Kutu (tubuh, kepala, pubis): perawatan, ukuran, foto

Kutu (tubuh, kepala, pubis): perawatan, ukuran, foto

Terutama hadir di kepala, di rambut, kutu adalah parasit yang sangat resisten yang juga dapat ditemukan di tempat lain di tubuh seperti pubis (kepiting). Bagaimana Anda tahu jika Anda memiliki kutu? Telur kutu? Perawatan apa untuk menghilangkannya?

Apa itu kutu?

“Pediculus humanus” adalah istilah ilmiah yang digunakan untuk kutu. Ini adalah parasit terkenal yang terutama menjajah kulit kepala manusia. Ini memakannya, yang gatal pada sekitar 60% orang yang membawanya.

Kutu adalah parasit, berwarna keabu-abuan berukuran sekitar 2 sampai 4 mm. Hewan kecil-kecil itu dapat hidup sekitar 3 sampai 4 minggu. “Mereka menyebabkan gatal-gatal pada kulit kepala, terutama di bagian belakang tengkorak dan di belakang leher”, ini adalah lesi atau luka yang dapat terinfeksi.

Kutu kepala manusia jantan, Pediculus humanus capitis

Kutu kepala manusia jantan, Pediculus humanus capitis. Sumber foto: Gilles San Martin / Wikimedia Commons / Flickr


Jenis kutu

Nama ilmiah:

Pediculus humanus corporis (kutu tubuh manusia, badan, kutu baju)
Pediculus humanus capitis (kutu kepala)
Pthirus pubis (kutu kemaluan).

Berbagai jenisnya:

• Kutu badan (atau baju)
Mereka yang bertanggung jawab atas pedikulosis (mempunyai kemampuan untuk mengisap darah di kepala) tubuh, jauh lebih jarang daripada kutu kepala. Biasanya, itu hanya terlihat pada orang dengan kebersihan yang sangat buruk. Ini menyebabkan lesi gatal dan garukan yang bisa menjadi sekunder. Terlepas dari namanya, mereka tidak langsung hidup di inangnya. Mereka bertelur di serat pakaian dan hanya bersentuhan dengan inang setiap kali mereka perlu memberi makan. Karena mereka tidak dapat melompat atau terbang, mereka menyebar melalui kontak langsung dengan orang lain atau lebih jarang melalui kontak dengan pakaian atau seprai yang terinfeksi.

• Kutu kepala
Hanya bisa hidup di rambut manusia. Ini memberi makan dengan mengisap sejumlah kecil darah dari kulit kepala. Betina bertelur, yang disebut telur kutu, yang menyebar dengan kecepatan penuh.

• Kutu pubis atau “kemaluan”
Mereka ditularkan selama hubungan seksual dan terutama mempengaruhi remaja dan orang dewasa muda.

Baca juga: Penyakit Kelamin atau Penyakit Menular Seksual pada Wanita Pria | Contoh Penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual


Penyebab dan faktor risiko keberadaan kutu

Kutu tubuh biasanya tersangkut di pakaian yang tidak dicuci dengan baik. Oleh karena itu perlu untuk menghindari pakaian lama dan yang dibeli di toko barang bekas.

Untuk kutu kepala: Faktor risiko utama terletak pada pertukaran topi, topi dan topi. Rambut yang sangat panjang juga harus dihindari. Kutu rambut sering ditularkan di sekolah.

Kutu kemaluan ditemukan terutama pada orang yang memperbanyak pasangan seksual, bahkan jika kondom digunakan. Semakin banyak rambut yang Anda miliki di pubis, semakin besar peluang mereka untuk bergerak.

Kutu kemaluan di daerah kelamin

Kutu kemaluan di daerah kelamin. Sumber foto: SOA-AIDS Amsterdam / Wikimedia Commons

Evolusi

Kutu dewasa dapat bertahan selama 24 jam di atas sarung bantal atau bantal. Oleh karena itu, disarankan untuk mendekontaminasi jaringan dan benda yang bersentuhan langsung dengan kepala, mencucinya pada suhu 60°C dan memasukkannya ke dalam kantong plastik dengan bubuk insektisida. Cuci seprai, pakaian, handuk pada suhu 60 ° C, dan desinfeksi sisir dan sikat.

Tanda-tanda khas keberadaan kutu

  • “Tubuh” dimanifestasikan oleh rasa gatal yang terkadang hebat yang dapat meninggalkan lesi.
  • “Rambut” menyebabkan kulit kepala gatal.
  • “Kemaluan” terasa gatal pada kemaluan Anda. Telur kutu di kemaluan biasanya ditemukan saat pemeriksaan dokter.

Diagnosa oleh dokter

Kutu tubuh: Diagnosis dipastikan dengan adanya lesi garukan dan hewan kecil-kecil itu yang terlihat pada tubuh dan pakaian.
Kutu rambut: Untuk memastikan diagnosis, dokter kulit akan menyisir rambut pasien dengan menyisir halus dan mengamati dengan kaca pembesar.

Dokter juga akan memeriksa bulu mata dan alis karena kutu dan telur kutu bisa tersangkut di mana saja ada rambut.

Kutu rambut kemaluan: Selama pemeriksaan fisik, dokter akan melihat bintik-bintik kecil berwarna abu-abu hingga hitam di dekat bukaan rambut. Telur hewan kecil-kecil itu  dapat terlihat karena membentuk massa kecil yang menempel pada rambut.

Kutu dewasa dapat bertahan selama 24 jam di atas sarung bantal.


Perawatan

Kutu badan: Perawatannya biasanya melibatkan disinfektan cucian dan pakaian orang yang terinfeksi.

Kutu kemaluan: Pengobatan didasarkan pada aplikasi pedikulisida dan lentisida yang digunakan untuk kutu kepala. Sangat penting untuk merawat pasangan seksual dan mencuci semua cucian, terutama handuk mandi.

Kutu rambut: Perawatannya seringkali agak lama dan sulit. Pengobatannya dapat dilakukan secara kimiawi atau mekanis. Berbagai jenis produk kutu rambut dijual di apotek. Mintalah saran apoteker atau dokter tentang formula dan merek yang tersedia (sampo, losion, semprotan, dll.). Ikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada pamflet kemasan.

Baca juga: Tungau ini hidup di wajah Anda! Demodex

Metode kimia terdiri dari penggunaan insektisida dan / atau ovisida. Sangat penting untuk memeriksa pestisida yang disebutkan terhadap kutu (pedilucid) yang membuktikan keefektifan produk. Produk ini dikontraindikasikan pada anak di bawah 30 bulan dan wanita hamil.

Kutu kemaluan dewasa

Ilustrasi kutu kemaluan dewasa. Sumber foto: BruceBlaus / Wikimedia Commons

Perawatan, lebih “ekologis”

Perawatan, lebih “ekologis” dengan tindakan mekanis terdiri dari minyak atau silikon yang menghalangi saluran udara kutu, mengakibatkan kematian mereka.

Mereka dapat juga mencekik hewan kecil-kecil itu dengan produk alami, seperti minyak kelapa atau produk silikon. umumnya perawatannya harus diulang setiap 2 minggu atau lebih.

• Bagaimana cara mengaplikasikan produk anti kutu?

Lewatkan sisir yang sangat halus melalui rambut basah. Oleskan produk segera setelah Anda menemukan telur hewan kecil-kecil itu atau kutu di kepala anak Anda. Jangan tinggalkan produk di kepala melebihi waktu yang ditunjukkan. Rawat helai demi helai, pastikan seluruh kulit kepala tertutup produk tersebut.

Oleskan produk dengan baik di belakang telinga dan di belakang leher. Kemudian bilas sampai bersih setelah waktu pemaparan yang disarankan. Buang telur hewan kecil-kecil itu dan hewan-hewan kecil yang mati juga. “Ulangi dua aplikasi satu minggu setelahnya dan dua minggu kemudian untuk membunuh telur yang selamat dari aplikasi pertama. Perhatikan baik-baik apakah ada hewan kecil-kecil itu yang selamat dari perawatan pertama,” saran dokter kulit.


Kutu pada anak-anak

Segera setelah sekolah dimulai, hewan kecil-kecil kembali ke sekolah bahkan sampai rumah Anda. Bagaimana mereka pergi dari kepala ke kepala? Bagaimana cara menghilangkannya secara efektif? Perawatan apa yang harus dipilih dan bagaimana cara mencuci pakaian untuk mengatasinya? Saran kami untuk mengakhiri hewan kecil-kecil dikepala anak Anda.

Bagaimana kutu bisa sampai pada anak-anak?

Di sekolah, anak-anak senang bertukar karet gelang atau topi dengan teman-temannya. Namun, beginilah cara hewan kecil-kecil pergi dari kepala ke kepala, dan merangkak dari rambut ke rambut berkat kaki kecil mereka yang bengkok!

Hadir sepanjang tahun, puncak kontaminasi terutama ditemukan di musim panas (mereka menyukai udara panas dan kelembapan) dan selama awal tahun ajaran. Ini juga terjadi ketika mereka berpartisipasi dalam kegiatan olahraga kolektif atau ketika mereka terdaftar di pusat hari atau kamp musim panas, tempat istimewa untuk pertukaran kutu (berbagi bantal, pertukaran tutup kepala, kehidupan komunitas …)!

Hewan kecil ini, lincah dan tahan terhadap air, memiliki gerak-gerik dan menyebar dari surai ke surai. Dimulai dengan sedikit gatal, lalu sedikit lagi… lalu banyak! Sekarang, dua musuh, betapapun kecilnya, harus dibunuh: hewan kecil-kecil itu dan telur-telurnya.

Tahukah kamu?

Mereka tidak melompat, di sisi lain, mereka merangkak dengan sangat cepat (lebih dari 20 cm / menit!) Di rambut menggunakan kaki bengkok kecil mereka. Mereka tidak bisa berenang, tetapi bisa mengapung di air selama beberapa jam, tahan terhadap air dan klorin. Juga, untuk menghindari penangkapan mereka, lebih baik masing-masing memiliki sisir, syal mereka… dan tidak menukarnya. Jika anak Anda memiliki rambut panjang, juga disarankan untuk mengikat rambutnya.

Bagaimana Anda tahu jika anak Anda memiliki hewan kecil-kecil itu atau telur-telurnya?

Apakah anak Anda sering menggaruk kepalanya? Untuk mengetahui apakah ia memiliki hewan kecil-kecil atau telur-telurnya, lihat rambutnya di dekat akar, dan terutama di belakang telinga dan bagian belakang leher.

Jika Anda melihat bintik keabu-abuan, itu mungkin lambat. Jepit titik ini di antara ibu jari dan jari telunjuk Anda: “jika tetap bengkok dan hanya bisa dilepas dengan menggesernya di sepanjang rambut, itu tidak diragukan lagi lambat”.


Kutu badan atau baju

Sebuah foto tahun 2006 menggambarkan pandangan punggung kutu tubuh jantan, Pediculus humanus var. corporis.
Kutu Tubuh adalah serangga parasit dan biasanya hidup di pakaian dan tempat tidur manusia yang terinfeksi.
Beberapa fitur morfologi eksternal yang ditampilkan oleh anggota genus Pediculus termasuk daerah perut yang memanjang tanpa proses apa pun, dan tiga pasang kaki, semuanya sama panjang dan lebarnya. Ujung distal perut jantan membulat, sedangkan betina (PHIL#9202) cekung. Infestasi adalah umum, ditemukan di seluruh dunia, dan mempengaruhi orang-orang dari semua ras. Infestasi kutu tubuh menyebar dengan cepat di bawah kondisi ramai di mana kebersihannya buruk, dan sering terjadi kontak di antara orang-orang. Perhatikan setae sensorik, atau rambut yang menutupi tubuh kutu, yang mengambil, dan mengirimkan informasi ke serangga tentang perubahan lingkungannya seperti suhu, dan isyarat kimia. Massa gelap di dalam perut adalah makanan darah yang tertelan sebelumnya. Sumber foto: Janice Harney Carr, Center for Disease Control / Wikimedia Commons


Bagaimana cara menghilangkan kutu dan telurnya?

Pada rambut kering, gunakan sisir halus, dengan gigi panjang dan rapat, yang memungkinkan hewan kecil-kecil itu dan telurnya dihilangkan secara efektif. Untuk melihatnya lebih baik, berdirilah di atas wastafel atau bak mandi (atau di atas permukaan putih) dan tuangkan air ke atasnya.

Perawatan mana yang harus dipilih untuk melawan kutu dan telurnya?

Karena tidak selalu mudah untuk membuat anak Anda mengerti bahwa ia harus menghindari kontak dengan rambut teman-teman sekolahnya. memelopori! Terutama karena hewan kecil-kecil itu dapat bersarang di semua kepala, bahkan pada rambut yang bersih. Jika kepala si kecil belum (belum) diserang oleh hewan-hewan kecil ini, masih lebih baik untuk memiliki produk di tangan untuk mencegah infestasi. Perawatan pencegahan, semprotan, sampo, lotion…

Pilihannya sangat banyak. Namun, perhatikan komposisinya: sebuah studi menemukan bahwa satu kelas insektisida bisa berbahaya bagi otak anak-anak. Kabar baik! Semakin banyak produsen menawarkan produk tanpa insektisida, paraben, alkohol dan lebih memilih formula dengan bahan aktif alami, lebih “friendly” untuk kulit kepala. Misalnya, produk berbahan dasar minyak kelapa atau almond manis akan mencekik kutu dan menghilangkan telur kutu, tanpa menyerang kulit. Bahkan ada karet gelang dan ikat rambut khusus untuk menghilangkan kutu, larva, dan telurnya.


Bagaimana cara menghindari kutu?

Tidak ada pengobatan pencegahan untuk mencegah munculnya hewan kecil-kecil itu. Seorang anak yang telah melakukan kontak dengan anak dengan kutu harus diperiksa dengan seksama. Pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan minimal 2 hari sekali selama kurang lebih 2 minggu.

Memotong rambut anak memudahkan dalam mengaplikasikan perawatan dan menggunakan sisir. Mencukur rambut sebenarnya tidak perlu dan menyebabkan kecemasan pada anak. Mengikat rambut anak perempuan membantu mencegah kontaminasi.


Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini 👉 untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini 👉 untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber bacaan: Cleverly Smart, Centers for Disease Control and Prevention (CDC), NHS (UK), Mayo Clinic, Web MD, On Health

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2021-09-18T14:54:19+07:00 September 17th, 2021|Sehat dan Cantik | Kesehatan & Pengobatan|0 Comments

Leave A Comment