PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Keracunan Karbon Monoksida | Apa Yang Harus Dilakukan? dan Jenis Tindakan Pencegahan

5 min read

Keracunan Karbon Monoksida

Bagaimana cara tahunya jika Anda keracunan karbon monoksida? Karbon monoksida (CO) adalah gas yang tidak berwarna, tidak berbau, beracun dan berpotensi mematikan yang dihasilkan dari pembakaran tidak sempurna, terlepas dari bahan bakar yang digunakan: kayu, butana, batu bara, bensin, bahan bakar minyak, gas alam, minyak, propana. Ini menyebar sangat cepat di lingkungan. Setiap tahun, gas beracun ini bertanggung jawab atas sekitar seratus kematian di seluruh dunia.

Tindakan sederhana, bagaimanapun juga akan membantu mengurangi risiko.

Dalam keadaan apa keracunan terjadi?

Keracunan karbon monoksida terjadi karena beberapa penyebab:

– Evakuasi produk pembakaran yang buruk (cerobong tersumbat atau berukuran buruk)
– Tidak ada atau tidak cukupnya ventilasi di ruangan tempat peralatan dipasang (ruangan terdempul, saluran keluar udara tersumbat)
– Kurangnya perawatan alat pemanas dan produksi air panas.
– Perangkat usang
– Penggunaan peralatan tertentu yang tidak tepat, yang dirancang khusus untuk penggunaan di luar ruangan atau tambahan (peralatan pemanas tambahan yang digunakan terus menerus, misalnya, generator, dll.)
– Ketidakcocokan instalasi yang berbeda hadir di tempat tinggal yang sama (contoh: perapian terbuka dan ketel).

Kombinasi dari penyebab ini sering diamati dalam kecelakaan.
Selain itu, faktor-faktor yang memberatkan seperti kondisi cuaca tertentu (badai, kabut tebal, dingin yang ekstrim, dll.) menyebabkan peningkatan risiko, terutama karena dapat disertai dengan penggunaan pemanas darurat secara besar-besaran (generator, kompor minyak, anglo, dll. .).
Selain itu, keracunan kolektif diamati setiap tahun di tempat umum: sekolah, supermarket, restoran, gereja, gelanggang es, dll.

Semua jenis peralatan pembakaran, terlepas dari bahan bakar yang digunakan, merupakan sumber potensial karbon monoksida, dalam jumlah yang bervariasi tergantung pada sifat bahan bakar ini dan kualitas pembakaran:

– boiler kayu, batubara, gas atau bahan bakar minyak
– pemanas air dan pemanas mandi
– sisipan perapian, kompor
– pemanas seluler tambahan
– kayu, batu bara atau kompor gas
– mesin mobil di garasi
– perangkat pembangkit bensin atau bahan bakar minyak dan mesin panas tetap atau bergerak apa pun
– Peralatan “sementara” seperti alat dapur pemanas kompor portable (yang bisa dibawa-bawa)

Apa saja gejalanya?

Gejala – sakit kepala, kelelahan, mual – muncul kurang lebih dengan cepat dan dapat mempengaruhi beberapa orang. Keracunan parah dapat menyebabkan koma dan kematian, terkadang dalam beberapa menit. Oleh karena itu penting untuk bertindak sangat cepat:

Jika diduga keracunan, segera ventilasi ruangan, matikan peralatan pembakaran jika memungkinkan, evakuasi tempat dan hubungi layanan darurat dengan menekan nomor 15, 18 atau 112 (dan 114 untuk tuna rungu).

Manajemen perawatan orang yang keracunan harus segera diintervensi, dari gejala pertama, dan mungkin memerlukan rawat inap khusus.

Baca juga: Persiapan Menghadapi Bencana | Prosedur Mitigasi Bencana

Bagaimana saya bisa menghindari keracunan di rumah saya?

Untuk orang yang tinggal di negara yang memiliki 4 musim:
Sebelum setiap musim dingin:
– Periksa instalasi Anda oleh profesional yang berkualifikasi:
° boiler
° pemanas air dan pemanas mandi
° perapian, sisipan, kompor,
– Suruh saluran dan cerobong asap Anda disapu secara mekanis setidaknya setahun sekali.
Sepanjang musim dingin:
– Ventilasi rumah Anda
– Jangan pernah menghalangi saluran masuk udara.
– Ikuti petunjuk penggunaan peralatan pembakaran yang ditunjukkan dalam petunjuk pabrik.
Dalam cuaca yang sangat dingin:
– Jangan sekali-kali menggunakan peralatan yang tidak dimaksudkan untuk memanaskan Anda: kompor, anglo, dll.
– Jangan gunakan pemanas tambahan secara terus menerus. Perangkat ini hanya boleh beroperasi sebentar-sebentar.
– Jika Anda baru saja membeli atau memasang alat pemanas baru, pastikan Anda memiliki pemasangan dan pengoperasian alat yang benar dari profesional yang berkualifikasi sebelum menggunakannya.
Jika terjadi pemadaman listrik:
– Sangat penting untuk memasang genset di luar gedung dan tidak pernah di tempat tertutup – Mereka tidak boleh digunakan di dalam ruangan.
Selama mantra ringan, jika Anda memiliki alat yang memungkinkan untuk membiarkan api membara (misalnya kompor arang):
– Jangan biarkan kompor Anda membara jika mantra ringan diumumkan.

Bagaimana saya bisa diberitahu jika saya memiliki karbon monoksida di rumah saya?

Ada detektor karbon monoksida tetap atau portabel di pasaran. Tingkat keamanan yang disediakan oleh detektor peringatan karbon monoksida otonom menunjukkan bahwa tingkat keamanannya sering kali tidak mencukupi. Jika Anda memilih hari ini untuk melengkapi rumah Anda dengan detektor, pastikan sebelumnya bahwa detektor yang Anda pilih dinyatakan oleh produsen untuk memenuhi standar Eropa NF EN 50291 (pernyataan ini harus muncul pada kemasan produk) atau kesesuaian lainnya.

Selama pemeliharaan tahunan boiler Anda, profesional yang memenuhi syarat yang campur tangan diperlukan untuk mengukur karbon monoksida untuk memastikan bahwa instalasi Anda tidak mengeluarkan karbon monoksida.

Selain itu, jika rumah Anda juga dilengkapi dengan Autonomous Smoke Alarm Detector (DAAF), berhati-hatilah untuk tidak mengacaukan alarm mereka. Perilaku yang harus diadopsi sebagai respons terhadap pemicu alarm DAAF (tidak meninggalkan rumah, menutup pintu, berdiri di samping jendela dan menunggu bantuan) adalah kebalikan dari yang diterapkan jika alarm detektor CO dipicu (buka jendela dan tinggalkan akomodasi).

Apa yang harus saya lakukan jika saya merasa memiliki sistem pemanas yang tidak aman yang dapat mengeluarkan karbon monoksida?

Tukang pipa profesional yang berkualifikasi, insinyur pemanas, dan penyapu cerobong asap dapat melakukan diagnosis instalasi Anda.
Selain itu, jika itu adalah instalasi gas dalam ruangan yang berusia lebih dari 15 tahun, ada juga diagnostik bersertifikat di wilayah Anda yang melakukan status instalasi pada saat penjualan rumah. Para profesional ini dapat mendiagnosis instalasi Anda.

Apa yang harus dilakukan jika Anda menduga keracunan atau jika detektor CO mati?

Jika Anda berada di ruangan dengan perangkat yang menggunakan energi yang mudah terbakar (kayu, batu bara, gas (alam, butana, propana), bensin, bahan bakar minyak, etanol) dan Anda mengalami sakit kepala, mual, muntah, itu bisa jadi keracunan karbon monoksida .
Selain itu, jika akomodasi Anda dilengkapi dengan detektor CO, alarm akan berbunyi untuk memperingatkan Anda tentang keberadaan CO di atmosfer akomodasi saya pada tingkat yang cukup tinggi.

Dalam dua situasi ini:

1/ Ventilasi ruangan segera dengan membuka pintu dan jendela.
2/ Matikan peralatan pembakaran jika memungkinkan.
3/ Evakuasi tempat dan bangunan.
4/ Hubungi layanan darurat:
Layanan Nomor Panggilan Darurat 112 merupakan layanan yang dapat digunakan saat terjadi keadaan darurat dengan menghubungi nomor 112 yang akan terhubung dengan Pusat Panggilan Darurat (Call Center 112) yang dibangun oleh pemerintah daerah.

Panggilan ke nomor 112 bisa dilakukan dari telepon seluler juga telepon rumah.

5/ Jangan kembali ke tempat sebelum menerima nasihat dari seorang profesional.

Dari mana asal karbon monoksida di tempat kolektif (umum)?

Di tempat-tempat hiburan atau ibadah, penggunaan panel pancaran yang terlalu lama dapat menyebabkan keracunan karbon monoksida. Dilarang memanaskan ruangan yang dilengkapi dengan panel pancaran sebelum acara.
Generator, yang sering digunakan pada pertemuan (pesta, festival, rapat, konser, massa) juga dapat memancarkan karbon monoksida. Mereka harus selalu ditempatkan di luar tempat.

Siapa yang harus ditanyakan?

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi:
– Pusat kendali racun di daerahmu
– Seorang profesional yang memenuhi syarat: insinyur pemanas tukang ledeng, penyapu cerobong asap
– Dinas Kesehatan Daerah di wilayah Anda
– Layanan Kebersihan dan Kesehatan Komunal di Balai Kota Anda

Perawatan

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengobati keracunan karbon monoksida.

Pemberian oksigen konsentrasi tinggi adalah pengobatan yang biasa. Jika kondisi orang tersebut lebih serius, dokter mungkin meresepkan pengobatan di ruang hiperbarik. Perawatan ini terdiri dari menempatkan orang tersebut dalam kotak tertutup di mana mereka menerima oksigen bertekanan.

Apa gejala sisa dan konsekuensinya?

Serius dan tidak diobati, keracunan karbon monoksida sangat mematikan. Keracunan karbon monoksida kadang-kadang dapat menyebabkan gejala sisa neurologis dan jantung jangka panjang yang meninggalkan gejala melumpuhkan.

Ini juga meningkatkan risiko mengembangkan penyakit kardiovaskular dalam sepuluh tahun. Ada juga gejala neurologis yang jauh, meskipun pengobatan dilakukan dengan baik dan dipantau.

Ini mungkin muncul pada pasien yang tampaknya telah pulih sepenuhnya dari keracunan akut. Mereka muncul setelah periode latensi dua hari hingga lima minggu. Apa yang disebut sindrom “pasca interval” ini dimanifestasikan secara khusus oleh gejala yang mirip dengan penyakit Parkinson, dengan sakit kepala kronis, gangguan penglihatan, perubahan suasana hati atau gangguan kepribadian.


Persiapan Menghadapi Bencana | Prosedur Mitigasi Bencana


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: CleverlySmart, CDC, NHS UK, Travelers, Cleveland Clinic

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Memahami Prinsip dan Operasi Utama dalam Perbankan Islam: Riba,…

Perbankan Islam mengikuti prinsip-prinsip syariah yang sesuai dengan ajaran Islam. Ini melibatkan larangan terhadap riba (bunga), mempromosikan berbagai bentuk transaksi yang adil, serta mengutamakan...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *