fbpx

Kram Kaki di Malam Hari – (Kram kaki nokturnal) – Penyebab, Perawatan, Pengobatan, Pencegahan

Kram Kaki Malam Hari

Apa itu kram kaki malam hari (nokturnal)?

Kram kaki nokturnal adalah rasa sakit yang terjadi di kaki pada malam hari. Mereka biasanya menyebabkan Anda terbangun dari tidur, tetapi mereka juga dapat terjadi saat bangun di malam hari selama periode tidak aktif. Kram ini sebagian besar terjadi pada otot betis tetapi juga bisa terjadi di paha atau kaki.

Kram kaki nokturnal cukup menyakitkan dan menyebabkan otot yang terkena terasa kencang atau tersimpul. Gejala dapat berlangsung dari beberapa detik hingga beberapa menit. Mungkin juga ada nyeri otot setelah kram hilang.

Siapa yang mendapat kram kaki nokturnal?

Meskipun ada yang bisa mengalami kram kaki nokturnal, jumlah orang yang mendapatkannya meningkat seiring bertambahnya usia. Sedikit lebih banyak wanita daripada pria yang mengalami kram kaki ini.

Siapa yang sering mendapat kram kaki malam hari nokturnal?

  • 50 hingga 60% orang dewasa
  • 7% anak-anak dan remaja
  • 40% wanita hamil
  • Sekitar 20% pasien yang mengalami kram kaki nokturnal setiap hari mencari perawatan medis.

Apakah kram kaki nokturnal sama dengan sindrom kaki gelisah?
Tidak. Walaupun kedua jenis gangguan kaki ini cenderung terjadi pada malam hari, atau saat istirahat, sindrom kaki gelisah tidak menyebabkan rasa sakit yang parah dan kram.

Sementara sindrom kaki gelisah bisa menyakitkan, itu lebih merupakan ketidaknyamanan, atau sensasi merangkak yang menghasilkan keinginan untuk menggerakkan kaki.

Saat bergerak, kegelisahan berkurang, tetapi ketidaknyamanan kembali ketika gerakan berhenti. Ini tidak terjadi pada kram kaki nokturnal di mana otot yang mengencang perlu diulurkan secara aktif untuk meredakannya. Baca juga 👉 Kaki Bergerak Tak Terkontrol atau Sindroma Kaki Gelisah (Restless Legs Syndrome) – Penjelasan, Penyebab, Gejala, Pengobatan

Apa yang menyebabkan kram kaki malam hari (kram nokturnal)?

Penyebab kram kaki nokturnal sering kali tidak diketahui, tetapi beberapa kasus telah dikaitkan dengan:

Duduk untuk waktu yang lama
Otot berlebih
Berdiri atau bekerja di lantai beton
Duduk dengan tidak benar

Kram kaki nokturnal juga telah dikaitkan dengan kondisi medis dan obat-obatan tertentu. Ini termasuk:
  • Penyempitan pembuluh darah / penyakit terkait sirkulasi.
  • Penyempitan kanal tulang belakang di punggung bawah (lumbar canal stenosis), yang dapat menekan saraf yang bergerak dari punggung bawah ke kaki.
  • Sirosis hati (jaringan parut hati) karena alkoholisme, hepatitis, atau penyebab lainnya.
  • Kehamilan.
  • Alkoholisme.
  • Ketidakseimbangan dehidrasi / elektrolit.
  • Penyakit Parkinson.
  • Kerusakan saraf akibat perawatan kanker.
  • Gagal ginjal / hemodialisis.
  • Osteoartritis.
  • Neuropati perifer.
  • Gangguan neuromuskuler (neuropati, miopati, penyakit neuron motorik).
  • Gangguan struktural (kaki datar).
  • Gangguan endokrin (diabetes, hipotiroidisme).
  • Obat-obatan: sukrosa besi IV, estrogen terkonjugasi, raloxifene (Evista®), naproxen (Naprosyn®), teriparatide (Forteo®).

Kram Kaki Malam Hari: Diagnosis dan Tes

Tinjauan Umum Diagnosis dan Tes Manajemen dan Pencegahan Perawatan
Apakah saya perlu melakukan pengujian untuk mengevaluasi kram kaki saya?

Biasanya dokter Anda hanya perlu riwayat medis Anda untuk membuat diagnosis kram kaki nokturnal. Dokter Anda dapat mengajukan pertanyaan seperti:

  • Kapan Anda mengalami kram kaki dan seberapa sering itu terjadi?
  • Bagaimana Anda menggambarkan nyeri kaki Anda?
  • Berapa lama rasa sakit itu bertahan?
  • Obat apa yang sedang Anda gunakan?
  • Apa kondisi medis diketahui yang Anda miliki?
  • Tes darah rutin tidak membantu dalam mendiagnosis kram kaki nokturnal tetapi mereka dapat membantu mengidentifikasi kondisi medis yang sebelumnya tidak terdiagnosis. Pemeriksaan fisik dan tes lain dapat dilakukan untuk membantu menentukan penyebab lain kram otot.

Baca juga 👉

Perawatan dan Pengobatan Kram Kaki

Tinjauan Umum Diagnosis dan Tes Manajemen dan Pencegahan Perawatan
Apa yang bisa saya lakukan untuk membuat kram kaki nokturnal hilang jika terjadi?

Meregangkan otot yang sakit secara paksa biasanya merupakan cara paling efektif untuk meredakan kram (tekuk kaki Anda ke atas). Anda mungkin bisa meredakan kram dengan berjalan-jalan, menggerakkan kaki, atau memijat kaki. Mandi air hangat atau mandi mungkin bermanfaat. Atau, mengoleskan es juga menunjukkan beberapa manfaat. Membiarkan bed cover longgar dan tidak terselip juga dapat membantu.

Adakah obat yang akan mengobati kram kaki nokturnal?

Uji coba vitamin B12 kompleks atau diltiazem mungkin bermanfaat. Kina sebelumnya digunakan untuk pengobatan kram kaki nokturnal. Namun, karena potensinya untuk efek samping yang serius dan mengancam jiwa (aritmia jantung, trombositopenia, dan reaksi hipersensitivitas), obat ini tidak lagi direkomendasikan sebagai pilihan pengobatan. Selain itu, beberapa peneliti mengatakan tidak ada cukup bukti saat ini untuk merekomendasikan penggunaan analgesik, obat anti-epilepsi, magnesium, verapamil, atau vitamin E untuk mengurangi kram kaki nokturnal.

Pencegahan

Apa yang dapat saya lakukan untuk mencegah kram ini terjadi?
Pastikan Anda tetap terhidrasi — minum enam hingga delapan gelas air setiap hari.
Regangkan otot-otot kaki Anda dengan lembut sebelum tidur.
Biarkan selimut dan selimut longgar di sekitar kaki Anda sehingga jari kaki tidak terdistorsi.
Kenakan sepatu yang pas.

Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini 👉 untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini 👉 untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.

Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “oooh begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi penting tentang artikel kesehatan di PINTERpandai.com
Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Informasi perawatan / pengobatan yang diberikan di sini bukan kebijakan resmi dan tidak dimaksudkan sebagai saran medis untuk menggantikan keahlian dan penilaian tim Dokter perawatan kesehatan Anda. Ini dimaksudkan untuk membantu Anda dan keluarga Anda membuat keputusan berdasarkan informasi, bersama dengan dokter Anda. Dokter Anda mungkin memiliki alasan untuk menyarankan rencana perawatan yang berbeda dari opsi perawatan umum ini. Jangan ragu untuk bertanya kepadanya tentang pilihan perawatan Anda.

Kapan harus berkonsultasi dengan profesional kesehatan?

Informasi medis di www.PINTERpandai.com tidak berlaku untuk semua orang dan itu bukan saran medis. Jika Anda memiliki masalah medis, pastikan untuk menghubungi penyedia layanan kesehatan. Jika Anda merasa memiliki keadaan darurat medis, segera hubungi dokter Anda atau nomor darurat setempat atau nomor 112 dari HP Anda.

Sumber bacaan: Mayo Clinic, Web MD, Health Line, National Hospital Service (NHS UK), National Center for Biotechnology Information (NCBI), Centers for Disease Control and Prevention (CDC),  MedlinePlus is a service of the National Library of Medicine (NLM) – part of the National Institutes of Health (NIH), Medical News Today, Cleveland Clinic

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya 


By | 2020-03-26T20:54:39+07:00 Maret 25th, 2020|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment