fbpx

Ngigau – Tidur Berbicara – Somniloquy – Penjelasan, Penyebab dan Pengobatan

Mengigau

Adalah gangguan tidur yang ditandai dengan berbicara saat tidur tanpa disadari. Mengigau termasuk dalam gangguan tidur parasomnia.

Seperti dengan tidur berjalan (sleepwalking) dan teror malam (night teror), sleeptalking biasanya terjadi selama tahap tidur NREM (Non-rapid eye movement sleep) gelombang delta atau selama gairah sementara darinya. Dalam bahasa Inggris, mengigau adalah sleep talking atau istilah kedokteran yang bernama somniloquy.

Siapa yang sering mengigau atau berbicara dalam tidur mereka?

Banyak orang berbicara dalam tidur mereka. Setengah dari semua anak berusia antara 3 dan 10 tahun melakukan percakapan sambil tidur, dan sejumlah kecil orang dewasa – sekitar 5% – terus mengobrol sambil mengobrol setelah mereka pergi tidur. Ucapannya bisa terjadi sesekali atau setiap malam. Sebuah jajak pendapat tahun 2004 menunjukkan bahwa lebih dari 1 dari 10 anak kecil berkomunikasi dalam tidur mereka lebih dari beberapa malam dalam seminggu.

Anak perempuan berbicara dalam tidur mereka sebanyak anak laki-laki. Dan para ahli berpikir bahwa pembicaraan tidur dapat berjalan dalam keluarga.

Apakah berbicara dalam tidur merupakan tanda stres?

Meskipun siapa pun dapat mengalami tidur sambil berbicara, itu bisa bersifat genetik dan cenderung lebih banyak terjadi pada pria dan anak-anak. Kurang tidur, alkohol dan obat-obatan, demam, stres, kegelisahan dan depresi, semuanya dapat menyebabkan mengigau. Berbicara pda saat tidur dapat terjadi kapan saja di malam hari dan selama tahap tidur apa pun.

Apa saja yang diungkapkan oleh seseorang yang sedang mengigau?

Materi yang dibicarakan cenderung tidak berbahaya. Mungkin juga tidak masuk akal sama sekali. Di lain waktu, konten tersebut mungkin vulgar atau menyinggung pendengar. Pembicaraan dapat terjadi berkali-kali dan mungkin cukup keras. Ini dapat mengganggu tidur pasangan atau teman sekamar.

Contoh: memanggil nama, berbicara kotor, dll. Mengigau bisa sangat keras, mulai dari bunyi bergumam sederhana sampai teriakan nyaring dan pidato yang panjang, sering tidak jelas, dan dapat terjadi berkali-kali selama siklus tidur.

Apa saja gejala berbicara dalam tidur Anda?

Sulit untuk mengatakan apakah Anda berbicara dalam tidur Anda sendiri. Biasanya, orang akan memberi tahu Anda bahwa mereka telah mendengar Anda berteriak pada malam hari atau saat Anda tidur siang.

Atau mungkin seseorang mungkin mengeluh bahwa tidur Anda membuat dia terjaga sepanjang malam.
 

Ngigau - Tidur Berbicara - Somniloquy - Penjelasan, Penyebab dan Pengobatan

Ngigau – Tidur Berbicara – Somniloquy – Penjelasan, Penyebab dan Pengobatan. Ilustrasi dan sumber foto: Pxhere

 

Apa yang menyebabkan tidur berbicara? (Mengigau)

Anda mungkin berpikir bahwa pembicaraan tidur terjadi selama bermimpi. Tetapi para ilmuwan masih tidak yakin apakah obrolan seperti itu terkait dengan lamunan malam hari. Pembicaraan dapat terjadi pada setiap tahap tidur.

Bicara saat tidur biasanya terjadi dengan sendirinya dan paling sering tidak berbahaya. Namun, dalam beberapa kasus, itu mungkin merupakan tanda gangguan tidur yang lebih serius atau kondisi kesehatan.

Gangguan perilaku tidur REM (RBD) dan teror tidur adalah dua jenis gangguan tidur yang menyebabkan beberapa orang berteriak saat tidur. Teror tidur, juga disebut teror malam, biasanya melibatkan teriakan menakutkan, meronta-ronta, dan menendang. Sulit membangunkan seseorang yang mengalami teror tidur. Anak-anak dengan teror tidur biasanya tidur bicara dan tidur sambil berjalan.

Orang-orang dengan RBD berteriak, berteriak, mendengus, dan mewujudkan impian mereka, seringkali dengan keras.

Bicara tidur juga dapat terjadi dengan sleepwalking dan gangguan makan terkait tidur di malam hari (NS-RED), suatu kondisi di mana seseorang makan saat tidur.

Hal-hal lain yang dapat menyebabkan tidur berbicara termasuk:

  • Obat-obatan tertentu
  • Stres emosional
  • Demam
  • Gangguan kesehatan mental
  • Penyalahgunaan zat berbahaya

 

Perawatan mengigau

  • Temui spesialis tidur jika pembicaraan tidur Anda terjadi tiba-tiba sebagai orang dewasa atau jika itu melibatkan rasa takut yang intens, berteriak, atau tindakan kekerasan. Anda mungkin juga mempertimbangkan mengunjungi dokter jika obrolan tidak sadar mengganggu tidur Anda – atau teman sekamar Anda. Jika Anda pikir anak Anda memiliki masalah tidur, buat janji dengan dokter anak Anda.
  • Seorang spesialis tidur akan menanyakan berapa lama Anda berbicara dalam tidur Anda. Anda harus bertanya kepada pasangan Anda, teman sekamar Anda – bahkan orang tua Anda – pertanyaan ini. Perlu diingat, Anda mungkin sudah mulai berbicara tidur di masa kecil.
  • Tidak ada tes yang diperlukan untuk mendiagnosis tidur berbicara. Namun, dokter Anda dapat memesan tes, seperti studi tidur atau rekaman tidur (polysomnogram), jika Anda memiliki tanda-tanda gangguan tidur lain.
  • Mengigau jarang membutuhkan perawatan. Namun, pembicaraan tidur yang parah mungkin merupakan akibat dari gangguan tidur yang lebih serius atau kondisi medis, yang dapat diobati. Bicaralah dengan dokter Anda tentang pilihan perawatan Anda.

Bagaimana seseorang dapat mengurangi mengigau pada saat tidur?

Tidak ada cara yang diketahui untuk mengurangi tidur sambil berbicara. Menghindari stres dan terlalu banyak tidur mungkin membuat Anda cenderung berbicara dalam tidur Anda.

Membuat buku harian tidur dapat membantu mengidentifikasi pola tidur Anda dan dapat membantu dokter Anda mencari tahu apakah masalah mendasar yang menyebabkan tidur Anda berbicara. Buatlah buku harian tidur selama dua minggu.

Catat waktu Anda pergi tidur, ketika Anda berpikir Anda tertidur, dan ketika Anda bangun. Anda juga ingin menuliskan yang berikut ini:

  • Obat-obatan yang Anda ambil, dan waktu Anda meminumnya.
  • Nama dan jenis obat yang Anda minum setiap hari dan kapan.
  • Tulis dalam buku harian jika Anda meminum minuman berkafein seperti cola, teh, dan kopi, serta alkohol.
  • Kapan saja saat Anda berolahraga.

Apakah berbahaya untuk membangunkan seseorang yang sedang mengigau?

Adalah mitos bahwa membangunkan sleepwalker atau seseorang yang sedang mengigau berbahaya karena dapat menyebabkan mereka terkena serangan jantung, syok, kerusakan otak, atau yang lainnya.

Bukan mitos bahwa membangunkan sleepwalker berbahaya karena kemungkinan cedera yang dapat ditimbulkan oleh sleepwalker pada diri mereka sendiri atau orang yang membangunkannya.
 

Baca Masalah atau Gangguan Tidur Lainnya

Gangguan atau masalah tidur dapat menyebabkan kesusahan dan ketidaknyamanan, fungsi siang hari terganggu dan komplikasi serius. Gangguan tidur adalah kelainan yang bisa menyebabkan masalah pada pola tidur, baik karena tidak bisa tertidur, sering terbangun pada malam hari, atau ketidakmampuan untuk kembali tidur setelah terbangun.

Contohnya: hipersomnia, parasomnia, insomnia, ketindihan, sleep apnea, narkolepsi, sexomnia, saat hamil, gerakan mata cepat (rem) jet lag, ngompol, teror malam, tidur berjalan, gerakan tubuh, tidur berlebihan, dll… Klik disini untuk membaca lebih lanjut.
 

Bacaan Lainnya

 

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.
 
Sumber bacaan: Web MDPsychology Today, Health Line, Sleep Education, Science Direct

                       
 
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-07-23T19:24:52+07:00 Juli 14th, 2019|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment