang dewasa di atas usia 40 tahun, kadar kalsium umumnya harus dalam kisaran 9,3 hingga 9,9 mg / dl. Kadar kalsium yang tinggi hampir selalu menunjukkan penyakit paratiroid.
 

Hiperkalsemia adalah kondisi ketika kadar kalsium dalam aliran darah berada di atas batas normal

Hiperkalsemia adalah kondisi ketika kadar kalsium dalam aliran darah berada di atas batas normal

 

Gejala dan Tanda-Tanda Hiperkalsemia

Anda mungkin tidak memiliki tanda atau gejala jika hiperkalsemia Anda ringan. Kasus yang lebih parah menghasilkan tanda dan gejala yang berhubungan dengan bagian tubuh Anda yang dipengaruhi oleh tingginya kadar kalsium dalam darah Anda. Contohnya termasuk:

  • Ginjal. Kelebihan kalsium dalam darah Anda berarti ginjal Anda harus bekerja lebih keras untuk menyaringnya. Ini bisa menyebabkan rasa haus yang berlebihan dan sering buang air kecil.
  • Sistem pencernaan. Hiperkalsemia dapat menyebabkan sakit perut, mual, muntah, dan sembelit.
  • Tulang dan otot. Dalam kebanyakan kasus, kelebihan kalsium dalam darah Anda terlepas dari tulang Anda, yang melemahkan mereka. Ini dapat menyebabkan nyeri tulang, kelemahan otot dan depresi.
  • Otak. Hiperkalsemia dapat mengganggu cara kerja otak Anda, mengakibatkan kebingungan, kelesuan, dan kelelahan. Itu juga bisa menyebabkan depresi.
  • Jantung. Jarang, hiperkalsemia berat dapat mengganggu fungsi jantung Anda, menyebabkan jantung berdebar dan pingsan, indikasi aritmia jantung, dan masalah jantung lainnya.
  • Kebingungan, kelesuan, dan kelelahan. Terlalu banyak kalsium dalam darah dapat memengaruhi otak, menyebabkan gejala-gejala ini.
    Kecemasan dan depresi. Hiperkalsemia juga dapat memengaruhi kesehatan mental.
  • Tekanan darah tinggi dan irama jantung yang tidak normal. Tingkat kalsium yang tinggi dapat meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan kelainan listrik yang mengubah ritme jantung, menambah ketegangan.
  • Rasa haus yang berlebihan dan sering buang air kecil. Terlalu banyak kalsium berarti ginjal harus bekerja lebih keras. Akibatnya, seseorang dapat buang air kecil lebih sering, menyebabkan dehidrasi dan meningkatkan rasa haus.

 

Pengobatan Hiperkalsemia

Rehidrasi

Sodium chloride IV 0,9% 4-6L dalam 24 jam. Tinjau secara berkala dan sesuaikan rejimen cairan ke individu sesuai kebutuhan.

Gunakan hati-hati pada gangguan ginjal, pasien usia lanjut dan pasien gagal jantung. Pantau kelebihan cairan.

Loop diuretik tidak efektif dalam menurunkan kalsium dan hanya digunakan jika kelebihan cairan berkembang.

Dialisis mungkin perlu dipertimbangkan pada gagal ginjal berat.
Bifosfonat IV

Ini harus dipertimbangkan jika perawatan lebih lanjut diperlukan setelah IV natrium klorida.

Bifosfonat IV

Asam zoledronic 4mg lebih dari 15 menit atau
Pamidronate 30-90mg pada 20mg / jam – dosis tergantung pada keparahan hiperkalsemia, lihat ringkasan produsen karakteristik produk (SPC) untuk panduan.
N.B. Tidak ada agen yang dilisensikan untuk digunakan pada hiperkalsemia yang diinduksi oleh tumor.

Berikan lebih lambat dan pertimbangkan pengurangan dosis kerusakan ginjal, lihat SPC yang relevan untuk perincian lebih lanjut.

Pantau respons kalsium serum yang akan mencapai titik nadir (paling rendah) dalam 2-4 hari dan pertahankan hidrasi yang memadai sepanjang.

Hipokalsemia dapat terjadi jika PTH ditekan atau terjadi defisiensi vitamin D.

Perawatan kedua

Ada obat-obatan lain yang dapat dipertimbangkan berdasarkan kasus per kasus (mis. Glukokortikoid karena menghambat produksi 1,25OH vitamin D, kalsimimetik, paratiroidektomi) tetapi Anda harus mencari nasihat spesialis atau Dokter.

Prosedur bedah dan lainnya

Masalah yang terkait dengan kelenjar paratiroid yang terlalu aktif seringkali dapat disembuhkan dengan operasi untuk mengangkat jaringan yang menyebabkan masalah.

Dalam banyak kasus, hanya satu dari empat kelenjar paratiroid seseorang yang terpengaruh. Tes pemindaian (scanner) khusus menggunakan suntikan sejumlah kecil bahan radioaktif untuk menentukan kelenjar atau kelenjar yang tidak berfungsi dengan baik.
 

Penyebab Hiperkalsemia

Selain membangun tulang dan gigi yang kuat, kalsium membantu otot berkontraksi dan saraf mengirimkan sinyal. Biasanya, jika tidak ada cukup kalsium dalam darah Anda, kelenjar paratiroid Anda mengeluarkan hormon yang memicu:

  • Tulang Anda melepaskan kalsium ke dalam darah Anda
    Saluran pencernaan Anda menyerap lebih banyak kalsium
  • Ginjal Anda mengeluarkan lebih sedikit kalsium dan mengaktifkan lebih banyak vitamin D, yang memainkan peran penting dalam penyerapan kalsium
  • Keseimbangan antara terlalu sedikit kalsium dalam darah Anda dan hiperkalsemia dapat terganggu oleh berbagai faktor.

Hiperkalsemia disebabkan oleh:

  • Kelenjar paratiroid yang terlalu aktif. Penyebab paling umum dari hiperkalsemia, kelenjar paratiroid yang terlalu aktif (hiperparatiroidisme) dapat berasal dari tumor kecil, non-kanker (jinak) atau pembesaran satu atau lebih dari empat kelenjar paratiroid.
  • Kanker. Kanker paru-paru dan kanker payudara, serta beberapa kanker darah, dapat meningkatkan risiko hiperkalsemia. Penyebaran kanker (metastasis) ke tulang Anda juga meningkatkan risiko Anda.
    Penyakit lainnya. Penyakit tertentu, seperti TBC dan sarkoidosis, dapat meningkatkan kadar vitamin D dalam darah, yang merangsang saluran pencernaan Anda untuk menyerap lebih banyak kalsium.
  • Faktor keturunan. Kelainan genetik langka yang dikenal sebagai hiperkalsemia familial hypocalciuric menyebabkan peningkatan kalsium dalam darah Anda karena reseptor kalsium yang salah dalam tubuh Anda. Kondisi ini tidak menyebabkan gejala atau komplikasi hiperkalsemia.
  • Imobilitas. Orang yang memiliki kondisi yang menyebabkan mereka menghabiskan banyak waktu duduk atau berbaring dapat mengalami hiperkalsemia. Seiring waktu, tulang-tulang yang tidak tahan berat melepaskan kalsium ke dalam darah.
  • Dehidrasi parah. Penyebab umum hiperkalsemia ringan atau sementara adalah dehidrasi. Memiliki sedikit cairan dalam darah Anda menyebabkan peningkatan konsentrasi kalsium.
  • Obat-obatan Obat-obatan tertentu – seperti lithium, yang digunakan untuk mengobati gangguan bipolar – dapat meningkatkan pelepasan hormon paratiroid.
  • Suplemen. Mengonsumsi kalsium atau vitamin D dalam jumlah berlebih dari waktu ke waktu dapat meningkatkan kadar kalsium dalam darah Anda di atas normal.

 

Bacaan Lainnya

 

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 
Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.
 
Sumber bacaan: Clinmed, GGC Medicines, Mayo Clinic, Patient.info, Marie Curie, NCBI, Yourhormones.infoParathyroid

                       
 
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-05-18T16:08:40+07:00 Mei 18th, 2019|IPA, Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment