Janda Bolong Tanaman Hias Mahal – Bagaimana Cara Merawatnya dan Memperbanyak?

6 min read

Janda Bolong Tanaman Hias Mahal - Bagaimana Cara Merawatnya dan Memperbanyak?

Pelajari cara merawat sebagian besar varietas Janda Bolong Monstera!

Monstera atau Janda Bolong adalah spesies tanaman tropis hijau merambat yang berasal dari Amerika Tengah. Biasa disebut juga dengan nama philodendron split-leaf. Monstera terkenal dengan lubang daun alami mereka, dan telah menyebabkan munculnya julukannya Keju Swiss, Swiss Cheese Plant.

Mereka adalah tanaman rambat, yang dapat memanjat pohon setinggi 20 m.

Spesies Janda Bolong

Dua spesies Monstera yang berbeda dibudidayakan sebagai tanaman hias – Monstera deliciosa dan Monstera adansonii. Monstera adansonii dibedakan dari M. deliciosa karena memiliki daun yang lebih panjang dan meruncing serta lubang daun yang tertutup seluruhnya. Lubang daun monstera deliciosa akhirnya tumbuh ke arah tepi dan terbuka saat dewasa.

Para ilmuwan telah berspekulasi tentang alasan lubang di daun Monstera (Janda Bolong): Satu teori adalah bahwa perforasi ini memaksimalkan luas permukaan daun, dan karena itu kemampuannya untuk menangkap sinar matahari di lantai hutan hujan; yang lainnya adalah membiarkan hujan tropis melewati daun, sehingga membatasi kerusakan tanaman.

Bagian dari Araceae, keluarga aroid, mereka adalah salah satu dari sedikit aroid yang menghasilkan buah yang dapat dimakan, terutama Monstera deliciosa, meskipun mereka jarang berbunga atau menghasilkan buah yang dapat dimakan di dalam ruangan. Monsteras, seperti banyak aroids lainnya, diumumkan secara resmi ke dunia botani selama awal abad ke-20, meskipun mereka telah dikenal lebih lama oleh masyarakat adat Amerika Tengah.

Monstera adansonii: memiliki daun yang lebih panjang dan lentik, serta memiliki lubang daun yang tertutup sepenuhnya.

Sementara lubang daun Monstera deliciosa tumbuh ke arah tepi dan terbuka saat matang.

Baca juga ? Tanaman Bunga Gaillardia (Blanket Flower, Roda Api, Selimut India, Sundance)

Penemu Janda Bolong

Janda Bolong ditemukan pertama kali oleh ahli botani asal Prancis bernama Charles Plumier pada tahun 1963 meskipun sebenarnya tanaman ini telah dikenal lebih lama oleh masyarakat Amerika Tengah.

Di Indonesia, tanaman hias yang memiliki nama latin Monstera Adansonii Variegated ini diberi nama Janda Bolong karena daunnya yang bolong.

Janda Bolong Tanaman Hias Mahal - Bagaimana Cara Merawatnya dan Memperbanyak?
Daun Monstera deliciosa – Janda Bolong Tanaman Hias Mahal – Bagaimana Cara Merawatnya dan Memperbanyak? Ilustrasi dan sumber foto: Wikimedia Commons

Harga Janda Bolong

Harga per lembar daun dari tanaman Monstera Obliqua senilai Rp25 hingga Rp30 juta.

Harga per lembar daun dari Monstera Albo Variegata senilai Rp30 hingga 50 juta.

Sedangkan harga per lembar daun dari Monstera Mint dan Deliciosa senilai Rp50 juta.

Bisakah Anda menumbuhkan Janda Bolong (Monstera) di air?

Singkatnya, ya.

Anda bisa membeli tanaman kecil (bayi) Monstera dari akarnya, dan memasukkannya ke dalam peralatan hidroponik profesional yang terdiri dari gelas dan air keran.

Mengapa Anda ingin menumbuhkan Monstera di air?

Ok, selain kelebihan yang saya sebutkan di bawah ini, menurut saya tampilannya sangat keren. Ini juga cara yang bagus untuk memanfaatkan vas bening dengan cara yang unik.

Anda mungkin melihat bejana bening digunakan untuk Leca di Instagram, tetapi sistem semi-hidroponik perlu disiram setiap beberapa minggu untuk menghilangkan penumpukan mineral, jadi kebanyakan orang yang menggunakan Leca dalam vas mengebor lubang di sampingnya.

Anda tidak perlu melakukannya jika Anda hanya menggunakan air.

Janda bolong monstera di air
Tanaman Janda Bolong (Monstera Deliciosa) tumbuh di air. Sumber foto: National Garden Association

Kelebihan menumbuhkan Monstera di air

Tidak semrawut tanah!

Anda akan tahu jika Anda mengikuti Instagram saya bahwa saya sedang mencoba pasif / semi-hidroponik.

Lebih murah dari waktu ke waktu.
Harga tanah cukup mahal, tanpa perlu repot membuat sendiri campuran pot pesanan Anda. Air jauh, jauh lebih murah – bahkan jika Anda menggunakan unit RO yang mahal.

Menanam tanaman di air dapat mengurangi beberapa hama (seperti agas, yang bertelur di tanah dan memakan materi yang membusuk di dalam tanah) hingga hampir nol.

Meskipun kurang efektif pada hama seperti thrips dan tungau laba-laba (yang saat ini sedang saya lawan – beberapa tanaman memiliki keduanya. Tidak apa-apa), lebih mudah memperlakukan tanaman untuk hama saat berada di air.

Anda dapat memeriksa akarnya dengan sangat mudah

Bahkan jika Anda tidak menanam tanaman Anda dalam wadah yang jelas, Anda dapat mencabut tanaman dan melihatnya.

Saat Anda pertama kali memindahkan tanaman dari tanah ke air, Anda harus mengawasi akar yang busuk, dan memangkasnya segera setelah Anda melihatnya.

Kekurangan menumbuhkan Monstera di air

Anda harus sering mengganti air dan menambahkan pupuk. Meskipun Anda bisa menggunakan pupuk biasa, tanaman yang ditanam di air membutuhkan zat gizi mikro serta zat gizi makro yang biasanya ditemukan dalam pupuk tanaman.

Alga (ganggang hijau) tidak mungkin memberikan efek negatif pada tanaman Anda, tetapi terlihat sangat kotor, dan hampir mustahil untuk dicegah.

JANGAN terpengaruh oleh orang yang memberi tahu Anda bahwa ikan akan membantu. Tidak hanya kejam memelihara ikan di dalam tangki tanpa filter dan tidak dipanaskan, TIDAK AKAN MEMBANTU. Tetapi, siput yang akan memakan alga secara efektif. Mereka akan makan makanan ikan yang lezat sebagai gantinya. Perangi alga dengan menumbuhkan tanaman Anda dalam pot buram.

Baca juga ? Arti Jumlah Mawar – Perhatikan Jumlah Bunga Mawar Jika Anda Ingin Memberikan Kepada Seseorang

Tips untuk menumbuhkan Monstera di air

Bersihkan akarnya dengan benar. Ketika Anda memindahkan tanaman dari tanah ke air, akar air akan tumbuh, dan akhirnya melepaskan akar tanahnya.

Jika Anda meninggalkan terlalu banyak tanah pada akar tanaman, hal itu akan menghentikan oksigen ke akar dan menyebabkan akar busuk.

Tingkatkan cahaya, suhu, dan kelembapan. Ini adalah nasihat yang bagus untuk setiap kali Anda mengubah sesuatu dalam kehidupan tanaman Anda.

Dengan meningkatkan cahaya, suhu, dan kelembapan, Anda dapat memberi tanaman energi ekstra yang dibutuhkan untuk membantu mencegah kejutan.

Karena itu, berhati-hatilah untuk tidak membakar tanaman Anda atau membiarkannya terlalu panas. Jangan meletakkannya di bawah sinar matahari langsung atau memaparkannya pada suhu lebih dari 28°C / 82°F.

Gunakan pupuk yang tepat. Satu khusus untuk hidroponik, karena tanaman Anda tidak akan mendapatkan nutrisi apa pun dari tanah.

Anda mungkin memerlukan alat uji pH untuk ini jika Anda berencana menyimpan banyak tanaman di dalam air. Jika pH tidak benar maka kemampuan tanaman Anda untuk menyerap nutrisi dapat terganggu.

Menanam Janda bolong (Monstera) di dalam air merupakan hal yang mudah!

Daun tanaman Monstera Deliciosa (Janda Bolong)
Daun tanaman Monstera Deliciosa (Janda Bolong). Sumber foto: Needpix

Perawatan Umum Janda Bolong

Sinar matahari

Berkembang dalam cahaya tidak langsung terang hingga sedang. Tidak cocok untuk sinar matahari langsung yang intens tetapi dapat disesuaikan untuk menahannya.

Air

Sirami setiap 1-2 minggu, biarkan tanah mengering di antara penyiraman. Tingkatkan frekuensi dengan peningkatan cahaya.

Kelembaban

Kelembaban ruangan normal bisa digunakan, tetapi lebih suka kondisi lembab jika memungkinkan.

Suhu

65 ° F-85 ° F (18 ° C-30 ° C). Sebaiknya jangan biarkan suhu di bawah 60 ° F (15 ° C).

Masalah umum Janda Bolong

Ini adalah tanaman yang santai dan umumnya bebas hama. Atasi hama segera setelah muncul dengan semprotan minyak hortikultura (mimba) mingguan dan pembersihan tanaman secara teratur.

GEJALA: Daun menjadi coklat dan renyah di tepi daun

PENYEBAB: Penumpukan garam yang tidak disiram atau tinggi

GEJALA: Mengering saat campuran media pot kering

PENYEBAB: Di bawah air ATAU terikat pot. Pangkas daun atau pot ulang jika penyiraman tidak memperbaiki layu.

GEJALA: Menguning, dengan daun kuning cerah dan / atau batang hitam saat media tanam basah.

PENYEBAB: Overwatered

GEJALA: Daun melengkung, tapi tetap hijau

PENYEBAB: Terikat di bawah air. Overwater jika disertai daun kuning. Kemungkinan kejutan dingin.

Tindakan pencegahan

Mengiritasi kucing, anjing, dan manusia hanya jika dedaunan dikonsumsi. Buah bisa dimakan manusia. Praktik terbaik adalah selalu menjauhkan tanaman hias dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.


Cara menyebarkan atau memperbanyak Monstera Deliciosa

Apakah Anda ingin mendaur ulang stek Monstera atau hanya ingin membuat tanaman baru, ketahuilah bahwa Monstera, berkat akarnya di udara, adalah salah satu tanaman termudah untuk diperbanyak. Meskipun ada banyak cara untuk melakukan ini, perbanyakan air umumnya merupakan cara termudah untuk melakukannya. Ikuti petunjuk ini untuk menyebarkan Monstera Deliciosa Anda:

Daun tanaman hias monstera deliciosa janda bolong
Daun tanaman hias monstera deliciosa Janda Bolong. Sumber foto: Wikimedia Commons

Pilih batang untuk diperbanyak

Dengan menggunakan gunting atau gunting yang tajam dan bersih, potong satu atau dua inci di bawah akar udara. Anda tidak harus menyebarkan dengan akar udara, tetapi ini adalah cara penyebaran yang dijamin berhasil!

Tempatkan di air – Temukan gelas bening dan isi dengan air. Pastikan hanya batangnya yang terendam, dan tidak ada daun yang menempel di air.

Tempatkan di area terang dan tunggu!

Hindari sinar matahari langsung. Anda mungkin perlu mengganti air setiap beberapa hari agar tetap segar. Biasanya hanya perlu beberapa hari agar akar mulai tumbuh.

Pindahkan ke tanah – Setelah seminggu atau lebih, pindahkan ke tanah pot dalam ruangan. Panci kecil adalah yang terbaik – diameternya tidak lebih dari 6 inci.

Tetap terhidrasi

Selama beberapa minggu pertama, atau sampai tanaman Anda terasa berakar kuat di dalam tanah, sirami dan tiriskan Monstera Anda secara teratur. Tanah harus hampir tidak lembab saat disentuh setiap saat.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber Bacaan: The Sill, Gardenista, Planet House Plant

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.