Membangunkan Seorang Yang Tidur Sambil Berjalan | Apa Yang Akan Terjadi? Apakah Bahaya?

2 min read

Membangunkan Seorang Yang Tidur Sambil Berjalan - Apa Yang Akan Terjadi? Apakah Bahaya?

Apa yang akan terjadi ketika Anda membangunkan seorang yang tidur sambil berjalan? Apakah bahaya?

Adalah mitos bahwa membangunkan seorang yang tidur sambil berjalan (sleepwalker) berbahaya karena dapat menyebabkan mereka terkena serangan jantung, syok, kerusakan otak, atau yang lainnya.

Bukan mitos bahwa membangunkan sleepwalker berbahaya karena kemungkinan cedera yang dapat ditimbulkan oleh sleepwalker pada diri mereka sendiri atau orang yang membangunkannya.

Jadi, dianjurkan untuk membangunkan seseorang yang sedang tidur berjalan, agar dia tidak cedera.

Tidur Berjalan (Sleepwalking) – Gangguan Tidur – Penjelasan, Penyebab dan Pengobatan

Selanjutnya, baca disini: Tidur Berjalan (Sleepwalking) – Gangguan Tidur – Penjelasan, Penyebab dan Pengobatan

Jika Anda membangunkan seorang yang tidur sambil berjalan, kemungkinan akan terjadi hal ini…

Membangunkan orang yang sedang berjalan dalam tidur, terutama dengan penuh semangat, mungkin dapat membingungkan atau membuat mereka tertekan untuk sementara waktu.

Karena bingung, mereka mungkin menyerang siapa pun yang dekat dengannya. Yang terbaik adalah tidak menghalangi jalan mereka.

Membangunkan Seorang Yang Tidur Sambil Berjalan - Apa Yang Akan Terjadi? Apakah Bahaya?
Membangunkan Seorang Yang Tidur Sambil Berjalan – Apa Yang Akan Terjadi? Apakah Bahaya? Ilustrasi dan sumber foto: Pixabay

Apa yang harus dilakukan jika Anda membangunkan seorang yang tidur sambil berjalan?

Sebaliknya, mungkin lebih baik membimbing mereka kembali ke tempat tidur mereka. Sangat tidak mungkin bagi seorang sleepwalker ketika terbangun tiba-tiba akan mengalami penyakit jantung (kecuali orang tersebut telah memiliki penyakit jantung yang serius).

Baca juga: Penyakit Jantung | Apa Saja Jenisnya?

Tidak ada bedanya dengan ketika seseorang yang tidur dengan normal dan tiba-tiba terbangun oleh suara yang keras. Yang penting adalah untuk melindungi sleepwalker dari diri mereka sendiri, agar tidak cedera.

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mengirimnya kembali ke tempat tidur.

Jika Anda menyaksikan “serangan atau episode” berjalan dalam tidur, Anda harus berbicara dengan tenang kepada orang yang berjalan dalam tidur, dengan suara lembut, sarankan agar dia kembali ke tempat tidur. Kami menghindari memegangnya secara brutal karena ia bisa menjadi agresif kecuali tentu saja jika ia membahayakan dirinya sendiri (jika ia membuka atau melangkahi jendela misalnya).

Jika salah satu anggota keluarga Anda mengalami ganggguan tidur seperti ini, bimbing penderita agar dapat kembali tidur, dan jangan berteriak atau mengejutkan penderita.

Bila gangguan ini terjadi pada waktu yang sama tiap malam, cara lain untuk mengatasinya adalah dengan membangunkan penderita 15-30 menit sebelum gejala penyakit tidur berjalan muncul, sehingga siklus tidurnya berubah dan diharapkan dapat meredakan kondisi ini.

Apabila anak Anda kerap mengalami penyakit tidur berjalan, buatlah tambahan pengaman di tiap sisi ranjang untuk mencegah mereka turun dari kasur. Bila perlu, awasi anak Anda tiap malam atau sewa perawat untuk melakukan tugas khusus ini.

Apa yang menyebabkan serangan sleepwalking?

Ini sering dikaitkan dengan kesulitan bernapas atau gerakan kaki yang tidak terkendali. Konsumsi alkohol yang berlebihan, kurang tidur, stres atau gangguan mental dapat menyebabkan jenis manifestasi ini. “Penyebab sleepwalking bisa sangat berbeda”


Baca Masalah atau Gangguan Tidur Lainnya

Gangguan atau masalah tidur dapat menyebabkan kesusahan dan ketidaknyamanan, fungsi siang hari terganggu dan komplikasi serius. Gangguan tidur adalah kelainan yang bisa menyebabkan masalah pada pola tidur, baik karena tidak bisa tertidur, sering terbangun pada malam hari, atau ketidakmampuan untuk kembali tidur setelah terbangun.

Contohnya: hipersomnia, parasomnia, insomnia, ketindihan, sleep apnea, narkolepsi, sexomnia, saat hamil, gerakan mata cepat (rem) jet lag, ngompol, teror malam, tidur berjalan, gerakan tubuh, tidur berlebihan, dll… Klik disini untuk membaca lebih lanjut.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber bacaan: CleverlySmart, Mayo Clinic, The Register, Live Science

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

UU USA Undang-Undang Konstitusi (US Constitution) Legislatif, Eksekutif, Yudikatif

UU USA (US Constitution) / Hukum Tertinggi Negara UU USA atau Konstitusi Amerika Serikat, dengan kata-katanya sendiri, adalah “hukum tertinggi negara”. Diterima pada 17...
PinterPandai
8 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *