Stres adalah reaksi tubuh terhadap situasi berbahaya – Penjelasan, Gejala, Tanda, Penyebab, Perawatan, Pengobatan dan Terapi

Apakah stres itu?

Stres adalah reaksi tubuh terhadap situasi berbahaya, merupakan bentuk ketegangan dari fisik, psikis, emosi maupun mental – apakah itu nyata atau dirasakan. Ketika Anda merasa terancam, reaksi kimia terjadi di tubuh Anda yang memungkinkan Anda bertindak dengan cara mencegah cedera. Reaksi ini dikenal sebagai “fight-or-flight,” atau respons stres.

Selama respons stres, detak jantung Anda meningkat, pernapasan menjadi lebih cepat, otot menegang, dan tekanan darah meningkat. Anda sudah siap untuk bertindak. Lindungi dirimu sendiri.

Gejala fisik stres

  • Energi tenaga tubuh rendah.
  • Sakit kepala.
  • Perut yang kesal, termasuk diare, sembelit, dan mual.
  • Nyeri dan otot tegang.
  • Nyeri dada dan detak jantung yang cepat.
  • Insomnia.
  • Sering masuk angin dan infeksi.
  • Hilangnya hasrat dan / atau kemampuan seksual.
  • Saraf dan gemetar, berdenging di telinga, tangan dan kaki dingin atau berkeringat.
  • Mulut kering dan kesulitan menelan.
  • Gigi dan rahang yang terkatup rapat.

Ciri-ciri orang stress

Gejala-gejala perilaku stres:

  • Menjadi mudah gelisah, frustrasi dan murung.
  • Merasa kewalahan, seperti Anda kehilangan kendali atau perlu mengambil kendali.
  • Kesulitan menenangkan dan menenangkan pikiran Anda.
  • Merasa buruk tentang diri sendiri (rendah diri), kesepian, tidak berharga, dan tertekan.
  • Menghindari orang lain.
  • Kekhawatiran yang berlebihan secara konstan (terus menerus).
  • Berpikir terlalu cepat.
  • Pelupa dan disorganisasi.
  • Ketidakmampuan untuk fokus.
  • Penilaian yang buruk.
  • Menjadi pesimis atau hanya melihat sisi negatifnya.
  • Perubahan nafsu makan – baik tidak makan atau makan terlalu banyak.
  • Menunda dan menghindari tanggung jawab.
  • Peningkatan penggunaan alkohol, narkoba, atau rokok.
  • Menunjukkan lebih banyak perilaku gugup, seperti menggigit kuku, gelisah, dan mondar-mandir.

Cara menghilangkan stres pikiran

Dari tantangan kecil hingga krisis besar, stres adalah bagian dari kehidupan. Dan sementara Anda tidak selalu bisa mengendalikan keadaan Anda, Anda bisa mengendalikan bagaimana cara Anda meresponsnya. Berikut adalah cara menghilangkan stres pikiran.

“Dalam hidup, selalu ada solusi untuk masalah”. “Tidak mengendalikan situasi dan tidak melakukan apa-apa hanya akan memperburuk masalah Anda.”

Ketika stres menjadi luar biasa, atau kronis, itu bisa merugikan kesehatan Anda. Itulah mengapa penting untuk memiliki penghilang stres yang efektif yang dapat menenangkan pikiran dan tubuh Anda. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan stres pikiran:

Apa Konsekuensi Stres Jangka Panjang?

Sedikit stres sesekali bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Namun, stres kronis yang berkelanjutan dapat menyebabkan atau memperburuk banyak masalah kesehatan serius, termasuk:

  • Masalah kesehatan mental, seperti depresi, kecemasan, dan gangguan kepribadian.
  • Penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung, tekanan darah tinggi, irama jantung abnormal, serangan jantung, dan stroke.
  • Obesitas dan gangguan makan lainnya.
  • Masalah menstruasi.
  • Disfungsi seksual, seperti impotensi dan ejakulasi dini pada pria dan hilangnya hasrat seksual pada pria dan wanita.
  • Masalah kulit dan rambut, seperti jerawat, psoriasis, dan eksim, dan kerontokan rambut permanen.
  • Masalah gastrointestinal, seperti GERD, gastritis, radang usus besar.

Penyebab stres

Situasi dan tekanan yang menyebabkan stres dikenal sebagai pemicu stres. Kita biasanya menganggap stres sebagai hal yang negatif, seperti jadwal kerja yang melelahkan atau hubungan yang sulit. Namun, apa pun yang menuntut Anda bisa membuat Anda stres. Ini termasuk peristiwa positif seperti menikah, membeli rumah, kuliah, atau menerima promosi.

Tentu saja, tidak semua stres disebabkan oleh faktor eksternal. Stres juga bisa diakibatkan oleh internal atau diri sendiri, ketika Anda terlalu khawatir tentang sesuatu yang mungkin atau mungkin tidak terjadi, atau memiliki pemikiran yang tidak rasional, pesimistis tentang kehidupan.

Akhirnya, apa yang menyebabkan stres tergantung, setidaknya sebagian, pada persepsi Anda tentang hal itu. Sesuatu yang membuat Anda stres mungkin tidak mengganggu orang lain; mereka bahkan dapat menikmatinya. Sementara sebagian dari kita takut bangun di depan orang untuk tampil atau berbicara, misalnya, yang lain hidup untuk menjadi sorotan. Di mana satu orang berkembang di bawah tekanan dan melakukan yang terbaik dalam menghadapi tenggat waktu yang ketat, orang lain akan tutup ketika tuntutan pekerjaan meningkat. Dan sementara Anda mungkin menikmati membantu merawat orang tua Anda yang sudah lanjut usia, saudara kandung Anda mungkin mendapati tuntutan pengasuhan luar biasa dan membuat stres.

Penyebab stres eksternal yang umum meliputi:

Kehidupan utama berubah
Kerja atau sekolah
Kesulitan hubungan
Masalah keuangan
Terlalu sibuk
Anak-anak dan keluarga

Penyebab stres internal yang umum meliputi:

Pesimisme
Ketidakmampuan untuk menerima ketidakpastian
Berpikir kaku, kurang fleksibel
Bicara diri sendiri negatif
Harapan / perfeksionisme yang tidak realistis
Sikap semua atau tidak sama sekali

Contoh sumber stres

Masalah pribadi

Cavanaugh (2000) mengatakan bahwa stress dapat disebabkan oleh faktor-faktor pribadi yang terdiri dari masalah keluarga dan masalah ekonomi pribadi, serta kepribadian dan karakter yang melekat dalam diri seseorang. Survei nasional secara konsisten menunjukkan bahwa individu sangat mementingkan hubungan keluarga dan pribadi, berbagai kesulitan dalam hidup pernikahan, keretakan hubungan pernikahan, dan kesulitan masalah disiplin dengan anak-anak adalah beberapa contoh masalah hubungan yang menciptakan stress (Major, 2002).

Stress dapat bersumber dari berbagai hal yang disebut sebagai stressor. Girdano (2005) membagi stressor menjadi empat, yaitu: (a) bioecological stress; (b) psychosocial stress; (c) job stress; serta (d) tipe kepribadian; (e) konsep diri.

Bioecological stress

Adalah stress yang dipicu oleh dua hal. Pertama, ekologi atau lingkungan seperti polusi serta cuaca; kedua, akibat kondisi biologis seperti akibat “datang bulan”, demam, asma, jerawat, atau usia yang bertambah tua.

Psychosocial stress

Adalah stress yang dipicu oleh hubungan relasi dengan orang lain di sekitar individu atau akibat situasi sosial lainnya. Contohnya seperti stress yang disebabkan karena adaptasi lingkungan baru, masalah cinta, masalah keluarga, kemacetan jalan raya, atau “diolok-olok.”

Job stress adalah stress yang dipicu oleh pekerjaan. Persaingan kerja, tekanan pekerjaan, deadline, beban pekerjaan, ancaman PHK, target tinggi, usaha gagal, atau persaingan bisnis merupakan beberapa hal umum yang dapat memicu stress pekerjaan.

Stress kepribadian

Kepribadian juga dapat menjadi stressor seperti misalnya kepribadian tipe A. Kepribadian tipe A adalah kepribadian dimana individu yang bersangkutan selalu merasa “dikejar-kejar” waktu. Kepribadian seperti ini dapat menimbulkan stress karena setiap kejadian dalam hidupnya dapat dianggap sebagai sesuatu yang menghambat dan ketika keinginan terhambat maka dapat terjadi frustasi.

Tipe kepribadian lain yang juga mudah mengalami stress adalah depression prone personality, individu dengan tipe kepribadian ini mudah depresi jika bertemu dengan stressor. Gangguan yang biasa dialami oleh individu dengan depression prone personality adalah jumlah waktu istirahat yang menjadi sangat banyak dan aktivitas sehari-hari yang terganggu saat depresinya muncul (Rice; dikutip dari Girdano, 2005).

Kepribadian cemas reaktif juga dapat menimbulkan stress bagi individu yang bersangkutan. Individu yang memiliki tingkat kecemasan cukup tinggi akan cenderung menunjukan kecemasan terus-menerus walaupun stressor sudah berlalu. Individu dengan kepribadian cemas reaktif juga seringkali memandang stressor sebagai ancaman yang lebih besar daripada ancaman yang sebenarnya (Girdano, 2005).

Konsep diri juga dapat memicu stress

Individu yang memiliki konsep diri yang buruk, dimana individu yang bersangkutan sering berbicara pada dirinya mengenai hal-hal buruk tentang dirinya sendiri, mudah mengalami stress (Girdano, 2005).

Selain empat stressor di atas, menurut Aronson, Timothy dan Akert (2004) stress juga dapat disebabkan oleh adanya kebutuhan individu akan kontrol. Semakin individu memiliki kebutuhan akan kontrol dan yakin dapat mengontrol situasi, maka individu akan lebih dapat terhindar atau mengatasi stress; sebaliknya, semakin individu tidak memiliki kebutuhan akan control dan tidak yakin dapat mengontrol situasi, maka individu akan kurang dapat menghindari atau mengatasi stress. Self efficacy yang tinggi dapat mengurangi masalah pada kebutuhan akan kontrol ini, yaitu keyakinan yang dimiliki individu bahwa segala kemampuannya dapat memengaruhi hasil dari segala sesuatu yang ingin dicapainya.

Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini 👉 untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini 👉 untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.

Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi penting tentang artikel kesehatan di PINTERpandai.com
Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Informasi perawatan / pengobatan yang diberikan di sini bukan kebijakan resmi dan tidak dimaksudkan sebagai saran medis untuk menggantikan keahlian dan penilaian tim Dokter perawatan kesehatan Anda. Ini dimaksudkan untuk membantu Anda dan keluarga Anda membuat keputusan berdasarkan informasi, bersama dengan dokter Anda. Dokter Anda mungkin memiliki alasan untuk menyarankan rencana perawatan yang berbeda dari opsi perawatan umum ini. Jangan ragu untuk bertanya kepadanya tentang pilihan perawatan Anda.

Kapan harus berkonsultasi dengan profesional kesehatan?

Informasi medis di www.PINTERpandai.com tidak berlaku untuk semua orang dan itu bukan saran medis. Jika Anda memiliki masalah medis, pastikan untuk menghubungi penyedia layanan kesehatan. Jika Anda merasa memiliki keadaan darurat medis, segera hubungi dokter Anda atau nomor darurat setempat atau nomor 112 dari HP Anda.

Sumber bacaan: Web MD, MedlinePlus is a service of the National Library of Medicine (NLM) – part of the National Institutes of Health (NIH), HGV virus (NCBI: National Center for Biotechnology Information), World Health Organization (WHO), Medicinet, Healthline,  Centers for Disease Control and Prevention (CDC), HBV (NCBI: National Center for Biotechnology Information), HCV (NCBI: National Center for Biotechnology Information),

Mayo Clinic, Centers for Disease Control and Prevention (CDC), National Health Service (NHS UK), NCBI (National Center for Biotechnology Information) – U.S. National Library of Medicine, Healthline,

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya 


By | 2020-04-09T17:08:42+07:00 April 9th, 2020|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment