Manfaat Jamur Enoki Bagi Kesehatan – Fakta Gizi, Nutrisi, Risiko dan Efek Samping

Manfaat Jamur Enoki

Jenis jamur enoki sangat bergizi, membuatnya menjadi tambahan yang bagus untuk makanan Anda. Berikut adalah manfaat jamur enoki untuk kesehatan:

Mengandung banyak vitamin dan mineral penting

Mereka mengandung beragam vitamin dan mineral penting, termasuk vitamin B3, vitamin B5, vitamin B1, vitamin B2, fosfor, zat besi, selenium, tiamin, kalsium, dan tembaga. Jamur juga mengandung asam amino sehat dan serat makanan, dan rendah kolesterol.

Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Asam amino yang sehat dalam jamur enoki berfungsi untuk meningkatkan kekuatan dan kesehatan sistem kekebalan tubuh. Faktanya, jamur enoki telah digunakan selama berabad-abad dalam budaya Asia sebagai obat untuk tekanan darah tinggi, penyakit perut, kolesterol tinggi dan penyakit hati. Baca juga ðŸ‘‰ Sistem kekebalan tubuh yang lemah: Gejala dan apa yang harus dilakukan (Gejala, Penyebab dan Pengobatan)

Menurunkan tekanan darah

Jamur enoki mengandung kalium yang cukup tinggi, berguna untuk membantu mengurangi tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

Kalium akan bekerja sebagai vasodilator, yang mampu mengurangi ketegangan pembuluh darah dan memberikan aliran darah yang lancar melalui arteri sehingga membantu menurunkan tekanan darah tubuh dan mencegah berbagai masalah kesehatan kardiovaskular seperti hipertensi.

Baca juga ðŸ‘‰

Mengurangi lemak tubuh dan meningkatkan metabolisme

Jamur Enoki mengandung asam linoleat, yang secara khusus menargetkan dan membantu Anda mengurangi lemak perut saat ditambahkan ke makanan harian Anda.

Konsumsi jamur enoki secara teratur juga berfungsi untuk meningkatkan proses metabolisme dan penyerapan nutrisi penting.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat jamur enoki bagi kesehatan lainnya dapat menurunkan kolesterol, karena adanya serat makanan di dalamnya. Serat pada jamur enoki dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat se

perti kolesterol LDL dan meningkatkan kadar kolesterol HDL dalam tubuh guna mendukung kesehatan kardiovaskular. Baca juga 👉 Kolesterol Baik Dan Kolesterol Jahat – Cegah Oksidasi LDL / Kolesterol Jahat

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Serat makanan yang ditemukan dalam jamur enoki membantu meningkatkan pencernaan, mengurangi sembelit dan mengatur pergerakan usus.

Menjaga kesehatan usus

Karena jamur enoki tinggi serat membantu mengurangi risiko kanker kolorektal dan gangguan usus lainnya. Baca juga ðŸ‘‰ Kanker Usus Besar (Kolorektal)

Menyeimbangkan pergerakan usus

Ini karena serat membantu melembutkan feses sehingga lebih mudah untuk melewati usus.

Membantu memperoleh berat badan yang ideal

Serat membantu membuat seseorang kenyang lebih lama. Oleh karena itu, keinginan untuk sering-sering makan bisa berkurang sehingga berat badan tetap terjaga.

Salah satu manfaat jamur enoki adalah sumber serat makanan rendah kalori yang sangat baik bagi mereka yang mencari cara mudah untuk menambahkan serat makanan yang lebih sehat ke dalam makanan mereka.

Menyeimbangkan tingkat kadar gula

Serat makanan juga membantu mengatur kadar glukosa darah dalam tubuh. Ini berfungsi untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Mencegah risiko diabetes

Jamur enoki mengandung serat yang sangat tinggi. Serat ini bermanfaat untuk membantu mencegah berbagai jenis penyakit kronis seperti diabetes tipe 2.

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi makanan kaya serat seperti jamur enoki dapat membantu meningkatkan produksi insulin dalam tubuh. Dengan begitu tubuh akan membantu memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah yang membantu mengurangi risiko diabetes pada tubuh. Baca juga ðŸ‘‰ Tips Makan Sehat untuk Diabetes

Meningkatkan perkembangan mental

Jamur enoki mengandung Asam amino yang sehat dalam jamur enoki membantu meningkatkan perkembangan mental. Ini juga membantu meningkatkan fungsi memori untuk orang dewasa dan orang tua.

Mengurangi peluang mengembangkan alergi

Mengkonsumsi jamur enoki secara teratur juga membantu mencegah perkembangan alergi, serta penyakit lain seperti asma atau eksim.

Selain sup, Anda bisa menggunakan jamur enoki di berbagai hidangan. Carilah yang keras dan kering, bukan berlendir atau lembek. Pastikan untuk menggunakannya dalam beberapa hari setelah pembelian. Mereka biasanya tidak tetap segar terlalu lama bahkan di dalam lemari es.

Baca juga ðŸ‘‰ Alergi – Gejala, Penyebab, Pengobatan dan Contoh Alergi Umum

Membantu menetralisir bahaya radikal bebas

Jamur enoki kaya akan nutrisi dan vitamin yang memiliki manfaat yang cukup besar untuk kesehatan Anda. Bahkan, enoki termasuk jamur dengan kandungan antioksidan tinggi yang baik untuk tubuh.

Antioksidan merupakan senyawa yang dapat membantu menetralkan radikal bebas agar Anda terlindungi dari penyakit kronis. Di dalam jamur enoki, terdapat quercetin, catechin, asam galat, dan asam caffeic sebagai antioksidan.

Jamur enoki memang mempunyai manfaat yang banyak untuk kesehatan tubuh manusia. Akan tetapi, jika Anda memiliki alergi terhadap jamur tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum memakan jamur enoki.

Baca juga ðŸ‘‰ Tips Kesehatan Yang Baik – Penting dan Harus Anda Ketahui

Mencegah Kanker dan Tumor

Jamur enoki kaya akan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan dan dapat membantu mencegah berbagai jenis kanker. Antioksidan pada jamur enoki akan bekerja memerangi radikal bebas dan mencegahnya melakukan kerusakan oksidatif pada sel-sel sehat di tubuh.

Seperti diketahui bahwa, radikal bebas merupakan penyebab utama munculnya jenis kanker seperti kanker usus besar, kanker prostat, dan lain sebagainya.

Baca juga ðŸ‘‰ Fakta Kanker Otak Yang Mungkin Belum Anda Ketahui 

Adenoma adalah tumor jinak dimulai dalam jaringan epitel, yakni lapisan tipis dari jaringan yang meliputi kulit, organ-organ, kelenjar, dan struktur lainnya dalam tubuh

Mencegah Risiko Anemia

Anemia merupakan penyakit kekurangan besi. Untuk mencukupi kebutuhan zat besi pada tubuh, kamu bisa mengonsumsi jamur enoki yang dapat membantu meningkatkan zat besi dalam tubuh sehingga mengurangi risiko anemia.

Baca juga ðŸ‘‰ Kekurangan Zat Besi – Iron Deficiency Anemia – Penjelasan, Penyebab, Pengobatan

Fakta Gizi dan Nutrisi Jamur Enoki beserta Manfaat Jamur Enoki

Jamur Enoki adalah makanan yang sangat kaya nutrisi. Ini berarti bahwa setiap sajian menyediakan beragam vitamin dan mineral penting untuk sejumlah kecil kalori jamur enoki. Secara khusus, jamur enoki adalah sumber serat dan vitamin B yang baik, seperti niasin, tiamin, dan riboflavin.

Satu cangkir jamur enoki mengandung nutrisi berikut:
  • 24 kalori
  • 5 gram karbohidrat
  • 1,7 gram protein
  • 0,2 gram lemak
  • 1,8 gram serat makanan
  • 4,6 miligram niacin (nilai asupan harian 29%)
  • 0,15 miligram tiamin (nilai asupan harian 12%)
  • 0,1 miligram riboflavin (nilai asupan harian 10%)
  • 31 mikrogram folat (nilai asupan harian 8%)
  • 0,07 miligram vitamin B6 (nilai asupan harian 4%)

Risiko dan Efek Samping Jamur Enoki

Meskipun ada banyak manfaat jamur enoki, ada beberapa kelemahan yang harus Anda pertimbangkan juga saat menikmati bahan lezat ini.

Meskipun umumnya dianggap aman untuk sebagian besar orang dewasa, mereka yang alergi jamur harus menghindari mengonsumsi jamur enoki. Selain itu, jika Anda mengalami gejala seperti bengkak, gatal-gatal atau gatal, hentikan penggunaan dan bicarakan dengan dokter Anda. Baca juga ðŸ‘‰ Pertolongan Pertama Reaksi Alergi Parah (Anafilaksis)

Resep Jamur Enoki, Manfaat, Metode & Cara Memasak

Beef Enoki Roll

Jamur enoki, daging sapi yang di iris tipis, bawang putih, daun bawang, Margarin, Kecap manis, Saus tiram, Kecap asin

Tumis Jamur Enoki Pedas saus Teriyaki

Enoki, Sosis di potong-potong, bakso (optional), cabe diiris, minyak goreng/mentega, Saus teriyaki, bawang putih 2, bawang merah 1 di haluskan (ditumbuk), saus sambal

Tumis Jamur Enoki Kaldu Ayam

Enoki, dada ayam, daun bawang prei, bawang putih, bawang merah, cabai rawit, Gula, Garam. Selanjutnya baca di 👉 Resep Jamur Enoki, Manfaat, Metode & Cara Memasak

Bacaan Lainnya

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons â€œOoo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber bacaan: Sciencing, LibretextsUmami, Nutrition and You, Dr Axe, National Center for Biotechnology Information (NCBI), Mayo Clinic

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2020-06-26T04:07:25+07:00 Juni 16th, 2020|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment