Sistem Pernapasan: Fungsi, Fakta, Organ & Anatomi Manusia

Sistem Pernapasan Manusia

Sistem pernapasan adalah jaringan organ dan jaringan yang membantu Anda bernapas. Ini termasuk saluran udara, paru-paru, dan pembuluh darah Anda. Otot yang menggerakkan paru-paru Anda juga merupakan bagian dari sistem pernapasan. Bagian-bagian ini bekerja sama untuk memindahkan oksigen ke seluruh tubuh dan membersihkan gas buangan seperti karbon dioksida.

Sistem pernapasan

Sistem pernapasan Anda adalah jaringan organ dan jaringan yang membantu Anda bernapas. Sistem ini membantu tubuh Anda menyerap oksigen dari udara sehingga organ Anda dapat bekerja. Ini juga membersihkan gas limbah, seperti karbon dioksida, dari darah Anda. Masalah umum termasuk alergi, penyakit atau infeksi.

Apa sistem pernafasan?

Sistem pernapasan adalah jaringan organ dan jaringan yang membantu Anda bernapas. Ini termasuk saluran udara, paru-paru, dan pembuluh darah Anda. Otot yang menggerakkan paru-paru Anda juga merupakan bagian dari sistem pernapasan. Bagian-bagian ini bekerja sama untuk memindahkan oksigen ke seluruh tubuh dan membersihkan gas buangan seperti karbon dioksida.

Proses sistem pernapasan

Sistem pernafasan mencakup semua proses pertukaran gas yang terjadi antara atmosfir melalui rongga hidung →faring →laring →trakea →bronkus →paru-paru →alveolus →sel-sel melalui dinding kapiler darah.

Proses kimiawi pernapasan (respirasi) pada tubuh manusia

  • Pembuangan CO2 dari paru-paru : H + HCO3 → H2CO3 → H2 + CO2
  • Pengikatan oksigen oleh hemoglobin : Hb + O2 → HbO2
  • Pemisahan oksigen dari hemoglobin ke cairan sel : HbO2 → Hb + O2
  • Pengangkutan karbondioksida di dalam tubuh : CO2 + H2O → H2 + CO2

 Mekanisme Pernapasan Dada dan Perut

Mekanisme sistem pernapasan dalam mengambil nafas ke dalam tubuh dan membuang napas ke udara dilakukan dengan dua cara pernapasan yakni pernapasan dada dan perut.

1. Pernapasan Dada (Costal Breathing)

Pernapasan dada adalah pernapasan yang melibatkan otot antartulang rusuk. Otot antar tulang rusuk luar berkontraksi atau lebih mengerut, Tulang rusuk terangkat ke atas, Rongga dada membesar yang mengakibatkan tekanan udara dalam dada kecil sehingga udara masuk ke dalam badan.

Mekanismenya dapat dibedakan sebagai berikut.

  • Fase Inspirasi. Fase ini berupa berkontraksinya otot antartulang rusuk sehingga rongga dada membesar, akibatnya tekanan dalam rongga dada menjadi lebih kecil daripada tekanan di luar sehingga udara luar yang kaya oksigen masuk.
  • Fase Ekspirasi. Fase ini merupakan fase relaksasi atau kembalinya otot antara tulang rusuk ke posisi semula yang dikuti oleh turunnya tulang rusuk sehingga rongga dada menjadi kecil. Sebagai akibatnya, tekanan di dalam rongga dada menjadi lebih besar daripada tekanan luar, sehingga udara dalam rongga dada yang kaya karbon dioksida keluar.
2. Pernapasan Perut (Diaphragmatic Breathing)

Pernapasan perut adalah pernapasan yang melibatkan otot diafragma. Otot difragma pada perut mengalami kontraksi, Diafragma datar, Volume rongga dada menjadi besar yang mengakibatkan tekanan udara pada dada agak mengecil sehingga udara pasuk ke paru-paru.

Mekanismenya dapat dibedakan sebagai berikut.

  • Fase Inspirasi. Fase ini berupa berkontraksinya otot diafragma sehingga rongga dada membesar, akibatnya tekanan dalam rongga dada menjadi lebih kecil daripada tekanan di luar sehingga udara luar yang kaya oksigen masuk.
  • Fase Ekspirasi. Fase ini merupakan fase relaksasi atau kembalinya otot diaframa ke posisi semula yang dikuti oleh turunnya tulang rusuk sehingga rongga dada menjadi kecil. Sebagai akibatnya, tekanan di dalam rongga dada menjadi lebih besar daripada tekanan luar, sehingga udara dalam rongga dada yang kaya karbon dioksida keluar.
    Manusia dalam bernapas menghirup oksigen dalam udara bebas dan membuang karbondioksida ke lingkungan.

Respirasi dapat dibedakan atas 2 jenis

1. Respirasi Luar (Ekternal) yaitu pertukaran antara O2 dan CO2 antara darah dan udara yang terjadi di sekitar alveoli.

2. Respirasi Dalam (Internal) yaitu pertukaran O2 dan CO2 dari aliran darah ke sel-sel tubuh.

Apa fungsi yang dilakukan sistem pernapasan?

Sistem pernapasan memiliki banyak fungsi. Selain membantu Anda menghirup (menghirup) dan menghembuskan (menghembuskan napas), ini:

  • Memungkinkan Anda untuk berbicara dan mencium bau.
  • Membawa udara ke suhu tubuh dan melembabkannya ke tingkat kelembapan yang dibutuhkan tubuh Anda.
  • Mengirimkan oksigen ke sel-sel di tubuh Anda.
  • Membuang gas limbah, termasuk karbon dioksida, dari tubuh saat
  • Mengeluarkan napas.
  • Melindungi saluran udara Anda dari zat berbahaya dan iritan.

Baca juga 👉 Tes IPA: Bagian darah yang berfungsi mengangkut gas-gas pernapasan terutama oksigen adalah?


Anatomi apa saja bagian dari sistem pernafasan?

Sistem pernapasan memiliki banyak bagian berbeda yang bekerja sama untuk membantu Anda bernapas. Setiap kelompok suku cadang memiliki banyak komponen terpisah.

Saluran udara Anda mengirimkan udara ke paru-paru Anda. Saluran napas Anda adalah sistem rumit yang mencakup:

1. Mulut dan hidung

Lubang yang menarik udara dari luar tubuh Anda ke sistem pernapasan Anda.

2. Sinus

Area berongga di antara tulang di kepala Anda yang membantu mengatur suhu dan kelembaban udara yang Anda hirup.

3. Faring (tenggorokan)

Tabung yang mengalirkan udara dari mulut dan hidung ke trakea (batang tenggorokan).

4. Batang Tenggorokan (Trakea)

Bagian yang menghubungkan tenggorokan dan paru-paru Anda.

Trakea merupakan saluran lanjutan dari laring, memiliki panjang 9-11 cm, dan dibentuk oleh 16-20 cincin tulang rawan. Trakea berbentuk seperti huruf C. Tulang rawan pada trakea berfungsi mempertahankan agar trakea tetap terbuka. Pada bagian dalam saluran dilapisi oleh selaput lendir dari sel-sel epitel bersilia dan sel goblet.

5. Cabang Batang Tenggorokan (Bronkus)  / Saluran bronkial (Bronchial tubes)

Tabung di bagian bawah tenggorokan Anda yang terhubung ke setiap paru-paru.

Bronkus merupakan cabang kanan dan kiri dari trakea, serta memiliki struktur yang sama dengan trakea. Fungsi utama bronkus adalah menyediakan jalan bagi udara yang masuk dan keluar paru-paru.

Setiap bronkus bermuara pada suatu paru-paru. Bronkus sebelah kanan
lebih pendek dan lebih besar daripada bronkus sebelah kiri. Bronkus kanan masuk ke paru-paru kanan, dan bronkus kiri masuk ke paru-paru
kiri. Cabang-cabang bronkus disebut bronkiolus.

Pada bronkiolus tidak terdapat cincin kartilago, tetapi tetap mengandung sel-sel bersilia. Diujung bronkiolus terminal terdapat alveolus.

6. Paru-paru ((Pulmo)

Dua organ yang mengeluarkan oksigen dari udara dan menyebarkannya ke dalam darah Anda.

/// Dari paru-paru Anda, aliran darah Anda mengirimkan oksigen ke semua organ dan jaringan lain.

Paru-paru terdiri dari dua bagian yaitu paru-paru kanan (pulmo dekster) dan paru-paru kiri (pulmo sinister). Paru-paru kanan terdiri dari lobus superior, lobus intermedia, dan lobus inferior. Paru-paru kiri terdiri dari lobus superior dan inferior.
Paru-paru dibungkus oleh selaput pleura, sedangkan pleuraparietalis melekat pada dinding rongga koraks. Paru-paru mengembang karena ada udara masuk, maka selaput pleura yang basah dan halus kemudian bergeser satu sama lain dengan mudah, sehingga terhindar dari kerusakan akibat gesekan.

Otot dan tulang membantu memindahkan udara yang Anda hirup masuk dan keluar dari paru-paru Anda. Beberapa tulang dan otot dalam sistem pernapasan meliputi:

7. Diafragma dan tabung udara

Otot yang membantu paru-paru menarik udara dan mendorongnya keluar. Diafragma adalah otot berbentuk seperti kubah dan berfungsi membantu proses pernapasan. Otot ini terletak di antara rongga dada dan perut, serta memisahkan organ jantung dan paru-paru dengan organ perut (lambung, usus, limpa, hati).

Tabung Udara

Ruang mati anatomi (anatomic dead space) merupakan ruang dalam
saluran pernapasan bawah yang tidak mengalami pertukaran gas karena tetap berada di saluran udara penghantar atau mencapai alveolus yang tidak perfusi atau perfusi yang buruk. Ruang mati anatomi dalam saluran pernapasan yaitu zona konduksi. Volume ruang mati anatomi adalah ±150 ml.

8. Tulang rusuk

Tulang yang mengelilingi dan melindungi paru-paru dan jantung Anda

/// Saat Anda menghembuskan napas, darah Anda membawa karbondioksida dan limbah lainnya keluar dari tubuh. Komponen lain yang bekerja dengan paru-paru dan pembuluh darah meliputi:

9. Alveoli

Kantung udara kecil di paru-paru tempat terjadinya pertukaran oksigen dan karbon dioksida.

10. Bronkiolus

Cabang kecil dari saluran bronkial yang mengarah ke alveoli.

11. Kapiler

Pembuluh darah di dinding alveoli yang memindahkan oksigen dan karbon dioksida.

12. Lobus paru

Bagian paru-paru – tiga lobus di paru-paru kanan dan dua di paru-paru kiri.

13. Pleura

Kantung tipis yang mengelilingi setiap lobus paru-paru dan memisahkan paru-paru Anda dari dinding dada.
Beberapa komponen lain dari sistem pernapasan Anda meliputi:

14. Silia (Cilia) – rambut / bulu dalam hidung

Rambut kecil yang bergerak seperti gelombang untuk menyaring debu dan bahan pengiritasi lainnya dari saluran udara Anda. Silia hanya bergerak menuju ke arah laring, sehingga dapat mengeluarkan debu dan butiran benda asing halus yang masuk bersama udara pernapasan. Silia-silia ini berfungsi untuk menyaring benda-benda asing yang masuk ke saluran pernapasan.

15. Epiglotis (Epiglottis)

Tutup jaringan di pintu masuk trakea yang menutup saat Anda menelan untuk menjaga makanan dan cairan keluar dari jalan napas Anda.

16. Laring (kotak suara)

Organ berongga yang memungkinkan Anda berbicara dan mengeluarkan suara saat udara masuk dan keluar.

Sistem Pernapasan: Fungsi, Fakta, Organ & Anatomi Manusia

1: Sinus paranasal (2: Frontal. 3: Sphenoid).
4: Saluran pernapasan atas: 5: Hidung (6: rongga hidung. 7: konka hidung. 8: ruang depan hidung). 9: Tarif. 10: Laring (11: Epiglotis. 12: Tulang rawan tiroid. 13: Tulang rawan krikoid). 14: Lipatan vokal.
15: Saluran pernapasan bagian bawah: 16: Trakea (17: Carina). Bronkus (18: bronkus utama 19: cincin trakea dan bronkus 20: bronkus lobar (21: superior 22: inferior 23: tengah) 24: bronkus divisi lingular). 25: Paru-paru kanan (26: lobus superior 27: fisura horizontal. 28: fisura oblik. 29: lobus tengah. 30: lobus inferior). 31: Paru-paru kiri (32: lobus superior 33: Puncak paru-paru kiri 34: celah oblik 35: Takik jantung 36: Lingula paru 37: lobus inferior).
38: Diafragma.
39: Rongga mulut. 40: Kerongkongan.
Lobulus pernapasan: 41: Jaringan ikat. 42: Kantung alveolar. 43: Alveolar saluran. 44: Kelenjar lendir. 45: Lapisan mukosa. 46: Arteri pulmonalis. 47: Vena pulmonalis. 48: Tempat tidur kapiler. 49: Atrium. 50: Alveoli.
Sistem Pernapasan: Fungsi, Fakta, Organ & Anatomi Manusia. Ilustrasi dan sumber foto: Wikimedia Commons 1 & 2, Pixabay


Kondisi atau penyakit apa yang mempengaruhi sistem pernapasan?

Banyak kondisi yang dapat memengaruhi organ dan jaringan yang membentuk sistem pernapasan. Beberapa berkembang karena iritan yang Anda hirup dari udara, termasuk virus atau bakteri yang menyebabkan infeksi. Yang lainnya terjadi akibat penyakit atau bertambahnya usia.

Kondisi yang dapat menyebabkan peradangan (bengkak, iritasi, dan nyeri) atau memengaruhi sistem pernapasan meliputi:

1. Alergi

Menghirup protein, seperti debu, jamur, dan serbuk sari, dapat menyebabkan alergi pernapasan pada beberapa orang. Protein ini dapat menyebabkan peradangan pada saluran udara Anda.

Baca juga 👉 Alergi – Gejala, Penyebab, Pengobatan dan Contoh Alergi Umum

2. Asma

Gangguan kronis (jangka panjang), asma menyebabkan peradangan pada saluran udara yang dapat membuat sulit bernapas.

Baca juga 👉 Asma Tidak Bisa Disembuhkan Total – Tetapi Anda Bisa Mengontrol Asma Anda

3. Infeksi

Infeksi dapat menyebabkan pneumonia (radang paru-paru) atau bronkitis (radang saluran bronkial). Infeksi pernafasan yang umum termasuk flu (influenza) atau pilek.

4. Penyakit

Gangguan pernapasan termasuk kanker paru-paru dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Penyakit-penyakit ini dapat merusak kemampuan sistem pernapasan untuk mengirimkan oksigen ke seluruh tubuh dan menyaring gas limbah.

TBC

Tuberkulosis (TBC), penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Bakteri ini menyerang paru-paru dan menimbulkan bintil-bintil pada dinding alveolus. Karena ada bintil-bintil tersebut, proses difusi oksigen terganggu.

Kanker paru-paru

Kanker paru-paru, merupakan salah satu penyakit berbahaya yang dapat dialami oleh semua umur, baik dari yang tua hingga yang muda. Penyakit ini disebabkan karena sel kanker paru-parudan terus tumbuh tidak terkendali.

5. Penuaan

Kapasitas paru-paru menurun seiring bertambahnya usia.

6. Kerusakan

Kerusakan sistem pernafasan dapat menyebabkan gangguan pernafasan.

Baca juga 👉 Karsinogen adalah zat yang dapat Memicu Kanker dalam jaringan hidup – Contoh Zat-Zatnya

Bagaimana cara menjaga kesehatan sistem pernapasan saya?

Mampu membersihkan lendir dari paru-paru dan saluran udara penting untuk kesehatan pernapasan.

Untuk menjaga kesehatan sistem pernapasan Anda, Anda harus:

  • Hindari polutan yang dapat merusak saluran udara Anda, termasuk asap rokok, bahan kimia, dan radon (gas radioaktif yang dapat menyebabkan kanker). Kenakan masker jika Anda terpapar asap, debu, atau jenis polutan lainnya karena alasan apa pun.
  • Hindari merokok. Jangan merokok!
  • Makan makanan yang sehat dengan banyak buah dan sayuran dan minum air agar tetap terhidrasi
  • Berolahragalah secara teratur untuk menjaga kesehatan paru-paru Anda.
  • Cegah infeksi dengan sering mencuci tangan dan mendapatkan vaksin flu setiap tahun.

Kapan saya harus menghubungi dokter atau layanan kesehatan tentang masalah dengan sistem pernapasan saya?

Hubungi penyedia Anda jika Anda mengalami kesulitan bernapas atau nyeri. Penyedia Anda akan mendengarkan dada, paru-paru, dan detak jantung Anda dan mencari tanda-tanda masalah pernapasan seperti infeksi.

Untuk melihat apakah sistem pernapasan Anda berfungsi sebagaimana mestinya, penyedia layanan kesehatan Anda mungkin menggunakan tes pencitraan seperti CT scan atau MRI. Tes ini memungkinkan penyedia Anda untuk melihat pembengkakan atau penyumbatan di paru-paru Anda dan bagian lain dari sistem pernapasan Anda. Dokter Anda mungkin juga merekomendasikan tes fungsi paru, yang akan mencakup spirometri. Spirometer adalah alat yang dapat mengetahui berapa banyak udara yang Anda hirup dan hembuskan.

Temui dokter Anda untuk pemeriksaan rutin untuk membantu mencegah kondisi pernapasan yang serius dan penyakit paru-paru. Diagnosis dini dari masalah ini dapat membantu mencegahnya menjadi parah.

Fakta Pernapasan

Pernapasan adalah hal terpenting yang dilakukan tubuh kita. Tanpa paru-paru untuk bernapas, kita tidak bisa hidup. Kedengarannya sederhana, tetapi cara kerja paru-paru – pada kenyataannya, seluruh sistem pernapasan kita – sangat rumit.

Berikut beberapa fakta yang sangat menarik dari Lung Institute yang patut untuk diketahui.

1. Seseorang biasanya menghirup rata-rata 13 liter udara setiap menit.

2. Paru-paru tidak berukuran sama. Untuk menampung jantung, paru-paru kanan lebih besar dari paru-paru kiri – begitulah bagi manusia.

3. Paru-paru mengapung di atas air. Ini bukanlah sesuatu yang disadari kebanyakan orang, tetapi sebenarnya paru-paru adalah satu-satunya organ dalam tubuh manusia yang mampu mengapung di atas air.

4. Paru-paru dan lapangan tenis bisa berukuran sama. Apa kesamaan paru-paru dan lapangan tenis? Ukurannya! Tampaknya sangat tidak mungkin, tetapi jika paru-paru dibuka rata, paru-parunya akan menjadi sangat besar sehingga bisa menutupi ukuran lapangan tenis!

5. Oksigen hanya berperan kecil dalam pernapasan. Udara yang kita hirup mengandung 21 persen oksigen, tetapi tubuh kita hanya menggunakan 5 persen – sisanya dihembuskan.

6. 70% limbah dibuang melalui paru-paru Anda hanya dengan bernapas.

7. Anak-anak dan wanita bernapas lebih cepat. Anak-anak dan wanita memiliki tingkat pernapasan yang lebih tinggi dibandingkan pria.

8. Manusia menghembuskan hingga 17,5 mililiter air per jam.

Baca juga 👉 PPOK – Eksaserbasi Akut – Penyakit Paru Obstruktif Kronik – Penderitanya sulit bernapas


Soal dan Jawaban Sistem Pernapasan Manusia

1. Jelaskan jalan masuknya udara dari luar ke paru-paru pada manusia!

Jawaban:

1. Mulut dan hidung
Lubang yang menarik udara dari luar tubuh Anda ke sistem pernapasan Anda.

2. Sinus
Area berongga di antara tulang di kepala Anda yang membantu mengatur suhu dan kelembaban udara yang Anda hirup.

3. Faring (tenggorokan)
Tabung yang mengalirkan udara dari mulut dan hidung ke trakea (batang tenggorokan).

4. Batang Tenggorokan (Trakea)
Bagian yang menghubungkan tenggorokan dan paru-paru Anda.

Trakea merupakan saluran lanjutan dari laring, memiliki panjang 9-11 cm, dan dibentuk oleh 16-20 cincin tulang rawan. Trakea berbentuk seperti huruf C. Tulang rawan pada trakea berfungsi mempertahankan agar trakea tetap terbuka. Pada bagian dalam saluran dilapisi oleh selaput lendir dari sel-sel epitel bersilia dan sel goblet.

5. Cabang Batang Tenggorokan (Bronkus)  / Saluran bronkial (Bronchial tubes)
Tabung di bagian bawah tenggorokan Anda yang terhubung ke setiap paru-paru.

Bronkus merupakan cabang kanan dan kiri dari trakea, serta memiliki struktur yang sama dengan trakea. Fungsi utama bronkus adalah menyediakan jalan bagi udara yang masuk dan keluar paru-paru.

Setiap bronkus bermuara pada suatu paru-paru. Bronkus sebelah kanan
lebih pendek dan lebih besar daripada bronkus sebelah kiri. Bronkus kanan masuk ke paru-paru kanan, dan bronkus kiri masuk ke paru-paru
kiri. Cabang-cabang bronkus disebut bronkiolus.

Pada bronkiolus tidak terdapat cincin kartilago, tetapi tetap mengandung sel-sel bersilia. Diujung bronkiolus terminal terdapat alveolus.

6. Paru-paru ((Pulmo)
Dua organ yang mengeluarkan oksigen dari udara dan menyebarkannya ke dalam darah Anda.

/// Dari paru-paru Anda, aliran darah Anda mengirimkan oksigen ke semua organ dan jaringan lain.

Paru-paru terdiri dari dua bagian yaitu paru-paru kanan (pulmo dekster) dan paru-paru kiri (pulmo sinister). Paru-paru kanan terdiri dari lobus superior, lobus intermedia, dan lobus inferior. Paru-paru kiri terdiri dari lobus superior dan inferior.
Paru-paru dibungkus oleh selaput pleura, sedangkan pleuraparietalis melekat pada dinding rongga koraks. Paru-paru mengembang karena ada udara masuk, maka selaput pleura yang basah dan halus kemudian bergeser satu sama lain dengan mudah, sehingga terhindar dari kerusakan akibat gesekan.

Otot dan tulang membantu memindahkan udara yang Anda hirup masuk dan keluar dari paru-paru Anda. Beberapa tulang dan otot dalam sistem pernapasan meliputi:

7. Diafragma dan tabung udara
Otot yang membantu paru-paru menarik udara dan mendorongnya keluar. Diafragma adalah otot berbentuk seperti kubah dan berfungsi membantu proses pernapasan. Otot ini terletak di antara rongga dada dan perut, serta memisahkan organ jantung dan paru-paru dengan organ perut (lambung, usus, limpa, hati).

Tabung Udara
Ruang mati anatomi (anatomic dead space) merupakan ruang dalam
saluran pernapasan bawah yang tidak mengalami pertukaran gas karena tetap berada di saluran udara penghantar atau mencapai alveolus yang tidak perfusi atau perfusi yang buruk. Ruang mati anatomi dalam saluran pernapasan yaitu zona konduksi. Volume ruang mati anatomi adalah ±150 ml.

8. Tulang rusuk
Tulang yang mengelilingi dan melindungi paru-paru dan jantung Anda

/// Saat Anda menghembuskan napas, darah Anda membawa karbondioksida dan limbah lainnya keluar dari tubuh. Komponen lain yang bekerja dengan paru-paru dan pembuluh darah meliputi:

9. Alveoli
Kantung udara kecil di paru-paru tempat terjadinya pertukaran oksigen dan karbon dioksida.

10. Bronkiolus
Cabang kecil dari saluran bronkial yang mengarah ke alveoli.

11. Kapiler
Pembuluh darah di dinding alveoli yang memindahkan oksigen dan karbon dioksida.

12. Lobus paru
Bagian paru-paru – tiga lobus di paru-paru kanan dan dua di paru-paru kiri.

13. Pleura
Kantung tipis yang mengelilingi setiap lobus paru-paru dan memisahkan paru-paru Anda dari dinding dada.
Beberapa komponen lain dari sistem pernapasan Anda meliputi:

14. Silia (Cilia) – rambut / bulu dalam hidung
Rambut kecil yang bergerak seperti gelombang untuk menyaring debu dan bahan pengiritasi lainnya dari saluran udara Anda. Silia hanya bergerak menuju ke arah laring, sehingga dapat mengeluarkan debu dan butiran benda asing halus yang masuk bersama udara pernapasan. Silia-silia ini berfungsi untuk menyaring benda-benda asing yang masuk ke saluran pernapasan.

15. Epiglotis (Epiglottis)
Tutup jaringan di pintu masuk trakea yang menutup saat Anda menelan untuk menjaga makanan dan cairan keluar dari jalan napas Anda.

16. Laring (kotak suara)
Organ berongga yang memungkinkan Anda berbicara dan mengeluarkan suara saat udara masuk dan keluar.

2. Faktor apa saja yang mempengaruhi frekuensi pernapasan?

Jawaban:

Beberapa faktor yang memengaruhi medula oblongata untuk meningkatkan atau menurunkan ritme pernapasan adalah usia, aktivitas, jenis kelamin, suhu tubuh, serta posisi tubuh.

Usia.
Aktivitas.
Jenis kelamin.
Suhu tubuh.
Posisi tubuh.

3. Sebutkan proses pertukaran gas dalam tubuh.

a) Sistem limfatik
b) Respirasi
c) Sistem kardiovaskular
d) Sistem pernapasan

Jawaban: b
Penjelasan: Respirasi adalah proses pertukaran gas dalam tubuh sedangkan kardiovaskuler mengatur aliran darah ke seluruh tubuh.

4. Hidung, laring, faring, paru-paru, trakea, dan bronkus adalah bagian dari sistem pernapasan.

a) Benar
b) Salah

Jawaban: a
Penjelasan: Sistem pernapasan terdiri dari semua organ yang berperan dalam pernapasan. Ini termasuk bronkus, trakea, paru-paru, hidung, laring, dan faring.

5. Manakah dari pernyataan berikut yang BENAR untuk respirasi paru?

a) Pertukaran gas antara alveoli paru-paru dan darah
b) Pertukaran gas antara darah dan sel jaringan
c) Pernapasan antara atmosfer dan alveoli paru-paru
d) Produksi ATP
Lihat Jawaban

Jawaban: a
Penjelasan: Respirasi paru adalah pertukaran gas antara alveoli paru-paru dan darah di kapiler. Pertukaran gas antara darah dan sel jaringan terjadi pada respirasi internal.

6. Manakah dari berikut ini yang mengontrol proses pernapasan normal?

a) Asam amino
b) Kolesterol
c) Kelompok pernapasan ventral
d) Kelompok pernapasan punggung
Lihat Jawaban

Jawaban: d
Penjelasan: Kelompok pernapasan ventral berisi neuron inspirasi dan ekspirasi dan pernapasan paksa terkontrol sedangkan grup pernapasan punggung hanya berisi neuron inspirasi yang mengontrol pernapasan normal.

7. Manakah dari berikut ini yang BUKAN fungsi sistem pernapasan?

a) Mengatur pH darah
b) Membantu pertukaran gas
c) Perlindungan terhadap kehilangan darah
d) Berisi reseptor indera penciuman
Lihat Jawaban

Jawaban: c
Penjelasan: Sistem pernafasan membantu dalam pengaturan darah, pH, dan juga mengandung reseptor penciuman, menghasilkan suara vokal dan menyaring udara inspirasi sementara sistem kardiovaskular melindungi dari kehilangan darah dengan pembentukan gumpalan darah.

8. Apa nama kelenjar yang mengeluarkan melatonin?

a) Kelenjar hipofisis
b) Kelenjar pineal
c) Kelenjar tiroid
d) Hipotalamus

Jawaban: b
Penjelasan: Kelenjar pineal adalah kelenjar endokrin terkecil yang menempel pada atap otak dan mengeluarkan melatonin. Melatonin bertanggung jawab untuk mengatur jam biologis.

9. Oksigen dan hemoglobin mengikat secara reversibel membentuk______

a) Karboksihemoglobin
b) Oksihemoglobin
c) Methoglobin
d) BPG

Jawaban: b
Penjelasan: Oksihemoglobin dibentuk oleh kombinasi oksigen dan hemoglobin. Oksigen mengikat hemoglobin secara reversibel. 98% oksigen terperangkap di dalam sel darah merah.

10. Berapa banyak molekul oksigen yang terikat pada hemoglobin untuk menghasilkan saturasi 50%?

a) 6
b) 4
c) 2
d) 7

Jawaban: c
Penjelasan: Hemoglobin dapat berikatan dengan maksimal 4 molekul oksigen, sehingga untuk memperoleh saturasi 50% hanya 2 molekul oksigen yang harus terikat pada hemoglobin.


Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi penting tentang artikel kesehatan di PINTERpandai.com
Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Informasi perawatan / pengobatan yang diberikan di sini bukan kebijakan resmi dan tidak dimaksudkan sebagai saran medis untuk menggantikan keahlian dan penilaian tim Dokter perawatan kesehatan Anda. Ini dimaksudkan untuk membantu Anda dan keluarga Anda membuat keputusan berdasarkan informasi, bersama dengan dokter Anda. Dokter Anda mungkin memiliki alasan untuk menyarankan rencana perawatan yang berbeda dari opsi perawatan umum ini. Jangan ragu untuk bertanya kepadanya tentang pilihan perawatan Anda.

Kapan harus berkonsultasi dengan profesional kesehatan?

Informasi medis di www.PINTERpandai.com tidak berlaku untuk semua orang dan itu bukan saran medis. Jika Anda memiliki masalah medis, pastikan untuk menghubungi penyedia layanan kesehatan. Jika Anda merasa memiliki keadaan darurat medis, segera hubungi dokter Anda atau nomor darurat setempat atau nomor 112 dari HP Anda.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2020-11-01T04:38:33+07:00 November 1st, 2020|IPA, Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment