Hari Besar Konghucu, Perayaan dan Hari Penting

Hari Besar Konghucu

Orang Konghucu tidak memiliki rangkaian hari libur yang mereka rayakan; mereka dapat mengambil hari libur dari agama serupa lainnya yang dipraktekkan di Cina seperti Buddha atau Tao. Hari besar Konghucu  yang mungkin dikenali pada 28 September, Hari Konfusius, yang diyakini sebagai hari ulang tahun Konfusius.

Konfusianisme memengaruhi nudaya Tiongkok Kuno dan budaya mereka dalam banyak hal. Ini menciptakan rasa stabilitas di negara yang baru-baru ini diatur ulang oleh banyak perubahan dinasti. Hal ini paling banyak ditunjukkan dalam gagasan Konfusius bahwa setiap orang memiliki tempat sendiri dalam masyarakat.

Dengan menegakkan ini, dia menciptakan masyarakat Tionghoa yang lebih terstruktur. Ini diperkuat oleh jumlah kerja dan upaya yang diberikan untuk mendukung komunitas. Misalnya, pedagang berada di bagian paling bawah dari rantai masyarakat. Meskipun mereka sangat kaya, mereka tidak melakukan usaha yang sama seperti yang dilakukan petani lokal. Konfusius juga menciptakan pandangan positif tentang pendidikan dan memungkinkan anak laki-laki bersekolah untuk belajar Kaligrafi (gaya menulis Yunani Kuno), yang menyebabkan banyak anak laki-laki menjadi sarjana.

Qing Ming

Salah satu hari terpenting atau Hari Besar Konghucu dalam agama Konfusianisme, terjadi 106 hari setelah titik balik matahari musim dingin. Pada hari ini orang pergi ke kuburan nenek moyang dengan membawa sesaji seperti pakaian kertas dan uang kertas. Makanan, yang biasanya dipersembahkan setelah upacara dipersembahkan saat upacara. Ini seharusnya menghubungkan roh orang yang hidup dan nenek moyang mereka sebelumnya.

Tahun Baru Imlek

Perayaan tahun baru imlek dimulai pada hari pertama bulan pertama (bahasa Tionghoa: 正月; pinyin: zhēng yuè) di penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh 十五暝 元宵節 pada tanggal ke-15 (pada saat bulan purnama). Malam tahun baru imlek dikenal sebagai Chúxī 除夕 yang berarti “malam pergantian tahun”.

Baca juga 👉 Tahun Baru Imlek – Tanggal Perayaan, Sejarah dan Praktik Perayaan Tahun Baru Imlek di Indonesia

Chongmyo Taeje (Ritus Kuil Kerajaan)

Sebuah upacara yang diadakan untuk menghormati raja dan ratu dari dinasti Yi (berlangsung dari 1392 hingga 1910.) Berlangsung pada hari Minggu pertama bulan Mei, para pemimpin masa lalu dirayakan dengan musik, makanan, dan tarian.

Ulang Tahun Konfusius

Lahir pada 28 September, adalah saat upacara dimulai. Itu terjadi selama beberapa hari dan berakhir pada 10 Oktober. Ini dimulai dengan perjalanan singkat ke kuil setempat di mana ada hewan yang dikorbankan untuk Konfusius. Mereka menyanyikan “Lagu Damai” dan mendapatkan “kue kebijaksanaan” khusus yang terbuat dari beras. Itu dirayakan paling banyak dari semua upacara, karena Konfusius menjadi wajah agama. Bahkan ada perlombaan kungfu yang diiringi dengan musik dan tarian.

Baca juga 👉 Kata Bijak Konghucu (Konfusius) yang Terkenal / Famous Confucius Quotes (Indonesia & Inggris)

Festival Ching Ming (Hari Pembersihan Makam)

Juga dikenal sebagai “Hari Pembersihan Makam” atau Cheng Beng (bahasa Hokkian). Itu diadakan pada tanggal 4 atau 5 atau April atau dilaksanakan pada hari ke-104 setelah titik balik Matahari di musim dingin (atau hari ke-15 pada hari persamaan panjang siang dan malam di musim semi). Pada hari ini, penghormatan diberikan kepada leluhur dengan menyapu kuburan dan meletakkan bunga. Kadang-kadang, makanan favorit almarhum akan ditinggalkan di kuburan dan sejumlah kecil uang dibakar. Orang-orang juga membawa layang-layang untuk diterbangkan di festival.

Festival ini juga diketahui dengan sejumlah nama lain:

  • Hari Semua Arwah
  • Hari Menyapu Kuburan
  • Festival Bersih Terang
  • Festival Ziarah Kuburan
  • Hari Peringatan Musim Semi

Hari Menyapu Kuburan (Hari Pembersihan Pusara) dan Festival Bersih Terang adalah terjemahan yang paling umum dalam mengartikan ‘Qīngmíng 清明’ (清qīng: bersih,明míng: terang)

Untuk orang Tionghoa, perayaan ini dilakukan untuk mengingat dan menghormati nenek moyang. Setiap orang berdoa di depan nenek moyang, menyapu pusara dan bersembahyang dengan makanan, teh, arak, dupa, kertas sembahyang dan berbagai asesoris, sebagai persembahan kepada nenek moyang.

Upacara ini adalah sangat penting bagi kebanyakan orang Tionghoa, terutama petani, dan biasanya dapat dilaksanakan 10 hari sebelum atau sesudah hari Qīngmíng 清明. Juga pada waktu Qīngmíng 清明, orang melakukan tamasya keluarga, mulai membajak sawah pada musim semi. Hal populer lain yang melakukan adalah memainkan layang-layang (dalam berbagai bentuk binatang, atau karakter dari Opera Cina).

Praktik umum lainnya adalah membawa bunga; membawa sejenis “uang” yang untuk dibakar dan dupa.

Hari Besar Konghucu di Indonesia

Terdapat 15 (lima belas) Hari-hari Besar Agama Khonghucu Indonesia, yang disesuaikan dengan ART Matakin Terbaru/Tahun 2014 psl. 21.

(Surat Keputusan Munas Matakin No. 006/MUNAS XVII/MATAKIN/2014)

1) 1 bulan I (Zheng Yue) – Sembahyang Tahun Baru Kongzili/Yinli, Xin Zheng, atau Chun Jie.
2) 4 bulan I (Zheng Yue) – Sembahyang Menyambut Malaikat Dapur Turun (Ying Zao Jun Xia Jiang).
3) 8/9 bulan I (Zheng Yue) – Sembahyang Besar kepada Tuhan YME (Jing Tian Gong).
4) 15 bulan I (Zheng Yue) – Sembahyang Syukur Shang Yuan Jie/Yuan Xiao Jie, atau Cap Go Me.
5) 18 bulan II (Er Yue) – Sembahyang Hari Wafat Nabi Kongzi (Zhi Sheng Ji Chen).
6) 4 atau 5 April – Sembahyang Hari Sadranan (Qing Ming Jie).
7) 5 bulan V (Wu Yue) – Sembahyang Duan Yang Jie/Duan Wu Jie, atau Bai Chuan.
8) 15 bulan VII (Qi Yue) – Sembahyang Arwah Leluhur (Zhong Yuan Jie).
9) 29 bulan VII – (Qi Yue) – Sembahyang Arwah Umum (Jing He Ping/Jing Hao Peng).
10) 15 bulan VIII (Ba Yue) – Sembahyang Syukur kepada Tuhan YME dan kepada Malaikat Bumi (Fu De Zheng Shen) pada saat pertengahan Musim Gugur (Zhong Qiu Jie).
11) 27 bulan VIII (Ba Yue) – Sembahyang Hari Lahir Nabi Kongzi (Zhi Sheng Dan).
12) 15 bulan X (Shi Yue)- Sembahyang Syukur Akhir Panen kepada Tuhan YME dan kepada Malaikat Bumi (Fu De Zheng Shen) pada awal Musim Dingin (Xia Yuan Jie).
13) 21 atau 22 Desember – Sembahyang Hari Genta Rohani dan Wafatnya Mengzi (Dong Zhi Jie).
14) 24 bulan XII (Shi Er Yue) – Sembahyang Hari Persaudaraan; Mengantar Malaikat Dapur Naik (Song Zao Jun Shang Tian, atau Er Si Sheng An).
15) 29 atau 30 bulan XII (Shi Er Yue) – Sembahyang Tutup Tahun (Chu Xi).

Note:
Kalender Imlek terbukti dibuat oleh Nabi Khongcu (Konfusius). Nabi Khongcu mengambil sumbernya dari penangalan dinasti Xia (2200 SM) yang sudah ditata kembali oleh Nabi Kong Zi.
Tahun Zaman Nabi Khongcu Tahun Baru jatuh 22 Desember.

4 Februari pergantian musim dingin ke musim semi. Jadi imlek bukan perayaan musim semi. Perkiraan tanggal 1 imlek, rentang waktunya 15 hari kedepan dan 15 hari kebelakang dari 4 Februari tersebut. Tiap 4 atau 5 tahun sekali ada bulan ke 13, untuk menggenapi agar perhitungan tersebut tidak berubah.

Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Confucianism,

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2020-11-15T00:41:50+07:00 Oktober 20th, 2020|AGAMA, Konghucu|0 Comments

Leave A Comment