Cara Menghilangkan Stres Pikiran – 10 Cara Penghilang Stres yang Sangat Efektif

Cara menghilangkan stres pikiran

Dari tantangan kecil hingga krisis besar, stres adalah bagian dari kehidupan. Dan sementara Anda tidak selalu bisa mengendalikan keadaan Anda, Anda bisa mengendalikan bagaimana cara Anda meresponsnya. Berikut adalah cara menghilangkan stres pikiran.

“Dalam hidup, selalu ada solusi untuk masalah”. “Tidak mengendalikan situasi dan tidak melakukan apa-apa hanya akan memperburuk masalah Anda.”

Ketika stres menjadi luar biasa, atau kronis, itu bisa merugikan kesehatan Anda. Itulah mengapa penting untuk memiliki penghilang stres yang efektif yang dapat menenangkan pikiran dan tubuh Anda. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan stres pikiran:

1. Kendalikan diri Anda dan fokus pada pernapasan

Setiap masalah masalah apa pun pasti ada solusinya. “Jika Anda tetap pasif, berpikir, ‘Saya tidak bisa melakukan apa-apa tentang masalah saya’, stres Anda akan semakin buruk”.

“Perasaan kehilangan kendali adalah salah satu penyebab utama stres dan kurangnya kesejahteraan.”

Tindakan mengambil kendali itu sendiri memberdayakan, dan itu adalah bagian penting dari menemukan solusi yang memuaskan Anda dan bukan orang lain.

Hanya berfokus pada napas Anda atau mengubah cara Anda bernapas dapat membuat perbedaan besar pada tingkat stres Anda secara keseluruhan. Teknik pernapasan dapat menenangkan tubuh dan otak Anda hanya dalam beberapa menit.

Beristirahat 5 menit dan fokus pada pernapasan Anda. Duduk tegak, mata tertutup, dengan tangan di perut Anda. Tarik napas perlahan-lahan melalui hidung Anda, rasakan napas mulai di perut Anda dan teruskan ke bagian atas kepala Anda. Balikkan proses saat Anda mengeluarkan napas melalui mulut. Menarik napas secara mendalam dapat melawan efek stres dengan memperlambat detak jantung dan menurunkan tekanan darah.

Berita terbaiknya adalah, tidak ada orang di sekitar Anda yang tahu Anda melakukannya. Jadi apakah Anda sedang dalam pertemuan yang penuh tekanan atau Anda sedang duduk di teater yang penuh sesak, latihan pernapasan bisa menjadi kunci untuk mengurangi stres Anda

Meskipun ada banyak latihan pernapasan yang berbeda, seperti pernapasan karate, beberapa yang sederhana termasuk:

  • Tarik napas melalui hidung dan saksikan perut Anda terisi udara. Hitung perlahan sampai tiga saat Anda menarik napas. Tahan selama satu detik dan kemudian perlahan-lahan bernapas melalui hidung saat Anda menghitung sampai tiga lagi.
  • Tarik napas melalui hidung Anda dan bayangkan bahwa Anda menghirup udara yang damai dan tenang. Bayangkan udara menyebar ke seluruh tubuh Anda. Ketika Anda menghembuskan napas, bayangkan bahwa Anda mengeluarkan stres dan ketegangan.

2. Berlatihlah relaksasi otot

Relaksasi otot progresif melibatkan relaksasi semua otot di tubuh Anda, kelompok demi kelompok.3 Untuk berlatih, Anda bisa mulai dengan beberapa napas dalam-dalam.

Kemudian, berlatihlah mengencangkan dan merilekskan setiap kelompok otot, mulai dengan dahi Anda dan turun ke jari-jari kaki.

Cara menghilangkan stres pikiran dengan latihan, Anda akan belajar mengenali ketegangan dan ketegangan pada otot Anda dan Anda akan bisa lebih rileks. Namun, setiap kali Anda berlatih, Anda harus mengalami perasaan rileks yang menyapu tubuh Anda.

3. Meditasi

Meditasi membawa penghilang stres jangka pendek dan juga manfaat manajemen stres yang bertahan lama. Ada banyak bentuk meditasi yang berbeda untuk dicoba – masing-masing unik dan membawa daya tarik sendiri

Beberapa menit latihan per hari dapat membantu mengurangi kecemasan. “Penelitian menunjukkan bahwa meditasi setiap hari dapat mengubah jalur saraf otak, membuat Anda lebih tahan terhadap stres,”

Itu mudah. Duduk tegak dengan kedua kaki di lantai. Tutup matamu. Fokuskan perhatian Anda pada pelafalan (menceritakan sesuatu) – dengan suara keras atau diam-diam – mantra positif seperti “Aku merasa damai” atau “Aku cinta diriku sendiri.” Letakkan satu tangan di perut Anda untuk menyelaraskan mantra dengan napas Anda. Biarkan pikiran yang mengganggu melayang seperti awan.

Anda mungkin mengembangkan mantra yang Anda ulangi dalam pikiran Anda saat Anda mengambil napas dalam-dalam yang lambat. Atau, Anda mungkin perlu beberapa menit untuk melatih perhatian, yang melibatkan keberadaan pada saat itu. Cukup perhatikan apa yang Anda lihat, dengar, rasakan, sentuh, dan cium.

Ketika Anda fokus pada saat ini dan sekarang, Anda tidak akan dapat merenungkan sesuatu yang sudah terjadi dan Anda tidak dapat khawatir tentang sesuatu di masa depan. Meditasi dan kewaspadaan membutuhkan latihan, tetapi itu dapat membuat perbedaan besar dalam tingkat stres Anda secara keseluruhan.

4. Bersyukur dan cobalah bersikap positif

Tuliskan kata-kata atau ucapan syukur Anda (satu di samping tempat tidur Anda, satu di dompet Anda, dan satu di tempat kerja) untuk membantu Anda mengingat semua hal yang baik dalam hidup Anda.

Cari hal-hal positif dalam hidup, dan hal-hal yang Anda syukuri.
“Orang tidak selalu menghargai apa yang mereka miliki”
“Bersyukur atas berkah Anda dapat membatalkan pikiran dan kekhawatiran negatif,”

Cobalah menuliskan 3 hal yang telah berjalan baik, atau yang Anda syukuri, di akhir setiap hari.

Gunakan kata-kata ini untuk menikmati pengalaman yang baik seperti senyum seorang anak, hari yang dipenuhi sinar matahari, dan kesehatan yang baik. Jangan lupa untuk merayakan pencapaian seperti menguasai tugas baru di tempat kerja atau hobi baru.

Ketika Anda mulai merasa stres, luangkan beberapa menit untuk melihat catatan Anda untuk mengingatkan diri sendiri apa yang sebenarnya penting.

5. Terima hal-hal yang tidak dapat Anda ubah dan moveon (maju dan bergerak)

Mengubah situasi yang sulit tidak selalu memungkinkan. Cobalah untuk berkonsentrasi pada hal-hal yang Anda kendalikan.

“Jika perusahaan Anda bangkrut dan membuat redudansi, misalnya, tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk itu”. “Dalam situasi seperti itu, Anda perlu fokus pada hal-hal yang dapat Anda kendalikan, seperti mencari pekerjaan baru”.

6. Berjalan dan berolahraga

Olahraga tidak akan membuat stres Anda hilang, tetapi itu akan mengurangi intensitas emosional yang Anda rasakan, menjernihkan pikiran, dan membuat Anda mengatasi masalah dengan lebih tenang.

Anda tidak harus berlari untuk mendapatkan nilai tinggi sebagai atlet pelari hebat. Semua bentuk olahraga, termasuk yoga dan jalan kaki, dapat meredakan depresi dan kecemasan dengan membantu otak melepaskan zat kimia yang terasa enak dan dengan memberi tubuh Anda kesempatan untuk berlatih mengatasi stres.

Anda dapat berjalan-jalan cepat di sekitar blok, naik dan turun beberapa anak tangga, atau melakukan beberapa latihan peregangan seperti mengangkat bahu.

Aktivitas fisik adalah kunci untuk mengelola stres dan meningkatkan kesehatan mental. Dan berita terbaiknya adalah, ada banyak jenis kegiatan yang dapat mengurangi stres Anda.

Bergabunglah dengan gym, ikuti kelas yoga, atau berolahraga di luar. Ingatlah bahwa ada banyak cara berbeda untuk mendapatkan lebih banyak aktivitas fisik di hari-hari Anda juga.

Contoh cara menghilangkan stres pikiran dengan olahraga seperi: jalan kaki, latihan kekuatan (dengan barbel), kayak, hiking merupakan beberapa contoh dari cara yang berbeda untuk menghilangkan stres.

7. Bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras

Bekerja lebih cerdas berarti memprioritaskan pekerjaan Anda, berkonsentrasi pada tugas-tugas yang akan membuat perbedaan nyata.

“Buatlah tugas yang paling tidak penting pada akhirnya” Gunakan waktu Anda dengan bijak dan lebih efektif untuk menyelesaikan sesuatu dengan cepat.

Jangan melakukan multitasking atau menjalankan tugas ganda, atau menjalankan lebih dari satu aktifitas dalam waktu yang sama.

Sama seperti kita suka melakukannya “multitasking“, sebenarnya dapat menyebabkan lebih banyak masalah (dan pekerjaan) daripada yang dibutuhkan. Tetap fokus pada satu tugas pada satu waktu dan selesaikan tugas itu sebelum pindah ke yang berikutnya. Karena kita bukan robot, berarti selesaikan satu pekerjaan dengan seksama, kemudian berlanjutlah ke pekerjaan lainnya.

8. Luangkan waktu untuk hobi

Kegiatan rekreasi dapat menjadi cara yang bagus untuk menghilangkan stres. Namun, banyak orang merasa seolah-olah hidup mereka terlalu sibuk untuk hobi, permainan atau kesenangan.

Tetapi mengambil waktu, meskipun hanya 5 menit untuk bersantai dalam jadwal Anda bisa menjadi kunci untuk membantu Anda merasakan yang terbaik. Dan ketika Anda merasa lebih baik, Anda akan tampil lebih baik, yang berarti waktu senggang dapat membuat waktu kerja Anda lebih efisien.

Apakah Anda menemukan kesenangan dalam merawat taman atau Anda suka membuat selimut, hobi dan liburan adalah kunci untuk menjalani hidup terbaik Anda.

Mendengarkan musik juga dapat mengurangi stres!

8. Bantu orang lain

Profesor Cooper mengatakan bukti menunjukkan bahwa orang yang membantu orang lain, melalui kegiatan seperti sukarela atau kerja komunitas, menjadi lebih tangguh.

“Membantu orang-orang yang sering berada dalam situasi yang lebih buruk daripada Anda akan membantu Anda menempatkan masalah Anda ke dalam perspektif,” kata Profesor Cooper. “Semakin banyak Anda memberi, semakin tangguh dan bahagia perasaan Anda.”

Jika Anda tidak punya waktu untuk menjadi sukarelawan, cobalah untuk melakukan bantuan seseorang setiap hari. Ini bisa berupa sesuatu yang kecil seperti membantu seseorang menyeberang jalan atau pergi minum kopi dengan teman atau rekan kerja.

9. Tantang diri Anda sendiri

Menetapkan tujuan dan tantangan, baik di tempat kerja atau di luar, seperti belajar bahasa baru atau olahraga baru, membantu membangun kepercayaan diri. Ini akan membantu Anda mengatasi stres.

“Dengan terus belajar, Anda menjadi lebih tangguh secara emosional sebagai pribadi,” kata Profesor Cooper.

“Ini membekali Anda dengan pengetahuan dan membuat Anda ingin melakukan hal-hal daripada bersikap pasif, seperti menonton TV sepanjang waktu.”

10. Hindari kebiasaan yang tidak sehat

Jangan mengandalkan alkohol, merokok dan kafein sebagai cara menghilangkan stres pikiran.

“Pria lebih cenderung melakukan hal ini daripada wanita. Kami menyebut perilaku menghindar ini,” kata Profesor Cooper. “Wanita lebih baik dalam mencari dukungan dari lingkaran sosial mereka.”

Dalam jangka panjang, kruk ini tidak akan menyelesaikan masalah Anda. Mereka hanya akan membuat yang baru.

“Ini seperti meletakkan kepala Anda di pasir,” kata Profesor Cooper. “Ini mungkin memberikan bantuan sementara, tetapi itu tidak akan membuat masalah hilang. Kamu perlu mengatasi penyebab stres Anda.”

Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini 👉 untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini 👉 untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.

Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi penting tentang artikel kesehatan di PINTERpandai.com
Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Informasi perawatan / pengobatan yang diberikan di sini bukan kebijakan resmi dan tidak dimaksudkan sebagai saran medis untuk menggantikan keahlian dan penilaian tim Dokter perawatan kesehatan Anda. Ini dimaksudkan untuk membantu Anda dan keluarga Anda membuat keputusan berdasarkan informasi, bersama dengan dokter Anda. Dokter Anda mungkin memiliki alasan untuk menyarankan rencana perawatan yang berbeda dari opsi perawatan umum ini. Jangan ragu untuk bertanya kepadanya tentang pilihan perawatan Anda.

Kapan harus berkonsultasi dengan profesional kesehatan?

Informasi medis di www.PINTERpandai.com tidak berlaku untuk semua orang dan itu bukan saran medis. Jika Anda memiliki masalah medis, pastikan untuk menghubungi penyedia layanan kesehatan. Jika Anda merasa memiliki keadaan darurat medis, segera hubungi dokter Anda atau nomor darurat setempat atau nomor 112 dari HP Anda.

Sumber bacaan: National Hospital Service (NHS UK), Web MD,

(NCBI: National Center for Biotechnology Information), World Health Organization (WHO), Medicinet, Healthline,  Centers for Disease Control and Prevention (CDC),

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya 


By | 2020-05-01T14:54:52+07:00 Mei 1st, 2020|Sehat & Cantik, Top 10|0 Comments

Leave A Comment