fbpx

Sistem kekebalan tubuh yang lemah: Gejala dan apa yang harus dilakukan (Gejala, Penyebab dan Pengobatan)

Cara tetap sehat dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah

Sebagian besar waktu, sistem kekebalan melindungi tubuh dari infeksi. Namun, beberapa orang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah; memungkin membuat mereka rentan terhadap infeksi yang lebih sering.

Sel darah putih, antibodi, dan komponen lainnya, termasuk organ dan kelenjar getah bening, membentuk sistem kekebalan tubuh.

Banyak gangguan dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan seseorang menjadi sistem kekebalan tubuh yang terganggu. Gangguan imunodefisiensi ini, yang berkisar dari ringan hingga berat, dapat muncul sejak lahir atau dapat terjadi sebagai akibat dari faktor lingkungan. Mereka termasuk:

  • HIV.
  • Jenis kanker tertentu.
  • Kekurangan gizi.
  • Virus hepatitis.

Kadang-kadang, gangguan imunodefisiensi bisa sangat ringan sehingga seseorang mungkin tidak menyadarinya selama bertahun-tahun. Di waktu lain, kelainan ini lebih parah dan menyebabkan seseorang sering mengalami infeksi sepanjang hidupnya.

Pada artikel ini, kita melihat gejala dari sistem kekebalan tubuh yang lemah dan memberikan beberapa langkah yang dapat dilakukan orang untuk meningkatkan peluang mereka untuk tetap sehat. Baca juga: Tips Kesehatan Yang Baik – Penting dan Harus Anda Ketahui
 

sistem kekebalan tubuh yang lemah

Sistem kekebalan tubuh yang lemah: Gejala dan apa yang harus dilakukan (Gejala, Penyebab dan Pengobatan). Ilustrasi dan sumber foto: Pixabay

 

Gejala sistem kekebalan tubuh yang lemah

Seseorang harus mempraktikkan kebersihan yang baik untuk tetap sehat dan menghindari infeksi.
Gejala utama dari sistem kekebalan tubuh yang lemah adalah kerentanan terhadap infeksi.

Seseorang dengan sistem kekebalan yang lemah cenderung mendapatkan infeksi lebih sering daripada kebanyakan orang lain, dan penyakit-penyakit ini mungkin lebih parah atau lebih sulit diobati.

Orang-orang ini juga mungkin menemukan diri mereka berurusan dengan infeksi yang tidak akan didapat oleh seseorang dengan sistem kekebalan yang lebih kuat.

Gejala atau tanda seseorang yang memiliki kekebalan tubuh yang lemah

Salah satu tanda paling umum dari defisiensi imun primer adalah mengalami infeksi yang lebih sering, lebih tahan lama atau lebih sulit diobati daripada infeksi seseorang dengan sistem kekebalan normal. Anda mungkin juga mendapatkan infeksi yang kemungkinan tidak akan didapat oleh seseorang dengan sistem kekebalan tubuh yang sehat (infeksi oportunistik).

Tanda dan gejalanya berbeda tergantung pada jenis gangguan imunodefisiensi primer, dan bervariasi dari orang ke orang.

Infeksi yang sering dialami orang dengan sistem kekebalan yang lemah meliputi:

Infeksi ini dapat kambuh dengan frekuensi tinggi.

Gejala-gejala lain dari sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat meliputi yang berikut:

 

Perawatan sistem kekebalan tubuh

Kiat untuk tetap sehat jika Anda mengalami sistem kekebalan tubuh yang lemah

Orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat mengambil beberapa langkah untuk memaksimalkan peluang mereka untuk tetap sehat dan menghindari infeksi.

Kebersihan yang baik

Salah satu cara termudah bagi seseorang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah untuk tetap sehat adalah dengan mempraktikkan kebersihan yang baik, termasuk mencuci tangan sesering mungkin. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention (CDC)) merekomendasikan untuk mencuci tangan pada waktu-waktu berikut:

  • Sebelum, selama, dan setelah menyiapkan makanan dan camilan.
  • Sebelum dan sesudah makan.
  • Setelah meniup hidung, bersin, atau batuk.
  • Sebelum dan sesudah merawat luka atau luka kulit terbuka lainnya.
  • Setelah melakukan kontak dengan seseorang yang tidak sehat.
  • Setelah menggunakan atau membantu anak menggunakan kamar mandi.
  • Setelah mengganti popok.
  • Setelah menyentuh hewan atau makanan hewani atau limbah.
  • Setelah menyentuh sampah.

Cuci tangan yang benar secara signifikan mengurangi penyakit. Menurut CDC, mencuci tangan mengurangi kasus diare menular hingga 58% pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.
 

Pencegahan sistem kekebalan tubuh yang lemah

Karena gangguan kekebalan primer disebabkan oleh cacat genetik, tidak ada cara untuk mencegahnya. Tetapi ketika Anda atau anak Anda memiliki sistem kekebalan yang lemah, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mencegah infeksi:

  • Lakukan kebersihan yang baik. Cuci tangan Anda dengan sabun ringan setelah menggunakan toilet dan sebelum makan.
  • Jaga gigi Anda. Sikat gigi Anda setidaknya 2 kali sehari.
    Makan dengan benar. Pola makan yang sehat dan seimbang dapat membantu mencegah infeksi. Baca juga: Makanan Gizi Seimbang
  • Aktif secara fisik. Tetap bugar penting bagi kesehatan Anda secara keseluruhan. Tanyakan kepada dokter Anda kegiatan apa yang sesuai untuk Anda.
  • Tidur yang cukup. Cobalah tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, dan dapatkan jumlah jam tidur yang sama setiap malam.
  • Kelola stres. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa stres dapat menghambat sistem kekebalan Anda. Jaga stres dengan pijat, meditasi, yoga atau hobi. Temukan apa yang sesuai untuk Anda. Baca juga:Pengobatan Alternatif dan Contoh Pengobatannya
  • Hindari paparan dari orang yang sakit. Jauhi penderita pilek atau infeksi lain dan hindari keramaian.
  • Tanyakan kepada dokter Anda tentang vaksinasi. Cari tahu mana yang harus Anda miliki.

 

Penyebab sistem kekebalan tubuh yang lemah

Banyak gangguan imunodefisiensi primer diturunkan – diturunkan dari satu atau kedua orang tua. Masalah dalam kode genetik yang bertindak sebagai cetak biru untuk memproduksi sel-sel tubuh (DNA) menyebabkan banyak cacat sistem kekebalan tubuh.

Ada lebih dari 300 jenis gangguan imunodefisiensi primer, dan peneliti terus mengidentifikasi lebih banyak. Mereka dapat secara luas diklasifikasikan menjadi 6 kelompok berdasarkan pada bagian dari sistem kekebalan yang terpengaruh:

  • Kekurangan sel B (antibodi).
  • Kekurangan sel T.
  • Kombinasi defisiensi B dan sel T.
  • Fagosit yang rusak. Fagosit adalah sel-sel yang berfungsi mematikan mikroorganisme asing di sekitarnya dengan cara meluluhkannya ke dalam plasma selnya, misalnya sel darah putih memakan kuman.
  • Kekurangan komplemen.
  • Tidak dikenal (idiopatik).

 

Pengobatan sistem kekebalan tubuh yang lemah

Pengobantan untuk imunodefisiensi primer meliputi mencegah dan mengobati infeksi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mengobati penyebab masalah imun yang mendasarinya.

Dalam beberapa kasus, gangguan imun primer dihubungkan dengan penyakit serius, seperti gangguan autoimun atau kanker, yang juga perlu diobati.

Mengelola infeksi

  • Mengobati infeksi

Infeksi memerlukan perawatan yang cepat dan agresif dengan antibiotik. Pengobatan mungkin memerlukan antibiotik yang lebih lama daripada yang biasanya diresepkan. Infeksi yang tidak merespons mungkin memerlukan rawat inap dan antibiotik intravena (IV).

  • Mencegah infeksi

Beberapa orang membutuhkan antibiotik jangka panjang untuk mencegah infeksi pernapasan dan kerusakan permanen pada paru-paru dan telinga. Anak-anak dengan defisiensi imun primer mungkin tidak dapat memiliki vaksin yang mengandung virus hidup, seperti polio oral dan campak-gondong-rubella.

  • Mengobati gejala

Obat-obatan seperti ibuprofen (Advil, Motrin IB, yang lain) untuk nyeri dan demam, dekongestan untuk hidung tersumbat, dan ekspektoran pada lendir yang menipis di saluran udara dapat membantu meringankan gejala yang disebabkan oleh infeksi.

Perawatan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh

  • Terapi imunoglobulin

Immunoglobulin terdiri dari protein antibodi yang dibutuhkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. Ini dapat disuntikkan ke dalam pembuluh darah melalui infus atau dimasukkan di bawah kulit (infus subkutan). Perawatan IV diperlukan setiap beberapa minggu, dan infus subkutan diperlukan sekali atau dua kali seminggu.

  • Terapi interferon-gamma

Interferon adalah zat alami yang melawan virus dan merangsang sel sistem kekebalan tubuh. Interferon-gamma adalah zat (sintetis) buatan yang diberikan sebagai suntikan di paha atau lengan 3 kali seminggu. Ini digunakan untuk mengobati penyakit granulomatosa kronis, salah satu bentuk defisiensi imun primer.

  • Faktor pertumbuhan

Ketika kekurangan kekebalan disebabkan oleh kurangnya sel darah putih tertentu, terapi faktor pertumbuhan dapat membantu meningkatkan kadar sel darah putih yang memperkuat kekebalan.

Transplantasi sel induk (stemcell)

Transplantasi sel induk menawarkan penyembuhan permanen untuk beberapa bentuk imunodefisiensi yang mengancam jiwa. Sel-sel induk normal ditransfer ke orang dengan defisiensi imun, memberinya sistem kekebalan yang berfungsi normal. Sel induk dapat dipanen melalui sumsum tulang, atau mereka dapat diperoleh dari plasenta saat lahir (darah dant tali pusat).

Donor sel induk – biasanya orang tua atau kerabat dekat lainnya – harus memiliki jaringan tubuh yang cocok secara biologis dengan orang-orang dengan defisiensi imun primer. Meskipun dengan kecocokan yang baik, transplantasi sel induk tidak selalu berhasil.

Perawatan seringkali mengharuskan sel-sel kekebalan yang berfungsi dihancurkan menggunakan kemoterapi atau radiasi sebelum transplantasi, membuat penerima transplantasi sementara lebih rentan terhadap infeksi.
 

Apa 5 Klasifikasi Antibodi dan Fungsinya?

Lima klasifikasi antibodi atau kelas yang berbeda diketahui berada pada tubuh mamalia dan memainkan peran yang berbeda dan menolong mengarahkan respon imun yang tepat untuk tiap tipe benda asing berlainan yang masuk ke dalam tubuh, yaitu: IgM, IgD, IgG, IgA, dan IgE. Mereka yang memberikan setiap isotipe dengan karakteristik dan peran yang berbeda. Untuk lebih detilnya baca: Klasifikasi Antibodi Beserta Contoh dan Fungsinya: IgM, IgD, IgG, IgA, IgE)
 

 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “oooh begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.
 
Sumber bacaan: Medical News Today, Live Science, Mayo Clinic

                       
 
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-07-05T17:45:34+07:00 Juli 5th, 2019|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment